Apa Itu Komputer Server?

Komputer server adalah perangkat atau perangkat lunak yang menjalankan layanan untuk memenuhi kebutuhan komputer lain, yang dikenal sebagai klien. Tergantung pada situasinya, program server dapat beroperasi pada komputer fisik atau mesin virtual. Namun, komputer yang sebenarnya di mana perangkat lunak diinstal di pusat data sering disebut server. Ada kemungkinan bahwa komputer adalah dedicated server atau sedang digunakan untuk beberapa tujuan sekaligus.

Dalam arsitektur pemrograman client-server, program server menerima dan menanggapi pertanyaan dari aplikasi klien yang berjalan pada komputer yang sama atau lainnya. Satu program dapat berfungsi sebagai klien yang meminta layanan dari program lain. Program lain dapat berfungsi sebagai server yang menerima permintaan.

Komputer server adalah komputer berkinerja tinggi yang dirancang untuk menangani, menyimpan, dan mengelola data jaringan, perangkat, dan sistem. Server adalah mesin yang menggerakkan bisnis dengan menyediakan perangkat dan sistem jaringan dengan sumber daya yang memadai. Server sangat penting bagi organisasi karena mereka menyediakan skalabilitas, efisiensi, dan kemampuan kelangsungan bisnis. Server dapat melakukan tugas yang sama dengan PC desktop standar dengan beberapa tambahan. 

Fungsi Komputer Server

Secara umum fungsi komputer server adalah menyediakan sumber daya dan layanan yang dibutuhkan pengguna dalam suatu jaringan. Beberapa fungsi lain komputer server tercantum di bawah ini:

Akses Sumber Daya dan Informasi

Fungsi yang pertama adalah sebagai pusat penyimpanan data atau aplikasi, sehingga komputer lain yang terhubung dalam jaringan dapat mengakses sumber daya dan informasi tersebut.

Layanan Berbagi dan Pencetakan File

Komputer server juga berperan sebagai penyedia layanan berbagi file, sehingga memudahkan pengguna untuk mengakses dan berbagi dokumen dan data antar pengguna di jaringan. Selain itu, komputer server dapat menjadi penyedia layanan pencetakan yang memungkinkan pengguna di jaringan Anda mencetak dokumen langsung dari komputer mereka ke server.

Baca Juga:   Apa Itu Gitlab? Ini Penjelasan Lengkapnya

Layanan Email

Fungsi komputer server selanjutnya adalah bertindak sebagai penyedia layanan email yang dapat diakses oleh pengguna di jaringan.

Layanan Web dan Database

Komputer server dapat bertindak sebagai penyedia layanan web dengan menyimpan dan menyajikan konten web kepada pengguna yang terhubung ke jaringan. Server bertindak sebagai penyedia layanan basis data, memungkinkan pengguna dengan mudah mengakses dan mengedit data yang disimpan dalam basis data.

Cara Kerja Komputer Server

Setelah mempelajari berbagai informasi tentang komputer server. Sekarang mari kita pahami cara kerjanya. Sederhananya, kita dapat melihat bahwa proses kerjanya adalah menangani permintaan klien di jaringan.

  • Ketika komputer klien meminta data dari layanan server. Server kemudian menerimanya, memproses nya, dan mengirimkan hasil yang diperlukan kembali ke komputer klien. 
  • Contoh paling mudah untuk dipahami adalah ketika Anda membuat domain untuk situs web Anda, Anda perlu mengetikkan alamat lengkap di browser Anda. Contoh: www.contohdomain.com. Selanjutnya browser meminta informasi tentang domain web di server web. 
  • Server kemudian mencari ID atau alamat IP pada server DNS.
  • Selanjutnya, cari tahu alamat IP situs web tersebut
  • Server kemudian mengirimkan informasi tentang browser yang ditampilkan.

Jenis Komputer Server

Application Server

Server aplikasi jenis ini memiliki kemampuan untuk menyimpan file dan data serta memberikan layanan kepada pengguna aplikasi web. Ini paling sering digunakan untuk kebutuhan proyek seperti sistem informasi, aplikasi pendidikan, dan kesehatan.

Mail Server

Berikutnya juga terdapat mail server yang mendukung proses pengiriman dan penerimaan email. Jenis server ini menjalankan fungsinya saat Anda menginstal klien email di komputer Anda.

Web Server

Lalu ada juga web server yang menyimpan data website Anda. Ketika klien membuat permintaan, server web menjalankan protokol sesuai dengan kebijakan dan menghasilkan output dari situs web. Hasilnya adalah isinya. Jika Anda ingin mengakses halaman situs web Anda secara online dengan mudah, Anda perlu mengunjungi hostnya terlebih dahulu. Hosting berlangsung di server web.

Baca Juga:   Cyber Crime Adalah : Jenis, Contoh & Cara Mengatasinya!

Proxy Server

Ketika Anda membutuhkan server untuk bertindak sebagai perantara antara server dan klien dalam proses pengiriman data, inilah peran server proxy. Selain itu, server proxy menyediakan fitur pengoptimalan kinerja, berbagi koneksi, dan pemfilteran permintaan.

