Bandwidth Adalah : Jenis, Fungsi dan Cara Kerjanya!

Bandwidth Adalah : Jenis, Fungsi dan Cara Kerjanya!
Avatar for Titis Nur Pratomo
  • June 15, 2023

Apa itu Bandwidth?

Bandwidth atau lebih tepatnya network bandwidth adalah tingkat maksimum dimana transfer data terjadi di jalur tertentu dari jaringan. bandwidth pada dasarnya adalah ukuran jumlah data yang dapat dikirim dan diterima setiap saat. itu berarti bahwa semakin tinggi bandwidth jaringan, semakin besar pula jumlah data yang dapat dikirim jaringan ke dan dari seluruh jalurnya. Definisi lain dari bandwidth adalah jumlah konsumsi transfer data yang dihitung dalam satuan bit waktu per detik atau bps (bit per second). 

Banyak orang seringkali bingung untuk membedakan bandwidth dengan kecepatan internet. padahal keduanya sangatlah berbeda. Bandwidth mengacu pada jumlah informasi yang diterima per detik, dan kecepatan mengacu pada kecepatan informasi diterima atau diunduh. mari kita analogikan dengan mengisi bak mandi. jika keran bak mandi memiliki bukaan lebar, maka lebih banyak air dapat mengalir dengan kecepatan yang lebih cepat daripada jika bukaan pipa lebih sempit. Nah, anda dapat membayangkan air sebagai bandwidth dan tingkat air mengalir sebagai kecepatan.

Bandwidth biasanya diukur dalam bit yang ditransfer per detik melalui jalur atau tautan. unit umum bandwidth yang biasa ditemui adalah bps (bit per second), Mbps (Megabits per second), dan Gbps (Gigabits per second).

Pentingnya Bandwidth

bandwidth menentukan seberapa cepat halaman web akan dimuat di browser anda. ini adalah salah satu faktor terpenting yang perlu dipertimbangkan ketika memilih platform untuk situs web anda. sebuah situs web dengan banyak foto besar dan video panjang seringkali membutuhkan bandwidth yang lebih tinggi dari 25 Mbps. sedangkan situs web yang sebagian besar berbasis teks akan membutuhkan lebih sedikit bandwidth.

Baca Juga:   Tutorial Cara Mendaftarkan Child Nameserver

beberapa perangkat menggunakan banyak bandwidth, seperti TV yang memberikan pengalaman stream video 4K. seperti yang telah dijelaskan diatas, bandwidth dan kecepatan tidak dapat dibandingkan. bandwidth yang lebih besar diperlukan untuk mempertahankan beberapa perangkat untuk terus beroperasi pada kecepatan yang dapat ditoleransi. 

Jenis Bandwidth

Setelah mengerti apa itu bandwidth, sekarang saatnya anda untuk mengetahui jenis  – jenis bandwidth. Diantaranya:

1. Bandwidth analog

Bandwidth analog adalah jumlah rentang frekuensi (dalam hertz) di mana sinyal dapat diterima secara akurat. Selanjutnya, bandwidth analog biasanya relatif kecil dibandingkan dengan bandwidth digital..

2. Bandwidth digital

Bandwidth digital adalah jumlah pulsa per detik yang diukur dalam bit per second atau bps. Jenis bandwith ini menggunakan sinyal digital dalam transmisinya. Sementara itu, bandwidth digital relatif lebih besar dan lebih luas dibandingkan dengan bandwidth analog.

Fungsi Bandwidth

Jika dibagi lagi, ada beberapa fungsi yang berkaitan dengan bandwidth berdasarkan perannya dalam jaringan internet. Lalu, apa saja fungsi bandwidth? Dibawah ini adalah beberapa fungsi bandwidth yang dibagi berdasarkan bagaimana mereka digunakan:

1. Media Transmisi Data.

Fungsi bandwidth yang pertama adalah sebagai media ukur atau jalur transmisi data yang ada di komputer atau jaringan tertentu. Bandwidth sendiri sangat berguna terutama ketika berbicara mengenai distribusi jaringan. Ukuran bandwidth biasanya dijadikan salah satu tolok ukur bagi pengguna untuk memilih provider atau penyedia layanan yang berhubungan dengan koneksi internet. Semakin besar bandwidth yang ditawarkan, semakin baik layanan yang diberikan.

2. Kecepatan Transfer Data.

Fungsi bandwidth yang kedua adalah untuk membagi kecepatan transfer data. Jadi, kecepatan dalam jaringan dapat didistribusikan secara adil ke semua pengguna. Pembagian ini juga digunakan sebagai media untuk membatasi agar pengguna tidak saling berebut bandwidth. 

Jika tidak dibagi, maka dimungkinkan semua bandwidth dialokasikan ke jaringan yang hanya digunakan oleh satu pengguna. Pada akhirnya pengguna lain tidak mendapatkan bandwidth. 

Baca Juga:   Tutorial Cara Mendaftarkan Child Nameserver

Misalnya, saat melakukan proses download file dengan ukuran cukup besar. Permintaan data yang sangat besar akan terjadi. Itu akan menyebabkan bandwidth di jaringan mengalami kebanjiran permintaan. Jika tidak dibatasi, koneksi pengguna lain akan melambat dan bahkan tidak dapat terhubung sama sekali kedalam jaringan.

3. Mengatur Jumlah Data yang Ditransfer.

Terkadang, administrator jaringan menempatkan batasan signifikan pada data yang dapat diakses atau diunduh dari internet. Hal ini bertujuan untuk mengurangi lalu lintas tinggi dalam waktu yang lama. Memiliki trafik yang tinggi dalam waktu  yang lama juga dapat mengganggu stabilitas jaringan. Sebab, hal itu akan mempengaruhi kapasitas bandwidth yang tersedia. 

