Apa Itu Ubuntu? Jenis, Fungsi dan Kelebihannya!

Apa Itu Ubuntu? Jenis, Fungsi dan Kelebihannya!
Avatar for Titis Nur Pratomo
  • November 17, 2023

Apa Itu Ubuntu?

Ubuntu adalah distribusi – atau distro – Linux. Dalam istilah Linux, distribusi adalah versi sistem operasi yang memiliki kernel Linux sebagai pondasinya. Ada ratusan distro Linux yang berbeda. Banyak yang gratis dan memiliki komunitas pengguna yang saling memberikan bimbingan dan dukungan. Tetapi menginstal distro Linux gratis dengan opsi dukungan terbatas dapat menyulitkan pengguna. Di situlah Ubuntu masuk

Ubuntu (diucapkan oo-BOON-too) adalah sistem operasi (OS) open source gratis berbasis Debian Linux. Ini pertama kali dirilis pada tahun 2004 ketika Mark Shuttleworth dan tim kecil pengembang Debian mendirikan Canonical dan kemudian meluncurkan proyek Ubuntu. Canonical merilis versi resmi pertama dari OS – Ubuntu 4.10 – pada bulan Oktober 2004. Kata ubuntu berasal dari bahasa Nguni Afrika selatan dan diterjemahkan sebagai “humanity to others”.

Sejarah Ubuntu

Asal-usul Ubuntu menelusuri kembali ke tahun 2004, dipelopori oleh Mark Shuttleworth, seorang pengusaha Afrika Selatan dengan kecenderungan untuk inovasi open-source. Dengan ide dasar untuk menciptakan distribusi Linux yang bebas, mudah diakses, dan berkualitas tinggi, Ubuntu muncul dari kedalaman proyek Debian. Pengembangan ini bertujuan untuk menghadirkan OS yang memberikan keseimbangan harmonis antara fitur mutakhir dan stabilitas. Selama bertahun-tahun, Ubuntu telah berkembang pesat, menangkap esensi user-centricity dan semangat komunitas Linux.

Segera setelah masa awal Ubuntu, Mark Shuttleworth mendirikan Canonical Ltd. Misi menyeluruh Canonical adalah untuk menawarkan dukungan komersial untuk Ubuntu, sehingga memperkuat adopsi di seluruh perusahaan dan pengguna individu. Di bawah naungan Canonical, Ubuntu telah melihat peningkatan transformatif, memperluas jejaknya di luar desktop ke server, cloud, dan bahkan perangkat IoT. Komitmen Canonical yang tak tergoyahkan memastikan bahwa Ubuntu tetap berada di garda depan teknologi open-source, dengan inisiatif seperti Snap dan Juju menandakan langkah inovatif mereka.

Baca Juga:   Mengapa Penting Mengetahui Cara Kerja Server?

Fitur berbeda yang membedakan Ubuntu di domain Linux adalah siklus rilisnya yang dapat diprediksi. Mengikuti irama dua tahunan, versi Ubuntu muncul pada bulan April dan Oktober, ditandai dengan YY unik mereka. Format MM. Misalnya, 20.04 mewakili rilis dari April 2020. Bersamaan dengan rilis standar ini, Ubuntu menawarkan versi Dukungan Jangka Panjang setiap dua tahun, memastikan lima tahun pembaruan dan patch keamanan. Fitur LTS ini menggarisbawahi komitmen Ubuntu terhadap stabilitas dan keandalan jangka panjang, terutama yang disukai dalam lingkungan bisnis di mana konsistensi adalah yang terpenting.

Fungsi dan Kelebihan Ubuntu

Ubuntu berfungsi sebagai operation system yang dapat digunakan dalam perangkat teknologi informasi. Ubuntu hadir dengan berbagai kelebihan yang bisa anda rasakan ketika menggunakannya, beberapa diantaranya adalah:

Keramahan Pengguna

Salah satu keunggulan Ubuntu adalah antarmuka dan fungsionalitasnya yang ramah pengguna. Dibangun dengan mempertimbangkan pemula dan pengguna berpengalaman, GUI-nya (Graphical User Interface) intuitif, membuat tugas-tugas seperti instalasi perangkat lunak, pencarian file, dan penyesuaian pengaturan sistem menjadi mudah. Misalnya, Ubuntu Software Center menawarkan proses instalasi aplikasi yang mulus, menghilangkan kebutuhan akan prosedur baris perintah yang rumit. Selain itu, OS ini dikemas sebelumnya dengan perangkat lunak penting seperti LibreOffice dan Firefox, memastikan pengguna memiliki alat yang diperlukan sejak awal.

Open Source

Menjadi open-source, Ubuntu menawarkan transparansi, kustomisasi, dan pengembangan berbasis komunitas yang tak tertandingi. Ini berarti bahwa setiap individu atau organisasi dapat melihat, memodifikasi, dan mendistribusikan kode sumber. Tingkat transparansi ini memastikan keamanan yang lebih tinggi karena kerentanan dengan cepat terlihat dan diperbaiki oleh komunitas global yang luas. Selain itu, kemampuan untuk menyesuaikan Ubuntu ke intinya memungkinkan bisnis dan pengguna tingkat lanjut untuk menyesuaikan OS dengan kebutuhan spesifik mereka. Misalnya, jika suatu perusahaan memerlukan fungsi atau protokol keamanan tertentu, mereka dapat dengan mudah mengubah kode sumber Ubuntu untuk mengakomodasi spesifikasi ini.

