Anda pasti sering mendengar istilah cloud computing atau malah sudah menggunakan teknologi tersebut. Namun, apa anda pernah mencari tahu lebih detail apa itu cloud computing, bagaimana cara kerja sampai fungsi dan kelebihannya?

Cloud computing adalah metode yang digunakan untuk mendistribusikan berbagai layanan seperti server, perangkat lunak, database, dan lain sejenisnya melalui jaringan internet. Cloud computing menyimpan dan mengakses data dan program melalui internet alih – alih melalui hard drive komputer anda. 

Cloud computing terdiri dari sumber daya perangkat keras dan perangkat lunak yang tersedia di internet sebagai layanan eksternal terkelola. Karena beberapa alasan, cloud computing adalah pilihan umum bagi individu maupun perusahaan. Hal ini termasuk pada penghematan biaya, peningkatan produktivitas, kecepatan dan efisiensi, serta kinerja dan keamanan.

Artikel ini akan memberikan gambaran umum tentang cloud computing beserta dengan cara kerja, fungsi dan kelebihannya. Mari kita mulai!

Apa Itu Cloud Computing? 

Cloud Computing atau juga disebut dengan komputasi awan adalah perpaduan penggunaan teknologi komputer (“Computing”) dan pengembangan berbasis internet (“Cloud”). Cloud atau awan yang disebutkan di sini adalah metafora untuk internet. Ini karena cloud sering direpresentasikan sebagai jaringan komputer atau visualisasi Internet.

Cloud computing adalah teknologi yang menangani sumber daya komputasi melalui Internet untuk menghubungkan komputer satu dengan yang lainnya. Cloud computing memberikan layanan komputer seperti server, penyimpanan, database, jaringan, perangkat lunak, dan analitik. Layanan ini mempromosikan inovasi yang lebih cepat dan sumber daya yang fleksibel. 

Dengan menggunakan cloud computing, anda tidak perlu lagi menyimpan data – data penting anda dalam harddisk. Selama anda memiliki jaringan internet, maka anda dapat menyimpan data serta mengaksesnya kapanpun dan dimanapun anda berada. Ada beberapa penyedia cloud yang menawarkan layanan cloud publik dan pribadi, serta cloud hybrid dan cloud komunitas. Cloud hybrid adalah kombinasi cloud publik dan privat, sedangkan cloud komunitas adalah opsi cloud yang tersedia untuk komunitas, organisasi, institusi, dan lainnya.

Perusahaan yang menawarkan layanan komputasi awan memungkinkan semua pengguna menyimpan file dari server jarak jauh di “awan” atau ruang virtual. Selain itu, pengguna dapat mengakses semua file yang disimpan kapan saja, di mana saja selama memiliki akses internet. Pengguna tidak harus berada di lokasi tertentu untuk mengakses file.

Baca Juga:   13 Tips untuk Mengamankan Situs WordPress

Contoh dari penggunaan cloud computing yang umum adalah layanan penyimpanan file seperti Google Drive dan aplikasi pengolah kata seperti Google Sheets dan Google Docs. Layanan – layanan tersebut memungkinkan data disimpan dan diakses melalui Internet.

Selain layanan yang telah disebutkan diatas, ada beberapa layanan yang ditawarkan oleh teknologi cloud computing ini seperti virtual machine, server, penyimpanan data, mekanisme keamanan, dll. Semua layanan tersebut berada di bawah kendali perusahaan penyedia layanan cloud computing.

Cloud computing memungkinkan sistem untuk didistribusikan file dan tersebar di beberapa disk atau mesin. Data Anda tidak pernah disimpan hanya di satu tempat. Jika satu unit gagal berfungsi atau memproses, unit lain secara otomatis mengambil alih. Inilah kecanggihan teknologi cloud. Anda dapat mengalokasikan ruang disk pengguna ke sistem file terdistribusi saat menggunakan komponen penting lainnya seperti algoritma alokasi sumber daya. Pada intinya, teknologi cloud computing ini adalah sistem pengiriman yang kuat dan sangat bergantung pada algoritma yang kuat.

Cara Kerja Cloud Computing

Sistem cloud computing hanya akan dapat bekerja baik untuk mengakses data ataupun menjalankan program ketika penggunaannya terhubung ke internet. Jika pengguna telah terhubung ke internet, pengguna hanya perlu untuk masuk ke dalam sistem cloud computing saja. 

