Cara Menggunakan Grep Command & Contohnya (Lengkap!)

Cara Menggunakan Grep Command & Contohnya (Lengkap!)
Avatar for Titis Nur Pratomo
  • September 18, 2023

Perintah grep adalah perintah bawaan Linux untuk mencari file berdasarkan teks tertentu. Bagi pengguna Linux, penting untuk mengetahui cara menggunakan perintah grep karena menghemat waktu saat mencari dan menganalisis data tertentu. Ingin mempelajari lebih lanjut tentang grep dan cara menggunakan perintah ini? Pada artikel kali ini kami akan menjelaskan apa itu perintah grep, cara menggunakannya di Linux, dan contoh perintah grep yang bisa Anda pelajari.

Apa Itu Grep Command Linux?

Grep adalah command line utility dalam sistem Unix dan Linux. Ini digunakan untuk menemukan pola pencarian dalam konten file yang diberikan. Anda mungkin sudah menduga bahwa grep adalah akronim. Grep adalah akronim dari global research for regular expression and print the result. 

Regular expression dapat dianggap sebagai pencarian. Regular expression digunakan untuk mengidentifikasi, mencocokkan, atau mengelola teks. Ini dapat digunakan untuk menemukan segala jenis pola yang bisa dibayangkan. Pola dapat ditemukan lebih mudah dengan menggunakan meta-character. Karakter inilah yang membuat alat pencarian ini jauh lebih kuat.

Keunggulan grep command adalah fleksibilitas dan kekuatannya. Apakah anda sedang men debug masalah dengan mencari melalui log, mencari melalui kode untuk fungsi tertentu, atau bahkan mencari file dengan kata kunci tertentu, perintah grep adalah tools yang sangat diperlukan dalam toolkit pengguna Linux. Kemampuannya untuk menyaring output menjadikannya perintah yang ideal untuk menyempurnakan output lebih lanjut.

Baca Juga:   Proxy Server Adalah : Pengertian, Fungsi dan Jenisnya

Cara Menggunakan Grep Command di Linux

Sekilas, grep tampak seperti perintah dengan fungsionalitas dan kegunaan minimal. Namun, jika Anda adalah administrator sistem yang menggunakan file konfigurasi berbeda untuk mengelola layanan berbeda, Anda mungkin ingin menggunakan perintah grep untuk mengirim permintaan atau mencari baris tertentu dalam file.

Sebelum Anda mulai menggunakan perintah grep, sambungkan terlebih dahulu ke VPS Anda melalui SSH. Anda dapat menggunakan PuTTY SSH.

ssh your-user@your-server

Jika sistem operasi komputer Anda adalah Linux, Anda hanya perlu membuka Terminal.  Sintaks perintah grep untuk mencari file adalah:

grep [options] pattern [FILE]

Penjelasan:

  • grep : command
  • [options]: modifier command
  • Pattern: query pencarian yang akan anda cari
  • [FILE]: file yang akan anda lakukan pencarian

Untuk membaca instruksi dan deskripsi berbagai opsi yang disediakan, ketikkan perintah berikut pada baris perintah:

grep –help

Seperti yang Anda lihat, perintah grep memiliki beberapa opsi. Namun, opsi yang paling penting dan umum digunakan adalah:

  • -i -pencarian tidak peka huruf besar-kecil. Artinya, jika Anda menelusuri kata dengan huruf kecil seperti “car”, Anda juga akan melihat huruf besar “CAR”. 
  • -c – Hanya menampilkan jumlah garis yang cocok dengan pola yang dicari. 
  • -r – Izinkan pencarian rekursif di direktori saat ini. 
  • -n – Temukan baris yang nomornya sesuai dengan jumlah baris teks. 
  • -v – Menampilkan garis yang tidak sesuai dengan pola yang dicari.

Contoh Perintah Grep Command

Mencari kata di dalam sebuah file

Contoh pertama dari perintah grep adalah mencari kata tertentu dalam file tertentu. Misalnya, jika Anda ingin mencari kata “server” di file example.txt, Anda perlu menulis perintah berikut di terminal:

Baca Juga:   Kenapa harus pindah ke Xubuntu? Apa itu Xubuntu?
grep server example.txt

Perintah diatas akan memberikan tanda pada kata “server” yang terdapat pada file example.txt

Mencari kata sensitive case

Contoh grep berikut mencari kata-kata peka huruf besar-kecil (menurut aturan sensitivitas huruf besar-kecil). Misalnya jika Anda mencari kata “Server”, grep tidak akan menampilkan kata “server”, “SERVER”, atau “SerVer”. Sintaks dari perintah grep adalah:

grep -F Server example.txt

Perintah grep -F Server example.txt menampilkan kata “Server” dengan memeriksa ukuran karakter pada file example.txt.