Baca Juga:   Ubuntu Server vs CentOS Server : Mana yang Terbaik?

Performa dan Efisiensi

Ubuntu dianggap baik karena kinerjanya yang ramping, penggunaan memori yang efisien, dan kompatibilitas dengan berbagai perangkat keras. Bahkan sistem komputer yang lebih tua yang berjuang untuk menjalankan versi yang lebih baru dari sistem operasi utama sering dapat mengoperasikan Ubuntu tanpa hambatan. Ini dicontohkan oleh adanya rasa seperti Lubuntu dan Xubuntu, yang dirancang khusus untuk perangkat keras spesifikasi rendah tanpa mengorbankan fungsionalitas. Selain itu, kecepatan boot dan pemrosesan Ubuntu patut dipuji, memastikan bahwa tugas dijalankan dengan segera. Ini juga menangani multitasking dengan mulus, berkat kernel Linux yang kuat, membuatnya cocok untuk penggunaan pribadi dan profesional.

Fitur Keamanan

Fondasi Ubuntu pada kernel Linux membawa manfaat keamanan yang melekat. Sistem operasi kurang rentan terhadap malware, virus, dan serangan phishing dibandingkan dengan OS mainstream lainnya. Izin dan sistem hak istimewa penggunanya menciptakan penghalang untuk akses yang tidak sah. Selanjutnya, Ubuntu menerima pembaruan keamanan rutin, seringkali setiap bulan, yang memastikan bahwa sistem tetap tangguh terhadap ancaman yang baru diidentifikasi.

Hemat Biaya

Keuntungan signifikan dari Ubuntu adalah gratis. Tidak seperti sistem operasi lain yang mungkin memerlukan lisensi atau biaya berlangganan, Ubuntu dapat diunduh, dibagikan, dan diinstal pada beberapa mesin tanpa menimbulkan biaya tambahan. Ini menjadikannya pilihan ekonomis bagi pengguna individu dan bisnis, mengurangi pengeluaran TI dalam jangka panjang.

Jenis Ubuntu

Kubuntu

Memberikan KDE Plasma Workspace di atas inti Ubuntu yang kuat, Kubuntu menggunakan toolkit Qt untuk menghadirkan sistem kontemporer, menarik, dan teguh untuk penggunaan pribadi dan profesional.

Lubuntu

Lubuntu, awalnya menampilkan LXDE, telah beralih ke LXQt sejak rilis 18.10 “Cosmic Cuttlefish”. Varian ini memprioritaskan kecepatan dan efisiensi, melayani mereka yang memiliki perangkat keras lama atau mereka yang mencari pengalaman pengoperasian yang cepat.

Baca Juga:   Kelebihan dan Kekurangan Linux Beserta Kegunaanya

Ubuntu Budgie

Menekankan kesederhanaan dan keanggunan, Ubuntu Budgie mengintegrasikan lingkungan desktop Budgie. Antarmuka nya condong ke arah paradigma desktop klasik, menggunakan sistem yang dapat disesuaikan, panel-sentris, dan digerakkan oleh menu.

Ubuntu Kylin

Dengan misi untuk membuat versi Ubuntu yang disesuaikan untuk audiens berbahasa Cina global, terutama pengguna Windows sebelumnya, Ubuntu Kylin menjanjikan pengalaman intuitif sejak awal.

Ubuntu MATE

Ubuntu MATE membawa desktop MATE klasik, menggantikan lingkungan GNOME 2 – standar Ubuntu hingga rilis 10.10 “Maverick Meerkat”. Ini berusaha untuk memadukan kemahiran Ubuntu dengan suasana desktop konvensional.

Xubuntu

Menggabungkan keanggunan dengan keramahan pengguna, Xubuntu mengintegrasikan desktop Xfce yang ringan, memastikan lingkungan yang seimbang dan intuitif.

Dukungan Ubuntu di Layanan Nevacloud

Distribusi Ubuntu adalah salah satu pilihan sistem operasi yang tersedia pada layanan VPS Nevacloud.  Untuk dapat menikmati layanan VPS Nevacloud dengan sistem operasi Ubuntu, anda dapat mengunjungi website Nevacloud.

Tertarik Menggunakan VPS dengan teknologi terbaik dari Nevacloud?

Sepanjang evolusinya, Ubuntu telah memantapkan dirinya sebagai lebih dari sekedar distribusi Linux lainnya. Mewujudkan prinsip-prinsip open-source, telah menciptakan ekosistem di mana inovasi, keterlibatan masyarakat, dan pengalaman pengguna bertemu. Apakah Anda seorang pengembang, profesional bisnis, atau hanya seorang individu yang bersemangat tentang teknologi, Ubuntu menawarkan beragam solusi yang disesuaikan dengan beragam kebutuhan.Nevacloud menawarkan berbagai produk cloud untuk memenuhi kebutuhan bisnis Anda untuk menyediakan layanan cloud server yang berkualitas tinggi. Salah satu produknya adalah Cloud VPS, yang memungkinkan Anda menginstal Ubuntu dan mendukung aktivitas aplikasi, serta menyediakan sumber daya yang fleksibel untuk website Anda, sehingga dapat disesuaikan dengan kebutuhan Anda.

Avatar for Titis Nur Pratomo

About Author

Titis Nur Pratomo

SEO Specialist at Deneva | Helping Increase Business Visibility in Search Engine | SEO & WordPress Enthusiast