Saat meluncurkan website baru, salah satu pilihan pertama yang harus anda buat adalah memilih solusi hosting yang tepat untuk kebutuhan operasional bisnis anda. Jika anda adalah pemilik situs web pribadi seperti blog dengan traffic rendah, anda bisa menggunakan shared hosting karena dapat menekan biaya. 

Namun, jika anda adalah webmaster yang sedang mempersiapkan pertumbuhan situs atau peningkatan traffic, anda perlu solusi hosting yang memberikan anda lebih banyak fleksibilitas, keamanan, dan kinerja. Dedicated server adalah solusinya!

Jika anda baru mengenal dunia dedicated server, artikel ini ada untuk membantu mengarahkan anda sehingga anda dapat membuat keputusan terbaik untuk kebutuhan situs anda. Langsung saja mari kita mulai!

Apa Itu Dedicated Server?

Dedicated server adalah server fisik yang dikhususkan untuk satu situs web, aplikasi, atau organisasi. Ini menyediakan akses sumber daya eksklusif dan menawarkan kontrol dan kinerja yang ditingkatkan dibanding dengan opsi shared hosting atau VPS.

Dedicated server menyediakan sumber daya terisolasi yang memastikan kinerja, keandalan, dan keamanan optimal untuk aplikasi atau situs web yang dihosting. Dengan CPU, RAM, penyimpanan, dan bandwidth khusus, anda dapat mengharapkan waktu pemuatan yang lebih cepat, responsivitas yang ditingkatkan, dan kemampuan untuk menangani volume traffic yang tinggi.

Dengan dedicated server, situs web anda memiliki server individual nya sendiri yang berarti anda tidak perlu berbagi sumber daya server yang sama dengan beberapa situs atau aplikasi. Hal ini memungkinkan situs web dengan permintaan traffic tinggi untuk memberi end user pengalaman pengguna yang konsisten dan andal. Dedicated server juga memberi anda kontrol penuh atas konfigurasi server, seperti perangkat lunak apa yang dijalankannya dan infrastruktur keamanannya.

Baca Juga:   Perbedaan Hub dan Switch : Fungsi & Cara Kerjanya!

Cara Kerja Dedicated Server

Dedicated server adalah mesin fisik penyewa tunggal yang eksklusif untuk aplikasi, perusahaan, atau pengguna tunggal. Istilah “disewa” menunjukkan bahwa Anda tidak membagikan atau membagi sumber dayanya dengan pengguna lain. Ini memberi Anda semua penyesuaian, keamanan, dan fleksibilitas yang dibutuhkan aplikasi atau situs web Anda untuk kinerja optimal.

Klien menyewa perangkat keras server seperti CPU, RAM, dan penyimpanan SSD dari penyedia hosting web. Klien dan penyedia hosting membagi tanggung jawab berdasarkan apakah server dikelola atau tidak dikelola.

Kelebihan Dedicated Server 

Dedicated server memberi anda dan end user beberapa keuntungan jaringan. Memilih dedicated server untuk website anda memungkinkan anda untuk:

Tangani Permintaan Traffic Intensif

Jika situs anda saat ini mengalami peningkatan traffic, atau anda memprediksi akan ada lonjakan traffic di masa mendatang karena inisiatif marketing atau promosi, dedicated server memastikan anda tetap siap untuk lonjakan traffic. Ini adalah kelebihan pertama dari dedicated server. Tidak seperti shared hosting yang memiliki bandwidth terbatas, lonjakan traffic yang besar dapat menyebabkan kinerja situs yang buruk hingga dapat menyebabkan situs crash. Dedicated server dapat mengatasi lonjakan traffic anda dengan baik.

Optimalkan Kecepatan dan Kinerja Situs

Dengan dedicated server, situs web anda tidak berbagi daya pemrosesan server, bandwidth, atau memori dengan situs lain. Ini berarti anda dapat mengoptimalkan uptime halaman anda dan kinerja situs secara keseluruhan dengan mengontrol dimana sumber daya server anda digunakan pada waktu tertentu.

Kontrol Server Penuh

Tidak seperti saat menggunakan shared hosting, hosting situs web anda pada dedicated server memberi anda keuntungan memiliki kontrol penuh atas konfigurasi server, termasuk akses root atau admin ke server. Ini memungkinkan anda untuk mengoptimalkan setiap aspek server anda, termasuk perangkat lunak server, spesifikasi perangkat keras, dan sistem operasi (OS) server.

Baca Juga:   Compiler Adalah : Cara Kerja, Fungsi dan Contohnya!

Terapkan Keamanan Lanjutan

Jika bisnis anda menangani informasi sensitif seperti data pelanggan, nomor credit card, dll. Dedicated server dapat membantu anda meningkatkan langkah – langkah keamanan situs web anda. Menggunakan dedicated server, anda akan memiliki IP address anda sendiri dan kebebasan untuk menetapkan langkah – langkah keamanan yang disesuaikan untuk kebutuhan spesifik situs anda.

Kapan Harus Menggunakan Dedicated Server?

Situs Anda Berkembang

Jika Anda mengantisipasi bahwa situs web Anda akan tumbuh dengan cepat, mungkin ide yang baik untuk memilih server khusus sekarang. Misalnya, jika situs Anda masih menggunakan shared hosting saat traffic Anda melonjak, performanya bisa turun secara signifikan. Anda dapat menggunakan dedicated server untuk mengatasi masalah ini. 

