Rack Server : Pengertian, Jenis, Fungsi & Ukurannya

Rack Server : Pengertian, Jenis, Fungsi & Ukurannya
Avatar for Titis Nur Pratomo
  • August 16, 2023

Ada banyak jenis perangkat keras yang digunakan untuk mendukung berbagai jenis bisnis dan industri. rack server adalah salah satunya. Secara teori, rack server adalah tumpukan komputer yang kuat, ideal untuk menjalankan program besar dalam segala kondisi.

Selain itu, rack server juga dikenal dengan ruang penyimpanan yang efisien, kemampuan ekspansi, kemampuan ekspansi, dan kemampuan ekspansi.Jika Anda ingin mempelajari lebih lanjut tentang rack server, ini adalah tempatnya. Artikel ini akan menjelaskannya secara rinci. Dari pemahaman hingga jenis, harga, dan tempat terbaik untuk membeli. Mari kita mulai dengan artikelnya!

Pengertian Rack Server

Rack server adalah rak yang dirancang khusus untuk mengatur dan mengatur server seperti hub, switch, dan komputer yang digunakan untuk mengoperasikan jaringan dengan lancar. Meskipun “rack” dalam bahasa Inggris, prinsipnya sama dengan “rak” dalam bahasa Indonesia.

Rack server adalah salah satu item paling berguna dalam perangkat keras TI. ini memungkinkan anda menyimpan beberapa server dalam struktur rak hemat ruang. Modul server disimpan dalam slot pemasangan yang disebut bay dan seringkali dapat menampung satu sampai delapan unit server. 

Rack server praktis karena fleksibilitasnya, yang memungkinkan mereka untuk ditumpuk dan diperluas. Rack server memungkinkan operasi TI anda untuk mengoordinasikan, melindungi, dan menyimpan sumber daya pemrosesan data anda. Ketika Anda memasang unit server Anda ke rack server, Anda membuat jaringan untuk perusahaan Anda yang dapat diskalakan dan dikelola. Sebagian besar organisasi memiliki lusinan rack server, dan beberapa bahkan memiliki ratusan atau lebih, semuanya bagian dari jaringan perusahaan yang sama, dan bekerja untuk menjaga operasi data tetap bersenandung.

Baca Juga:   Framework PHP: Pengertian, Jenis dan Cara Memilih untuk Pemula

Sebagian besar rack server adalah alat tulis dan terbuat dari logam. Namun, dalam instalasi militer, rack server dirancang untuk menjadi portable untuk bekerja di lapangan, dan dirancang dengan tas jinjing, pelindung tahan debu, peralatan pendingin portabel, bumper karet, dan elemen desain lainnya yang memungkinkan untuk menjaga sistem server mereka saat bepergian.

Fungsi Rack Server

Rack server sangat mirip dengan casing komputer. Fungsi utamanya adalah menampung semua komponen di server. Beberapa fungsi dari rack server adalah memastikan kerapian dan tata letak yang lebih besar di ruang server, menyederhanakan proses pemeliharaan saat muncul masalah, menyederhanakan proses pemasangan kabel jaringan, mengamankan dan menyimpan server anda. 

Jenis Rack Server 

Rak server kadang-kadang disebut rak LAN, rak jaringan atau istilah lain tetapi umumnya sama, selungkup rak tempat sistem TI penting dipasang. Mereka dapat dikonfigurasi sebelumnya atau disesuaikan. Rak yang telah dikonfigurasi sebelumnya dirakit di pabrik dan digunakan dengan cepat dan mudah. Mereka sering menjadi pilihan yang lebih murah.

Rak server dapat disesuaikan agar sesuai dengan kebutuhan dan spesifikasi yang diinginkan. Perusahaan yang memerlukan dimensi lebar, tinggi, atau kedalaman yang unik atau aplikasi khusus seperti pemeriksaan air atau debu atau tahan guncangan dapat bekerja sama dengan penyedia untuk merancang solusi rak server khusus. Yuk lihat tiga jenis rack server dibawah ini:

Open Rack 

Open rack sangat ramah anggaran dan bagus untuk menyimpan semua tools anda di satu tempat. Selain  itu, open rack tidak menghalangi aliran udara. Mereka meningkatkan sirkulasi sehingga kecil kemungkinannya bagi server anda untuk overheat dan menjadi rusak. Karena bersifat terbuka, membuat perawatan menjadi lebih mudah untuk dilakukan. Disisi lain, keterbukaan ini juga dapat menyebabkan kurangnya keamanan.

