Rupiah Indonesia Dapatkan Gratis Saldo Rp70.000!

Cloud engineer memiliki popularitas yang semakin diminati seiring dengan meningkatnya popularitas cloud computing. Jadi jika anda mencari pilihan karir yang cemerlang, anda bisa mempertimbangkan untuk menjadi cloud engineer. Namun apa sebenarnya cloud engineer itu?

Pada dasarnya, seorang cloud engineer bertanggung jawab untuk merancang, membuat, dan mengelola solusi berbasis cloud untuk bisnis. Mereka bisa mendapatkan gaji yang sangat oke tergantung pada pengalaman dan tingkat keahlian mereka. 

Jika anda tertarik untuk menjadi cloud engineer atau mungkin masih ingin mempelajari lebih lanjut tentang apa yang mereka lakukan, baca terus artikel ini! Nevacloud telah membuat artikel yang mencakup semua yang perlu anda ketahui mulai dari deskripsi hingga skill yang dibutuhkan.

Apa Itu Cloud Engineer? 

Cloud engineer adalah seorang professional TI yang bertanggung jawab untuk merancang, mengembangkan, memelihara, dan memecahkan masalah infrastruktur cloud setiap hari, serta berkomunikasi dengan pengguna akhir.

Cloud engineer secara keseluruhan menggabungkan berbagai peran terkait cloud dan setiap peran menekankan jenis cloud computing tertentu. Diantara banyaknya peran yang dapat dimainkan oleh cloud engineer adalah cloud architecting (mengkonseptualisasikan solusi cloud), pengembangan cloud menggunakan cloud coding, dan sebagainya. 

Cloud engineer terkadang disebut sebagai orang yang bertanggung jawab untuk merancang, mengelola, dan memelihara infrastruktur cloud. Bagian dari tugas tipikal insinyur cloud adalah mengembangkan dan mengikuti praktik terbaik untuk memastikan keamanan jaringan dalam suatu organisasi. Insinyur cloud memainkan peran kunci di belakang layar dalam pengembangan perangkat lunak, bahasa scripting, dan desain layanan jaringan berbasis cloud.

Selain itu, para cloud engineer menggabungkan keterampilan rekayasa perangkat lunak dan ilmu data untuk merancang infrastruktur data besar yang dapat diskalakan. Mengubah dan menyiapkan data untuk tujuan yang dimaksudkan. Misalnya, ketika data diperlukan untuk mesin rekomendasi otomatis, seorang cloud engineer membuat saluran data yang mengumpulkan dan mengubah data dari berbagai sumber, seperti informasi akun pengguna, istilah pencarian, pengaturan platform, dan respons terhadap pesan pemasaran. Berdasarkan informasi ini, mesin rekomendasi mengotomatiskan prediksi waktu nyata untuk pengguna.

Baca Juga:   DDOS adalah : Jenis, Cara Kerja & Tips Mengatasinya!

Jenis Cloud Engineer & Tugasnya

Jenis Cloud Engineer

Cloud engineer mencakup berbagai peran teknis yang terfokus. Ini karena pekerjaan seorang insinyur cloud membutuhkan keahlian dan keahlian di banyak bidang. Jenis spesialisasi meliputi:

  1. Cloud architect. Adalah seorang profesional yang mengelola infrastruktur cloud. Posisi ini bertanggung jawab untuk mengawasi arsitektur, konfigurasi, dan penerapan aplikasi di cloud. 
  2. Cloud software developer. Mereka bertanggung jawab untuk membuat dan memelihara fitur perangkat lunak, database, dan aplikasi untuk teknologi cloud. Seorang cloud software developer menggunakan berbagai bahasa pemrograman dan tools untuk membangun dan menguji aplikasi. Mereka harus memiliki pemahaman yang kuat tentang cara kerja cloud dan dapat bekerja sama dengan angola tim untuk memastikan bahwa aplikasi berjalan dengan lancar.
  3. Cloud security engineer. Mereka yang tugasnya membuat dan memelihara kemampuan yang menyediakan keamanan untuk platform dan aplikasi berbasis cloud. 
  4. Cloud administrator.  Berfokus dalam mengelola perangkat lunak dan perangkat keras yang berkaitan dengan penggunaan layanan berbasis cloud. Ini termasuk tugas – tugas seperti menambahkan dan menghapus user, menyiapkan izin, dan mengelola praktik terbaik keamanan setelah cloud dikembangkan. 
  5. Cloud network engineer. Biasanya bekerja untuk mengelola dan mendukung infrastruktur jaringan dan konektivitas antara pelanggan dan penyedia layanan. 
  6. Cloud automation engineer. Adalah pengembang cloud yang berfokus pada otomatisasi, orkestrasi, dan integrasi keseluruhan sistem dan jaringan cloud.

