Apa Itu Almalinux? Fitur, Versi dan Keuntungannya!

Apa Itu Almalinux? Fitur, Versi dan Keuntungannya!
Avatar for Titis Nur Pratomo
  • November 15, 2023

Dari berbagai sistem operasi yang tersedia saat ini, Linux menjadi salah satu yang paling populer karena memiliki stabilitas, keamanan, dan efisiensi yang luar biasa. Sekitar 47,5 persen orang di seluruh dunia menggunakan Linux, sedangkan sekitar 33 persen menggunakan UNIX, yang masih merupakan keluarga sistem operasi Linux.

AlmaLinux adalah salah satu distribusi Linux yang paling banyak digunakan oleh banyak pengembang saat ini karena memiliki beberapa keunggulan yang menjadikannya sistem operasi yang dapat diandalkan untuk digunakan dalam server website.

Apa Itu Almalinux

Almalinux adalah sistem operasi berbasis komunitas gratis yang baru-baru ini mendapatkan popularitas di kalangan penggemar, pengembang, dan bisnis Linux. Ini dirancang untuk menggantikan CentOS Linux, sistem operasi kelas perusahaan yang terkenal yang dihentikan Red Hat pada Desember 2020. Almalinux dibuat untuk menawarkan alternatif yang stabil, aman, dan andal untuk pengguna CentOS, dengan dukungan jangka panjang dan kompatibilitas dengan berbagai perangkat lunak dan perangkat keras.

Alma Linux adalah distribusi perusahaan yang stabil yang dikembangkan dengan menargetkan bisnis dan organisasi dan dirancang untuk memenuhi tujuan bisnis. Meskipun AlmaLinux biasanya dianggap sebagai alternatif gratis untuk Red Hat Enterprise Linux, pengguna juga dapat menggunakannya untuk membangun arsitektur operasi yang aman dan berpusat pada aplikasi.

Selain itu, Alma Linux, selain digunakan di lingkungan fisik dan desktop, juga digunakan di lingkungan virtual dan berbasis cloud. Karena stabilitas dan keandalannya, ini adalah pilihan ideal untuk digunakan di server. Untuk mendapatkan keuntungan dari fitur fantastis dari sistem operasi ini, Anda perlu membeli VPS Linux terlebih dahulu, dan dengan mengikuti langkah-langkah untuk menginstal sistem operasi Alma Linux di server berdasarkan pelatihan yang kami berikan sebelumnya tentang menginstal Alma Linux, Anda juga dapat menggunakan sistem operasi ini di server Anda. Selain itu, Alma Linux tidak hanya dirancang untuk tujuan bisnis tetapi juga merupakan pilihan yang baik untuk penggunaan pribadi.

Baca Juga:   Apa itu Rocky Linux

Sejarah Almalinux

Dengan penghentian CentOS8 pada akhir tahun 2020, yang merupakan klon RHEL gratis dan sangat populer di kalangan pengembang, aliran CentOS diperkenalkan sebagai pengganti. CentOS dan RedHat mengumumkan End of Life (EOL) untuk CentOS Linux pada 8 Desember 2020, dan meminta pengguna untuk memperhatikan proyek CentOS Stream. Pada September 2019, RedHat meluncurkan CentOS Stream, platform pengembangan hulu yang secara eksplisit dibangun untuk CentOS.

Salah satu fitur menonjol dari CentOs adalah kompatibilitas biner dengan RHEL, yang tidak kami lihat di CentOS Stream. CentOS Stream adalah versi yang meninjau dan menguji peningkatan untuk RHEL komersial. Fitur CentOS Stream ini mungkin bermanfaat bagi beberapa pengembang, tetapi tidak ideal untuk semua pengguna. Oleh karena itu, pengguna merasa membutuhkan alternatif yang kuat untuk CentOS.

Setelah itu, banyak orang dan organisasi mencoba dan merilis distribusi Linux mereka sendiri untuk mengisi kekosongan CentOS. Banyak distribusi telah diusulkan untuk menggantikan CentOS; sementara itu, tim pengembangan Cloud Linux berjanji untuk merilis distribusi sumber terbuka berbasis komunitas gratis kepada pengguna pada awal 2021.

Pada 1 Februari 2021, versi beta AlmaLinux dirilis. Pada akhir Maret tahun yang sama, versi stabil pertamanya dirilis dengan setidaknya delapan tahun dukungan (yaitu, ia memiliki dukungan hingga 2029). Saat ini, Alma Linux 8.6, dengan nama kode Sky Tiger adalah versi terbarunya.

