Error 404 not found adalah salah satu masalah yang paling umum yang mungkin anda temui saat menjelajah internet. Kode status HTTP ini berarti halaman yang diminta tidak dapat ditemukan di server situs web. Ini mungkin menunjukkan adanya kecacatan pada layanan hosting atau pengaturan konfigurasi Domain Name System (DNS) anda. 

Pesan error ini dapat meninggalkan kesan negatif pada pengunjung website anda. Ini juga dapat berdampak negatif pada Search Engine Optimisation (SEO) dan peringkat website anda karena menghambat kemampuan mesin pencari untuk melakukan crawl website anda dengan benar.

Kabar baiknya, masalah ini relatif mudah untuk diperbaiki. Artikel ini akan menjelaskan pengertian hingga cara mengatasinya dan membahas kemungkinan penyebabnya. Langsung saja, mari kita mulai!

Apa itu 404 Not Found?

Error 404 not found adalah masalah sisi klien yang menunjukkan URL yang diminta tidak ditemukan di server. Apakah Anda tahu mengapa situs web menampilkan kode 404? Untuk informasi, angka 4 pertama menunjukkan kesalahan user, seperti memasukkan kode link dengan salah. Sementara itu, angka 04 berikutnya menunjukkan ketiadaan, atau kesalahan syntax.

Namun, beberapa orang percaya bahwa “404” mengacu pada ruang bernomor 404 yang menunjukkan lokasi server web pertama di kantor CERN. Namun, gagasan ini tidak dapat dipastikan dan hanyalah mitos. Dengan kata lain, “404” mengacu pada kombinasi kesalahan syntax dan kesalahan kode user. 

Baca Juga:   Apa Itu Scam? Jenis, Cara Kerja, hingga Tips Menghindarinya

Ini dapat terjadi karena beberapa alasan seperti domain tidak menunjuk dengan benar, file .htaccess rusak, atau izin file yang salah di konfigurasi.

Berikut adalah beberapa cara umum dimana anda mungkin melihat error 404 not found:

  • 404 Error
  • 404 Not Found
  • Error 404
  • The requested URL [www.contohurl.com] was not found on this server
  • Error 404 Not Found
  • 404 File or Directory Not Found
  • Error 404. The page you’re looking for can’t be found.

Pesan kesalahan ini dapat muncul di browser atau sistem operasi apa pun. Sebagian besar ditampilkan di dalam jendela browser seperti halnya halaman web.

Memperbaiki error ini mungkin memerlukan identifikasi masalah mendasar, seperti kesalahan konfigurasi server, masalah dengan kode situs Anda, atau masalah dengan penyiapan DNS Anda.

Penyebab 404 Not Found dapat Terjadi

404 not found adalah salah satu jenis kesalahan yang paling umum di web. Banyak penyebab yang dapat menyebabkan pengunjung website melihatnya. Mulai dari kesalahan sederhana hingga masalah server yang signifikan. Berikut adalah beberapa contoh hal yang dapat menjadi penyebab 404 not found dapat terjadi:

Salah URL

Hal ini dapat disebabkan oleh salah ketik atau salah eja URL. ini juga dapat disebabkan oleh kesalahan plugin yang merusak URL anda.

Halaman Web yang Dipindah atau Dihapus

Jika anda menghapus konten atau memindahkannya ke halaman lain, error 404 akan muncul saat anda mencoba menemukannya di URL asli. Ini juga dapat disebabkan oleh mengubah slug URL (bagian dari URL yang mengidentifikasi halaman tertentu di situs web anda.

Asset Halaman Tidak Ada

Jika anda melihat beberapa pesan error 404 not found di log error situs web anda, kemungkinan besar penyebabnya adalah aset yang hilang (seperti gambar atau video) atau HTML yang rusak.

Baca Juga:   Mengenal Apa itu DHCP Server dan Tahapannya

Kesalahan Konfigurasi Hosting atau Server

Berbagai kesalahan konfigurasi dapat menyebabkan kode error 404 not found. Mulai dari izin file yang tidak tepat hingga file .httaccess yang rusak.

Kesalahan Konfigurasi DNS

Jika domain name system (DNS) anda mengarah ke alamat yang salah, anda mungkin akan menerima kode status error 404 not found di seluruh situs web anda.