Tugas Cloud Engineer

Tanggung jawab pekerjaan seorang cloud engineer umumnya bergantung pada jenis pekerjaan yang dilakukan atau dibutuhkan di area perusahaan tempat mereka bekerja. Misalnya, seorang insinyur cloud strategis di Google mungkin ditugaskan untuk merancang dan membangun sistem di Google Cloud Platform. Namun, secara umum, tanggung jawab cloud engineer meliputi:

  1. Membantu memigrasikan sistem komputer organisasi atau perusahaan ke cloud
  2. Konfigurasikan komponen infrastruktur cloud seperti jaringan dan layanan keamanan
  3. Membangun aplikasi dan database yang bekerja di cloud
  4. Pemantauan manajemen cloud
  5. Memantau layanan penyimpanan data
Baca Juga:   API Adalah : Pengertian, Manfaat & Cara Kerjanya!

Skill yang dibutuhkan Cloud Engineer

Sekarang setelah anda tahu apa itu cloud engineer, mari kita lihat skill yang anda butuhkan untuk berhasil menjadi cloud engineer:

  1. Keterampilan teknis. Sebagai seorang cloud engineer, anda harus memiliki keterampilan teknis yang kuat. Ini termasuk pengalaman dengan teknologi berbasis cloud, seperti Microsoft Azure, Amazon Web Services (AWS) dan Google Cloud Platform (GCP), bahasa pemrograman (phyton, tuby, javascript), memiliki pengetahuan tentang linux, database, dan jaringan. 
  2. Manajemen proyek. Cloud engineer sering mengerjakan beberapa proyek secara bersamaan. Dengan demikian, mereka harus dapat mengatur waktu dan sumber daya mereka secara efektif. Mereka juga harus memiliki pengalaman dengan alat manajemen proyek seperti jira dan trello.
  3. Komunikasi. Lebih dari skill komunikasi rata – rata programmer, anda harus memiliki keterampilan komunikasi yang baik untuk bekerja dengan staf teknis dan non teknis. Anda harus dapat menjelaskan konsep teknis yang kompleks secara sederhana dan memahami kebutuhan bisnis klien.
  4. Pemecahan masalah. Sebagai cloud engineer, anda harus memiliki keterampilan pemecahan masalah yang kuat. Ini termasuk memecahkan masalah teknis dan dengan cepat menemukan solusinya.

Tips Menjadi Cloud Engineer

Menjadi cloud engineer biasanya bukan posisi entry level, jadi anda mungkin memerlukan beberapa tahun pengalaman bekerja di bidang TI sebelum anda dapat melamar peran ini. Namun ada beberapa tips untuk meningkatkan peluang anda untuk dapat menjadi cloud engineer, yaitu:

  1. Rencanakan jalur anda. Tips pertama adalah mengembangkan rencana yang jelas untuk karir anda. Anda harus meneliti berbagai jenis peran yang tersedia di bidang rekayasa cloud (seperti yang telah disebutkan sebelumnya) dan memutuskan mana yang paling cocok untuk anda.
  2. Berlatih cloud computing. Ada banyak cara untuk melakukan ini, seperti mengambil kursus online atau menghadiri seminar dan workshop. 
  3. Bangun pengalaman anda. Setelah anda memiliki pengetahuan dari pelatihan yang diperlukan, saatnya untuk memulai membangun pengalaman anda. Salah satu caranya adalah dengan mengerjakan proyek pribadi. Misalnya, anda dapat membuat situs web sederhana yang dihosting di platform cloud. Atau anda dapat memulai dengan magang di perusahaan di bidang cloud computing.
  4. Dapatkan sertifikasi. Tips terakhir adalah mendapatkan sertifikasi. Ada banyak jenis sertifikasi yang tersedia, jid pastikan untuk melakukan riset dan menemukan yang paling cocok untuk anda. Beberapa sertifikasi yang paling populer seperti AWS dan Microsoft Azure bisa anda coba. Sertifikasi ini diakui dengan baik di industri dan akan membantu anda menonjol dari kandidat lain saat melamar pekerjaan.
Baca Juga:   Apa Itu DNF? Fitur dan DNF Command (Lengkap!)

Tertarik Untuk Menggunakan Cloud Server yang cepat dan mudah dari Nevacloud?

Cloud computing bukanlah hal baru akhir-akhir ini. Seiring pertumbuhan bisnis Anda, Anda mungkin mendapati diri Anda mempekerjakan karyawan di berbagai lokasi. Produktivitas karyawan membutuhkan akses ke informasi on-demand. Cloud engineer membantu memelihara dan mengelola data di cloud. Yang terpenting, Anda dapat yakin bahwa data Anda dilindungi dan sesuai dengan peraturan industri. 

Ada peluang besar bagi mereka yang memutuskan untuk masuk ke ruang komputasi awan. Bisnis beralih ke sistem penyimpanan cloud, menciptakan permintaan dan peluang kerja bagi para insinyur cloud. Artikel ini memberikan informasi tentang cara menjadi cloud engineer, dimulai dengan definisi cloud engineer, deskripsi pekerjaan dan tanggung jawab, serta keterampilan yang harus dikuasai oleh cloud engineer. Jika anda memerlukan cloud server yang cepat dan mudah, gunakan cloud vps dari Nevacloud. Kunjungi Nevacloud untuk menemukan penawaran menarik!

Avatar for Titis Nur Pratomo

About Author

Titis Nur Pratomo

SEO Specialist at Deneva | Helping Increase Business Visibility in Search Engine | SEO & WordPress Enthusiast