Gateway Adalah: Jenis, Fungsi dan Cara Kerjanya!

Gateway Adalah: Jenis, Fungsi dan Cara Kerjanya!
Avatar for Titis Nur Pratomo
  • June 12, 2023

Jika Anda tertarik memasuki industri teknologi, Anda perlu memahami berbagai jenis jaringan komputer, termasuk gateway. Pernah dengar kata ini sobat? Oleh karena itu, gateway adalah sistem yang menghubungkan satu jaringan ke jaringan lainnya. Ini sangat penting sehingga Anda tidak dapat mengirim data atau mengakses internet tanpa gateway. 

Gateway adalah node dalam jaringan komputer, titik pemberhentian utama untuk data dalam perjalanan ke atau dari jaringan lain. berkat gateway, kita dapat berkomunikasi dan mengirim data satu sama lain. Untuk informasi selengkapnya, simak pembahasan lengkapnya pada artikel di bawah ini.

Apa itu gateway?

Kita mungkin sering mendengar kata ini, tetapi beberapa orang mungkin tidak tahu apa artinya. Namanya menunjukkan bahwa kata “gateway” berasal dari kata bahasa Inggris “gate” yang berarti “gerbang” dan “way” yang berarti “jalan”. Oleh karena itu, istilah “gateway” mengacu pada perangkat yang digunakan untuk menghubungkan jaringan antara satu perangkat komputasi dan lainnya. Hal ini dikarenakan setiap perangkat memiliki protokol komunikasi yang berbeda dan harus terhubung melalui gateway.

Gateway adalah sistem komunikasi data yang menyediakan akses ke jaringan host melalui jaringan jarak jauh. komputer menyediakan konektivitas ke jaringan yang jauh atau sistem otomatis di luar batas node jaringan host. 

Secara sederhana, gateway adalah komponen tunggal dari sistem perangkat keras jaringan yang diterapkan di bidang telekomunikasi untuk interaksi perangkat, yang memungkinkan aliran data dari satu jaringan diskrit ke jaringan lainnya. gateway berfungsi sebagai titik masuk dan keluar untuk jaringan karena semua data harus melewati atau berkomunikasi dengan gateway sebelum dirutekan. 

Baca Juga:   Apa itu CloudPanel? Ini Penjelasan Lengkapnya

Mungkin anda akan teringat dengan router. namun keduanya memiliki perbedaan yang signifikan. gateway dan router serupa karena keduanya dapat digunakan untuk mengatur lalu lintas antara dua atau lebih jaringan terpisah. namun, router digunakan untuk bergabung dengan dua jenis jaringan yang serupa sedangkan gateway digunakan untuk bergabung dengan dua jaringan yang berbeda.

Karena itulah router dapat dianggap sebagai gateway, tetapi gateway tidak selalu dianggap sebagai router. router adalah gateway yang paling umum digunakan untuk menghubungkan jaringan rumah atau perusahaan ke internet.

Cara Kerja Gateway

semua jaringan memiliki batas yang membatasi komunikasi ke perangkat yang terhubung langsung dengannya. karena itu, jika jaringan ingin berkomunikasi dengan perangkat, node atau jaringan diluar batas itu memerlukan fungsionalitas dari gateway. gateway sering dicirikan sebagai kombinasi dari router dan modem.

gateway diimplementasikan di tepi jaringan dan mengelola semua data yang diarahkan secara internal atau eksternal dari jaringan itu. ketika satu jaringan ingin berkomunikasi dengan yang lain, paket data diteruskan ke gateway dan kemudian dialihkan ke tujuan melalui jalur yang paling efisien. selain data routing, gateway juga akan menyimpan informasi tentang jalur internal jaringan host dan jalur jaringan tambahan yang ditemui.

Jenis Gateway

ada beberapa jenis gateway yang perlu anda ketahui. masing – masing melakukan berbagai tugas yang berbeda, antara lain:

1. Web application firewalls

Gateway jenis ini memfilter lalu lintas ke dan dari server web serta melihat data lapisan aplikasi (application layer data).

2. Cloud storage gateways

Jenis ini menerjemahkan permintaan penyimpanan dengan berbagai panggilan API layanan dan penyimpanan cloud. ini memungkinkan organisasi untuk mengintegrasikan penyimpanan dari private cloud ke dalam aplikasi tanpa bermigrasi ke public cloud.

Baca Juga:   Apa Itu Rails Framework?

3. API, SOA atau XML gateway

Jenis ini mengelola lalu lintas yang mengalir masuk dan keluar layanan, arsitektur berorientasi microservices atau layanan web berbasis XML.

