Rupiah Indonesia Dapatkan Gratis Saldo Rp70.000!

Apa Itu FreeBSD? Fitur, Versi dan Kelebihannya!

Apa Itu FreeBSD? Fitur, Versi dan Kelebihannya!
Avatar for Titis Nur Pratomo
  • November 16, 2023

Apa Itu FreeBSD?

FreeBSD adalah sistem operasi turunan Unix gratis dan open-source. Itu dibangun untuk desktop, laptop, server, dan sistem tertanam yang didasarkan pada Berkeley Software Distribution (BSD) dan menjalankan berbagai platform. Ini sebagian besar berfokus pada fitur, kecepatan, dan stabilitas.

FreeBSD dapat digunakan sebagai desktop yang kuat atau mesin pengembangan, tergantung pada kebutuhan Anda. Ini juga mendukung layanan jaringan seperti web, surat, file, dan program lainnya. Salah satu fitur FreeBSD yang paling terkenal adalah keandalannya sebagai server internet. Netflix dan Sony mengandalkan FreeBSD untuk memberikan layanan yang dapat diandalkan untuk konsol PlayStation mereka.

FreeBSD sangat stabil, dan juga memiliki tingkat keamanan yang tinggi. Ini secepat kilat dan sangat responsif. FreeBSD adalah sistem operasi bebas yang berfokus pada kinerja, jaringan, dan penyimpanan, mengintegrasikan manajemen sistem dan dokumentasi menyeluruh untuk membiarkan komputer menyadari potensi penuhnya.

Sejarah FreeBSD

Saat itu tahun 1974. AT&T memberikan University of California, Berkeley lisensi sumber Unix. Dengan bantuan DARPA, Computer Systems Research Group mulai memperbarui dan meningkatkan AT&T Research Unix. Versi modifikasi ini bernama “Berkeley Unix” atau “Berkeley Software Distribution” (BSD), dan itu termasuk teknologi seperti TCP / IP, memori virtual, dan Berkeley Fast File System. Bill Joy menciptakan proyek BSD pada tahun 1976.

Versi publik pertama BSD, “Networking Release 1,” atau hanya Net-1, dirilis pada bulan Juni 1989. “Networking Release 2” (Net-2) tidak akan lengkap tanpa file AT&T tersebut. Net-2 diluncurkan pada tahun 1991. Pada tanggal 19 Juni 1993, nama FreeBSD diputuskan untuk proyek tersebut. Pada bulan November 1993, versi pertama FreeBSD dirilis

Fitur FreeBSD

Bagi penggunanya, FreeBSD memiliki sejumlah fitur unik. Berikut adalah beberapa fitur FreeBSD yang paling menonjol.

  • Modul [kernel] “dapat dimuat” secara dinamis. Ini memungkinkan jenis Sistem File, Protokol Jaringan, atau Emulator Biner baru untuk dimuat ke dalam sistem tanpa harus membuat kernel baru.
  • FreeBSD bhyve: Sistem dasar FreeBSD sekarang (dengan FreeBSD 10) termasuk hypervisor baru berlisensi BSD, legacy-free. Saat ini dapat menjalankan semua versi FreeBSD yang didukung, serta OpenBSD dan Linux melalui port grub-bhyve.
  • Seperti yang Anda mungkin akrab dengan Windows, Di FreeBSD akses multi-user adalah mungkin. Itu berarti pengguna yang berbeda dapat melakukan tugas mereka secara bersamaan. Semua periferal dapat digunakan sebagai milik bersama.
  • FreeBSD dapat berkomunikasi dengan sistem lain berkat koneksi TCP / IP Penuh. Tidak hanya dapat bertindak sebagai server utama tetapi juga melakukan tugas-tugas penting seperti FTP, Firewall, layanan email, dan Sistem File Jaringan
  • The Ports Collection adalah kumpulan lebih dari 23.000 program pihak ketiga yang dapat diinstal dan dioperasikan pada FreeBSD dengan mudah.
  • Jika anda memerlukan akses ke sejumlah besar program pihak ketiga, FreeBSD memiliki lebih dari empat kali jumlah aplikasi dalam sistem port dan paket karena OpenBSD.FreeBSD juga menawarkan banyak opsi yang dapat disetel untuk kernel, sistem berkas, dan jaringan yang tidak dimiliki OpenBSD.
  • Jails adalah alternatif ringan untuk virtualisasi
  • FreeBSD Firewalls: IPFW dan IPFilter termasuk dalam sistem dasar, serta versi modifikasi dari pf populer dengan kinerja SMP yang lebih baik. IPFW juga berisi fungsi dummynet, yang memungkinkan manajer jaringan untuk meniru keadaan jaringan yang tidak diinginkan seperti latensi, jitter, kehilangan paket, dan keterbatasan bandwidth.
  • Fitur perlindungan memori memungkinkan aplikasi (atau pengguna) untuk menghindari mengganggu tugas satu sama lain.
  • Sistem X Window (X11R6) standar industri menyediakan antarmuka pengguna grafis (GUI) untuk kartu dan monitor VGA yang paling umum, termasuk semua kode sumber.
  • DTrace, alat analisis dan pemecahan masalah kinerja berbasis peristiwa yang canggih sangat diporting ke FreeBSD.
  • Dokumentasi online yang terdokumentasi dengan baik dan selalu up-to-date tersedia.
  • Dukungan periferal Ultra-DMA di ISA Bus
Baca Juga:   25+ Perintah CMD, Fungsi & Cara Menggunakannya

