Apa Itu Proxy Server? 

Proxy server adalah sistem yang menyediakan gateway antara pengguna dan internet. Ini adalah server perantara yang memisahkan end user dari situs web yang mereka jelajahi. Oleh karena itu, ini membantu mencegah penyerang dunia maya memasuki jaringan pribadi. Server proxy menawarkan berbagai tingkat fungsionalitas, keamanan, dan perlindungan data tergantung pada kasus penggunaan, kebutuhan, atau panduan perusahaan Anda.

Dengan server proxy, lalu lintas Internet melewati server proxy dalam perjalanan ke alamat yang diminta. Permintaan ini dikembalikan melalui server proxy yang sama, yang meneruskan data yang diterima dari situs web kepada Anda. Jika hanya itu yang dilakukan oleh proxy server, lalu kenapa harus repot – repot menggunakan proxy server? Mengapa tidak langsung dari situs web dan kembali ke pengguna?  

Atas nama keamanan data dan kinerja jaringan, proxy server bertindak sebagai firewall dan filter web yang menyediakan koneksi jaringan bersama dan data cache untuk mempercepat permintaan umum.

Fungsi Proxy Server

Masking

Fungsi proxy server adalah untuk menyamarkan atau menyembunyikan identitas Anda, terutama alamat IP Anda. Alamat IP berubah ketika pertukaran data melewati gateway. Dengan cara ini situs web yang Anda kunjungi tidak dapat menemukan alamat IP asli Anda.

Connection sharing

Server proxy bertindak sebagai hub atau terminal. Misalnya, jika sebuah perusahaan menggunakan proxy, semua orang di perusahaan dapat mengakses Internet melalui satu jalur atau gateway.

Filtering

Fungsi lain dari server proxy adalah semacam penyaringan atau informasi. Semua transmisi informasi melalui Internet telah difilter sebelumnya untuk meminimalkan serangan virus dan malware.

Caching

Server proxy juga berfungsi untuk caching. Artinya, data sementara tentang aktivitas internet Anda disimpan di server kami. Oleh karena itu, saat mengakses kembali data tersebut, server proxy melayani data yang disimpan sebelumnya.

Manfaat Proxy Server

Proxy server hadi dengan beberapa manfaat yang dapat memberi anda keuntungan:

Keamanan yang ditingkatkan

Proxy server dapat bertindak seperti firewall antara sistem anda dan internet. Tanpa mereka, peretas memiliki akses yang mudah ke alamat IP anda yang kemudian dapat digunakan untuk menyusup ke komputer atau jaringan anda.

Baca Juga:   Komputer Server : Fungsi, Jenis, Spesifikasi dan Cara Kerjanya!

Akses ke konten khusus lokasi

Anda dapat menetapkan proxy server dengan alamat yang terkait dengan negara lain seperti anda berada di negara itu dan mendapatkan akses penuh ke semua konten di negara itu. Misalnya, anda dapat menggunakan proxy untuk membuka situs yang dibatasi oleh lokasi. 

Penghematan bandwidth

Proxy server dapat menyimpan situs web populer sehingga ketika anda membuka situs tersebut proxy server akan memeriksa salinan situs dan mengirimkannya kepada anda. Proses ni akan menghemat bandwidth dan meningkatkan kinerja jaringan.

Baca Juga : VPS Indonesia Murah Teknologi Terbaik

Jenis-Jenis Proxy Server

Berikut adalah beberapa jenis proxy server yang harus anda tahu. Masing – masing memiliki fitur unggulan sendiri. Memahami detail di balik jenis – jenis proxy server akan membantu anda membuat pilihan berdasarkan kasus penggunaan dan kebutuhan spesifik anda.

Forward Proxy

Forward proxy berada di depan klien dan digunakan untuk mendapatkan data ke kelompok pengguna dalam jaringan internal. setelah permintaan dikirim, server proxy ini akan memeriksanya dan memutuskan apakah akan melanjutkan dengan pembuatan koneksi atau tidak.