Masalah Keamanan

Keamanan penting untuk situs web apa pun, tetapi terutama untuk situs web yang menangani informasi sensitif. Ini mungkin termasuk email sensitif, nomor kartu kredit, atau informasi sensitif pelanggan. Sangat penting untuk melindungi informasi ini dan situs web kami dari virus, peretasan, dan risiko lainnya. Dengan server khusus, Anda sepenuhnya bertanggung jawab atas keamanan situs Anda.

Downtime

Waktu pemuatan halaman Anda dapat berdampak signifikan pada hampir semua aspek situs web Anda. Halaman yang lambat dapat menyebabkan metrik keterlibatan rendah dan rasio pentalan tinggi. Server khusus dapat membantu Anda mengoptimalkan aspek situs web ini sebanyak mungkin.

Tips Memilih Dedicated Server

Memilih penyedia dedicated server mungkin merupakan bagian paling kompleks dari membandingkan paket hosting yang berbeda. Dari stabilitas performa hingga dukungan lokal 24/7, banyak faktor yang mempengaruhi pemilihan penyedia server khusus. Beberapa faktor ini termasuk:

Performa

Kinerja dedicated server sangat tergantung pada spesifikasi perangkat keras server. Karena itu, Anda harus mempertimbangkan hal-hal berikut:

  • Berapa gigahertz yang dimiliki CPU?
  • Berapa banyak thread dan core yang dimiliki CPU?
  • Berapa GB yang dimiliki RAM?
  • Apakah RAM adalah tipe Double Data Rate 4 (DDR4) atau Double Data Rate 3 (DDR3)?
  • Berapa banyak ruang penyimpanan yang ditawarkan penyedia layanan?
  • Berapa kecepatan baca/tulis perangkat penyimpanan?
  • Apakah perangkat penyimpanan hard disk drive (HDD) atau solid-state drive (SSD)?
  • Penyiapan pusat data
Baca Juga:   VPS KVM : Pengertian, Kelebihan dan Perbedaannya dengan OpenVZ

Penyedia layanan harus memiliki beberapa pusat data di lokasi geolokasi yang berbeda. Dalam keadaan normal, organisasi harus memilih hanya pusat data yang terletak dekat dengan pelanggannya. Ini memastikan jaringan latensi paling rendah (koneksi tercepat untuk pengguna akhir). Jika terjadi bencana, seperti gempa bumi atau badai, pusat data lain menyediakan kontinuitas operasi bisnis.

Keamanan

Penyedia layanan yang andal menawarkan keamanan dan skalabilitas terbaik. Saat memilih penyedia layanan, Anda harus mempertimbangkan hal berikut:

  • Apakah penyedia layanan mendukung autentikasi multifaktor (MFA)?
  • Apakah penyedia layanan mendukung sistem deteksi dan pencegahan intrusi (IDS &; IPS)?
  • Protokol enkripsi data apa yang didukung organisasi?
  • Apakah organisasi memiliki firewall tingkat perusahaan?
  • Perjanjian Tingkat Layanan (SLA)

SLA mendefinisikan dan mendokumentasikan semua perjanjian yang dikompensasi oleh penyedia layanan jika terjadi kegagalan server. Dengan demikian, organisasi harus mengevaluasi SLA secara menyeluruh sebelum memutuskan untuk memilih penyedia server khusus.

Harga

Akhirnya, setiap keputusan yang Anda buat turun ke harga. Meskipun penyedia dedicated server berbiaya rendah mungkin tampak menggoda, itu mungkin tidak memberi Anda kinerja terbaik. Tetapi ini tidak berarti bahwa Anda harus pergi untuk penyedia layanan yang paling mahal. Pilihan terbaik adalah membandingkan semua penyedia layanan dan menawar penawaran terbaik.

Dukungan Pelanggan

Beberapa penyedia layanan memberikan dukungan terbatas selama jam kerja normal dan untuk sejumlah contoh tertentu. Jika karyawan atau klien Anda bekerja pada hari libur atau akhir pekan, maka Anda harus memilih penyedia layanan yang menyediakan dukungan 24/7.

Tertarik Menggunakan VPS teknologi terbaik dari Nevacloud?

Jika situs web Anda berjuang untuk mengikuti peningkatan lalu lintas, mungkin sudah waktunya untuk memigrasikan situs web Anda ke server khusus. Ini pada dasarnya adalah server yang hanya menghosting situs Anda, dan tidak hanya dapat meningkatkan kinerja situs Anda, tetapi juga meningkatkan waktu pemuatan halaman Anda dan membantu Anda mengoptimalkan keamanan.

Namun, jika Anda lebih suka layanan dedicated server, Anda dapat menggunakan Virtual Private Server Nevacloud. Ada banyak fitur VPS terbaik yang dapat membantu mentransformasi bisnis Anda. Kunjungi Nevacloud untuk mendapatkan penawaran terbaiknya!

Avatar for Titis Nur Pratomo

About Author

Titis Nur Pratomo

SEO Specialist at Deneva | Helping Increase Business Visibility in Search Engine | SEO & WordPress Enthusiast