Apa Itu OpenSUSE? Keunggulan dan Perintah Dasarnya!

Apa Itu OpenSUSE? Keunggulan dan Perintah Dasarnya!
Avatar for Titis Nur Pratomo
  • November 16, 2023

Jika Anda sedang mencari distro Linux untuk digunakan, mungkin openSUSE menjadi salah satu rekomendasi. Meskipun distro ini tidak sepopuler seperti distro lain seperti Ubuntu atau Debian, openSUSE memiliki sejumlah fitur unik yang dapat Anda gunakan. 

Ada beberapa distribusi berbeda yang tersedia untuk Linux. Debian dan Ubuntu adalah sistem operasi Linux yang terkenal, namun, sebuah proyek bersama dari Franconia telah semakin populer dalam beberapa tahun terakhir di antara anggota komunitas Linux. openSUSE disponsori oleh perusahaan Nuremberg SUSE Software Solutions GmbH, sementara komunitas pengembang internasional bertanggung jawab atas pemeliharaan dan pembaruan distribusi. Distribusinya adalah open source dan berusaha untuk menawarkan opsi yang mudah digunakan dan stabil untuk server dan komputer tempat kerja.

Apa Itu OpenSUSE?

openSUSE adalah proyek komunitas open-source dengan distribusi berbasis Linux yang disponsori oleh SUSE Software Solutions Germany GmbH dan berbagai perusahaan lainnya. Komunitas openSUSE yang luas di seluruh dunia turut mengembangkan openSUSE, terkadang dengan sponsor dari perusahaan. Download distribusi proyek ini kapan saja tanpa biaya.

Dalam paket openSUSE, ada banyak desktop environment yang tersedia untuk pengguna dengan berbagai kebutuhan. KDE, GNOME, dan Xfce adalah beberapa perangkat keras desktop yang termasuk dalam kategori ini. Ada sistem manajemen paket seperti YaST, zypper, dan DNF yang mendukung ribuan paket software open-source yang dapat Anda instal di dalamnya. 

Linux dikembangkan secara terbuka oleh komunitas di seluruh dunia, menjadikannya sistem operasi open source yang memungkinkan siapapun untuk membangun dan meracik sistem operasi menggunakan kernel Linux, yang kemudian dikenal sebagai distribusi Linux. Selain itu, sistem open source memungkinkan siapapun untuk membangun dan meracik sistem operasi menggunakan kernel Linux, yang kemudian dikenal sebagai distribusi Linux.

Baca Juga:   RDP Adalah : Fungsi, Manfaat dan Cara Menggunakannya!

Saat ini, ada lebih dari 600 distribusi Linux yang terus dikembangkan untuk memenuhi permintaan berbagai pengembang dan pengguna. Dari sekian banyak distribusi Linux, openSUSE adalah yang memiliki basis pengguna terbesar saat ini. 

Jenis OpenSUSE

Leap

Dengan tingkat stabilitas ini, bahkan perusahaan besar dapat memanfaatkannya untuk memenuhi kebutuhan mereka. Leap menggunakan kernel Linux yang terus diperbarui melalui patch dan backport untuk mendukung perangkat keras baru sesuai kebutuhan.

Kompatibel dengan SUSE Linux Enterprise, openSUSE Leap memberikan pengguna kemampuan untuk beralih ke penawaran perusahaan dan memberikan tingkat stabilitas yang tidak tertandingi oleh distribusi Linux lainnya. Leap tidak memiliki sistem rolling release, jadi Anda harus mengupdate semuanya secara manual; namun, sistem operasi Leap lebih stabil daripada Tumbleweed. 

Tumbleweed

Versi openSUSE Tumbleweed menggunakan rolling release, yang berarti Anda tidak perlu memperbarui sistem operasi dan aplikasi secara manual. Aplikasi dan sistem operasi terbaru dari versi stabil akan langsung diperbarui secara otomatis. Akibatnya, Tumbleweed memiliki aplikasi yang paling baru dan canggih.

Jika Anda memiliki kemampuan teknis yang baik atau telah menggunakan Linux sebelumnya, distro ini akan sangat membantu. Rolling release ini terkadang membuat sistem operasi yang Anda gunakan kurang stabil, membuatnya kurang cocok untuk pemula yang tidak tahu cara menggunakannya. 

Sebaiknya pengguna Tumbleweed memiliki keterampilan maju, terutama dalam mengkompilasi modul kernel. Selain paket software yang selalu terkini dan lengkap, keunggulan Tumbleweed adalah kinerja yang sangat cepat dan ringan. 

OS ini menggunakan Open Build Service (OBS) untuk mempercepat proses pembuatan, dan openQA mengotomatisasi pengujian dengan skenario kehidupan nyata untuk menguji instalasi, upgrade, dual booting, live CD, instalasi jaringan, dan banyak lagi.  Tumbleweed dapat menjalankan berbagai proses dengan sangat cepat. 