Semua pengguna layanan cloud computing yang telah berhasil masuk ke dalam sistem bisa memberikan bermacam – macam perintah ke server melalui aplikasi tersebut. Setelah sistem menerima perintah, pengguna akan dapat mengakses dan mengelola data yang diinginkan.

Struktur Cloud Computing

Cloud Computing terdiri dari dua komponen sebagai berikut:

  1. Frontend, Terdiri dari klien sistem cloud computing. Ini kemudian dibagi menjadi dua bagian: antarmuka dan aplikasi yang diperlukan untuk mengakses platform cloud computing. Frontend adalah tampilan situs web atau aplikasi layanan cloud computing dimana user akan mengakses dan mengelolanya.
  2. Backend. Mengacu pada cloud itu sendiri, yang terdiri dari beberapa sumber daya. Sumber daya terdiri dari server, komputer, dan database yang diperlukan untuk layanan cloud computing.

Fungsi Cloud Computing

Setelah mengetahui pengertian dan cara kerja cloud computing, Nevacloud telah merangkum beberapa fungsi cloud computing. Yuk simak ulasannya dibawah ini:

1. Kemudahan Skalabilitas

Bayangkan Anda membutuhkan lebih banyak ruang penyimpanan. Jika Anda memiliki PC atau server, apakah Anda harus mengganti atau menambah komponen penyimpanan sendiri?

Baca Juga:   Mengenal VPS Hosting

Cloud computing membuatnya lebih nyaman untuk menambah ruang penyimpanan dan memperluas kemampuan komputasi lainnya. Cukup pilih paket layanan spesifikasi yang lebih tinggi tergantung pada penyedia layanan komputasi awan mana yang Anda gunakan.

2. Kemudahan Akses Data

Pernahkah anda berada di situasi dimana anda harus segera mengumpulkan data untuk dipresentasikan kepada klien namun anda kehilangan flashdisk yang menyimpan data tersebut? Wah masalah tersebut pasti sangat menjengkelkan. Dengan menggunakan layanan cloud computing, anda akan terhindar dari masalah – masalah sejenis itu. 

Layanan cloud computing memungkinkan anda untuk membuat, menyimpan sert mengakses file secara online. Dengan demikian anda akan selalu dapat mengakses data atau file anda kapanpun selama anda terhubung dengan jaringan internet.

3. Kemudahan Kolaborasi

Seperti yang telah dijelaskan di poin sebelumnya, cloud computing memiliki fungsi untuk memudahkan anda dalam mengakses data. Kemudahan akses data ini akan memberikan anda kemudahan dalam berkolaborasi untuk menyelesaikan suatu pekerjaan.

Misalnya, ketika anda memiliki tugas bersama tim, anda dan rekan tim anda dapat menggunakan Google Docs untuk mengerjakannya. Anda dan tim akan dapat membuat serta mengedit dokumen yang sama secara bersamaan meskipun kalian berada di lokasi berbeda. Dokumen tersebut akan langsung tersimpan dan dapat dilihat secara realtime sehingga anda dapat langsung mengetahui versi terupdate dari dokumen tersebut.

4. Menghemat biaya infrastruktur

Fungsi cloud computing yang terakhir yakni menghemat biaya infrastruktur. Cloud computing menyimpan data anda secara virtual. Hal ini akan membantu anda untuk menghemat biaya, anda tidak perlu lagi melakukan pembelian perangkat keras seperti hard disk untuk melakukan penyimpanan data.

Anda juga tidak perlu mengeluarkan biaya untuk menyewa server karena ketika anda menggunakan cloud computing, anda juga secara langsung menyewa server

Jenis Cloud Computing

Mayoritas layanan cloud computing disediakan melalui Software as a Service (SaaS), Infrastructure as a Service (IaaS), dan Platform as a Service (PaaS). Ini sering disebut sebagai “stack” cloud computing karena ketiganya menumpuk satu di atas yang lain. Akan lebih mudah untuk anda mencapai tujuan perusahaan anda ketika anda mengetahui perbedaan satu sama lain.

1. Software-as-a-Service (SaaS)

Pengguna dapat terhubung dan memanfaatkan aplikasi berbasis cloud melalui internet berkat Software as a Service. Penyedia layanan cloud yang menawarkan SaaS menawarkan solusi perangkat lunak lengkap yang dapat anda gunakan. Tanpa disadari mungkin anda telah familiar dengan SaaS. Sebagai contoh yakni Dropbox, Microsoft Office 365, Adobe Creative Cloud dan sejenisnya.