Cara Mengatasi Error 404 Not Found

Periksa Browser Anda

Terkadang, kode kesalahan 404 disebabkan oleh masalah pada perangkat Anda, bukan masalah dengan situs web Anda. Karena itu, Anda harus selalu memulai dengan solusi langsung ini sebelum beralih ke perbaikan yang lebih terlibat:

  • Konfirmasikan bahwa URL bebas dari kesalahan ketik.
  • Hapus cache browser Anda: Browser Anda mungkin telah membuat cache versi halaman yang lebih lama.
  • Mulai ulang browser web Anda, seperti Google Chrome atau Microsoft Edge.
  • Kunjungi tautan di jendela pribadi/penyamaran. Ini akan sering menonaktifkan ekstensi penyebab masalah.
  • Coba tautan di perangkat lain.
  • Mintalah teman di jaringan lain untuk mencoba tautannya.

Jika tidak satu pun dari metode ini berhasil, masalahnya mungkin bukan hanya sisi klien. Dalam hal ini, Anda harus melihat lebih mendalam di situs web Anda untuk mencoba dan mendiagnosis masalah.

Menyiapkan Pengalihan 301

Apakah tautan mati yang mengarah ke 404 berasal dari luar situs web Anda, dari tautan Anda atau URL yang sering salah ketik, ada baiknya untuk menyiapkan pengalihan yang akan mengarahkan pengunjung ke halaman yang benar.

Tautan internal yang mati biasanya dapat ditangani hanya dengan memperbaiki URL yang salah yang mereka tunjuk, tetapi jika Anda memiliki terlalu banyak tautan rusak untuk diperbaiki secara manual, Anda dapat mengatur pengalihan sebagai gantinya.

Baca Juga:   MikroTik Adalah : Fungsi, Jenis & Cara Settingnya!

Biasanya, Anda ingin menggunakan pengalihan 301, yang menunjukkan bahwa halaman telah dipindahkan secara permanen. Jika ini adalah pemindahan sementara dan halaman asli akan dipulihkan, gunakan pengalihan 302 sebagai gantinya.

Ada beberapa cara untuk melakukan ini. Anda dapat mengatur pengalihan secara manual atau menginstal plugin WordPress untuk melakukannya untuk Anda, seperti Redirection – plugin populer yang memudahkan untuk merapikan situs WordPress Anda.

Ubah Server DNS

Ubah server DNS yang digunakan oleh komputer Anda, tetapi biasanya hanya jika seluruh situs web memberi Anda kesalahan 404, terutama jika situs web tersedia untuk orang-orang di jaringan lain (misalnya, jaringan ponsel Anda atau teman di kota lain).

Kesalahan 404 di seluruh situs web tidak umum kecuali ISP atau pemerintah Anda memfilter/menyensor situs web. Apa pun alasannya, jika itu terjadi, mencoba satu set server DNS lainnya adalah langkah yang baik untuk diambil.

Lakukan Bookmark

Semua web, termasuk yang penting, dapat mengalami tampilan 404 tidak ditemukan. Kamu bisa langsung melakukan bookmark pada website yang kamu cari, serta memeriksa kesalahan URL untuk memastikan bahwa kesalahan tersebut tidak terjadi lagi. Tujuannya adalah untuk menghindari kesalahan 404 sehingga Anda dapat menemukannya secara instan tanpa harus bersusah payah mencari kembali di mesin pencarian.

Tertarik Untuk Menggunakan VPS dengan teknologi terbaik dari Nevacloud?

Ini adalah pemahaman tentang error 404 dan perbedaan soft 404 yang sering terjadi saat membuka website, serta cara mengatasinya. Semoga ulasan ini bermanfaat dan menambah pengetahuan Anda tentang dunia online.Terlepas dari itu, jika anda sedang mencari VPS dengan teknologi terbaik, anda dapat menggunakan VPS dari Nevacloud. Tunggu apalagi? kunjungi website Nevacloud dan temukan beragam penawaran menariknya!

Avatar for Hiqbal Fauzi

About Author

Hiqbal Fauzi

As SEO Specialist at Deneva with a bachelor's in animal husbandry, passionate about digital marketing, especially in SEO.