Rupiah Indonesia Dapatkan Gratis Saldo Rp70.000!

Linux distribution atau yang sering disingkat menjadi “Linux Distro / Distro Linux” adalah versi sistem operasi linux open source yang dikemas dengan komponen lain seperti program instalasi, alat manajemen dan perangkat lunak tambahan seperti KVM Hypervisor.

Karena sistem operasi linux adalah open source, siapapun dapat menjalankan, mempelajari, memodifikasi, dan mendistribusikan kembali source code, atau bahkan menjual salinan kode modikasi mereka. Ini sangat berbeda dari sistem operasi tradisional seperti Unix, Microsoft Windows, dan MacOS yang berpemilik dan jauh lebih tidak dapat dimodifikasi. 

Distro Linux Terbaik & Terpopuler Untuk VPS Server

Ubuntu Server

Ubuntu server adalah bagian dari rangkaian produk dan sistem operasi Ubuntu yang lebih besar yang dikembangkan oleh Canonical Ltd. Ubuntu server dioptimalkan untuk bertindak sebagai solusi fleksibel untuk mendukung kebutuhan individu dan perusahaan. Anda dapat menggunakannya untuk jaringan rumah, atau meningkatkannya ke tingkat perusahaan. Ini dapat menangani berbagai penyebaran termasuk cloud OpenStack dan render farm.

Fedora Server

Fedora server adalah sistem operasi server berbasis linux yang dikembangkan oleh Fedora Project. Ini dirancang untuk menjalankan aplikasi server seperti server web, server database, dan server email. Fedora server adalah platform untuk pengembang dan integrator sistem, menyediakan implementasi teknologi server terbaru untuk evaluasi lebih lanjut dan penggunaan praktis.

Debian

Debian adalah salah satu distribusi linux tertua di dunia open source software, yang secara sukarela dikembangkan dan didukung oleh komunitas besar programmer. Seperti RHEL, produk ini adalah distribusi induk, dan banyak sistem operasi seperti Ubuntu, Linux Mint, Tanglu, dll. Distribusi debian juga banyak digunakan di server dan desktop. Distribusi ini menekankan stabilitas, dan sumber perangkat lunak terbesar dan terlengkap.

Baca Juga:   Apa Itu Nginx? Pengertian, Kelebihan dan Cara Kerjanya!

Distro Linux Terbaik Untuk Pemula

Ubuntu

Ubuntu linux mendapatkan namanya dari istilah Zulu / Xhosa untuk “komunitas” atau “kebersamaan”, yang sesuai mengingat bahwa selama bertahun – tahun itu menjadi distro linux paling untuk pengguna pribadi. Ubuntu memiliki pusat “perangkat lunak” khusus tempat anda dapat mencari dan mengunduh aplikasi tanpa menggunakan command line. Situs web utama juga memiliki dokumentasi ekstensif untuk membantu anda mengatasi OS.

Linux Mint

Linux Mint telah memantapkan dirinya sebagai salah satu distro terbaik untuk pengguna linux pemula, berkat kesederhanaan Cinnamon (lingkungan desktop Linux Mint) dan kemudahan penggunaannya. Ini adalah sistem operasi berbasis Ubuntu yang bagus untuk penggunaan sehari – hari dan bermain game. Nuansa Mint yang mirip Windows membuat pengguna beralih dari Windows merasa betah dan menjadi salah satu nilai jual utama distro.

Elementary OS

Elementary OS dikenal karena kemiripannya yang agak mencolok dengan macOS, yang menjadikannya titik awal yang bagus bagi orang – orang yang ingin beralih ke linux dari macOS. Elementary OS adalah distribusi yang ramah pengguna. Sebagai permulaan, Epiphany adalah browser yang kayak tersedia di elementary OS, dan aplikasi seperti foto, musik, appcenter, dan banyak lagi. Semuanya terasa seperti milik OS karena ke konsistensinya.

Zorin OS

Proyek Zorin OS dimulai pada tahun 2008 dengan tujuan tunggal membuat linux menjadi lebih user friendly. Pengembangnya ingin membuat linux dapat diakses oleh pengguna biasa dan mereka melakukan ini dengan memperkenalkan keakraban dalam antarmuka pengguna. Zorin tersedia dalam beberapa edisi berbeda. Tiga diantaranya yaitu Core, Lite, dan Education, ditawarkan sebagai unduhan gratis. 

Zorin didasarkan pada Ubuntu dan edisi Core adalah versi standar yang mencakup aplikasi yang anda perlukan di desktop biasa. Jika anda memiliki komputer lama, anda dapat menggunakan edisi Lite yang dirancang untuk mesin yang kurang powerful. Edisi Education, seperti namanya dirancang untuk belajar dan tersedia dengan semua aplikasi dan utilitas pendidikan open source yang populer. 

Baca Juga:   Cara Kerja VPS Lengkap Beserta Kelebihannya!

