Apa Itu CentOS? Pengertian, Kelebihan dan Fiturnya!

Apa Itu CentOS? Pengertian, Kelebihan dan Fiturnya!
Avatar for Titis Nur Pratomo
  • March 21, 2023

Linux memiliki banyak distribusi yang berbeda, masing-masing dengan kelebihannya sendiri; Tentu saja, sampai sekarang, di antara berbagai distribusi Linux, Anda pernah mendengar tentang CentOS, tetapi Anda mungkin tidak sepenuhnya mengenalnya.

CentOS adalah sistem operasi berbasis Linux open-source berdasarkan paket sumber Red Hat Enterprise (RHEL); Ini juga merupakan sistem operasi bisnis dan perusahaan yang populer, yang akan Nevacloud jelaskan secara lebih rinci untuk membiasakan Anda dengan sistem operasi ini sehingga Anda mengetahui fitur dan kelebihan yang dimiliki centOS. Mari kita mulai!.

Apa Itu CentOS? 

CentOS atau Community Enterprise Operating System adalah sistem operasi terbuka (open source) yang digunakan untuk workstation, komputer desktop, dan server cloud. CentOS memiliki tingkat stabilitas yang cukup tinggi sehingga banyak digunakan dalam berbagai proyek dari perusahaan kecil hingga perusahaan besar.

CentOS sendiri merupakan distribution operating system (distro) yang dikembangkan dari source coder Red Hat Enterprise Linux (RHEL). Perhatikan bahwa RHEL adalah salah satu platform Linux berlisensi, jadi Anda harus membayarnya jika ingin menggunakannya.

Sekarang, komunitas yang disebut “CentOS project” bermaksud untuk mengembangkan distribusi yang kompatibel dengan RHEL, tetapi terbuka dan gratis untuk digunakan siapa saja. Sampai CentOS akhirnya dibuat, itu adalah distro klon RHEL dengan banyak fitur canggih yang dapat diakses tanpa biaya.

CentOS diperkenalkan pada tahun 2004 dan berkembang menjadi versi stabil dengan banyak pilihan panel kontrol dan keamanan yang kuat. Tak heran jika distro ini terus berkembang popularitasnya dari waktu ke waktu.

Baca Juga:   Mengapa Penting Mengetahui Cara Kerja Server?

Kelebihan CentOS

1. Kinerja

CentOS dirancang untuk meningkatkan stabilitas dan kinerja saat menjalankan sistem dan perangkat lunak Anda. 

2. Tanpa Biaya

Kualitas distribusi Linux perusahaan seperti Red Hat tidak diragukan lagi dalam hal kinerja, kecepatan, stabilitas, dan banyak lagi. CentOS memungkinkan pengguna untuk menggunakan semua layanan ini secara gratis. 

3. Banyak pilihan perangkat lunak

CentOS menawarkan banyak pilihan perangkat lunak untuk mendukung fitur dan menambah kelengkapan fitur. 

4. Ramah Sumber Daya

Dibandingkan dengan distribusi Linux populer lainnya seperti Ubuntu, CentOS dianggap lebih ramah pengguna karena tidak menghabiskan sumber daya yang berlebihan. Ini berarti Anda dapat dengan mudah menginstal CentOS di komputer atau server Anda meskipun spesifikasi perangkat kerasnya tidak terlalu tinggi. 

5. Kompatibilitas dengan RHEL

Seperti disebutkan di atas, CentOS adalah tiruan dari RHEL. Hampir semua fitur dan manfaat RHEL dapat diimplementasikan di CentOS. 

Dukungan Komunitas: Sejauh ini CentOS didukung oleh komunitas yang aktif. Ini dimaksudkan untuk membantu pengguna yang mengalami masalah sambil memastikan kelancaran pengembangan distribusi.

Fitur CentOS

Berikut adalah beberapa fitur yang dimiliki oleh centOS:

1. Keamanan yang Mumpuni

Jika Anda menginginkan distribusi Linux dengan perlindungan berlapis, CentOS adalah pilihan terbaik Anda. CentOS memiliki banyak fitur keamanan yang tersedia. Salah satunya adalah Security Enhanced Linux atau SELinux.

SELinux adalah mekanisme kontrol akses untuk mengelola konfigurasi keamanan global dari semua file dan proses pekerja. Dengan cara ini, Anda dapat meminimalkan risiko munculnya bug dan kerentanan.

2. Update Rutin

Semua versi CentOS telah didukung penuh selama 10 tahun kecuali CentOS versi 8. Misalnya, di CentOS 7, versi ini akan menerima pembaruan konstan selama 10 tahun dari 2014 hingga 2024 terhitung sejak versi dirilis. Pembaruan bervariasi. Misalnya, pembaruan kecil, perbaikan bug, perbaikan keamanan, penambahan fitur baru, dll.

Baca Juga:   Rekomendasi Distro Linux Terbaik dan Terpopuler Bagi Pemula!

3. Stabilitas

Komunitas pengembang yang berkomitmen dan ahli terus memperbarui OS sepanjang waktu dan memastikan kompatibilitas baik dengan perangkat lunak baru maupun aplikasi lama. Selain itu, pengembang inti, ada komunitas sukarelawan yang luar biasa yang bekerja dari seluruh dunia. Administrator sistem, administrator jaringan, penggemar Linux, dll — yang menguji rilis, membangun kembali pembaruan, dan memberikan dukungan.

