Rupiah Indonesia Dapatkan Gratis Saldo Rp70.000!

Apa Itu Ghost CMS? Fitur dan Kelebihannya!

Apa Itu Ghost CMS? Fitur dan Kelebihannya!
Avatar for Titis Nur Pratomo
  • November 17, 2023

Di era digital, di mana informasi adalah kekuatan, melindungi kehadiran online Anda adalah yang terpenting. Jika Anda telah memilih Ghost CMS sebagai platform pilihan Anda untuk membuat dan mengelola situs web Anda, Anda telah membuat keputusan yang bijaksana. Ghost CMS adalah CMS headless populer yang dikenal dengan fitur keamanannya. Namun, bahkan CMS yang paling aman pun rentan terhadap serangan jika tidak dikonfigurasi dan dipelihara dengan benar.

Meskipun Ghost CMS tidak kalah canggih dengan berbagai CMS lainnya, banyak orang yang belum tahu apa itu Ghost CMS, fiturnya, dan keunggulannya. Karena itu, lanjutkan membaca artikel Nevacloud ini karena kami akan membahas Ghost CMS secara menyeluruh.

Apa Itu Ghost CMS?

Ghost CMS adalah sistem manajemen konten open-source modern yang menawarkan pengalaman pengguna yang tak tertandingi. Ini dibangun dari bawah ke atas untuk menyediakan antarmuka pengguna yang sederhana dan intuitif yang menempatkan fokus pada konten, bukan kompleksitas teknologi yang mendasarinya. Ghost CMS dirancang untuk memudahkan siapa saja untuk membuat, mengelola, dan mempublikasikan konten dengan pengaturan dan pelatihan minimal.

Dengan antarmuka yang ramah pemula dan ribuan tema serta integrasi lanjutan, Ghost adalah salah satu cara termudah untuk membuat situs web atau blog Anda sendiri. Fokus utama Ghost adalah pada blogging, dan mereka sengaja menjaga antarmuka dan fitur tetap sederhana. Ini membuat situs mereka mudah digunakan untuk pemula dan menjaga antarmuka mereka tetap bersih dan bebas dari kekacauan.

Baca Juga:   Apa Itu Object Storage? Fungsi, Kelebihan dan Cara Kerjanya!

Ghost CMS dikenal karena kesederhanaan dan kinerjanya, tetapi juga unggul dalam menyediakan fitur keamanan yang kuat untuk melindungi situs web dan konten Anda. Di bagian ini, kita akan mengeksplorasi beberapa fitur keamanan terbaik yang ditawarkan Ghost CMS untuk memastikan keamanan kehadiran digital Anda.

Fitur Ghost CMS

Setelah mengetahui apa itu Ghost CMS dan bagaimana platform tersebut dibangun, Anda juga harus tahu apa saja fiturnya yang dapat membantu dalam pembuatan konten. Berikut adalah beberapa fitur yang dimiliki platform tersebut. 

Advanced Creator Tools

Salah satu fitur Ghost nodejs yang paling penting adalah alat pembuatan maju, yang digunakan untuk menyunting konten yang akan dipublikasikan. Fitur ini memiliki beberapa sub fitur, seperti:

  • Intelligent links: fitur ini digunakan untuk memasukkan link dengan menyorot teks di sekitar link.
  • Image card: fitur ini memungkinkan gambar di resize secara otomatis sehingga tidak terlalu besar.
  • Gallery card: fitur untuk menampilkan beberapa gambar sekaligus dalam bentuk kolase atau galeri. 
  • Embed card: fitur untuk menyisipkan konten dari platform lain seperti Spotify, YouTube, dan Instagram. 
  • Unsplash card: fitur yang memungkinkan Anda mencari gambar dari Unsplash tanpa harus mengunjungi situsnya.

Native Analytics

Seperti namanya, analitik asli adalah fitur Ghost Node.js yang memungkinkan pemilik situs menganalisis performa konten untuk mengukur tingkat keterlibatan audiens. Selain itu, Anda dapat melihat siapa saja yang terdaftar sebagai anggota dan siapa yang paling sering membuka newsletter melalui fitur ini. Baik versi gratis maupun pro Ghost CMS, fitur native analytics tetap tersedia secara default.

Subscription Commerce

Fitur gratis Ghost yang disebut subscription commerce memungkinkan Anda membuat konten premium yang hanya dapat diakses oleh pengguna yang berlangganan konten premium. Pengunjung ingin tidak perlu membayar biaya langganan untuk konten premium, yang memungkinkan Anda mendapatkan uang dari hasil blogging.

Baca Juga:   Apa Itu Ransomware? Pengertian, Jenis dan Cara Kerjanya

Ghost Integrations

Ghost CMS tidak dilengkapi dengan plugin untuk melakukan tugas tertentu. Namun, fitur integrasi Ghost memungkinkan Ghost untuk menghubungkan dengan berbagai layanan pihak ketiga seperti Slack, Twitter, Instagram, Spotify dan banyak lagi. Selain itu, Anda memiliki kemampuan untuk mengintegrasikan secara manual melalui API JSON yang tersedia pada setiap layanan.

