Bisnis sering mencari cara untuk menggunakan teknologi untuk mengurangi biaya dan meningkatkan efisiensi. Selain kemajuan teknologi, tetap berada di ujung tombak teknologi sangat penting bagi perusahaan untuk tetap kompetitif.

Virtualisasi adalah teknologi IT yang dapat dimanfaatkan oleh perusahaan untuk diterapkan pada bisnis mereka. Saat Anda mempelajari lebih lanjut tentang virtualisasi, Anda akan dapat menentukan manfaat yang akan diberikannya bagi bisnis Anda. Nah, untuk mempelajari lebih lanjut tentang virtualisasi, perhatikan manfaat, jenis, dan sistem tempat mereka bekerja berikut ini.

Apa Itu Virtualisasi?

Bayangkan anda bersama sekelompok orang di kantor dan sedang membutuhkan komputer. Namun yang tersedia hanyalah satu server yang sangat kuat. Lalu apa yang akan anda lakukan? Jika anda berfikir untuk menggunakannya secara bergantian maka itu adalah ide yang buruk. Server tersebut memiliki sumber daya lebih banyak dari yang anda butuhkan, anda akan menghabiskan waktu hanya untuk saling menunggu. Tindakan logis yang harus anda lakukan adalah memecah sumber daya tersebut secara merata dan membiarkan semua orang menggunakan mesin secara bersamaan dengan menggunakan virtualisasi.

Dalam istilah awam, virtualisasi adalah tindakan menciptakan lingkungan komputasi virtual yang disimulasikan pada tingkat abstraksi yang sama dengan lingkungan fisik. Ini memungkinkan anda untuk menggunakan fitur mesin fisik dalam lingkungan simulasi. Sederhananya, anda seperti memiliki komputer virtual di dalam komputer yang sebenarnya dan keduanya melakukan hal yang sama.

Mengapa Virtualisasi Penting?

Virtualisasi memberi Anda lebih banyak fleksibilitas dalam berinteraksi dengan sumber daya perangkat keras apa pun. Server fisik menghabiskan daya, menempati ruang penyimpanan, dan memerlukan pemeliharaan. Dalam kebanyakan kasus, akses ke server ini dibatasi oleh jarak fisik dan desain jaringan. Virtualisasi menghilangkan semua batasan ini dengan mengabstraksi fungsionalitas perangkat keras fisik ke dalam perangkat lunak. Kelola, pelihara, dan gunakan infrastruktur perangkat keras Anda, termasuk aplikasi di web.

Manfaat Virtualisasi

Virtualisasi memberi perusahaan manfaat memaksimalkan output mereka. Manfaat tambahan untuk bisnis dan pusat data meliputi:

  • Server yang berpikiran tunggal. Virtualisasi menyediakan cara hemat biaya untuk memisahkan email, database, dan server web, menciptakan sistem yang lebih komprehensif dan andal.
  • Penyebaran dan pemindahan yang dipercepat. Ketika server fisik mogok, server cadangan mungkin tidak selalu siap atau diperbarui. Mungkin juga tidak ada gambar atau klon dari server yang tersedia. Jika ini masalahnya, maka proses pemindahan bisa memakan waktu dan membosankan. Namun, jika pusat data di virtualisasi, maka prosesnya cepat dan cukup sederhana. Alat pencadangan virtual dapat mempercepat proses hingga hitungan menit.
  • Mengurangi panas dan meningkatkan penghematan energi. Bisnis apa pun yang menggunakan banyak perangkat keras server berisiko mengalami panas berlebih pada sumber daya fisik. Cara terbaik untuk mencegah hal ini terjadi adalah dengan mengurangi jumlah server yang digunakan untuk manajemen data dan cara terbaik untuk melakukannya adalah melalui virtualisasi.
  • Lebih baik bagi lingkungan. Perusahaan dan pusat data yang memanfaatkan perangkat keras dalam jumlah berlebihan meninggalkan jejak karbon yang besar; Mereka harus bertanggung jawab atas polusi yang mereka hasilkan. Virtualisasi dapat membantu mengurangi dampak ini dengan secara signifikan mengurangi jumlah pendinginan dan daya yang diperlukan serta dengan membersihkan udara dan atmosfer. Akibatnya, perusahaan dan pusat data yang melakukan virtualisasi akan meningkatkan reputasi mereka sekaligus meningkatkan kualitas hubungan mereka dengan pelanggan dan planet ini.
  • Migrasi yang lebih mudah ke cloud. Virtualisasi membawa perusahaan lebih dekat untuk mengalami lingkungan yang sepenuhnya berbasis cloud. Anda juga dapat menyediakan mesin virtual dari pusat data Anda untuk membangun infrastruktur berbasis cloud. Kemampuan untuk merangkul pola pikir berbasis cloud dengan virtualisasi membuat migrasi ke cloud menjadi lebih mudah.
  • Kurangnya ketergantungan vendor. Komputer virtual bersifat agnostik dalam konfigurasi perangkat keras. Akibatnya, virtualisasi perangkat keras dan perangkat lunak berarti bahwa perusahaan tidak perlu bergantung pada vendor untuk sumber daya fisik ini.
Baca Juga:   Cara Membuat Website dan Database di Localhost Xampp Hingga Online

