cPanel Adalah : Pengertian, Fungsi & Cara Kerjanya!

cPanel Adalah : Pengertian, Fungsi & Cara Kerjanya!
Avatar for Titis Nur Pratomo
  • September 14, 2023

Dalam beberapa dekade terakhir, membangun dan mengoperasikan situs web Anda sendiri telah menjadi proses yang semakin mudah diakses. Sebagian besar dari itu adalah karena peran penyedia hosting web menyederhanakan tugas manajemen yang paling menakutkan dan memakan waktu dengan menggunakan cPanel.

Tanpa cPanel, Anda akan memerlukan pengetahuan teknis untuk mengelola situs web / server Anda. Tetapi dengan cPanel, Anda dapat membuat perubahan menggunakan antarmuka grafis – tidak diperlukan pengetahuan teknis. Yuk ketahui apa itu cPanel lebih detail pada artikel ini!

Apa Itu cPanel?

cPanel adalah panel kontrol hosting yang menyederhanakan pengelolaan server, email, dan hosting situs web. cPanel memiliki tampilan dashboard yang intuitif dan mudah digunakan. Selain itu, cPanel juga memiliki berbagai fitur yang memudahkan pengelolaan website lainnya seperti domain, email, instalasi CMS, dll.

Karena cPanel adalah platform manajemen hosting berbasis Linux, panel kontrol ini hanya dapat bekerja dengan sistem operasi berbasis Linux seperti Alma Linux, CentOS, CloudLinux, dan Ubuntu. Beberapa pengguna sebagian besar menggunakan sistem operasi Windows dan tentu saja tidak dapat menggunakan cPanel.

cPanel biasanya diinstal pada dedicated server atau virtual private server (VPS) yang menggunakan sistem operasi Linux, seperti FreeBSD. Aplikasi yang didukung cPanel antara lain Apache, PHP, MySQL, Postgres, Perl, Python, BIND, dan layanan email seperti POP3, IMAP, dan SMTP.

cPanel adalah solusi standar yang disediakan oleh sebagian besar perusahaan shared hosting yang terjangkau. Dengan cPanel Anda dapat mengelola domain, mempublikasikan situs web, mengatur akun email, mengatur file web, dan sebagainya. Yang terpenting, Anda dapat melakukan semua ini tanpa pengetahuan teknis atau keterampilan pemrograman tingkat lanjut.

Baca Juga:   6 Contoh Cloud Computing yang Banyak Digunakan

Cara Kerja cPanel

Karena sangat mudah digunakan, banyak perusahaan hosting menawarkan cPanel sebagai bagian inti dari paket hosting mereka. Ini berarti cPanel adalah standar industri – meskipun desain panel kontrol Anda akan sedikit berbeda dari satu host ke host lainnya, Anda tidak akan kesulitan menyesuaikan diri dengan host baru selama itu juga menggunakan cPanel.

cPanel kaya fitur, mudah digunakan, dan teruji dengan baik. Ini juga nyaman, karena memungkinkan Anda mengelola semua hosting web Anda di satu tempat. Saat Anda masuk ke panel kontrol cPanel Anda, Anda dapat melihat metrik seperti penggunaan ruang penyimpanan, dan mengakses bagian yang berbeda seperti modul file, domain, keamanan, dan banyak lagi. Singkatnya, cPanel memberi Anda kontrol mudah atas semua aspek situs Anda.

Fungsi cPanel

Sederhananya, yang dilakukan cPanel adalah mempermudah pengelolaan website di akun hosting Anda. cPanel membuat konfigurasi dan hosting domain Anda menjadi sangat mudah.  Berikut adalah beberapa fitur lain dari cPanel.

  • Ini memudahkan pengguna untuk mengelola web hosting mereka. 
  • Buat dan kelola domain yang terdaftar di akun hosting Anda. 
  • Permudah pengguna untuk menyiapkan situs web mereka. 
  • Kelola PHP dan database situs web. Kelola file dan data situs web Anda. Membuat dan mengelola akun email. 
  • Pantau laporan statistik pengunjung web. Instalasi dan monitoring penggunaan resource hosting CMS seperti WordPress, Joomla, Drupal, dll.

Kegunaan Fitur-Fitur cPanel

UI cPanel membantu pengguna mendapatkan bagian terpenting dari layanan hosting mereka. Setelah Anda masuk ke dasbor, di sisi kanan, Anda akan melihat informasi server dasar ditambah beberapa analitik penggunaan sumber daya yang berguna. Beberapa fitur cPanel yang paling menonjol adalah

Baca Juga:   Backup Adalah : Pengertian, Fungsi & Cara Backupnya!