Fitur Almalinux

Almalinux adalah sistem operasi serbaguna yang menawarkan berbagai fitur dan manfaat, termasuk:

  • Keamanan: Almalinux memiliki fitur keamanan bawaan seperti SELinux, firewalld, dan dukungan kriptografi, yang memberikan perlindungan kuat terhadap serangan cyber dan akses yang tidak sah.
  • Stabilitas: Almalinux dikenal karena stabilitas dan keandalannya yang kokoh, menjadikannya pilihan ideal untuk aplikasi mission-critical yang membutuhkan ketersediaan 24/7.
  • Kinerja: Almalinux dioptimalkan untuk kinerja dan dapat dengan mudah menangani beban kerja yang berat berkat manajemen sumber daya yang efisien dan overhead yang rendah.
  • Kompatibilitas: Almalinux kompatibel dengan berbagai perangkat lunak dan perangkat keras, sehingga mudah diintegrasikan dengan sistem dan aplikasi yang ada.
  • Dukungan jangka panjang: Almalinux menawarkan dukungan jangka panjang hingga 10 tahun, menyediakan pengguna dengan platform yang stabil dan aman yang dapat diandalkan selama bertahun-tahun.
Baca Juga:   Load Balancing: Pengertian, Cara Kerja, Jenis dan Kelebihannya

Keuntungan Menggunakan Almalinux

Berikut adalah keuntungan dari AlmaLinux bagi mereka yang mempertimbangkan apakah akan menggunakannya sebagai pengganti CentOS:

  • Tata kelolanya bersifat publik, yang berarti Anda akan memiliki tingkat transparansi yang tinggi dengan OS.
  • AlmaLinux menerbitkan catatan rilis dan kode sumber mereka, sehingga orang dapat dengan mudah mengembangkan pembaruan dan kompatibilitas mereka sendiri.
  • Ini memiliki pembelian dan dukungan besar dari banyak aplikasi pihak ketiga yang sama yang dimiliki CentOS sebelumnya.
  • Ini adalah sistem operasi yang stabil dengan dukungan finansial dari sponsor CloudLinux.
  • Halaman web AlmaLinux menyediakan instruksi tentang cara menginstal berbagai perangkat lunak di AlmaLinux dan source code untuk pengguna.
  • Ini memiliki alat migrasi yang tersedia untuk bermigrasi ke AlmaLinux OS dan menyediakan pengguna dengan kode sumber.

Versi Almalinux

Almalinux Minimal

Ini adalah versi AlmaLinux yang berfokus pada sistem operasi di server. Setidaknya AlmaLinux  tidak memiliki antarmuka grafis. Perintah teks (baris perintah) dapat digunakan untuk operasi. Jika diinstal pada server jarak jauh seperti VPS, dapat diakses melalui koneksi SSH

Almalinux Workstation

Ini adalah versi  AlmaLinux yang ditujukan sebagai sistem operasi desktop yang dapat diinstal dan digunakan di PC atau laptop. Seperti  Windows dan Mac OS, workstation AlmaLinux  memiliki tampilan grafis yang dapat Anda gunakan untuk operasi komputasi sehari-hari seperti entri dokumen, browsing, dan memutar multimedia.

Dukungan AlmaLinux di Layanan Nevacloud 

Nevacloud secara resmi memberi dukungan terhadap Almalinux. Jika kamu memiliki server dengan CentOS 7 dan cPanel terinstal, secara default Nevacloud merekomendasikan untuk mengupgrade sistem Anda ke AlmaLinux 8. 

Tertarik Menggunakan VPS dengan teknologi terbaik dari Nevacloud?

Alma Linux sejauh ini memenuhi klaimnya dan menjadi alternatif yang kuat, andal, dan ramah pengguna untuk CentOS. Ini mungkin akan terus memainkan peran ini ke arah ini dengan bantuan komunitasnya yang sedang berkembang di masa depan, dan dengan pertumbuhan dan perkembangannya, akan mencapai posisi unggul di antara para pesaingnya. Alma Linux akan menjadi alternatif yang ideal untuk RHEL dalam waktu dekat.Sebagai distribusi perusahaan yang stabil dan bebas, Alma Linux adalah pilihan sebagian besar bisnis dan organisasi yang mencari sistem operasi yang aman dan stabil. Dalam artikel ini, kami membahas semua yang perlu Anda ketahui tentang Alma Linux dan memperkenalkan Anda tentang Almalinux. Nevacloud menawarkan berbagai produk cloud untuk memenuhi kebutuhan bisnis Anda untuk menyediakan layanan cloud server yang berkualitas tinggi. Salah satu produknya adalah Cloud VPS, yang memungkinkan Anda menginstal AlmaLinux dan mendukung aktivitas aplikasi, serta menyediakan sumber daya yang fleksibel untuk website Anda, sehingga dapat disesuaikan dengan kebutuhan Anda.

Baca Juga:   Compiler Adalah : Cara Kerja, Fungsi dan Contohnya!
Avatar for Titis Nur Pratomo

About Author

Titis Nur Pratomo

SEO Specialist at Deneva | Helping Increase Business Visibility in Search Engine | SEO & WordPress Enthusiast