Baca Juga:   Komputer Server : Fungsi, Jenis, Spesifikasi dan Cara Kerjanya!

Fungsi OpenSUSE

OpenSUSE adalah sebuah distribusi Linux general purpose yang kuat yang dapat digunakan baik sebagai sistem operasi desktop maupun server. Versi desktopnya dapat dijalankan di laptop atau PC, bersama dengan sistem operasi Windows dan Mac OS.

Keunggulan OpenSUSE

Untuk mendukung sistem operasi ini, openSUSE memiliki banyak proyek kecil. Selain itu, YaST adalah pusat kontrol dari sistem operasi secara keseluruhan. Hal ini memungkinkan pengguna mengubah sistem operasi tersebut dengan berbagai cara sesuai kebutuhan. Jika Anda menginginkan sistem operasi yang handal untuk menjalankan proses kompleks, keleluasaan ini membuat openSUSE pilihan yang tepat. 

OpenSUSE adalah sistem operasi yang ringan, aman, dan cepat, dengan banyak fitur yang memungkinkan Anda mengatur keseluruhan sistem operasi. Salah satu fitur tambahan OpenSUSE adalah layanan pembuatan OpenSUSE, sebuah layanan publik yang digunakan untuk mengembangkan sistem OpenSUSE. Layanan ini juga menyediakan berbagai paket untuk berbagai distribusi Linux, seperti Fedora, Ubuntu, dan Debian, antara lain. Selain itu, OpenSUSE mendukung Secure Boot, yang memungkinkan instalasi sistem dual boot ke laptop atau PC dengan Windows 10 atau 11.

Siapa yang Cocok Menggunakan OpenSUSE

Jika Anda baru mengenal Linux dan ingin mencoba distro Linux lain, OpenSUSE mungkin tidak cocok untuk Anda. Namun, jika Anda sudah menggunakan Linux selama beberapa waktu dan tertarik untuk mencoba yang lain, Anda dapat mencobanya. 

OpenSUSE cocok untuk mereka yang menginginkan kontrol yang lebih luas atas sistem operasi tersebut. Namun, karena banyaknya konfigurasi dan manajemen yang ditawarkannya, openSUSE bukan salah satu distribusi yang harus dipertimbangkan bagi mereka yang baru saja beralih ke Linux. 

Jika Anda baru mengenal Linux dan ingin mencoba distro Linux lain, OpenSUSE mungkin tidak cocok untuk Anda. Namun, jika Anda telah menggunakan Linux selama beberapa waktu dan tertarik untuk mencoba distro Linux lain, Anda dapat mencobanya. 

Baca Juga:   Compiler Adalah : Cara Kerja, Fungsi dan Contohnya!

Bagi mereka yang menginginkan kontrol sistem operasi yang lebih luas, OpenSUSE bagus. Namun, karena banyaknya konfigurasi dan manajemen yang tersedia, openSUSE bukan salah satu distribusi yang harus dipertimbangkan bagi mereka yang baru saja beralih ke Linux. 

Dukungan OpenSUSE di Layanan Nevacloud

Distribusi open suse adalah salah satu pilihan sistem operasi yang tersedia pada layanan VPS Nevacloud.  Untuk dapat menikmati layanan VPS Nevacloud dengan sistem operasi open suse, anda dapat mengunjungi website Nevacloud.

Tertarik Untuk Menggunakan VPS dengan teknologi terbaik dari Nevacloud?

OpenSUSE adalah salah satu sistem operasi yang dibangun menggunakan kernel Linux. Secara umum, OpenSUSE menawarkan fitur terbuka, stabil, lebih aman, dan fleksibel, seperti yang ditawarkan oleh distribusi Linux lainnya. Oleh karena itu, OpenSUSE, sebagai versi komunitas dari SUSE Linux Enterprise, menawarkan distribusi Linux dengan kualitas enterprise grade yang dapat diandalkan sebagai salah satu sistem operasi untuk server website Anda.Ini adalah penjelasan lengkap tentang openSUSE, termasuk pengertiannya, jenisnya, dan keuntungan dan kekurangannya. Apakah Anda ingin menggunakan sistem operasi yang satu ini? Jika Anda pengguna Nevacloud, Anda dapat dengan mudah menginstal openSUSE melalui virtual machine di Cloud VPS Nevacloud. Coba sekarang dan nikmati layanan cloud premium dengan sistem pembayaran pay-as-you-go yang fleksibel!

Avatar for Titis Nur Pratomo

About Author

Titis Nur Pratomo

SEO Specialist at Deneva | Helping Increase Business Visibility in Search Engine | SEO & WordPress Enthusiast