Forward proxy paling cocok untuk jaringan internal yang membutuhkan single point of entry. Ini memberikan keamanan alamat IP bagi mereka yang berada di jaringan dan memungkinkan kontrol administratif langsung. Namun,forward proxy dapat membatasi kemampuan organisasi untuk memenuhi kebutuhan end user.

Transparent Proxy 

Jenis proxy ini dapat memberi pengguna pengalaman yang sama seperti jika mereka menggunakan komputer di rumah mereka. Dengan cara itulah mereka berjalan secara transparan. Proxy ini juga dapat “dipaksakan” pada pengguna, yang artinya pengguna dapat terhubung tanpa menyadarinya.

Transparent proxy sangat ideal untuk perusahaan yang ingin menggunakan proxy tanpa membuat karyawan sadar jika mereka sedang menggunakannya. Ini membawa keuntungan yaitu memberikan pengalaman pengguna yang mulus. . 

Anonymous Proxy 

Anonymous proxy berfokus untuk membuat aktivitas internet tidak dapat dilacak. Ia bekerja dengan mengakses internet atas nama pengguna sambil menyembunyikan identitas dan informasi komputer mereka.

Anonymous proxy paling cocok untuk pengguna yang ingin memiliki anonimitas penuh saat mengakses internet. Meskipun anonymous proxy memberikan beberapa perlindungan identitas terbaik, ini bukan berarti proxy ini tidak memiliki kekurangan. Banyak yang melihat penggunaan anonymous proxy untuk kecurangan, dan pengguna terkadang menghadapi penolakan terhadap beberapa pencarian.

Baca Juga:   Apa Itu CLI? Pengertian, Fungsi, Cara Kerja dan Contohnya!

Highly Anonymity Proxy

Highly anonymity proxy adalah anonymous proxy yang membawa anonimitas selangkah lebih maju. Ia bekerja dengan menghapus informasi anda sebelum proxy mencoba untuk terhubung ke situs target. 

Proxy ini paling cocok untuk pengguna yang anonimitas nya merupakan kebutuhan mutlak. Sisi negatifnya, beberapa dari mereka terutama yang gratis adalah umpan yang disiapkan untuk menjebak pengguna untuk mengakses informasi atau data pribadi.

Distorting Proxy

Distorting proxy mengidentifikasi dirinya sebagai proxy ke situs web tetapi menyembunyikan identitasnya sendiri. Ini dilakukan dengan mengubah alamat IP nya menjadi alamat IP yang salah.

Distorting proxy adalah pilihan yang baik untuk orang yang ingin menyembunyikan lokasi mereka saat mengakses internet. Jenis proxy ini dapat membuatnya terlihat seperti anda sedang menjelajah dari negara tertentu. Namun, beberapa situs web secara otomatis memblokir distorting proxy, yang dapat mencegah end user mengakses situs yang mereka butuhkan. 

Data Center Proxy

Data center proxy tidak berafiliasi dengan Internet Service Provider (ISP) tetapi disediakan oleh perusahaan lain melalui data center. Proxy server ada di data center fisik, dan permintaan pengguna dialihkan melalui server it.

Data center proxy adalah pilihan yang baik untuk orang yang membutuhkan waktu respons cepat dan solusi yang murah. Mereka membawa manfaat memberi pengguna kekuatan untuk memanen data dengan cepat dan murah. 

Residential Proxy

Residential proxy memberi anda alamat IP milik perangkat fisik tertentu. Semua permintaan kemudian disalurkan melalui perangkat itu. Residential Proxy sangat bagus untuk pengguna yang perlu melihat iklan apa yang mereka terima di situs web dan dapat memblokir cookie dan iklan yang mencurigakan.

Residential proxy lebih dapat dipercaya daripada opsi proxy server lainnya. Disisi lain, residential proxy sering menghabiskan lebih banyak uang untuk digunakan, sehingga pengguna harus hati – hati dalam menganalisis apakah manfaatnya sepadan dengan uang yang dikeluarkan. 

