Tahukah Anda bahwa Anda dapat menyederhanakan pencarian Anda untuk proxy gratis dan fungsional? Alih-alih mencari opsi terbaik di luar sana, Anda cukup menggunakan scraper proxy. Dengan alat yang tepat, Anda tidak hanya akan menghemat waktu tetapi juga memangkas biaya, mengakses proxy gratis yang cepat dan andal tanpa kerumitan.

Apakah Anda memerlukan server proxy untuk web scraper, riset pasar, atau hanya untuk melewati pembatasan geografis, menggunakan scraper proxy terbaik dapat membuat pekerjaan Anda jauh lebih mudah.

Apa Itu Proxy Scraper?

Ini adalah alat atau perangkat lunak yang dirancang untuk secara otomatis mengekstrak dan mengumpulkan informasi server proxy dari berbagai sumber di internet. Informasi ini mencakup alamat IP, nomor port, dan protokol.

Tujuan utama menggunakan proxy scraper adalah untuk membangun atau memperbarui daftar proxy yang dapat digunakan untuk berbagai keperluan. Alat-alat ini dapat mengumpulkan informasi proxy dari daftar proxy publik, forum, situs web, dan sumber lain di mana rincian proxy tersedia.

Bagaimana Cara Kerja Proxy Scraper?

Proxy scraper bertindak sebagai perantara antara pencakar web Anda dan situs web yang Anda targetkan. Berikut cara kerja server proxy pada tingkat dasar:

  • Perutean Permintaan: Ketika scraper Anda mengirim permintaan ke situs web, alih-alih langsung dari komputer Anda ke situs web, scraper melewati server proxy untuk menyembunyikan alamat IP.
  • IP Masking: Server proxy menggunakan alamat IP-nya sendiri untuk membuat permintaan ke situs web. Ini menutupi alamat IP Anda yang sebenarnya, yang dapat membantu mencegah situs web mendeteksi dan memblokir scraper Anda.
  • Data Retrieval: Setelah server proxy menerima data dari situs web, ia meneruskannya kembali ke scraper Anda.
  • Rotasi IP: Untuk menghindari deteksi lebih lanjut, banyak pencakar menggunakan banyak proxy dan memutarnya. Ini membuat lalu lintas tampak seolah-olah berasal dari pengguna yang berbeda.
Baca Juga:   Apa itu Plesk
proxy scraper
Sumber: Envato

Apa Saja Fitur yang Dimiliki Proxy Scraper?

Situs web target tempat Anda mengambil datanya dapat memblokir alamat IP Anda saat Anda sering terhubung. Karenanya Anda juga bisa masuk daftar hitam. Di sinilah server proxy berperan. Ini tidak hanya menutupi alamat IP Anda tetapi juga mencegah Anda masuk daftar hitam. Dasar yang memerlukan proxy untuk web scraping pada dasarnya terdiri dari 3 komponen:

Proksi membantu Anda menutupi alamat IP Anda:

Saat Anda terhubung ke situs web target menggunakan perangkat lunak web scraping melalui server Proxy, proxy akan menutupi alamat IP Anda. Proses ini akan memungkinkan Anda melakukan semua aktivitas pengikisan tanpa sumber mengetahui identitas Anda. Oleh karena itu, ini adalah salah satu keuntungan signifikan menggunakan proxy untuk web scraping.

Proksi membantu Anda melewati batasan yang ditetapkan oleh sumber target:

Situs web target seringkali membatasi jumlah permintaan yang dapat diterima dari alat pengikis dalam jangka waktu tertentu. Jadi, jika target mengidentifikasi permintaan tak terbatas dari alamat IP Anda, Anda akan diblokir oleh target. Contoh tipikalnya adalah Anda mengirimkan ribuan permintaan scraping dalam waktu sepuluh menit.

Sebagai solusinya, server proxy mendistribusikan permintaan Anda ke beberapa proxy. Dengan cara ini, sumber target akan melihat bahwa permintaan datang dari beberapa pengguna berbeda, bukan dari satu pengguna. Akibatnya, situs target tidak akan mengkhawatirkan batasannya.

Memungkinkan Anda mengikis data spesifik lokasi

Situs web tertentu membatasi data pada negara atau lokasi geografis tertentu. Misalnya, mengambil data dari situs statistik tentang pangsa pasar di AS dari negara di Afrika atau Asia akan menghasilkan halaman kesalahan.

Mengatasi Pemblokiran Dan Larangan IP

Rotasi IP: Proxy dapat memutar alamat IP, sehingga menyulitkan situs web untuk melacak dan memblokir scraper berdasarkan IP. Kumpulan IP Beragam: Menggunakan kumpulan besar proxy dari subnet yang berbeda membantu menghindari pemblokiran IP, karena permintaan tampaknya berasal dari beberapa sumber yang tidak terkait.