Baca Juga:   DNS Pribadi: Pengertian, Daftar, hingga Cara Settingnya

Close Rack

Rangka close rack memiliki sifat pelindung yang sangat baik yang telah dirancang sedemikian rupa oleh produsen close rack agar memiliki framing yang ideal. Mereka masih menyediakan banyak sirkulasi udara karena pintu berlubang mereka. Ini membuat peralatan anda tetap dingin di tempat dengan suhu lebih tinggi dari biasanya.

Close rack dapat menyembunyikan kabel, melindunginya dari kerusakan jangka panjang. Namun, perlu diingat bahwa anda berarti membayar untuk perlindungan ekstra sehingga sudah dapat dipastikan close rack lebih mahal daripada open rack. 

Wallmount Rack

Wallmount rack sesuai namanya adalah rak yang secara fisik dipasang ke dinding. Wallmount rack biasanya digunakan untuk peralatan jaringan seperti panel patch dan sakelar. Memasang tools di dinding adalah cara yang bagus untuk menjaganya agar tetap aman dan tidak menghalangi mobilitas. Perlu diingat bahwa wallmount rack ini dirancang untuk diamankan langsung di dinding, yang berarti akan ada batasan ukuran dan berat tertentu yang perlu dipertimbangkan.

Ukuran Rack Server

Pada umumnya, lebar sebagian besar server rack standar, konfigurasi industri adalah 19 inci. Namun, beberapa menawarkan server selebar 23 inci dan 24 inci. Ketinggian rak server biasanya diukur dalam satuan rak. Unit rak (U) sama dengan 1,75 inci.

Sekarang kalikan jumlah unit rak dengan 1,75 inci untuk mendapatkan tinggi total. Unit rack server disebut sebagai dimensi unit dan terdiri dari berat x tinggi x kedalaman. Unit ini menentukan kapasitas dan ukuran server. Berikut adalah ukuran rack server umum:

NameDimensi
1U19” x 1.75” x 17.7” 19” x 1.75” x 19.7” 19” x 1.75” x 21.5”
2U 19” x 3.5” x 17.7” H= 19” x 3.5” x 20.9” 19” x 3.5” x 24”
3U17.1” x 5.1” x 25.5”
5U19” x 8.34” x 19.67” x 19.1” x 8.75” x 26.4”
6U 19” x 10.5” x 19.5”
7U17” x 12.2” x 19.8”

Merk & Harga Rack Server

Pertimbangkan kebutuhan Anda dan pilih ukuran rak server yang tepat. Jika kebutuhan Anda tidak terlalu besar, sebaiknya rancang server rackmount Anda sendiri. Namun sebelum itu, pertimbangkan harga rack server umum di pasar berikut:

  • APC Netshelter SX 19 inci, rack server tertutup 42U 1070 mm, harga sangat bagus, sekitar 21 juta 
  • Eaton Micro Data Center ETN-MDCS32 harganya lebih bagus lagi sekitar 200 jutaan. Cocok untuk yang punya fasilitas. 
  • Innovation Seri IRA 19 “42U Tertutup, harga jauh lebih rendah dari dua rak server sebelumnya, atau $15 juta”
  • Indorack lebih dekat dengan rak 32U dan lebih murah lagi, hanya sekitar 12 juta. 
  • Harga Indorack Open Rack Server 32U OR32 ini mungkin paling murah sekitar 3 jutaan. Desainnya adalah rack server kecil.
Baca Juga:   Cron Job Adalah : Syntax & Contohnya (Lengkap!)

Tertarik Menggunakan Server teknologi terbaik dari Nevacloud?

Memilih server rak terbaik untuk program atau bisnis Anda bergantung pada beberapa faktor, seperti ukuran dan skalabilitas, seperti yang telah dibahas sebelumnya. Secara umum, semakin besar server yang Anda pilih, semakin banyak opsi ekspansi dan penyimpanan yang tersedia. Perlu diingat, bagaimanapun, bahwa menambahkan komponen dapat membuat server Anda lebih berat dan memerlukan lebih banyak daya.

Terlepas dari itu, jika kamu sedang mencari server dengan teknologi terbaik dengan harga ramah di kantong, Nevacloud punya solusinya. Yuk gunakan VPS dengan teknologi terbaik dari Nevacloud sekarang juga!

Avatar for Titis Nur Pratomo

About Author

Titis Nur Pratomo

SEO Specialist at Deneva | Helping Increase Business Visibility in Search Engine | SEO & WordPress Enthusiast