Mencari kata insensitive case

Perintah ini seperti namanya, berbanding terbalik dengan sensitive case. Misalnya, jika Anda mencari kata “Server”, grep tidak akan menampilkan kata “server”, “SERVER”, atau “SerVer”. Sintaks dari perintah grep adalah:

grep -i ‘server’ example.txt

Perintah diatas akan mencetak semua kata server terlepas dari bagaimana bentuk dan ukuran karakter setiap kata.

Mencari Kata Utuh

Ketiga perintah grep di atas akan terus menampilkan potongan kata untuk frasa lainnya. Misalnya “server” pada kata “servers”. Jadi jika Anda hanya ingin mencari satu kata, perintahnya adalah:

grep -w server example.txt

Perintah contoh grep -w server example.txt menampilkan kata “server” sebagai satu kata. daripada sebagai bagian dari kata lain

Mencari lebih dari satu kata

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, contoh perintah grep sebelumnya hanya dapat digunakan untuk mencari kata. Jadi bagaimana kita menemukan dua kata atau lebih dalam sebuah perintah? Ini sangat sederhana. Cukup gunakan perintah berikut:

grep ‘cloud\|server’ example.txt

Perintah di atas akan mencari kata pertama terlebih dahulu, lalu mencari kata kedua. Perintah grep “server\cloud” example.txt menampilkan kata “server” dan “cloud” yang terdapat dalam file example.txt.

Menghitung Jumlah Kata 

Selanjutnya, contoh perintah grep adalah menghitung jumlah kata tertentu dalam sebuah file. Untuk melakukan ini, Anda perlu memasukkan perintah grep:

Baca Juga:   7 Tips Memilih Jasa Pembuatan Website Terbaik
grep -c server example.txt

Contoh perintah grep -c server example.txt yang menampilkan keluaran jumlah kata “server” pada file example.txt.

Mencetak nomor baris

Grep -n mencetak nomor baris pola yang cocok. Ini adalah perintah yang sangat berguna untuk menemukan karakter dalam file besar. Anda dapat memasukkan perintah grep seperti dibawah ini:

grep -n pattern file_name

Menyembunyikan nama file dari pola yang cocok

Grep -h perintah ini menyembunyikan nama file dalam output. Perintah biasanya menunjukkan nama file ketika ada pola yang cocok dalam beberapa file. Anda dapat menggunakan perintah dibawah ini untuk menyembunyikan nama file:

grep -h pattern file_name1 file_name2 file_name3

Mencari beberapa pola

Dengan menggunakan grep -e memungkinkan anda untuk menggunakan beberapa pola sekaligus. Opsi -e menunjukkan ekspresi dalam perintah. Misalkan, anda perlu mencari tiga pila yang berbeda dalam sebuah file, maka anda dapat menggunakan perintah:

grep -e pola1-e pola2 -e pola3 file_name

Mencocokkan regular expression dalam file

Ini adalah fitur yang sangat kuat, jika Anda dapat menggunakan ekspresi reguler secara efektif. Dalam contoh berikut, ia mencari semua pola yang dimulai dengan “garis” dan diakhiri dengan “kosong” dengan apa pun di antaranya. yaitu Untuk mencari “garis [apa pun di antara] kosong” di demo_file.

grep “REGEX” filename

Tertarik Untuk Menggunakan VPS dengan teknologi terbaik dari Nevacloud?

Grep Command adalah Linux tools yang memungkinkan Anda mencari kelompok kata dalam file tertentu. Hal ini membuat grep banyak digunakan oleh administrator sistem untuk menjaga kinerja sistem operasi Linux, khususnya pada server VPS.Namun performa VPS Linux tidak hanya dipengaruhi oleh penggunaan perintah grep saja. Sebaiknya Anda  memperhatikan kualitas penyedia layanan yang Anda gunakan agar performa VPS Anda selalu prima. Jika Anda membutuhkan layanan VPS yang  teruji kualitasnya, VPS Nevacloud mungkin bisa menjadi pilihan terbaik. Kunjungi Nevacloud dan temukan penawaran menariknya sekarang juga!

Avatar for Titis Nur Pratomo

About Author

Titis Nur Pratomo

SEO Specialist at Deneva | Helping Increase Business Visibility in Search Engine | SEO & WordPress Enthusiast