Versi FreeBSD

FreeBSD telah merilis 13 versi, yang pertama dirilis sebagai FreeBSD1.1 dirilis pada bulan November 1993 pada saat yang sama dengan Ports Collection (yang mencakup fitur yang berkaitan dengan port). Versi pertama FreeBSD memiliki fitur seperti memperbaiki masalah yang terkait dengan impor 386BSD dan menambahkan program porting seperti XFree86, XView, InterViews, elm, dan NNTP.

Versi FreeBSD2.2 dirilis pada tanggal 22 November 1994, dan paling umum digunakan pada server Internet; Distribusi ini memperkenalkan perubahan penting dibandingkan dengan versi pertama FreeBSD. 

Dengan perubahan ini diterapkan pada versi kedua FreeBSD, yang banyak digunakan untuk tujuan umum pada masanya, FreeBSD merilis versi ketiga, FreeBSD3.3, pada tanggal 16 Oktober 1998, yang merupakan sub-cabang pertama yang memungkinkan sistem multiprocessing simetris (SMP) melalui penggunaan kunci Giant dan menentukan perpindahan dari a.out ke executable ELF. Juga, FreeBSD 3.1 memperkenalkan fungsionalitas USB untuk pertama kalinya.

Pada tanggal 1 November 2005, Release FreeBSD6.6 termasuk optimasi, threading, dan perubahan SMP, peningkatan kinerja jaringan, dan dukungan untuk hardware performance countering (HWPMC).

Setelah 3 tahun menggunakan FreeBSD 6, FreeBSD 7 dirilis pada tanggal 27 Februari 2008; Ini menarik perhatian pengguna dengan fitur-fitur seperti ARM, jemalloc, SCTP, jurnal UFS, port eksperimental sistem file ZFS Sun, GCC4, dan memperbarui serta mengoptimalkan jaringan utama dan kinerja SMP, dll.

Versi FreeBSD8 yang dirilis pada tahun 2009 menambahkan wadah virtualisasi baru yang disebut “vimage” ke platform FreeBSD, mendukung USB 3.0, dan menulis ulang kerangka netisr FreeBSD untuk mendukung threading. FreeBSD memperbarui TTY dengan instance barunya untuk menyediakan manajemen sumber daya dan dukungan yang ideal untuk SMP.

FreeBSD versi 9, dirilis pada 12 Januari 2012, memperkenalkan installer BSDInstall, yang digunakan dengan bantuan gambar ISO yang termasuk dalam versi ini. Versi FreeBSD ini juga menyertakan perubahan seperti:

Baca Juga:   Apa Itu Almalinux? Fitur, Versi dan Keuntungannya!