Cara Kerja Virtualisasi

Sebagian besar implementasi virtual cukup mudah. Perangkat lunak virtualisasi menggunakan hypervisor untuk membantu menjalankan berbagai hal di dalam virtual machine. Jika anda tidak terbiasa dengan kata hypervisor, pada dasarnya ini adalah perangkat lunak yang mengalokasikan sumber daya dari host machine, seperti memory system atau penyimpanan yang ditentukan dan menggunakannya untuk menjalankan komputer diatas yang akan sering berjalan seperti proses lain di dalam PC.

Hypervisor mengambil sumber daya fisik dan membagikannya untuk membuatnya tersedia di lingkungan virtual. Sumber daya dipisahkan dari satu lingkungan fisik menjadi beberapa lingkungan virtual sesuai kebutuhan. Pengguna berinteraksi dengan dan menjalankan komputasi dalam lingkungan virtual (biasanya disebut dengan virtual machine). Virtual machine berfungsi sebagai file data tunggal. Dan seperti file digital lainnya, ini dapat dipindahkan dari satu komputer ke komputer lain yang kemudian diharapkan untuk dapat bekerja sama.

Saat lingkungan virtual sedang berjalan, ketika pengguna atau program mengeluarkan instruksi yang membutuhkan sumber daya tambahan dari lingkungan fisik, hypervisor meneruskan permintaan ke sistem fisik dan menyimpan perubahannya.

Seringkali PC akan datang dengan sesuatu yang disebut “virtualisasi hardware-assisting”. Misalnya pada komputer intel, anda akan menemukan Intel VT-x (Virtualization Technology), sedangkan pada sistem AMD anda akan menemukan AMD-V (AMD Virtualization). Keduanya memungkinkan perangkat lunak virtualisasi berjalan lebih cepat dan lebih akurat.

Dengan menggunakan virtualisasi, anda dapat menjalankan instance terpisah dari sistem operasi yang sudah mereka jalankan atau menjalankan sistem operasi yang sangat berbeda dari yang mereka gunakan selama kompatibel dengan perangkat keras yang sedang digunakan.

Sederhananya. proses virtualisasi mengikuti langkah-langkah yang tercantum di bawah ini:

  1. Hypervisor memisahkan sumber daya fisik dari lingkungan fisik.
  2. Sumber daya ditangkap dan didistribusikan dari lingkungan fisik di lingkungan virtual lain sesuai kebutuhan. Pengguna sistem berkolaborasi dan melakukan perhitungan dalam lingkungan virtual.
  3. Pengguna sistem bekerja dengan dan melakukan perhitungan dalam lingkungan virtual.
  4. Setelah lingkungan virtual berjalan, pengguna atau program dapat mengirim instruksi yang memerlukan sumber daya tambahan dari lingkungan fisik. Sebagai tanggapan, hypervisor menyampaikan pesan ke sistem fisik dan menyimpan perubahan. Proses ini akan terjadi pada kecepatan yang hampir asli.
Baca Juga:   Web Server : Fungsi, Cara Kerja dan Contohnya!

