Apa Itu Aapanel? Fitur dan Fungsinya!

Apa Itu Aapanel? Fitur dan Fungsinya!
Avatar for Titis Nur Pratomo
  • November 18, 2023

Jika Anda mencari control panel hosting web gratis dan open source yang mudah digunakan dan dilengkapi dengan sejumlah besar fitur, maka tidak terlihat lagi dari aaPanel. Control panel adalah solusi praktis untuk mengelola VPS Server. Memiliki tampilan GUI (Graphic User Interface) dan fitur pembantu, control panel dapat membantu Anda menjalankan server dengan mudah.

aaPanel adalah control panel hosting web yang populer dan kuat yang dirancang untuk menyederhanakan proses pengelolaan situs web dan server Anda. Pada artikel ini, kita akan melihat lebih dekat apa itu aaPanel, cara kerjanya, dan beberapa fitur utamanya. Langsung saja, mari kita mulai pembahasannya!

Apa Itu aaPanel?

aaPanel adalah panel kontrol hosting web yang memungkinkan Anda mengelola server web dan situs web Anda dari satu antarmuka yang mudah digunakan. Ini adalah panel kontrol sumber terbuka dan gratis yang dibangun di atas tumpukan LEMP / LAMP yang populer, menjadikannya pilihan tepat bagi pengembang, administrator sistem, dan webmaster.

aaPanel dirancang agar ramah pengguna dan mudah digunakan, bahkan untuk pengguna dengan sedikit atau tanpa pengalaman teknis. Panel kontrol dilengkapi dengan antarmuka pengguna grafis berbasis web (GUI) yang menyediakan akses mudah ke semua fitur dan alat yang Anda butuhkan untuk mengelola situs web dan server Anda.

aaPanel memungkinkan pengembang untuk melakukan berbagai tugas administratif, seperti menginstal aplikasi web, mengelola database, dan mengatur e-mail, melalui interface berbasis web yang mudah digunakan.

Baca Juga:   Apa Itu Ransomware? Pengertian, Jenis dan Cara Kerjanya

aaPanel dibangun di atas stack LEMP / LAMP, yang merupakan singkatan dari Linux, Nginx / Apache, MySQL, dan PHP. Panel kontrol mencakup semua komponen dan alat yang diperlukan untuk mengatur dan mengelola server web Anda, termasuk sistem operasi, perangkat lunak server web, server database, dan lingkungan runtime PHP.

Setelah Anda menginstal aaPanel di server Anda, Anda dapat mengakses panel kontrol melalui browser web Anda. GUI menyediakan akses mudah ke semua fitur dan alat yang Anda butuhkan untuk mengelola situs web Anda, termasuk manajemen domain, manajemen basis data, manajemen email, manajemen file, dan banyak lagi.

Fitur aaPanel

aaPanel hadir dengan berbagai fitur dan alat yang menjadikannya panel kontrol hosting web yang kuat dan fleksibel. Beberapa fitur utamanya meliputi:

  • Instalasi sekali klik. aaPanel memudahkan anda dalam menginstal dan menambahkan server web anda hanya dengan beberapa klik.
  • Manajemen domain. Dengan aaPanel, anda dapat dengan mudah menambahkan dan mengelola beberapa domain dan subdomain.
  • Manajemen basis data. aaPanel dilengkapi dengan dukungan untuk database MySQL dan PostgreSQL, dan termasuk alat untuk mengelola database dan pengguna.
  • Manajemen email. aaPanel mencakup dukungan untuk membuat dan mengelola akun email dan email forwarder.
  • Keamanan. aaPanel menyertakan pengelola file yang memungkinkan anda mengunggah, mengunduh, dan mengelola file dengan mudah di server web anda.
  • Manajemen DNS. aaPanel menyertakan dukungan untuk mengelola DNS records untuk domain anda. 

Fungsi aaPanel

Fungsi utama aaPanel adalah membantu Anda mengelola server dengan mudah. Karena aaPanel gratis, Anda tidak perlu membayar biaya berlangganan seperti yang harus Anda lakukan dengan control panel berbayar.