Baca Juga:   Windows CMD: Direktori Lengkap Perintah Command Prompt
proxy scraper
Sumber: Envato

Kelebihan dan Kekurangan Penggunaan Proxy Scraper

Kelebihan:

Bisnis menggunakan web scraping untuk mengekstrak data berharga tentang industri dan wawasan pasar untuk membuat keputusan berdasarkan data dan menawarkan layanan yang didukung data. Proxy scraper memungkinkan bisnis untuk mengikis data secara efektif dari berbagai sumber web.

  • Peningkatan keamanan. Menggunakan server proxy menambahkan lapisan privasi ekstra dengan menyembunyikan alamat IP mesin pengguna.
  • Hindari larangan IP. Situs web bisnis menetapkan batas jumlah data yang dapat dirayapi yang disebut “Laju Perayapan” untuk menghentikan pencakar membuat terlalu banyak permintaan, karenanya, memperlambat kecepatan situs web. Menggunakan kumpulan proxy yang cukup untuk pengikisan memungkinkan perayap melewati batas kecepatan di situs web target dengan mengirimkan permintaan akses dari alamat IP yang berbeda.

Bisnis yang menggunakan pengikisan situs web untuk tujuan pemasaran dan penjualan mungkin ingin memantau penawaran situs web (misalnya pesaing) untuk wilayah geografis tertentu untuk menyediakan fitur dan harga produk yang sesuai.

Menggunakan proxy scraper dengan alamat IP dari wilayah yang ditargetkan memungkinkan crawler mendapatkan akses ke semua konten yang tersedia di wilayah tersebut. Selain itu, permintaan yang berasal dari wilayah yang sama terlihat kurang mencurigakan, oleh karena itu, kecil kemungkinannya untuk dilarang.

  • Aktifkan scrapping volume tinggi. Tidak ada cara untuk menentukan secara terprogram apakah sebuah situs web sedang dikikis. Namun, semakin banyak aktivitas scraper, semakin besar kemungkinan aktivitasnya dapat dilacak. 

Misalnya, crawler dapat mengakses situs web yang sama terlalu cepat atau pada waktu tertentu setiap hari, atau menjangkau halaman web yang tidak dapat diakses secara langsung, yang menempatkan mereka pada risiko terdeteksi dan dilarang. Proxy memberikan anonimitas dan memungkinkan membuat lebih banyak sesi bersamaan ke situs web yang sama atau berbeda.

Baca Juga:   Hybrid Cloud : Pengertian, Kelebihan & Cara Kerjanya!

Kekurangan:

Dengan berbagai kelebihan yang dimiliki, tidak dipungkiri proxy scraper memiliki beberapa kekurangan juga, diantaranya adalah:

  • Biaya yang lebih tinggi. Proxy scraper cenderung lebih mahal daripada metode atau alat lain.
  • Masalah kinerja. Terkadang mereka bisa menjadi lebih lambat dan sesekali memiliki masalah teknis dengan efektivitasnya.
  • Risiko deteksi. Lebih mungkin terdeteksi oleh situs web dengan sistem anti bot canggih yang mengarah ke larangan.

Ini adalah beberapa kelemahan utama yang perlu dipertimbangkan saat menggunakan proxy scraper untuk web scraping.

proxy scraper
Sumber: Envato

Cara Menggunakan Proxy Scraper

Untuk menggunakan proxy scraper, anda bisa mengikuti langkah-langkah umum dibawah ini:

  1. Instal modul yang diperlukan: untuk python, ini bisa berupa request untuk mengirim permintaan dan mengurai HTML.
  2. Impor modul request.
  3. Buat proxy pool lalu putar / ulangi. Proxy pool adalah kumpulan beberapa server proxy yang menyediakan satu titik masuk untuk setiap pengguna. Saat Anda tersambung ke kumpulan proksi, permintaan Anda dirutekan melalui salah satu server di kumpulan. Server ini kemudian meneruskan permintaan Anda ke target dan menyampaikan respons kembali kepada Anda. Penggunaan kumpulan proxy membantu dalam: Masking alamat IP Anda, Melewati pembatasan geografis, Menghindari deteksi dan pemblokiran saat menggores data

Ini adalah cara untuk memastikan anonimitas online dan akses konten tidak terbatas.

  1. Kirim permintaan GET menggunakan requests.get() dengan meneruskan proxy sebagai parameter ke URL.
  2. Mengembalikan alamat server proksi sesi saat ini jika tidak ada kesalahan koneksi.

Tertarik Untuk Menggunakan VPS dengan teknologi terbaik dari Nevacloud?

Terlepas dari itu, jika anda sedang mencari VPS dengan teknologi terbaik, anda dapat menggunakan VPS dari Nevacloud. Tunggu apalagi? kunjungi website Nevacloud dan temukan beragam penawaran menariknya!

Avatar for Hiqbal Fauzi

About Author

Hiqbal Fauzi

As SEO Specialist at Deneva with a bachelor's in animal husbandry, passionate about digital marketing, especially in SEO.