Pada tanggal 10 Oktober 2016, versi stabil FreeBSD 11 dirilis, dan dengan itu, versi baru NetMap diperkenalkan, yang menyediakan kemampuan untuk menginstal sistem file ZFS dan dukungan untuk ARM 64-bit.

Dan akhirnya, versi terakhir FreeBSD dirilis dengan FreeBSD 13 pada 13 April. Tentu saja, 13 versi FreeBSD telah dirilis sejauh ini, dan siklus ini akan terus berlanjut. Dalam versi ini, kita melihat perbaikan untuk pindah ke sistem file OpenZFS baru dan akses ke fitur-fitur baru untuk melengkapi dan menumbuhkan platform FreeBSD 13, yang akan meningkatkan kinerja sistem dengan meninggalkan dukungan untuk driver usang. Versi ini memprioritaskan Membersihkan basis kode dan peningkatan kinerja.

Keunggulan FreeBSD

Mari kita lihat keunggulan FreeBSD, yang membentuk infrastruktur dari banyak sistem yang dikenal dari Netflix ke Mac Os. Beberapa keunggulan utama menggunakan FreeBSD dapat terdaftar sebagai instalasi yang mudah, gratis, aman, dan stabil. Mari kita lihat ini secara rinci.

Instalasi Mudah

FreeBSD menyediakan dokumentasi instalasi terperinci untuk berbagai platform. Bahkan jika Anda tidak terbiasa dengan sistem operasi lain (Linux, unix) Anda dapat menginstalnya dengan bantuan dokumentasi. FreeBSD dapat diinstal melalui CD-ROM, DVD, atau langsung menggunakan FTP atau NFS dengan panduan dokumentasi.

Gratis

Biasanya, sistem operasi lengkap seperti itu dianggap berbayar tetapi FreeBSD gratis dan tersedia dengan kodenya.

Keamanan

Keamanan sangat penting untuk FreeBSD, dan pengembang terus berusaha untuk membuat sistem operasi seaman mungkin. BSD dan Unix memiliki reputasi industri yang layak untuk rock-solid (meskipun tidak sempurna, karena kesalahan konfigurasi dapat menyebabkan kerentanan) keamanan dan stabilitas.

Ketika kita melihat perspektif sejumlah kerentanan yang dihadapi sistem Linux dan FreeBSD. FreeBSD 7 kali lebih rendah dari Linux dalam 20 tahun terakhir (Tentu saja, Linux lebih banyak digunakan dan merupakan target aktor jahat.)

Baca Juga:   Apa Itu Ubuntu? Jenis, Fungsi dan Kelebihannya!

Stabil

Selain keunggulan keamanannya dibandingkan OS lain, FreeBSD memberikan keunggulan stabilitas. Server FreeBSD telah dikenal berjalan selama bertahun-tahun tanpa masalah.

Dukungan FreeBSD di Layanan Nevacloud 

Distribusi FreeBSD adalah salah satu pilihan sistem operasi yang tersedia pada layanan VPS Nevacloud.  Untuk dapat menikmati layanan VPS Nevacloud dengan sistem operasi FreeBSD, anda dapat mengunjungi website Nevacloud.

Tertarik Menggunakan VPS dengan teknologi terbaik dari Nevacloud?

freeBSD adalah sistem operasi yang aman, kuat, dan open-source yang berasal dari sistem operasi Unix dan memiliki kemampuan dan fitur yang sama dengan Linux dan memiliki kinerja yang tak tertandingi di bidang server. Nevacloud menawarkan berbagai produk cloud untuk memenuhi kebutuhan bisnis Anda untuk menyediakan layanan cloud server yang berkualitas tinggi. Salah satu produknya adalah Cloud VPS, yang memungkinkan Anda menginstal FreeBSD dan mendukung aktivitas aplikasi, serta menyediakan sumber daya yang fleksibel untuk website Anda, sehingga dapat disesuaikan dengan kebutuhan Anda.

Avatar for Titis Nur Pratomo

About Author

Titis Nur Pratomo

SEO Specialist at Deneva | Helping Increase Business Visibility in Search Engine | SEO & WordPress Enthusiast