Cara Kerja Bandwidth

Seperti yang telah dibahas sebelumnya, bandwidth merupakan hal yang sangat penting dalam sebuah jaringan. Oleh karena itu, semua aktivitas transmisi atau proses transfer data sangat membutuhkan bandwidth ini. Meski begitu, tahukah anda bagaimana sebenarnya cara kerja bandwidth?

Jadi bagaimana sebenarnya bandwidth bekerja masih bergantung pada ketiga fungsi yang disebutkan di atas. Ketika kapasitas bandwidth jaringan komunikasi Anda berdampak signifikan pada kinerja jaringan. Namun, jika selama proses tersebut ada beberapa gangguan, maka ada beberapa hal yang mungkin menjadi penyebabnya. Diantaranya adalah packet loss, latency, bahkan bisa dari faktor bandwidth itu sendiri.

Sebagian orang mengenal bandwidth sebagai komponen yang memiliki peran penting dalam pengiriman data pada sebuah jaringan. Dimana komponen – komponen tersebut perlu diperhatikan bahwa kapasitas bandwidth sangatlah penting. Hal ini demi kelancaran proses pengiriman data. Misalnya, mengunggah atau mengunduh file yang cukup besar secara massal juga akan menghabiskan kapasitas bandwidth Anda lebih cepat..

Contoh Bandwidth pada VPS

Anda dapat menemukan bandwidth di Virtual Private Server atau VPS. anda dapat melihat contoh bandwidth pada VPS di layanan tertentu. Misalnya, layanan VPS dapat menawarkan bandwidth mulai dari 100 Mbit/dtk dengan total transfer data sebesar 1 TB. Itu artinya, pengguna bisa mengakses server VPS dengan kecepatan 100 Megabit per detik atau setara dengan 12,5 Mbps. 

Baca Juga:   Tutorial Cara Mendaftarkan Child Nameserver

Semakin baik paket VPS, semakin besar bandwidth yang bisa didapatkan pengguna. AAdanya spesifikasi bandwidth pada sebuah VPS membantu pengguna mengembangkan aplikasi yang berada di server mereka. Hal ini dikarenakan VPS sering digunakan untuk aplikasi yang membutuhkan trafik tinggi.

Faktor yang Mempengaruhi Bandwidth

Pertumbuhan lalu lintas dan kunjungan adalah semacam KPI dalam strategi pemasaran. Sebagai pemilik bisnis, tentu anda ingin website Anda dikunjungi oleh banyak calon pembeli. Karena itu, faktor ini harus dipertimbangkan dengan cermat. Hindari menabrak situs web Anda selama lonjakan lalu lintas karena kapasitas bandwidth maksimum yang tersedia terbatas.

Peningkatan lalu lintas juga berbanding lurus dengan kualitas layanan yang diberikan situs web Anda. Semakin baik website Anda, semakin banyak calon pembeli yang tertarik datang ke situs Anda. Mencapai ini membutuhkan banyak perbaikan dalam hal tata letak, desain, penyajian halaman, dan bahkan jumlah halaman di situs web. Perlu diingat bahwa saat mengembangkan website, pengguna akan membutuhkan alokasi bandwidth yang lebih banyak dari kebutuhan utamanya, seperti trafik pengunjung. Ini memungkinkan Anda untuk mempertimbangkan kembali kebutuhan bandwidth Anda, dengan mempertimbangkan banyak faktor yang dapat mempengaruhi ukuran bandwidth Anda.

Tips Mengoptimalkan Bandwidth

Dibawah ini adalah beberapa cara yang dapat anda lakukan agar bandwidth yang digunakan dapat optimal:

1. Gunakan QoS

Metode pertama yang dapat anda gunakan untuk mengoptimalkan bandwidth adalah anda dapat menggunakan QoS. Dengan QoS ini, anda dapat memesan lalu lintas seluler untuk memprioritaskan pembukaan aplikasi atau layanan tertentu. Jadi, aplikasi yang tidak digunakan bisa ditutup untuk sementara waktu.

2. Gunakan Cloud

Menggunakan cloud adalah cara mudah untuk mengoptimalkan bandwidth. Cara kerjanya adalah dengan mengalihkan beberapa lalu lintas di jaringan pribadi.Menggunakan cloud juga dapat mengurangi beban jaringan Anda. Ini juga meningkatkan kinerja aplikasi yang sering digunakan.

3. Hilangkan aktivitas internet yang tidak perlu

Cara selanjutnya yang bisa anda lakukan untuk mengoptimalkan bandwidth adalah dengan menghilangkan aktivitas internet yang tidak perlu. Misalnya, untuk meningkatkan bandwidth di kantor atau perusahaan, anda bisa menyiasatinya dengan memblokir lalu lintas jaringan di situs tertentu agar bandwidth menjadi lebih efisien dan tidak terbuang.

Tertarik Untuk Menggunakan VPS dengan teknologi terbaik dari Nevacloud?

Nah sekarang anda telah mengetahui banyak detail informasi seputar bandwidth. Anyway, jika anda tertarik untuk menggunakan VPS dengan teknologi terbaik segera kunjungi Nevacloud dan miliki VPS terbaik sekarang juga!

Avatar for Titis Nur Pratomo

About Author

Titis Nur Pratomo

SEO Specialist at Deneva | Helping Increase Business Visibility in Search Engine | SEO & WordPress Enthusiast