Distro Linux Terbaik dan Ringan

Lubuntu

Lubuntu adalah sistem operasi berbasis kernel linux yang berasal dari keluarga distribusi ubuntu, yang dapat digunakan dan didistribusikan secara gratis karena dibuat sebagai perangkat open source di bawah lisensi GNU. Ini adalah solusi yang lebih cepat, lebih ringan dan lebih ekonomis untuk PC, laptop atau notebook yang memiliki perangkat keras spesifikasi rendah.

Linux Lite

Linux lite adalah distribusi berbasis Ubuntu lain yang mudah digunakan. Ini secara khusus dirancang sebagai distribusi ringan dengan beberapa aplikasi pra-instal yang tidak berat sumber daya. Linux lite sangat cocok untuk pengguna Windows, dengan antarmuka pengguna serupa yang menampilkan lingkungan desktop Xfce. dibandingkan dengan iterasi sebelumnya, Linux lite telah meningkatkan pengalaman pengguna. . 

antiX

antiX adalah distribusi linux yang cepat dan ringan. Ini didasarkan pada debian stable. Antix adalah distro yang sangat berbeda sebab tidak menggunakan systemd. Antix hadir dengan dukungan untuk sistem yang kompatibel dengan intel – AMD x86, anda dapat menginstalnya atau menggunakannya sebagai live USB. antiX sangat cocok untuk komputer lama, ia dapat bekerja dengan RAM 256MB dan menggunakan Pentium III.

Puppy Linux

Puppy linux adalah salah satu distro favorit untuk menghidupkan kembali mesin – mesin lama dan mengembalikan keaktifannya. Apapun OS yang menjadi dasar Puppu, tidak ada yang mengalahkan Puppy karena ukurannya yang sangat kecil, dan fungsionalitas out of the box nya. Ada aplikasi untuk hampir setiap tugas yang dapat anda lakukan di desktop. Anda juga dapat menginstal lebih banyak, seperti browser web yang lebih berat melalui repository untuk sistem operasi dasar Puppy seperti Ubuntu.

Tiny Core Linux

Tiny core linux adalah desktop linux gratis yang bisa kamu dapatkan dengan hanya 21MB saja. Sesuai dengan ukurannya yang benar benar kecil, Tiny Core biasanya hanya digunakan untuk menghidupkan kembali perangkat keras lama atau menyebarkan linux yang sangat minim aplikasi tertentu. 

Baca Juga:   Framework PHP: Pengertian, Jenis dan Cara Memilih untuk Pemula

Distro Linux Indonesia

BlankOn

BlankOn adalah distribusi Linux berbasis Debian. BlankOn dirancang untuk kebutuhan komputasi di Indonesia dan dikembangkan oleh tim pengembang BlankOn Indonesia. BlankOn sebagai salah satu distro Linux yang dikembangkan di Indonesia dikembangkan untuk menciptakan distro Linux khas Indonesia. Terutama untuk keperluan pendidikan, pemerintahan dan perkantoran.

GarudaOS

Garuda melakukan hal – hal yang sedikit berbeda dari distro linux terbaik lainnya dalam daftar ini. Sebagai permulaan, bertentangan dengan kernel linux biasa, ia menggunakan sesuatu yang disebut kernel linux-zen yang mengklaim secara signifikan meningkatkan keseluruhan sistem dan kinerja game. Inti dari garuda OS adalah UI nya. Ini mendapat banyak banyak elemen modern dengan pewarnaan gradien yang tersebar di seluruh OS. 

IGOS Nusantara (IGN)

IGOS Nusantara adalah sistem operasi berbasis Fedora Core5 dengan software open source untuk pengguna Indonesia123. IGOS Nusantara diprakarsai oleh Kementerian Riset dan Teknologi Republik Indonesia dan dikembangkan oleh Pusat Penelitian Informatika (P2I) Akademi Ilmu Pengetahuan Indonesia bekerja sama dengan masyarakat12. IGOS Nusantara lebih mudah digunakan daripada Windows dan Microsoft, menjadikannya alat yang hebat untuk kreativitas saat membuat aplikasi.

Tertarik menggunakan VPS dengan teknologi Nevacloud terbaik?

Itulah beberapa distro Linux yang bisa Anda gunakan sesuai kebutuhan. Dari distro Linux sehari-hari hingga distro Linux untuk anak-anak hingga distro Linux tingkat lanjut untuk peretasan dan forensik, ada banyak pilihan distro Linux terbaik berdasarkan perkembangan Anda. terlepas dari itu, jika anda sedang mencari VPS murah dengan teknologi terbaik namun tetap ramah dikantong, Nevacloud punya solusinya! Kunjungi Nevacloud dan temukan penawaran menariknya!

Avatar for Titis Nur Pratomo

About Author

Titis Nur Pratomo

SEO Specialist at Deneva | Helping Increase Business Visibility in Search Engine | SEO & WordPress Enthusiast