IaaS atau kependekan dari Infrastructure as a Service, adalah solusi komputasi awan yang terdiri dari penyediaan dan pengelolaan sumber daya komputasi melalui Internet; seperti server, penyimpanan, jaringan dan virtualisasi.

Model komputasi ini muncul pada awal 2010-an dan sejak saat itu telah menjadi model standar untuk berbagai jenis beban kerja. Ia juga dikenal sebagai Hardware as a Service (HaaS) atau layanan infrastruktur cloud. Yuk simak artikel ini untuk penjelasan yang lebih dalam!

Apa Itu IAAS?

Istilah as-a-service umumnya berarti layanan cloud computing yang dikelola untuk anda sehingga anda dapat fokus pada hal lain yang lebih parenting, seperti misalnya hubungan dengan pelanggan. Penawaran ini semakin populer karena model penetapan harganya yang memungkinkan anda untuk menghemat biaya daripada menggunakan infrastruktur lokal dan mengelolanya sendiri.

Infrastructure as a Service (IaaS) adalah bentuk cloud computing yang menyediakan sumber daya komputasi ter virtualisasi melalui internet. IaaS adalah salah satu dari tiga kategori utama layanan cloud computing, disamping Platform as a Service (PaaS) dan Software as a Service (SaaS).

Rangkaian layanan IaaS meningkatkan tingkat otomatisasi dan pengoperasian berbagai tugas infrastruktur. Dengan menggunakan IaaS, pengguna mendapatkan kemampuan yang diperlukan, seperti algoritma load balancing yang efisien untuk kinerja aplikasi yang lebih baik.

Ide dasar dari produk IaaS adalah untuk memenuhi kebutuhan pelanggan untuk penyimpanan data dan pemeliharaan aplikasi. Misalnya, dimungkinkan untuk menginstal platform IaaS untuk cadangan dan penyimpanan beban kerja cloud. Penting untuk disebutkan bahwa layanan IaaS memberikan kesempatan untuk mengalokasikan volume penyimpanan secara rasional dan semua data yang diperlukan dalam platform kerja.

IaaS merupakan bentuk model hosting yang bertanggung jawab atas berbagai komponen infrastruktur operasi. Bentuk komputasi IaaS menyediakan API tingkat tinggi (Application Programming Interface) untuk meningkatkan tingkat keamanan data dan menyertai komponen infrastruktur lainnya.

Vendor IaaS menyediakan virtualisasi  penyimpanan, jaringan, dan server. Dengan cara ini, pengguna tidak perlu memiliki pusat data lokal dan tidak perlu khawatir tentang memperbarui atau memelihara komponen secara fisik.

Bagaimana cara kerja IAAS?

Pengguna IaaS mengakses sumber daya dan layanan melalui Wide Area Network (WAN) seperti internet dan dapat menggunakan penyedia cloud untuk menginstal elemen yang tersisa dari tumpukan aplikasi. Misalnya, pengguna dapat masuk ke platform IaaS untuk membuat virtual machine, menginstal sistem operasi di setiap virtual machine, menyebarkan middleware seperti database, membuat bucket penyimpanan untuk beban kerja dan backup.

Pengguna kemudian dapat menggunakan layanan penyedia untuk melacak biaya, memantau kinerja, menyeimbangkan traffic jaringan, memecahkan masalah aplikasi, dan mengelola pemulihan bencana.

Setiap model cloud computing membutuhkan partisipasi penyedia layanan. Penyedia ini seringkali merupakan organisasi pihak ketiga yang berspesialisasi dalam menjual IaaS. Amazon Web Services (AWS) dan Google Cloud Platform (GCP) adalah contoh penyedia IaaS independen.

Perbedaan IAAS, PAAS dan SAAS

Secara umum, penawaran IaaS mengharuskan anda untuk menangani lebih banyak lapisan manajemen daripada opsi PaaS dan SaaS. Dalam model IaaS, penyedia layanan mengelola infrastruktur TI seperti penyimpanan, server, dan sumber daya jaringan, dan mengirimkannya ke pengguna melalui virtual machine yang dapat diakses melalui internet.

PaaS dibangun di atas model IaaS karena, selain komponen infrastruktur yang mendasarinya, penyedia menghosting, mengelola, dan menawarkan sistem operasi, middleware, dan runtime lainnya untuk pengguna cloud. Meskipun PaaS menyederhanakan penyebaran beban kerja, PaaS juga membatasi fleksibilitas bisnis untuk menciptakan lingkungan yang diinginkannya

Dengan PaaS, perangkat keras dan platform aplikasi perangkat lunak disediakan dan dikelola oleh penyedia layanan, tetapi pengguna menangani aplikasi dan data sebenarnya. Terutama untuk developer dan programmer, PaaS memberi pengguna platform untuk mengembangkan, menjalankan, dan mengelola aplikasi mereka sendiri tanpa harus membangun dan memelihara infrastruktur yang biasanya terkait dengan proses. Platform cloud adalah jenis PaaS, yang mencakup layanan yang disediakan oleh Amazon Web Services (AWS), Google Cloud, Microsoft Azure, dan IBM Cloud.