Public Proxy

Ini bekerja dengan memberi pengguna akses ke alamat IP ya dan menyembunyikan identitas mereka saat mereka mengunjungi situs web. Public proxy paling cocok untuk pengguna yang memiliki perhatian utama pada biaya namun tidak dengan keamanan dan kecepatannya. 

Meskipun public proxy gratis dan mudah diakses, merek sering lambat karena mereka terjebak dengan pengguna gratis. Saat anda menggunakan public proxy, anda juga berisiko lebih tinggi mengakses informasi anda oleh orang lain di internet.

Baca Juga:   SOC Adalah : Pengertian, Fungsi & Tugasnya!

Shared Proxy

Shared proxy digunakan oleh lebih dari satu pengguna sekaligus. Mereka memberi anda akses ke alamat IP yang dapat dibagikan oleh orang lain, dan kemudian anda dapat menjelajahi internet sambil muncul untuk menjelajah dari lokasi pilihan anda.

Shared proxy adalah pilihan yang baik bagi mereka yang tidak ingin menghabiskan banyak uang dan tidak membutuhkan koneksi yang cepat. Keuntungan shared proxy adalah biaya yang rendah. Karena proxy ini dibagikan oleh orang lain, anda mungkin dapat disalahkan atas keputusan buruk yang diambil orang lain, sehingga anda mungkin dapat dilarang untuk mengunjungi suatu situs.

SSL Proxy

Secure Socket Layer (SSL) proxy menyediakan dekripsi antara klien dan server. Karena data dienkripsi di kedua arah, proxy menyembunyikan keberadaanya dari klien dan server. Proksi ini sangat ideal untuk organisasi yang membutuhkan perlindungan yang ditingkatkan terhadap ancaman yang digagalkan oleh protokol SSL.

Pada sisi negatifnya, konten yang di enkripsi pada SSL proxy tidak dapat di cache. Jadi ketika mengunjungi situs web beberapa kali, anda mungkin mengalami kinerja yang lebih lambat daripada yang seharusnya. 

Rotating Proxy

Rotating proxy memberikan alamat IP yang berbeda untuk setiap pengguna yang terhubung dengannya. Saat pengguna terhubung, merek diberi alamat yang unik dari perangkat yang terhubung sebelumnya. Rotating proxy sangat ideal untuk pengguna yang perlu melakukan banyak pengikisan web bervolume tinggi dan berkelanjutan. 

Proxy ini memungkinkan anda untuk kembali ke situs web yang sama lagi dan lagi secara anonim. Namun, anda harus berhati – hati saat memilih layanan rotating proxy. Beberapa diantaranya berisi public proxy atau shared proxy yang dapat mengekspos data anda. 

Reverse Proxy

Ia bekerja dengan mencegat peri=mintaan dari pengguna di tepi jaringan server web. Kemudian mengirim permintaan dan menerima balasan dari server asal.

Reverse proxy adalah pilihan ideal untuk situs web populer yang perlu memuat sejumlah besar permintaan masuk. Mereka bertindak seperti server web lainnya dan memproses permintaan masuk, membantu bisnis mengurangi penggunaan bandwidth. Kelemahannya adalah proxy ini berpotensi mengekspos arsitektur server HTTP jika penyerang mampu menembusnya.

Proxy server adalah solusi ideal untuk mengamankan Internet. Namun, memilih jenis proxy yang tepat itu penting. Dengan berbagai fitur proxy seperti masking, connection sharing, filtering dan caching, Anda dapat menikmati berbagai keuntungan seperti: Koneksi internet lebih cepat, privasi lebih aman, dan data lebih aman. Terlepas dari itu, jika anda mencari cloud server yang mudah dan cepat, anda dapat menggunakan cloud server dari Nevacloud. Yuk kunjungi Nevacloud dan temukan penawaran menariknya!

Avatar for Titis Nur Pratomo

About Author

Titis Nur Pratomo

SEO Specialist at Deneva | Helping Increase Business Visibility in Search Engine | SEO & WordPress Enthusiast