SOC Adalah : Pengertian, Fungsi & Tugasnya!

SOC Adalah : Pengertian, Fungsi & Tugasnya!
Avatar for Titis Nur Pratomo
  • August 18, 2023

Apa Itu SOC?

SOC (Security Operations Center) adalah pusat keamanan terpusat dalam organisasi yang bertanggung jawab untuk terus memantau lingkungan keamanan organisasi seperti infrastruktur keamanan, jaringan, aplikasi, perangkat perusahaan, dan teknologi atau layanan lain yang berinteraksi dengan organisasi. 

Selain pemantauan berkelanjutan, analisis ancaman, dan remediasi ancaman keamanan, SOC juga ditugaskan untuk meningkatkan inisiatif keamanan yang ada untuk memastikan postur keamanan organisasi menjadi sekuat mungkin. SOC biasanya dikelola 24/7 oleh security analyst, engineers, dan personil IT lainnya yang menggunakan berbagai tools dan teknik untuk mendeteksi, menganalisis, dan merespons ancaman keamanan.

Bagaimana SOC bekerja?

Alih-alih berfokus pada pengembangan strategi keamanan, merancang arsitektur keamanan, atau menerapkan langkah-langkah perlindungan, tim SOC bertanggung jawab atas komponen operasional keamanan informasi perusahaan yang sedang berlangsung. Staf pusat operasi keamanan terutama terdiri dari analis keamanan yang bekerja sama untuk mendeteksi, menganalisis, menanggapi, melaporkan, dan mencegah insiden keamanan siber. Kemampuan tambahan dari beberapa SOC dapat mencakup analisis forensik tingkat lanjut, kriptanalisis, dan rekayasa balik malware untuk menganalisis insiden.

Langkah pertama dalam membangun SOC organisasi adalah dengan jelas mendefinisikan strategi yang menggabungkan tujuan spesifik bisnis dari berbagai departemen serta masukan dan dukungan dari para eksekutif. Setelah strategi dikembangkan, infrastruktur yang diperlukan untuk mendukung strategi itu harus diimplementasikan. 

Menurut Chief Information Security Officer Bit4Id Pierluigi Paganini, infrastruktur SOC yang khas mencakup firewall, IPS / IDS, solusi deteksi pelanggaran, probe, dan sistem informasi keamanan dan manajemen acara (SIEM). Teknologi harus ada untuk mengumpulkan data melalui aliran data, telemetri, penangkapan paket, syslog, dan metode lain sehingga aktivitas data dapat dikorelasikan dan dianalisis oleh staf SOC. Pusat operasi keamanan juga memantau jaringan dan titik akhir untuk kerentanan guna melindungi data sensitif dan mematuhi peraturan industri atau pemerintah.

Baca Juga:   Apa Itu NVME : Fungsi, Keunggulan dan Cara Kerjanya! 

Fungsi SOC bagi Keamanan Jaringan Perusahaan

Untuk lebih memahami peran Security Operations Center dalam menjaga keamanan jaringan perusahaan Anda, berikut adalah beberapa fungsi SOC yang perlu Anda ketahui:

Deteksi dan respons ancaman secara akurat

Anggota tim SOC merupakan pakar di bidang keamanan siber. Keahlian ini memungkinkan SOC untuk secara akurat mendeteksi dan merespons ancaman yang menargetkan server organisasi Anda.

Tindakan pencegahan untuk menjaga keamanan siber

Sebelum serangan dunia maya benar-benar menyerang bisnis Anda, penting untuk mengambil tindakan pencegahan. Ini, tentu saja, untuk memastikan bahwa jika server perusahaan disusupi, resikonya tidak terlalu besar dan konsekuensinya negatif. Dengan menyediakan SOC, Anda mengambil langkah pencegahan untuk menjaga keamanan dunia maya di tempat kerja.

Lindungi keamanan data pelanggan

Data memegang peranan penting dalam suatu perusahaan. Sayangnya, beberapa perusahaan masih belum cukup fleksibel dalam pengelolaan data, sehingga membuat mereka lebih rentan terhadap serangan siber seperti pembobolan data. SOC adalah layanan keamanan siber yang membantu melindungi data penting perusahaan seperti data pelanggan, karyawan, dan keuangan.

Kurangi risiko bisnis anda menjadi korban kejahatan dunia maya

SOC mengurangi risiko serangan siber di perusahaan Anda. Pasalnya, kehadiran SOC meningkatkan kesadaran keamanan seluruh karyawan, selain kemampuan mengantisipasi dan merespons masalah serangan siber. Jadi jika Anda menggunakan server perusahaan, Anda akan lebih berhati-hati.

Tugas dan Peran SOC

Anggota tim SOC bertanggung jawab atas berbagai kegiatan, termasuk pemantauan proaktif, response dan pemulihan insiden, kegiatan remediasi, kepatuhan, serta koordinasi dan konteks. Mari selami lebih dalam masing-masing tugas ini.