SaaS adalah layanan yang memberikan aplikasi web, yang dikelola penyedia layanan kepada penggunanya biasanya melalui browser web. Pembaruan perangkat lunak, perbaikan bug, dan pemeliharaan perangkat lunak umum lainnya ditangani untuk pengguna dan mereka terhubung ke aplikasi melalui dasbor atau API. SaaS juga menghilangkan kebutuhan untuk menginstal aplikasi secara lokal di komputer pengguna dan memungkinkan metode akses grup atau tim yang lebih besar ke perangkat lunak sesuai dengan keinginan anda.

Dengan SaaS, penyedia menghosting, mengelola, dan menawarkan seluruh infrastruktur, serta aplikasi, untuk pengguna. Pengguna SaaS tidak perlu menginstal apa pun; Mereka cukup masuk dan menggunakan aplikasi penyedia, yang berjalan pada infrastruktur penyedia. Pengguna memiliki beberapa kemampuan untuk mengkonfigurasi cara kerja aplikasi dan pengguna mana yang berwenang untuk menggunakannya, tetapi penyedia SaaS bertanggung jawab atas yang lainnya.

Kelebihan IAAS

Kelebihan utama dari model komputasi berbasis cloud IaaS adalah komputasi tingkat tinggi. Anda dapat menggunakan semua layanan yang ditawarkan oleh penyedia IaaS untuk pelacakan biaya, pemantauan kinerja, penyimbang jaringan, dan tujuan lainnya. Selain itu ada beberapa kelebihan lain dari IaaS, antara lain:

  1. Biaya rendah. IaaS ramah terhadap kantong jika digunakan untuk melakukan proses pengujian dan pemantauan. Dengan menggunakannya, anda tidak perlu khawatir tentang pemeliharaan perangkat keras dan peralatan jaringan.
  2. Skalabilitas. Infrastrukturnya memastikan bahwa semua sumber daya tersedia bagi pengguna saat mereka membutuhkannya.
  3. Disaster recovery. Tersedia disaster recovery yang akan membawa anda pada keamanan data yang maksimal.
  4. Terdapat beberapa tools digital untuk fast launch produk baru. Seperti aplikasi, situs web, dan sebagainya.
  5. Orientasi bisnis. IaaS membantu perusahaan memusatkan waktu dan sumber daya anda di tempat yang dibutuhkan. Misalnya, berfokus pada tujuan dan kepuasan pelanggan.
  6. Keandalan. Biak perangkat lunak maupun perangkat keras dalam keadaan stabil, andal, dan supportable.
  7. Keamanan tingkat tinggi. Semua data yang disimpan dijaga dari akses yang tidak sah dan beragam upaya penipuan lainnya.

Contoh IAAS

IaaS dapat digunakan untuk berbagai tujuan. Sumber daya komputasi yang diberikannya melalui model cloud dapat digunakan agar sesuai dengan berbagai kasus penggunaan. Kasus penggunaan yang paling umum untuk penyebaran IaaS meliputi:

  • Lingkungan testing dan developing. IaaS menawarkan fleksibilitas perusahaan dalam hal lingkungan testing dan developing yang berbeda. Mereka dapat dengan mudah ditingkatkan atau diturunkan sesuai dengan kebutuhan.
  • Hosting situs web. Ini dapat membuatnya lebih terjangkau untuk meng-host situs web, dibandingkan dengan cara tradisional hosting situs web.
  • Penyimpanan, pencadangan, dan pemulihan data. IaaS menjadi cara paling mudah dan paling efisien bagi perusahaan untuk mengelola data ketika permintaan yang diterima tidak dapat diprediksi atau mungkin meningkat secara terus menerus. Selain itu, organisasi dapat menghindari kebutuhan akan upaya ekstensif yang berfokus pada persyaratan manajemen, hukum, dan kepatuhan penyimpanan data.
  • Aplikasi web. infrastruktur yang diperlukan untuk meng-host aplikasi web disediakan oleh IaaS. Oleh karena itu, jika suatu organisasi menghosting aplikasi web, IaaS dapat menyediakan sumber daya penyimpanan, server, dan jaringan yang diperlukan. Penyebaran dapat dilakukan dengan cepat, dan infrastruktur cloud dapat dengan mudah ditingkatkan atau diturunkan sesuai dengan permintaan aplikasi.
  • High Performance Computing (HPC). beban kerja tertentu mungkin menuntut komputasi tingkat HPC, seperti perhitungan ilmiah, pemodelan keuangan, dan pekerjaan desain produk.
  • Data warehousing dan big data analytics. IaaS dapat menyediakan daya komputasi dan pemrosesan yang diperlukan untuk menyisir kumpulan big data.

Tertarik Untuk Menggunakan Cloud Server yang cepat dan mudah dari Nevacloud?

Ketika anda ingin menggunakan IaaS, banyak penawaran yang sangat membantu dalam menciptakan platform yang fleksibel dengan komputasi, pemantauan, dan solusi lain yang sesuai. untuk memanfaatkan model ini dengan optimal, pastikan untuk menggunakan penyedia layanan yang sesuai dengan kebutuhan bisnis anda. Beberapa contoh penyedia IaaS adalah: Stackscale, AWS, VMware, dan OVH. Selain itu, ada berbagai jenis cloud yang dapat dipilih perusahaan tergantung pada kebutuhan dan tujuannya.

Tertarik untuk menggunakan cloud server yang cepat dan mudah? kunjungi Nevacloud dan temukan penawaran menarik!

About Author

Titis Nur Pratomo

SEO Specialist at Deneva | Helping Increase Business Visibility in Search Engine | SEO & WordPress Enthusiast