Apa Itu Plesk? Fitur dan Kelebihannya!!

Apa Itu Plesk? Fitur dan Kelebihannya!!
Avatar for Titis Nur Pratomo
  • November 18, 2023

Saat Anda meng-host situs web atau aplikasi Anda di web, Anda memerlukan control panel untuk mengelola berbagai aspek server Anda. Pilihan control panel sangat tergantung pada penyedia hosting Anda dan faktor-faktor seperti harga dan kemudahan penggunaan. Anda perlu menggunakan control panel yang ramah harga dan mudah digunakan.

Plesk adalah platform populer untuk mengelola server online Anda. Tapi apa itu Plesk, dan bagaimana cara kerjanya? Jika Anda tertarik untuk mengetahui apa itu Plesk dan apa yang dapat dilakukannya, artikel ini akan memberikan semua informasi yang Anda butuhkan, termasuk fitur-fiturnya, kelebihan, dan banyak lagi. Tanpa basa-basi lagi, mari langsung simak artikelnya!

Apa Itu Plesk?

Plesk adalah control panel yang memberi pengguna antarmuka untuk mengelola situs web, aplikasi, dan server mereka. Platform ini awalnya dikembangkan di Rusia pada tahun 2001 dan dijual ke Parallel. Plesk menjadi entitas independen pada tahun 2015. Pada tahun 2017, British Oakley Capital Limited mengakuisisi Plesk dan sejak itu menjadi bagian dari WebPros.

Ini adalah salah satu control panel terkemuka dan paling populer untuk mengelola Virtual Private Server (VPS) dan dedicated server. Salah satu alasan di balik popularitas Plesk adalah UI-nya yang intuitif dan ramah, yang membuatnya mudah digunakan bahkan jika Anda tidak memiliki banyak pengalaman manajemen server.

Plesk berdiri sebagai solusi perangkat lunak yang dirancang untuk mengotomatisasi pusat data web hosting, terutama melayani penyedia layanan hosting komersial di platform Linux / Unix dan Windows.

Baca Juga:   Perbandingan VPN: PPTP vs L2TP vs OpenVPN

Selain menawarkan banyak fungsi control panel hosting umum, Plesk melampaui dasar-dasarnya. Dengan Plesk, Anda mendapatkan alat perbaikan sendiri yang mengotomatiskan perbaikan kesalahan teknis yang memungkinkan situs web Anda berjalan dengan lancar. Ini juga memiliki perpustakaan ekstensi yang luas untuk membantu Anda menambahkan fungsionalitas tambahan ke situs Anda.

Fitur Plesk

Toolkit WordPress 

Toolkit WordPress memungkinkan pengguna untuk menginstal, mengelola, dan menghapus situs web WordPress dengan mudah dari server mereka. Selain itu, toolkit ini memungkinkan pengguna untuk mengkonfigurasi pembaruan dan membuat plugin dan paket tema. Ini juga memungkinkan pengguna untuk memantau kinerja dan keamanan situs web mereka.

Manajemen server

Dengan Plesk, admin dapat mengelola sumber daya dan kinerja server mereka dan mengontrol tingkat akses pengguna yang berbeda. Semua ini dilakukan dengan menggunakan antarmuka pengguna Plesk yang lugas dan intuitif. Jika Anda baru mengenal Plesk, baca panduan ini untuk mempelajari Cara Menambahkan Pengguna dan Menetapkan Peran di Plesk.

Application Vault

Ini adalah pasar aplikasi yang dapat Anda instal di server Anda hanya dengan beberapa klik. Beberapa aplikasi umum dalam katalog aplikasi Plesk termasuk Sistem Manajemen Konten (CMS) seperti WordPress, Joomla, dan Drupal, platform eCommerce seperti Magento, OpenCart, dan PrestaShop, dan perangkat lunak CRM seperti SugarCRM dan vTiger.

Plesk juga memungkinkan pengguna untuk menonaktifkan aplikasi yang mereka mungkin tidak ingin pelanggan mereka akses. Jadi, pelanggan hanya akan memiliki akses ke aplikasi yang relevan ke layanan yang mereka bayar. Misalnya, jika pelanggan membayar hosting WordPress terkelola, Anda mungkin harus menonaktifkan aplikasi lain yang tidak relevan dengan layanan itu.

Migrasi

Plesk memungkinkan pengguna untuk memigrasikan situs web atau aplikasi web mereka dari control panel hosting web lainnya. Pengguna juga dapat memigrasikan situs mereka dari satu instalasi Plesk di VPS atau server khusus mereka ke yang lain. Lihat panduan komprehensif ini tentang cara melakukan migrasi Plesk-ke-Plesk.

Baca Juga:   Accelerometer adalah: Pengertian, Contoh dan Jenis

eCommerce

Plesk memiliki beberapa fitur eCommerce bawaan, termasuk integrasi gateway pembayaran, manajemen produk, pengaturan keranjang belanja, dan manajemen pesanan pelanggan. Fitur-fitur ini memudahkan pengguna untuk mengelola dan mengembangkan situs web eCommerce mereka.