Pemantauan Proaktif

Ini termasuk analisis file log. Log dapat berasal dari titik akhir (misalnya, komputer notebook, ponsel atau perangkat IoT) atau dari sumber daya jaringan, seperti router, firewall, sistem deteksi intrusi (IDS) aplikasi dan peralatan email. Istilah lain untuk pemantauan proaktif adalah pemantauan ancaman. Anggota tim SOC bekerja dengan berbagai sumber daya, yang dapat mencakup pekerja TI lainnya (misalnya, teknisi help desk), serta alat kecerdasan buatan (AI) dan file log.

Baca Juga:   Proxy Server Adalah : Pengertian, Fungsi dan Jenisnya

Respons dan Pemulihan Insiden

SOC mengkoordinasikan kemampuan organisasi untuk mengambil langkah-langkah yang diperlukan untuk mengurangi kerusakan dan berkomunikasi dengan baik untuk menjaga organisasi tetap berjalan setelah insiden. Tidak cukup hanya dengan Cukup lihat log dan peringatan masalah. Bagian utama dari respons insiden adalah membantu organisasi pulih dari insiden. Misalnya, pemulihan itu dapat mencakup aktivitas seperti menangani malware akut atau insiden ransomware.

Remediasi

Anggota tim SOC menyediakan analisis berbasis data yang membantu organisasi mengatasi kerentanan dan menyesuaikan alat pemantauan dan peringatan keamanan. Misalnya, menggunakan informasi yang diperoleh dari file log dan sumber lain, anggota SOC dapat merekomendasikan strategi segmentasi jaringan yang lebih baik atau rejimen patching sistem yang lebih baik. Meningkatkan keamanan siber yang ada adalah tanggung jawab utama SOC.

Kepatuhan 

Organisasi mengamankan diri melalui kesesuaian dengan kebijakan keamanan, serta standar keamanan eksternal, seperti ISO 27001x, NIST Cybersecurity Framework (CSF) dan General Data Protection Regulation (GDPR). Organisasi memerlukan SOC untuk membantu memastikan bahwa mereka mematuhi keamanan penting standar dan praktik terbaik.

Koordinasi dan Konteks

Di atas segalanya, anggota tim SOC membantu organisasi mengoordinasikan elemen dan layanan yang berbeda dan memberikan informasi yang divisualisasikan dan berguna. Bagian dari koordinasi ini adalah kemampuan untuk memberikan bantuan, berguna set narasi untuk aktivitas di jaringan. Narasi ini membantu membentuk kebijakan dan postur keamanan siber perusahaan untuk masa depan

Seorang anggota tim SOC membantu organisasi mengidentifikasi penyebab utama serangan cyber. Ketika seorang analis SOC melakukan ini, mereka dikatakan terlibat dalam analisis akar penyebab. Singkatnya, seorang analis SOC bekerja untuk mencari tahu dengan tepat kapan, bagaimana dan bahkan mengapa serangan berhasil.

Baca Juga:   Whois Domain Lookup dengan Tool dari Nevacloud

Untuk tujuan ini, seorang analis SOC meninjau bukti serangan. Bukti semacam itu disebut indikator serangan. Jika serangan berhasil, analis SOC kemudian akan mempelajari indikator kompromi untuk membantu organisasi merespons dengan tepat, serta membuat perubahan sehingga serangan serupa tidak terjadi di masa depan.

Manfaat memiliki SOC

Manfaat utama memiliki SOC adalah peningkatan deteksi insiden keamanan melalui pemantauan berkelanjutan dan analisis aktivitas data. Dengan menganalisis aktivitas ini di seluruh jaringan, titik akhir, server, dan database organisasi sepanjang waktu, tim SOC sangat penting untuk memastikan deteksi dan respons insiden keamanan yang tepat waktu. Pemantauan 24/7 yang disediakan oleh SOC memberi organisasi keuntungan untuk bertahan dari insiden dan gangguan, terlepas dari sumber, waktu, atau jenis serangan. 

Kesenjangan antara waktu penyerang untuk berkompromi dan waktu perusahaan untuk mendeteksi didokumentasikan dengan baik dalam Laporan Investigasi Pelanggaran Data tahunan, dan memiliki pusat operasi keamanan membantu organisasi menutup kesenjangan itu dan tetap di atas ancaman yang dihadapi lingkungan mereka.

Tertarik Menggunakan VPS teknologi terbaik dari Nevacloud?

SOC adalah tempat semua insiden keamanan dipantau, dianalisis, dan ditanggapi. Mengetahui cara menggunakan SOC sangatlah penting. SOC membantu melindungi bisnis Anda dari ancaman dunia maya dengan mengetahui apa yang terjadi di jaringan Anda secara real time dan mendeteksi kegagalan sedini mungkin. Terlepas dari itu, jika kamu sedang mencari VPS murah dengan teknologi terbaik dengan harga ramah di kantong, Nevacloud punya solusinya. Yuk gunakan VPS dengan teknologi terbaik dari Nevacloud sekarang juga!

Avatar for Titis Nur Pratomo

About Author

Titis Nur Pratomo

SEO Specialist at Deneva | Helping Increase Business Visibility in Search Engine | SEO & WordPress Enthusiast