Apa itu Personal Computer

PC, atau personal computer adalah komputer skala kecil yang dirancang dan dibangun untuk digunakan oleh satu orang pada satu waktu. Saat ini, komputer itu dapat mengambil berbagai bentuk. Inilah yang perlu Anda ketahui tentang PC, termasuk bagaimana PC terbentuk.

Komputer adalah alat yang menerima beberapa input dan kemudian dapat dengan mudah memanipulasi dan memproses berbagai jenis data yang diterimanya. Ini melakukan perhitungan yang rumit dan menghasilkan beberapa output. Output itu juga dapat disimpan untuk pengambilan dan penggunaan nanti.

Karena PC didefinisikan menggunakan parameter umum yang sangat luas, PC sebenarnya dapat berupa berbagai perangkat komputasi, termasuk komputer desktop, laptop, tablet, 2-in-1, smartphone, dan bahkan Mac. Ya, meskipun dari segi merek, Mac umumnya dianggap berbeda dari PC, Mac masih termasuk dalam kategori umum dan definisi personal computer.

Dari sudut pandang branding, bagaimanapun, PC umumnya dianggap komputer pribadi yang juga menjalankan Windows, itulah sebabnya istilah ini juga umumnya dipahami sebagai jenis komputer yang terpisah dari Mac Apple, yang menjalankan macOS.

Apa saja Fungsi PC?

PC, atau komputer pribadi, adalah komputer mikro multiguna yang dirancang untuk penggunaan individu oleh pengguna akhir. PC hadir dalam berbagai ukuran, kemampuan, dan kisaran harga. Mereka biasanya dibedakan dari komputer berkinerja tinggi yang digunakan oleh spesialis atau teknisi TI. PC dapat menjalankan berbagai aplikasi perangkat lunak dan melakukan berbagai tugas, seperti pengolah kata, penjelajahan web, game, dan banyak lagi. Pada dasarnya, PC berfungsi sebagai alat serbaguna untuk produktivitas pribadi, hiburan, dan komunikasi.

Baca Juga:   Apa Kelebihan dan Kekurangan Cloud Server?

Komponen Penyusun PC

Case 

Jika Anda menggunakan laptop, casing komputer menyertakan keyboard dan layar. Untuk PC desktop, casing biasanya beberapa jenis kotak dengan lampu, ventilasi, dan tempat untuk memasang kabel. Ukuran casing dapat bervariasi dari unit meja kecil hingga menara tinggi. Casing yang lebih besar tidak selalu menyiratkan komputer yang lebih kuat; Itu yang ada di dalamnya yang penting. Pembuat PC merancang atau memilih casing berdasarkan jenis motherboard yang harus muat di dalamnya.

Motherboard

Papan sirkuit utama di dalam PC Anda adalah motherboard-nya. Semua komponen, di dalam dan di luar, terhubung melalui motherboard dalam beberapa cara. Komponen lain yang tercantum di halaman ini dapat dilepas dan, dengan demikian, dapat diganti tanpa mengganti motherboard. Beberapa komponen penting, meskipun, terpasang langsung ke motherboard. Ini termasuk semikonduktor oksida logam komplementer (CMOS), yang menyimpan beberapa informasi, seperti jam sistem, ketika komputer dimatikan. 

Motherboard datang dalam berbagai ukuran dan standar, yang paling umum pada tulisan ini adalah ATX dan MicroATX. Dari sana, motherboard bervariasi berdasarkan jenis komponen yang dapat dilepas yang dirancang untuk ditangani secara internal dan port apa yang tersedia untuk memasang perangkat eksternal. Untuk power user, ada juga form factor E-ATX, yang memiliki lebih banyak ruang untuk port dan slot ekspansi, tetapi membutuhkan casing PC besar untuk menampungnya.

Power Supply

Selain CMOS (complementary metal-oxide semiconductor atau microchip), yang ditenagai oleh baterai CMOS yang dapat diganti pada motherboard, setiap komponen di PC Anda bergantung pada power supplynya. power supply terhubung ke beberapa jenis sumber daya, apakah itu baterai untuk komputer seluler, atau stop kontak untuk PC desktop. 

Baca Juga:   Cara Menggunakan Grep Command & Contohnya (Lengkap!)