1. File

Secara umum, cPanel menyediakan fitur manajemen file yang memungkinkan Anda menghapus, mengedit, dan menyalin file website di hosting Anda. Selain itu, terdapat pengaturan FTP yang memungkinkan Anda mengakses file website Anda melalui aplikasi klien FTP tanpa harus login ke cPanel terlebih dahulu. Ini mencakup berbagai alat terkait situs seperti Manajer File, akun FTP, Wizard Cadangan, dan banyak lagi. Memungkinkan Anda mengunggah dan memodifikasi file situs web dengan mudah, terutama untuk proyek yang lebih kecil.

2. Database

sebagian besar situs web berkomunikasi dengan server web melalui solusi database. cPanel menawarkan pengoperasian yang mudah untuk tabel MySQL dan Postgre dan termasuk akses database jarak jauh.

3. Email

komunikasi online masih menjadi bagian besar dari hubungan bisnis saat ini. Anda dapat dengan mudah membuat/memodifikasi/menghapus akun email, mengatur penjawab otomatis, forward, dan filter email.

4. Domain

Salah satu menu cPanel memungkinkan Anda mengatur domain Anda. Menu ini mencakup fitur domain tambahan, subdomain, pengalihan, dan lainnya. Fitur yang tersedia di sana memungkinkan Anda mengontrol bagaimana cPanel menangani permintaan saat browser mengakses domain Anda. Ini memungkinkan Anda membuat subdomain, domain addon, domain parkir, dan alias domain. Anda juga dapat mengotak-atik pengalihan dan mengkonfigurasi catatan domain yang berbeda.

5. Security

berbagai alat untuk lebih melindungi akun dan situs web Anda. Akses SSH, Hotlink Protection, dan SSL / TLS adalah beberapa prestasi yang berguna di bagian ini.

Selain itu, cPanel mendukung banyak integrasi pihak ketiga, seperti WP Toolkit, CDN, cadangan, dan banyak lagi.

Tutorial cPanel

Ada banyak sekali hal yang bisa anda lakukan dengan cPanel. Namun, pada artikel kali ini Nevacloud akan memberikan tiga tutorial cPanel paling umum yang dapat kamu coba.

Baca Juga:   Mengenal Macam-Macam Web Server Localhost

Menginstal WordPress dengan cPanel

Sebagian besar host memberi Anda akses ke sesuatu yang disebut “autoinstaller” di dasbor cPanel Anda. Ini memungkinkan Anda untuk menginstal WordPress, serta banyak perangkat lunak lainnya, hanya dengan beberapa klik.

Dari autoinstaller yang mudah digunakan ini, Softaculous mungkin yang paling populer, meskipun mungkin host spesifik Anda menggunakan solusi yang berbeda. Untuk menginstal WordPress melalui cPanel, yang perlu Anda lakukan adalah mencari bagian autoinstaller dan klik tombol WordPress

Kemudian, ikuti wizard pengaturan sederhana untuk menyelesaikan proses instalasi WordPress:

Cara Mencadangkan Situs dengan cPanel

Selama situs Anda tidak terlalu besar (beberapa host memberlakukan batas), Anda selalu dapat secara manual Mencadangkan situs Anda dari dasbor cPanel Anda. Untuk memulai, cari opsi Wizard Pencadangan atau Pencadangan di bagian File 

Kemudian ikuti wizard untuk menyelesaikan pencadangan anda

Menambahkan Akun Email Baru dengan cPanel

cPanel memudahkan untuk membuat alamat email Anda sendiri menggunakan nama domain unik Anda. Untuk memulai, cari opsi Email Account di bawah bagian Email:

Kemudian, masukkan alamat yang diinginkan untuk akun email Anda serta kata sandi dan klik tombol “Create Account”:

Tertarik Untuk Menggunakan VPS dengan teknologi terbaik dari Nevacloud?

cPanel adalah dasbor ramah pengguna yang memungkinkan Anda mengelola akun dan server hosting Anda. Banyak host, terutama shared host, menyediakan cPanel untuk pelanggan mereka. Dari cPanel, Anda dapat melakukan sejumlah tindakan penting seperti menginstal WordPress, mencadangkan situs, dan menambahkan akun email baru. Dibandingkan dengan teks perintah yang sangat sulit dipahami, cPanel menawarkan solusi praktis yang mudah dipelajari. Anda juga dapat menjelajahi fitur-fitur yang tersedia di cPanel melalui halaman demo cPanel. Nevacloud bisa menjadi pilihan tepat sebagai layanan penyedia VPS murah Indonesia terbaik untuk memenuhi kebutuhan Anda.

Avatar for Titis Nur Pratomo

About Author

Titis Nur Pratomo

SEO Specialist at Deneva | Helping Increase Business Visibility in Search Engine | SEO & WordPress Enthusiast