Tipe Virtualisasi

  1. Virtualisasi data.

Data yang tersebar dapat dikonsolidasikan ke dalam satu sumber. Virtualisasi data memungkinkan perusahaan untuk memperlakukan data sebagai pasokan dinamis. Ini berarti menyediakan kemampuan pemrosesan yang dapat menyatukan data dari berbagai sumber, dengan mudah mengakomodasi sumber data baru dan mengubah data sesuai dengan kebutuhan pengguna.

Alat virtualisasi data berada di depan beberapa sumber data dan memungkinkannya diperlukan sebagai sumber tunggal dan memberikan data yang diperlukan pada waktu yang tepat untuk aplikasi atau pengguna manapun.

  1. Virtualisasi desktop.

Virtualisasi desktop memungkinkan administrator pusat untuk menyebarkan lingkan simulasi desktop ke ratusan mesin fisik sekaligus. Ini berbeda dengan lingkungan desktop yang diinstal, dikonfigurasi, dan diperbarui secara fisik di setiap mesin. Virtualisasi desktop memungkinkan administrator untuk melakukan konfigurasi massal, pembaruan, dan pemeriksaan keamanan di semua desktop virtual.

  1. Virtualisasi server.

Server adalah komputer yang dirancang untuk memproses volume tinggi tudas tertentu dengan sangat baik sehingga komputer lain seperti laptop dan desktop dapat melakukan berbagai tugas lainnya.

Virtualisasi server memungkinkan untuk melakukan lebih banyak fungsi khusus ini dan menyertakan partisi sehingga komponen dapat digunakan untuk melakukan banyak fungsi..

  1. Virtualisasi sistem operasi.

Virtualisasi sistem operasi terjadi di kernel. Ini adalah cara yang berguna untuk menjalankan lingkungan Linux dan Windows secara berdampingan. Perusahaan juga dapat mendorong sistem operasi virtual, karena dapat memberikan beberapa manfaat, antara lain:

  • Mengurangi biaya pengadaan perangkat keras, karena komputer tidak memerlukan banyak perangkat keras yang terlalu banyak.
  • Peningkatan keamanan karena semua instans virtual dapat dipantau dan diisolasi.  
  • Membatasi waktu yang dihabiskan untuk layanan TI seperti pembaruan perangkat lunak.
  1. Virtualisasi fungsi jaringan.

Virtualisasi fungsi utama jaringan seperti layanan direktori, berbagi file, dan konfigurasi IP sehingga dapat didistribusikan antar lingkungan. Virtualisasi jaringan mengurangi jumlah komponen fisik seperti saklar, router, server, dll yang diperlukan untuk membuat beberapa jaringan independen. Tipe virtualisasi ini sangat populer di industri telekomunikasi.

Baca Juga:   Mengenal Putty, Fitur, Fungsi, dan Cara Menggunakannya

Penyedia Tools Virtualisasi

Faktanya, banyak vendor dan pemain yang populer dalam virtualisasi. Anda dapat memilih produk berdasarkan kebutuhan organisasi dan bisnis Anda. Namun secara umum, ada enam pemain besar di dunia virtualisasi.

  • VMware. VMware adalah pemain terbesar di dunia virtualisasi. Mereka menawarkan produk virtualisasi, VMware Server dan ESX Server. Layanan VMware private cloud dengan kinerja yang sangat baik dan penggunaan sumber daya server yang efisien.
  • OpenVZ. Open source tools yang menyediakan virtualisasi OS. OpenVZ tersedia untuk Windows dan Linux.
  • SWsoft. Ini adalah sponsor komersial OpenVZ. SWsoft menyediakan versi komersial OpenVZ yang disebut Virtuozzo.

Tertarik menggunakan server cloud Nevacloud yang cepat dan mudah?

Virtualisasi adalah teknologi yang membantu perusahaan maju, berkembang, dan bersaing. Ketika diterapkan dengan benar untuk kebutuhan Anda, perusahaan Anda dapat menuai sejumlah keuntungan. Perusahaan dapat memilih jenis virtualisasi yang tepat untuk diterapkan di seluruh perusahaan mereka. Nah, jika anda tertarik untuk menggunakan cloud vps yang mudah dan memiliki kecepatan yang maksimal, kunjungi Nevacloud untuk melihat penawaran menariknya!

Avatar for Titis Nur Pratomo

About Author

Titis Nur Pratomo

SEO Specialist at Deneva | Helping Increase Business Visibility in Search Engine | SEO & WordPress Enthusiast