Di PC desktop, Anda dapat melihat power supply dipasang di dalam casing dengan koneksi kabel daya di bagian luar dan beberapa kabel yang terpasang di dalamnya. Beberapa kabel ini terhubung langsung ke motherboard sementara yang lain terhubung ke komponen lain seperti drive dan kipas.

Central processing unit (CPU)

CPU, sering hanya disebut prosesor, adalah komponen yang berisi mikroprosesor. Mikroprosesor itu adalah jantung dari semua operasi PC, dan kinerja perangkat keras dan perangkat lunak bergantung pada kinerja prosesor. Intel dan AMD adalah produsen CPU terbesar untuk PC, meskipun Anda akan menemukan yang lain di pasar juga. 

Dua arsitektur CPU yang umum adalah 32-bit dan 64-bit, dan Anda akan menemukan bahwa perangkat lunak tertentu bergantung pada perbedaan arsitektur ini. Desain CPU modern biasanya berisi empat core atau lebih untuk memungkinkan mereka menyelesaikan banyak tugas sekaligus, secara efisien.

RAM

Bahkan prosesor tercepat membutuhkan buffer untuk menyimpan informasi saat sedang diproses. RAM adalah untuk CPU sebagai meja adalah untuk memasak: Ini berfungsi sebagai tempat di mana bahan dan alat yang Anda kerjakan menunggu sampai Anda perlu mengambil dan menggunakannya. Baik CPU yang cepat dan jumlah RAM yang cukup diperlukan untuk PC yang cepat. 

Setiap PC memiliki jumlah maksimum RAM yang dapat ditangani, dan slot pada motherboard menunjukkan jenis RAM yang dibutuhkan PC. DDR-4 adalah jenis chip RAM DD yang didukung oleh sebagian besar motherboard saat ini, tetapi beberapa sistem juga meningkatkan ke standar DDR-5 yang lebih baru dan lebih cepat.

Drive 

Drive adalah perangkat yang dimaksudkan untuk menyimpan data saat tidak digunakan. Hard drive atau solid state drive menyimpan sistem operasi dan perangkat lunak PC, yang akan kita lihat lebih dekat nanti. Dalam banyak sistem, ada juga ruang untuk drive tambahan yang akan dipasang untuk penyimpanan yang diperluas. 

Baca Juga:   Plesk vs cPanel: Mana yang Lebih Baik?

Kategori ini juga mencakup drive optik seperti yang digunakan untuk membaca dan menulis CD, DVD dan media Blu-ray. Drive terhubung ke motherboard berdasarkan jenis teknologi pengontrol drive yang digunakannya, termasuk standar IDE yang lebih lama dan standar SATA yang lebih baru. Laptop dan komputer mini saat ini cenderung menggunakan SSD NVME ringkas yang terhubung melalui pin konektor M.2 yang dipasang langsung ke motherboard.

Cooling devices

Semakin banyak komputer Anda memproses, semakin banyak panas yang dihasilkannya. CPU dan komponen lainnya dapat menangani sejumlah panas. Namun, jika PC tidak didinginkan dengan benar, PC dapat menjadi terlalu panas, menyebabkan kerusakan yang mahal pada komponen dan sirkuitnya. Kipas adalah perangkat yang paling umum digunakan untuk mendinginkan PC. 

Selain itu, CPU ditutupi oleh blok logam yang disebut heat sink, yang menarik panas dari CPU. Beberapa pengguna komputer yang serius, seperti gamer, terkadang memiliki solusi manajemen panas yang lebih mahal, seperti sistem berpendingin air, yang dirancang untuk menangani tuntutan pendinginan yang lebih intens.

Kabel

Semua komponen yang telah kami sebutkan sejauh ini dihubungkan oleh beberapa kombinasi kabel. Kabel ini dirancang untuk membawa data, daya atau keduanya. PC harus dibangun sehingga kabel terlipat rapi di dalam casing dan tidak menghalangi aliran udara di dalamnya.

Tertarik Untuk Menggunakan VPS dengan teknologi terbaik dari Nevacloud?

Terlepas dari itu, jika anda sedang mencari VPS dengan teknologi terbaik, anda dapat menggunakan VPS dari Nevacloud. Tunggu apalagi? kunjungi website Nevacloud dan temukan beragam penawaran menariknya!

Avatar for Hiqbal Fauzi

About Author

Hiqbal Fauzi

As SEO Specialist at Deneva with a bachelor's in animal husbandry, passionate about digital marketing, especially in SEO.