11+ Control Panel VPS Terbaik [Gratis dan Berbayar]

11+ Control Panel VPS Terbaik [Gratis dan Berbayar]
Avatar for Titis Nur Pratomo
  • March 6, 2023

Bagi Anda yang terbiasa membuat website untuk keperluan pribadi maupun untuk keperluan bisnis, pastikan jangan lupa untuk menyiapkan server hosting terlebih dahulu. Server hosting berguna untuk menyimpan semua informasi dan file penting tentang website yang akan dibangun.

Server hosting yang paling populer saat ini adalah VPS (Virtual Private Server). Mengapa tidak? Manajemen VPS lebih mudah jika Anda menggunakan panel kontrol daripada Command Line Interface (CLI). Panel kontrol memungkinkan administrator server untuk mengelola berbagai fungsi server melalui Graphical User Interface (GUI).

Apa Itu Control Panel VPS?  

Control Panel VPS adalah aplikasi berbasis web yang memungkinkan administrator server untuk mengelola berbagai fungsi server. Pengelolaan VPS atau Virtual Private Server akan menjadi lebih mudah saat menggunakan panel daripada menggunakan Command Line. 

Kemudahan penggunaan Control panel VPS mendorong banyak pengguna untuk mengembangkan Control panel VPS terbaik sesuai dengan versinya masing-masing baik itu Control Panel VPS gratis ataupun yang berbayar. Dengan panel-panel yang berbeda tersebut, Anda dapat dengan mudah memilih panel mana yang lebih cocok untuk mengelola VPS yang Anda kelola. Yang harus Anda lakukan adalah menyesuaikannya dengan kebutuhan situs web Anda. 

Baca Juga : VPS Murah Terbaik di Indonesia Nevacloud

Fitur Control Panel VPS

Ada beberapa fitur andalan yang biasanya ditawarkan pada Control Panel VPS. Berikut adalah fitur Control Panel VPS :

1. Manajemen DNS (Domain Name System)

Fitur pertama dari Control Panel, yaitu memudahkan Anda dalam pengelolaan Domain Name System. DNS dapat dikonfigurasi secara otomatis. Selain itu, Anda tidak memerlukan keahlian khusus untuk menulis perintah dasar Linux

2. Manajemen Email

Fitur manajemen email memudahkan Anda dalam mengelola email dari control panel melalui tampilan berbasis web. Control panel memiliki fungsi untuk menambah dan mengelola alamat email, menetapkan kuota untuk setiap akun email, dan mengontrol penanganan spam.

Baca Juga:   13 Tips untuk Mengamankan Situs WordPress

3. Manajemen FTP

Fitur Control Panel VPS juga menyediakan manajemen FTP. Anda dapat mengelola akun, mengubah kata sandi, dan membatasi penggunaan kuota untuk setiap akun dengan cepat dan mudah, kapan saja, di mana saja. 

4. Manajemen File System

Pengelolaan sistem file VPS menggunakan Command Line Interface (CLI), walaupun terkesan sulit, hal ini dapat mengurangi kesalahan konfigurasi yang terkadang umum terjadi saat mengelola sistem file. Dengan bantuan Control Panel, pengelolaan file menjadi lebih ringkas dan efisien.

5. Manajemen User SSH

SSH (Secure Shell) adalah protokol administrasi VPS untuk mengontrol dan menyesuaikan penggunaan server remote secara virtual melalui Internet. Pada fitur ini, Control Panel memungkinkan Anda untukmenambah dan menghapus akun SSH di VPS Anda.

6. Manajemen Database

Control Panel memfasilitasi manajemen basis data karena bekerja langsung dengan tabel. Berbagai sistem database seperti MySQL, PostgreSQL dan sistem database lainnya dapat dikelola dengan baik melalui Control Panel VPS.

7. Laporan Akses dan Pelaporan

Sama halnya dengan log server, jika VPS kita bermasalah, Anda tidak perlu repot membaca file log server yang berisi banyak kode. Pada fitur ini, Control Panel VPS membuat tampilan log lebih komprehensif sehingga mudah dibaca.

8. Konfigurasi Plugin

Beberapa panel menyediakan fungsi untuk menambah dan menghapus plugin tambahan. Plugin ini biasanya dirancang untuk membuat situs web Anda lebih mudah dikelola atau ditambahkan fitur seperti WordPress, Laravel, dan modul lainnya.