Dengan SaaS, Anda tidak perlu khawatir tentang penyimpanan data, pengembangan perangkat lunak, atau pemeliharaan server. Anda hanya tahu cara menggunakan perangkat lunak tersebut.

Baca Juga:   RDP Adalah : Fungsi, Manfaat dan Cara Menggunakannya!

2. Infrastructure-as-a-Service (IaaS)

Infrastructure as a Service adalah jenis layanan cloud computing tenteru yang menawarkan komputasi dasar, penyimpanan, dan sumber daya jaringan sesuai permintaan dan basis bayar pemakaian pengguna. Anda dapat mengurangi pemeliharaan pusat data lokal untuk menghemat uang pada perangkat keras, sert mendapatkan wawasan bisnis real-time dengan memindahkan infrastruktur organisasi anda ke layanan IaaS. 

Solusi IaaS memberi anda fleksibilitas untuk mengubah alokasi sumber daya TI anda, IaaS memungkinkan anda dengan cepat menyediakan aplikasi baru dan meningkatkan keandalan infrastruktur dasar anda.

Dengan menggunakan IaaS anda dapat menghemat biaya dan menghindari kesulitan dalam membeli dan mengelola server. Sebab, anda hanya perlu untuk membayar sumber daya tertentu yang anda butuhkan selama menggunakan layanan ini karena sumber daya yang disediakan adalah komponen layanan terpisah. Saat anda menggunakan IaaS anda tidak perlu repot untuk mengelola infrastrukturnya karena akan diolah penyedia layanan cloud computing tersebut. 

3. Platform-as-Service (PaaS)

Platform as a Service adalah jens cloud computing yang sering digunakan oleh developer atau perusahaan untuk mengelola aplikasi mereka. PaaS terdiri dari middleware, sistem manajemen database, dll. PaaS menyediakan dukungan untuk semua fase siklus aplikasi yaitu pengembangan, pengujian, penyebaran, manajemen, dan pembaruan.

Lalu apa saja yang bisa anda sewa jika kamu menggunakan PaaS? Anda bisa menyewa framework, sistem operasi, database engine, dan masih banyak lagi. Dalam menggunakan PaaS anda tidak perlu lagi memikirkan maintenance server dan jaringan karena semuanya akan dikelola penyedia layanan tersebut. Hal ini akan membantu kamu fokus pada pengembangan aplikasi.

Kelebihan Cloud Computing

Keunggulan utama dari teknologi yang satu ini adalah potensi penghematan biaya. Itu sebabnya banyak perusahaan, besar dan kecil, menggunakan layanan cloud ini.

Cloud computing juga memberikan kebebasan kepada pengguna untuk menggunakan layanan sesuai dengan kebutuhan masing-masing dan membayar penggunaan yang ada, sehingga lebih fleksibel. Anda dapat menjalankan operasi TI Anda dengan baik tanpa mengeluarkan banyak sumber daya internal. Beriikut adalah beberapa kelebihan lain dari cloud computing:

  1. Kurangi biaya infrastruktur TI Anda (komputer, dll.)
  2. Meningkatkan kinerja atau prestasi kerja
  3. Lebih sedikit masalah mengurangi risiko perawatan yang sering dan mahal
  4. Dapatkan pembaruan instan untuk perangkat lunak Anda yang sudah ada
  5. Peningkatan kompatibilitas antara sistem operasi
  6. Menyediakan backup/pencadangan dan pemulihan
  7. Peningkatan skalabilitas
  8. Meningkatkan kapasitas penyimpanan
  9. Peningkatan keamanan data

Tertarik Untuk Menggunakan Server dengan Teknologi Cloud Computing dari Nevacloud?

Sekarang anda sudah mengerti kan apa itu cloud computing? Dengan berbagai kelebihan yang ditawarkan oleh cloud computing, sudah saatnya anda beralih ke cloud computing sekarang! Anda bisa mendapatkan server dengan teknologi cloud computing yang mudah dan cepat di Nevacloud dan nikmati kecepatan dan kemudahan infrastruktur cloud server di Indonesia!

Avatar for Titis Nur Pratomo

About Author

Titis Nur Pratomo

SEO Specialist at Deneva | Helping Increase Business Visibility in Search Engine | SEO & WordPress Enthusiast