Manajemen pelanggan

Plesk juga memiliki portal pelanggan, yang memungkinkan pelanggan untuk mengakses dukungan, mengelola akun mereka, dan membeli layanan tambahan yang mungkin mereka butuhkan. Ini mengurangi beban kerja pada administrator karena pelanggan dapat melakukan sebagian besar tugas sendirian.

Kelebihan Plesk 

Antarmuka pengguna yang intuitif

Antarmuka pengguna Plesk yang bersih dan terorganisir dengan baik adalah fitur yang membedakan. Bahkan pemula dapat menggunakannya untuk menemukan alat dan fitur untuk mengelola situs web mereka. Mereka juga dapat menemukan banyak tutorial dan kursus dari pusat bantuannya.

Plesk meningkatkan kemudahan penggunaan dan membuatnya sangat mudah bagi Anda untuk bekerja dengan server Anda. Singkatnya, Plesk membuat manajemen situs web lebih cepat, lebih sederhana, dan bahkan lebih mudah dipelajari. 

Mobile friendly

Jika Anda selalu bepergian, Anda memerlukan platform untuk mengakses dan mengelola situs dan server Anda kapan saja. Dan di sinilah Plesk adalah pemain. Plesk memiliki aplikasi seluler yang dapat dengan mudah diakses di layar kecil seperti ponsel atau tablet. Ini membuatnya lebih mudah dan lebih nyaman bagi Anda untuk membuat perubahan atau mengelola situs web Anda saat bepergian.

Sistem operasi agnostik

Salah satu kelemahan paling signifikan dari hosting cPanel adalah hanya berfungsi dengan server web berbasis Linux. Dan di sinilah Plesk mengambil alih cPanel, dalam banyak kasus. Plesk mendukung server web Linux dan Windows, yang membuatnya dapat diakses oleh setiap situs web di internet.

Baca Juga:   Ghost dan Kegunaannya sebagai Platform Blogging

Kompatibilitas pihak ketiga

Alasan lain untuk memilih Plesk daripada control panel hosting lainnya adalah kompatibilitasnya dengan banyak aplikasi pihak ketiga, seperti WordPress dan Amazon. Selain itu, Plesk juga menyediakan toolkit untuk mempermudah penggunaan aplikasi pihak ketiga.

Mendukung lebih dari 100 ekstensi

Meskipun Plesk dikenal karena fungsionalitas intinya, ini memungkinkan Anda untuk menambahkan berbagai fungsi ke situs Anda menggunakan lebih dari 100 ekstensi. Ekstensi ini meningkatkan fungsionalitas situs di hampir setiap aspek, termasuk keamanan, cadangan, tampilan, email, SEO, kecepatan, dan banyak lagi.

Keamanan

Keamanan situs web sangat penting untuk keberhasilannya secara keseluruhan. Dalam hal keselamatan, Plesk menikmati reputasi yang kuat. Ini menyediakan banyak opsi, termasuk kontrol izin pengguna, sertifikat SSL, dan firewall dan ekstensi yang membantu membuat situs web Anda lebih aman.

Perbedaan Plesk dengan cPanel

Perbedaan utama antara Plesk dan cPanel terletak pada antarmuka pengguna dan server web yang mereka dukung. Antarmuka pengguna Plesk mirip dengan panel admin WordPress dan mendukung server Linux &; Windows. cPanel memiliki antarmuka grafis dan hanya kompatibel dengan server web Linux.

Dukungan Plesk di Layanan Nevacloud 

Distribusi Ubuntu adalah salah satu pilihan sistem operasi yang tersedia pada layanan VPS Nevacloud.  Untuk dapat menikmati layanan VPS Nevacloud dengan sistem operasi Ubuntu, anda dapat mengunjungi website Nevacloud.

Tertarik Menggunakan VPS dengan teknologi terbaik dari Nevacloud?

Kesimpulannya, control panel Plesk dirancang untuk pemula yang tidak memiliki pengalaman dalam manajemen situs web. Ada banyak tutorial video gratis untuk membantu pelanggan pemula menjadi terbiasa dengan antarmuka. Dokumen pendukung menggunakan bahasa yang mudah dan tidak memiliki banyak istilah teknis.Ini adalah penjelasan lengkap tentang Plesk, termasuk pengertiannya, jenisnya, dan keuntungan dan kekurangannya. Apakah Anda ingin menggunakan sistem operasi yang satu ini? Jika Anda pengguna Nevacloud, Anda dapat dengan mudah menginstal Plesk melalui virtual machine di Cloud VPS Nevacloud. Coba sekarang dan nikmati layanan cloud premium dengan sistem pembayaran pay-as-you-go yang fleksibel!

Avatar for Titis Nur Pratomo

About Author

Titis Nur Pratomo

SEO Specialist at Deneva | Helping Increase Business Visibility in Search Engine | SEO & WordPress Enthusiast