Built-In Editor

Ghost memiliki editor visual, artinya sangat mirip dengan editor Gutenberg (juga disebut blok). Mereka menawarkan opsi pemformatan khas (bagian miring dan tebal, dll.) dan lebih banyak cara untuk menambahkan konten dinamis. Dengan Ghost, Anda dapat menambahkan galeri, video, dan sematan lainnya ke postingan Anda. Anda juga dapat melakukan pengkodean Anda sendiri untuk menyesuaikan konten Anda lebih lanjut.

SEO Friendly

Jika mengoptimalkan konten Anda untuk SEO adalah prioritas utama bagi Anda, Ghost menawarkan kemampuan teknis untuk membuat blog Anda diperhatikan dalam hasil mesin pencari. Misalnya, Ghost secara otomatis menghasilkan dan menautkan setiap halaman ke peta situs Google lengkap.

Ini tidak terpisahkan, sehingga bot Google dapat merayapi halaman Anda. Tidak perlu menggunakan aplikasi, layanan, atau plugin pihak ketiga. Solusi SEO teknis lainnya yang ditawarkan Ghost termasuk tag kanonik yang dibuat secara otomatis dan data terstruktur, sehingga SEO Anda tetap utuh.

Kelebihan Ghost CMS

Jika Anda mencari platform blogging yang kuat dan fleksibel, Ghost adalah pilihan yang bagus. Mudah digunakan sekaligus cukup kuat untuk memenuhi kebutuhan pengguna yang paling menuntut sekalipun. Berikut adalah beberapa kelebihan Ghost CMS:

  • Kesederhanaan: Ghost dirancang agar sederhana dan mudah digunakan, bahkan untuk pemula. Antarmuka pengguna sederhana dan mudah digunakan, dan dokumentasi nya luas.
  • Kecepatan pemuatan: Ghost dibangung dengan Node.js yang merupakan platform dengan kinerja yang luar biasa. Ini berarti blog anda akan dimuat dengan cepat, bahkan di perangkat seluler.
  • Kustomisasi: Ghost CMS sangat dapat disesuaikan. Anda dapat mengubah tampilan dan nuansa blog tanpa harus menulis kode apapun. Ini tentu sangat memudahkan anda dalam membuat blog terlihat dan terasa seperti yang anda inginkan.
  • Fleksibel: Ghost adalah CMS fleksibel yang dapat digunakan untuk membuat berbagai macam situs web. Ini dapat digunakan untuk membangun blog, situs web berita hingga portfolio.
  • Dukungan: Ghost CMS memiliki komunitas developer dan user yang besar dan aktif. Ada banyak sumber daya yang tersedia yang dapat membantu anda memulai menggunakan Ghost CMS. Dan yang lebih menyenangkannya lagi, akan selalu ada orang yang siap membantu anda jika anda mengalami kesulitan.
Baca Juga:   Apa Itu CLI? Pengertian, Fungsi, Cara Kerja dan Contohnya!

System Requirement

Pastikan bahwa server hosting Anda memenuhi persyaratan sistem berikut:

  • Menggunakan cPanel.
  • Akses ke terminal SSH hosting
  • Instalasi aplikasi Node.JS di cPanel memiliki fitur setup.

Dukungan Ghost CMS di Layanan Nevacloud

Ghost CMS adalah salah satu pilihan content management service yang tersedia pada layanan VPS Nevacloud.  Untuk dapat menikmati layanan VPS Nevacloud dengan ghost CMS, anda dapat mengunjungi website Nevacloud.

Tertarik Untuk Menggunakan VPS dengan teknologi terbaik dari Nevacloud?

Akhirnya, Ghost CMS sangat terjangkau dan mudah digunakan, menjadikannya pilihan sempurna bagi siapa saja yang mencari sistem manajemen konten yang kuat, aman, dan mudah digunakan. Jadi, jika Anda mencari sistem manajemen konten yang modern, intuitif, dan aman, Ghost CMS adalah pilihan yang tepat untuk Anda!Nevacloud menawarkan berbagai produk cloud untuk memenuhi kebutuhan bisnis Anda untuk menyediakan layanan cloud server yang berkualitas tinggi. Salah satu produknya adalah Cloud VPS, yang memungkinkan Anda menginstal ghost CMS dan mendukung aktivitas aplikasi, serta menyediakan sumber daya yang fleksibel untuk website Anda, sehingga dapat disesuaikan dengan kebutuhan Anda.

Avatar for Titis Nur Pratomo

About Author

Titis Nur Pratomo

SEO Specialist at Deneva | Helping Increase Business Visibility in Search Engine | SEO & WordPress Enthusiast