FTP Server

Komputer yang menggunakan protokol tertentu untuk melakukan transfer file streaming antar aplikasi adalah server FTP. Biasanya, jika Anda dapat mengakses file Anda secara online menggunakan perangkat lunak.

File Server

Ada juga server file dengan lokasi hosting. Biasanya penyimpanan ini digunakan untuk menyimpan berbagai file seperti video, audio, gambar, dokumen, database, dll. Server file ini adalah tempat data klien disimpan dan diambil.

Print Server

Komputer server jenis ini dapat menangani permintaan pencetakan dari beberapa klien dalam satu perangkat. Tentu saja, Anda tidak perlu mengeluarkan uang untuk satu komputer dan satu printer, dan itu adalah biaya yang besar.Perkembangan teknologi terus maju, dan beberapa perusahaan percetakan besar telah menerapkan sistem server cetak. Oleh karena itu, server dengan komputer eksternal sederhana tidak diperlukan untuk menjalankan fungsinya.

DNS Server

Terakhir, Anda dapat menentukan jenis DNS atau Sistem Nama Domain. Dalam kebanyakan kasus, database ini dapat ditemukan di situs web atau domain. Saat Anda memasukkan domain, DNS menggunakan bahasa mesin untuk menerjemahkannya. Server mencari alamat IP yang ingin didengarkannya. Browser kemudian berkomunikasi dengan situs web asli dan pengguna dapat mengakses situs web tersebut melalui browser.

Spesifikasi Komputer Server

Pekerjaan komputer server tampaknya sederhana. Namun karena sebuah komputer server diakses oleh banyak pengguna dalam waktu yang bersamaan, maka perangkat yang digunakan sebagai server tentunya harus stabil.

Oleh karena itu, Anda memerlukan komputer server dengan spesifikasi yang sesuai agar trafik dapat mengalir dengan leluasa dan Anda tidak terbebani dengan trafik dalam jumlah besar. Di bawah ini adalah beberapa spesifikasi yang diperlukan untuk sebuah komputer server.

Baca Juga:   PC Computer: Pengertian Hingga Komponen Penyusunnya

RAM

Besarnya RAM yang Anda butuhkan tergantung pada jenis komputer server yang Anda gunakan. Jika Anda membutuhkan komputer server hanya sebagai sistem pengelolaan data, maka jumlah minimal RAM yang dibutuhkan adalah 2 GB. Tergantung kebutuhan Anda, Anda dapat mengupgrade RAM hingga kapasitas 8GB.

Prosesor

Dua prosesor yang paling umum digunakan di komputer server adalah Intel dan AMD. Masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangannya, yang dapat Anda bandingkan berdasarkan kebutuhan bisnis Anda dan diskusikan dengan tim TI Anda. 

Penyimpanan (Storage)

Sama pentingnya untuk memperhatikan perangkat penyimpanan komputer server Anda. Anda juga harus mempertimbangkan perangkat yang Anda gunakan dan kapasitasnya. Tentu saja pertimbangan tersebut berkaitan dengan kebutuhan Anda.

Perbedaan Komputer Server dengan Komputer Client

Komputer klien digunakan sebagai perangkat komputasi biasa. Komputer server, di sisi lain, berfungsi sebagai perangkat yang merespons kebutuhan pelanggan dan mengelola operasi jaringan. Oleh karena itu, hardware dan software kedua jenis komputer tersebut juga berbeda. Komputer client biasanya menggunakan perangkat keras kelas bawah dengan kinerja rata-rata. Terlebih lagi, harganya terjangkau. Ini berbeda dengan komputer server. Komputer jenis ini menggunakan perangkat keras yang tahan lama dan membutuhkan jaringan agar dapat berjalan dengan lancar. Itu juga perlu dibakar terus menerus. Tentu saja harga perangkat ini tidak semurah perangkat bekas.

Dalam hal software, komputer client biasanya menggunakan sistem operasi umum yang mudah digunakan. Contohnya termasuk Windows dan Mac OS. Sistem operasi khusus seperti Windows Server, Linux, dan Ubuntu digunakan sebagai perangkat lunak di server.

Selain itu, server memerlukan manajemen yang berbeda. Karena perangkat perlu dihidupkan selama 24 jam, maka harus ditempatkan di ruangan yang sejuk untuk menghindari panas berlebih. Anda juga memerlukan sumber listrik cadangan, seperti UPS, untuk memastikan komputer Anda tidak mati jika listrik utama padam.

Tertarik Menggunakan VPS teknologi terbaik dari Nevacloud?

Di atas adalah penjelasan mengenai apa itu server, bagaimana fungsinya, serta apa saja jenis dan spesifikasinya. Dengan kata lain, komputer server merupakan perangkat utama yang memungkinkan terjadinya segala proses dan aktivitas pada jaringan server. Jika anda tertarik untuk menggunakan virtual private server, anda dapat menggunakan VPS teknologi terbaik dari Nevacloud. Segera kunjungi Nevacloud dan miliki VPS terbaik sekarang juga!

Avatar for Titis Nur Pratomo

About Author

Titis Nur Pratomo

SEO Specialist at Deneva | Helping Increase Business Visibility in Search Engine | SEO & WordPress Enthusiast