  • Manajemen website: aaPanel membantu pengembang mengelola website mereka dengan membantu mereka menyiapkan domain, subdomain, dan direktori.
  • Manajemen sumber daya server: Kemampuan untuk memantau sumber daya server secara real-time adalah salah satu keunggulan aaPanel. Developer dapat melacak penggunaan CPU, memori, dan trafik network untuk menemukan dan mengatasi masalah kinerja yang mungkin.
  • Manajemen versi PHP: aaPanel memungkinkan pengembang menginstal berbagai versi PHP dan beralih di antaranya jika diperlukan. Ini sangat bermanfaat untuk proyek yang membutuhkan versi PHP tertentu.
Baca Juga:   Apa itu Database? Contoh Produk dan Fungsinya

Cara Install aaPanel

Sebelum kita menyelami proses instalasi, mari kita pastikan Anda memiliki prasyarat yang diperlukan. Anda memerlukan VPS atau dedicated server yang menjalankan versi terbaru CentOS, Debian, atau Ubuntu. Selain itu, akses root ke server Anda adalah suatu keharusan.

  1. VPS atau Dedicated Server. Virtual server yang akan digunakan untuk menginstal aaPanel. Anda dapat menggunakan VPS terbaik dari Nevacloud untuk persyaratan ini.
  2. CentOS7 atau Ubuntu 16.04/18.04. Server harus berjalan pada salah satu dari sistem operasi ini.
  3. Root Access. Anda memerlukan akses root ke server anda untuk instalasi.

Setelah persyaratan diatas telah terpenuhi, anda siap untuk mulai menginstal aaPanel.

Memulai instalasi dengan aaPanel Script 

Langkah pertama dalam instalasi aaPanel melibatkan menjalankan skrip instalasi. Di Ubuntu dan Debian Ini dapat dicapai dengan perintah berikut:

Perintah ini mengunduh dan menjalankan skrip instalasi aaPanel. Ingatlah untuk menjalankannya sebagai pengguna root untuk menghindari masalah izin. Ada metode instalasi alternatif yang tersedia untuk instalasi CentOS:

yum install -y wget && wget -O install.sh http://www.aapanel.com/script/install_6.0_en.sh && bash install.sh aapanel

Menavigasi Melalui Proses Instalasi

Selama proses instalasi, Anda akan diminta untuk mengatur nama pengguna dan kata sandi untuk login aaPanel Anda. Pilih kata sandi yang kuat dan simpan detail ini dengan aman untuk referensi di masa mendatang. Setelah instalasi, Anda dapat mengakses panel kontrol aaPanel Anda dengan menggunakan alamat IP server Anda diikuti oleh port 8888. Misalnya, jika alamat IP server Anda adalah , Anda akan mengakses panel kontrol aaPanel Anda dengan menavigasi ke browser web Anda.123.45.67.89http://123.45.67.89:8888

# Example

Username: admin

Password: your_strong_password

URL: http://123.45.67.89:8888

Untuk memaksimalkan manfaat aaPanel, sangat penting untuk terus memperbaruinya dengan fitur dan patch keamanan terbaru. Periksa situs web aaPanel secara teratur atau berlangganan buletin mereka untuk tetap mendapat informasi tentang pembaruan baru. Ingat, aplikasi yang diperbarui bukan hanya tentang fitur baru – ini juga tentang peningkatan keamanan dan kinerja.

Baca Juga:   Apa Itu Platform E-Learning

Dukungan aaPanel di Layanan Nevacloud 

aaPanel adalah salah satu pilihan control panel yang tersedia pada layanan VPS Nevacloud.  Untuk dapat menikmati layanan VPS Nevacloud dengan aaPanel, anda dapat mengunjungi website Nevacloud.

Tertarik Menggunakan VPS dengan teknologi terbaik dari Nevacloud?

aaPanel adalah panel kontrol hosting web yang kuat dan fleksibel yang mudah digunakan dan dilengkapi dengan berbagai fitur dan alat. Apakah Anda seorang pengembang, administrator sistem, atau webmaster, aaPanel adalah pilihan tepat untuk mengelola server web dan situs web Anda. Dengan antarmuka yang ramah pengguna dan set fitur yang kuat, aaPanel pasti layak untuk dicoba.

Ini adalah penjelasan lengkap tentang aaPanel, termasuk pengertiannya, jenisnya, dan keuntungan dan kekurangannya. Apakah Anda ingin menggunakan sistem operasi yang satu ini? Jika Anda pengguna Nevacloud, Anda dapat dengan mudah menginstal aaPanel melalui virtual machine di Cloud VPS Nevacloud. Coba sekarang dan nikmati layanan cloud premium dengan sistem pembayaran pay-as-you-go yang fleksibel!

Avatar for Titis Nur Pratomo

About Author

Titis Nur Pratomo

SEO Specialist at Deneva | Helping Increase Business Visibility in Search Engine | SEO & WordPress Enthusiast