4. IoT gateways

Jenis ini mengumpulkan data sensor dari perangkat di lingkungan IoT, menerjemahkan antara protokol sensor dan memproses data sensor sebelum mengirimkannya ke depan. Ini Menggabungkan data sensor dari perangkat Internet of Things (IoT) tentang apa yang terjadi di lapangan dan mengubahnya antara dua atau lebih protokol sebelum mengirimkannya ke jaringan cloud. Jenis gateway ini dapat menghubungkan perangkat IoT, jaringan cloud, dan aplikasi Anda.

5. Media gateways

Jenis ini mengkonversi data dari format yang diperlukan untuk satu jenis jaringan ke format yang diperlukan untuk yang lain.

6. Email security gateways

Jenis ini mencegah transmisi email yang melanggar kebijakan perusahaan atau adanya tindakan untuk mentransfer informasi dengan niat jahat.

7. VoIP trunk gateways

Jenis ini memfasilitasi penggunaan peralatan layanan telepon tua, seperti telepon dan mesin fax dengan jaringan voice over IP (VoIP). Saya akan menjelaskan gateway dari arti, fungsi, dan mekanismenya. Tentunya dari gambaran diatas, VoIP trunk gateway merupakan gateway yang berperan untuk memfasilitasi pertukaran data antara perangkat PSTN (Public Switched Telephone Network) dengan jaringan VoIP (Voice over Internet Protocol). Gateway VoIP  trunk memungkinkan pengguna PSTN untuk terhubung ke jaringan VoIP tanpa operator. Banyak layanan yang ditawarkan oleh layanan ini memungkinkan Anda mengurangi tagihan telepon dengan menjadikan ponsel Anda sebagai aplikasi utama. Kami memahami betapa pentingnya peran gateway dalam kehidupan kita sehari-hari.

Fungsi Gateway

  1. gateway berfungsi sebagai jembatan jaringan untuk transmisi data karena memungkinkan transmisi data untuk dikirim dengan lebih mudah dan tidak menuntut kapasitas penyimpanan yang tinggi.
  2. gateway membuat ruang penyimpanan sementara struktural untuk data yang dibuat oleh end user.
  3. gateway membuat transmisi lebih layak karena mengantri semua data dan membaginya menjadi paket data kecil daripada mengirimnya secara massal. data yang dikirimkan melalui gateway dibagi menjadi beberapa paket yang berguna dan kecil. masing – masing memiliki signifikansi masing – masing dan peran untuk dimainkan saat memproses data.
  4. gateway membuat data lebih aman jika modifikasi pada gateway dapat dilakukan. ini kemudian dapat menciptakan lebih banyak keandalan dibandingkan perangkat pintar.
  5. gateway mengoptimalkan data untuk search engine, aplikasi, dan server dengan menanamkan keterbacaan yang lebih baik terhadap konten sehingga mesin dapat memahami dan mengoptimalkan data dengan lebih mudah. 
Baca Juga:   Load Balancing: Pengertian, Cara Kerja, Jenis dan Kelebihannya

Perbedaan Gateway, Switch, dan Router

Di atas, kami berbicara sedikit tentang router dan gateway. Selain itu, gateway juga sering dihubungkan ke switch. Ketiganya memiliki perbedaan antara lain:

Router meneruskan paket data ke gateway ke jaringan tujuan yang benar, node. Switch menentukan jalur aktual yang menentukan data yang dikirim dan diterima oleh gateway. Peran gateway Internet adalah memperluas kemampuan router dengan melakukan konversi data dan konversi protokol. Sama seperti router bertindak sebagai gateway dalam jaringan. Menggunakan metode yang sama, switch, server, dan firewall dapat digunakan sebagai gateway di lokasi lain sesuai kebutuhan.

Tertarik Untuk Menggunakan VPS dengan Teknologi Terbaik dari Nevacloud?

Nah sekarang anda sudah memiliki pemahaman lebih baik mengenai gateway. Mulai dari pengertian hingga jenis, fungsi, dan cara kerjanya. Anyway, selain gateway, jika anda tertarik untuk mulai menggunakan VPS anda dapat menggunakan VPS dari Nevacloud. Kunjungi Nevacloud dan temukan penawaran menariknya!

Avatar for Titis Nur Pratomo

About Author

Titis Nur Pratomo

SEO Specialist at Deneva | Helping Increase Business Visibility in Search Engine | SEO & WordPress Enthusiast