Daftar Control Panel VPS Gratis dan Berbayar

Tidak semua Control Panel VPS gratis maupun berbayar memiliki semua fitur-fitur di atas secara bersamaan. Oleh karena itu, sebaiknya Anda memilih Control panel VPS dengan fitur dan fungsi yang sesuai dengan kebutuhan dan tujuan Anda. Di bawah ini beberapa rekomendasi Control Panel VPS terbaik untuk pembuatan situs web Anda. 

1. cPanel

cPanel VPS adalah  layanan Virtual Private Server dengan panel kontrol tambahan yang berfungsi dalam manajemen file, database, domain, security, dan fungsi manajemen lainnya. cPanel menggunakan GUI (Graphic User Interface) yang memudahkan untuk melakukan konfigurasi.

CPanel saat ini dapat digolongkan sebagai control panel terbaik karena memiliki fitur yang sangat lengkap dan canggih.  

2. Webuzo

Webuzo adalah control panel VPS yang menawarkan versi gratis dan berbayar dengan beberapa fitur. Tentu saja Webuzo versi gratis memiliki keterbatasan. Anda tidak dapat menggunakan semua fitur dan hanya 59 skrip saja.

Baca Juga:   Apa Itu Cloud Server? Pengertian dan Kelebihannya!

Webuzo memiliki banyak fitur yang dapat Anda gunakan untuk membuat website:

Manajemen domain, manajemen pengguna FTP (File Transfer Protocol), manajemen basis data dengan MySQL dan Rockmongo, manajemen zona DNS, manajemen MXEntry reports, manajemen CRON, keamanan tingkat lanjut dengan pemblokiran IP, CSR, private key.

3. CyberPanel

CyberPanel adalah salah satu control panel dengan banyak pengguna. Selain merupakan Control Panel gratis, fitur-fitur yang dimiliki pun sangat lengkap dan canggih. Dengan spesifikasi minimum adalah 1 GB RAM dan 10 GB penyimpanan. Panel VPS ini cocok untuk Anda yang ingin membangun website namun dengan budget yang lebih murah.

Beberapa fitur CyberPanel adalah sebagai berikut:

LiteSpeed Cache, Git Manager, CyberPanel Cloud, ModSecurity, One Click SSL, Auto Installer, Email Domain, Database MySQL, Backup dan Restore, Monitoring.

4. VestaCP

VestaCP adalah Control Panel VPS gratis yang dikemas sebelumnya dengan aplikasi Softaculous, yang berisi lebih dari 439 aplikasi yang dapat diinstal dengan satu klik. Sistem operasi yang didukung VestaCP adalah Linux dengan RAM minimal 512 MB dan penyimpanan 20 GB.

Control Panel ini mendukung beberapa sistem operasi Linux melalui server web Nginx dan Apache. Untuk manajemen email, VestaCP mempercayakan enginenya kepada Dovecot dan Exim.

5. ISPConfig

Dengan lisensi BSD, ISPConfig menjadi control panel VPS gratis terbaik yang dikembangkan oleh SPConfig UG. Panel ini menerapkan antarmuka pengguna berbasis web yang memungkinkan pengelolaan berbagai fungsi VPS.  

ISPConfig cukup populer, mereka juga menyediakan layanan dukungan untuk pengguna bisnis. Terdapat multi-server, dukungan IPv6 dan virtualisasi (OpenVZ) yang cukup ideal untuk ISPs atau berbagai macam lingkungan sistem perusahaan. Dengan spesifikasi minimum adalah 1 GB RAM dan 10 GB penyimpanan. Antarmuka ISPConfig juga tidak terlalu rumit, Sehingga Anda mungkin ingin mempertimbangkan untuk mencobanya.

6. Ajenti

Ajenti adalah Control Panel VPS gratis yang berfokus pada efisiensi dan efektivitas eksekusi program. Sehingga sangat cocok digunakan bagi pemilik VPS dengan spesifikasi minim sekalipun

Control Panel Ajenti berbasis pada Python yang dikombinasikan dengan PHP.

Tampilan panel kontrol sangat menarik karena mendukung berbagai sistem operasi. 