4. Support Control Panel

CentOS kompatibel dengan berbagai perangkat lunak panel kontrol hosting. Beri nama cPanel, Webmin, Webuzo, VestaCP, dll. Tentu saja kabar baik bagi mereka yang suka mengelola server CentOS mereka dengan panel kontrol.

Anda tetap dapat menggunakan CentOS di server VPS Anda tanpa panel. Apapun pilihan Anda, distro Linux yang satu ini akan memfasilitasi itu semua. Install offline di komputer dengan CentOS atau online di server VPS adalah pilihan yang tepat. Juga dapat dikatakan bahwa pengaturan awal CentOS 7 mudah dilakukan.

5. Dokumentasi Lengkap

Sebagai salah satu distribusi Linux terpopuler, CentOS hadir dengan dokumentasi pengguna yang lengkap. Dari hal dasar seperti menginstal CentOS hingga konfigurasi kompleks tersedia di situs resminya. Jadi, meskipun Anda seorang pemula, jangan ragu atau takut untuk mencoba distro ini. Karena Anda mempelajari dokumen dan berlatih secara langsung.

Perbandingan CentOS 

CentOS Linux vs CentOS Stream

CentOS Linux adalah sistem operasi yang sebagian besar digunakan di server web perusahaan dan organisasi. Ini adalah pilihan yang terkenal dan dapat diandalkan untuk penggunaan komersial apa pun dan menempati peringkat ketiga di antara tiga distro terkenal di dunia setelah Ubuntu dan Debian.

Sayangnya CentOS 8 adalah rilis terakhir dari kategori ini karena Redhat berencana untuk menghentikannya. Mereka menggantinya dengan CentOS Stream. Pergeseran ini berarti bahwa siklus hidup distribusi CentOS terbaru, yang dirilis tahun lalu, akan berakhir pada 31 Desember 2021.Kabar baiknya adalah distribusi CentOS Linux 7 akan berlanjut, sesuai jadwal, hingga 2024. 

Baca Juga:   7 Tips Memilih Jasa Pembuatan Website Terbaik

Di sisi lain, CentOS Stream adalah pengembangan Upstream dari Red Hat Enterprize Linux.Distribusi ini akan berguna bagi masyarakat, sebagai ABI/API yang stabil untuk pengujian dan pengembangan. Ini dapat diunduh, digunakan, dipelajari, dimodifikasi, dan didistribusikan kembali secara gratis (dengan pengecualian merek dagang CentOS yang dimiliki oleh Red Hat). Platform ini bertujuan untuk memanfaatkan inovasi open-source untuk membentuk rilis RHEL stabil yang akan datang.

CentOS Linux vs Red Hat Enterprise Linux

Red Hat Enterprise Linux dirilis oleh Red Hat pada tahun 2000. Sistem operasi ini disediakan oleh Proyek Fedora. Pada tahun 2014 Red Hat mengumumkan dukungan untuk CentOS. Dengan demikian, Dewan Manajemen CentOS anggota Red Hat dibentuk untuk mendukung dan memandu pengembangan perangkat lunak ini.

Namun, tim CentOS tetap independen, terpisah dari RHEL dengan menghapus branding dan visual Red Hat. Juga, CentOS adalah perangkat lunak sumber terbuka. Artinya, semua kode dan program tersedia bagi siapa saja yang ingin menggunakan, memodifikasi, atau mendistribusikannya. Ini berbeda dengan RHEL, yang dibangun di atas komponen sumber terbuka, tetapi lisensi harus dibeli untuk digunakan sebagai aplikasi komersial.

Selain itu, Red Hat telah mengimplementasikan program Langganan Pengembang Red Hat untuk Individu, membuat distribusi tersedia untuk diunduh gratis, tetapi terbatas hanya untuk beban kerja produksi kecil.

Untuk dukungan, CentOS menawarkan forum komunitas tempat pengguna dapat bertanya dan menjawab pertanyaan, tetapi tidak ada dukungan pelanggan khusus. Jika ada masalah, pengguna CentOS Linux dapat menghubungi tim dukungan pihak ketiga dengan biaya tertentu. RHEL juga tidak memiliki tim dukungan khusus, tetapi paket dapat ditingkatkan jika dukungan pelanggan diperlukan.

Mengenai pembaruan perangkat lunak, keduanya pertama kali diimplementasikan di RHEL dan kemudian di-boot di CentOS Linux. Oleh karena itu, ia memiliki fungsi, kompatibilitas, dan perbaikan bug yang serupa.

Selain itu, aplikasi dan perangkat lunak tambahan seperti LAMP dan Docker biasanya tersedia untuk CentOS Linux atau RHEL.

Tertarik Untuk Menggunakan Cloud Server yang cepat dan mudah dari Nevacloud?

Sekarang anda telah mengenal apa itu centOS beserta fitur dan kelebihannya. Jika kamu tertarik untuk menggunakan cloud vps yang cepat dan mudah, kunjungi Nevacloud dan temukan berbagai penawaran menarik!

Avatar for Titis Nur Pratomo

About Author

Titis Nur Pratomo

SEO Specialist at Deneva | Helping Increase Business Visibility in Search Engine | SEO & WordPress Enthusiast