7. aaPanel

aaPanel adalah jenisControl Panel VPS dengan versi yang sepenuhnya gratis. Namun Anda tidak perlu khawatir dengan kelengkapan fiturnya karena meskipun tersedia gratis, aaPanel tetap menawarkan fitur terbaik dan terlengkap. hanya dengan minimal 512 MB RAM dan 100 MB HDD/SSD. Anda dapat menggunakan control panel ini dengan mudah.

Baca Juga:   Apa Itu Error 404 Not Found dan Cara Mengatasinya!

8. CentOS-WebPanel

CentOS WebPanel adalah Control Panel VPS untuk hosting dan open source gratis. Dengan sistem operasi CentOS/RHEL 6.x dan CloudLinux, panel ini menyederhanakan pengelolaan situs web dengan panel kontrol modern.

Spesifikasi minimum yang dibutuhkan adalah 4 GB RAM dan 40 GB penyimpanan. Dengan spesifikasi tersebut, Anda dapat menggunakan CWP tanpa lag.

9. Webmin

Control Panel Webmin dikenal dengan fleksibilitasnya karena mendukung sistem operasi UNIX. Bahkan saat ini, Webmin versi terbaru sudah mendukung sistem operasi Windows. Dengan persyaratan minimum adalah 1 GB RAM dan 10 GB penyimpanan, Anda dapat menggunakan Control Panel ini dengan maksimal

10. Virtualmin

Virtualmin adalah Control Panel VPS yang sangat mirip dengan Webmin. Panel ini gratis dan telah diunduh oleh ribuan pengguna. Ditulis dalam bahasa pemrograman PHP dan mendukung sistem operasi UNIX, Linux dan BSD.

Virtualmin GPL merupakan core network control panel dengan fitur yang cukup lengkap dan tampilan yang menarik. Produk ini juga menyertakan modul Webmin. Ada empat cara untuk mengelola server yaitu Web, Mobile, Command Line dan HTTP Remote API

11. Web Host Manager (WHM)

Panel Web Host Manager adalah control panel VPS berbayar terbaik yang sangat komprehensif dengan beragam fitur yang ditawarkan. Selain tidak mendukung sistem operasi FreeBSD dengan lisensi VPS. OS 32-bit Virtual Environments juga tidak didukung panel ini.

WHM cocok untuk anda yang menggunakan VPS dengan spesifikasi besar, karena control panel ini bisa digunakan untuk puluhan bahkan ratusan akun. 

12. Plesk

Plesk adalah Control Panel VPS berbayar yang dapat Anda gunakan di beberapa sistem operasi seperti Linux dan Windows. Banyaknya fitur serta keefisienan Control Panel ini, Anda dapat mengelola beberapa situs web dalam satu dashboard. Termasuk membangun situs web, update, memantau kinerja server dan halaman klien dalam satu tempat. 

13. DirectAdmin

Control Panel Berbayar selanjutnya adalah DirectAdmin. Tidak seperti Plesk, DirectAdmin tidak menawarkan masa trial, hanya demo. DirectAdmin adalah panel kontrol berbayar dengan banyak fitur tetapi dengan harga yang relatif murah. 

DirectAdmin sangat populer dan disukai karena memiliki antarmuka yang ramah pengguna sehingga penggunanya dapat dengan mudah memahaminya. Inilah yang membuat DirectAdmin begitu populer di kalangan IT. DirectAdmin dapat dibeli mulai dari $2 hingga $29 per bulan. Sistem operasi Linux yang digunakan adalah CentOS, RHEL 7, Debian, Ubuntu, RedHat, FreeBSD dan CloudLinux.

Tertarik Untuk Menggunakan Server dengan Teknologi Cloud Computing dari Nevacloud?

Pada artikel ini, Anda sudah mengetahui beberapa informasi mengenai Control Panel VPS terbaik gratis maupun berbayar. Meskipun pengelolaan VPS dapat dilakukan tanpa panel, akan tetapi lebih mudah bila pengelolaan dilakukan dengan bantuan panel. Saat ini sudah banyak penyedia layanan cloud server yang situs hosting terkemuka di Indonesia yang menawarkan Control panelnya juga. Salah satunya adalah Nevacloud yang menawarkan beberapa layanan Control Panel VPS terbaik, tercepat dengan harga terjangkau.

Avatar for Titis Nur Pratomo

About Author

Titis Nur Pratomo

SEO Specialist at Deneva | Helping Increase Business Visibility in Search Engine | SEO & WordPress Enthusiast