6 Contoh Cloud Computing yang Banyak Digunakan

6 Contoh Cloud Computing yang Banyak Digunakan
Avatar for Titis Nur Pratomo
  • November 15, 2023

Cloud computing adalah teknologi yang menggunakan internet untuk menyimpan dan mengelola data di server jarak jauh dan kemudian mengakses data melalui internet. Jenis sistem ini memungkinkan pengguna untuk bekerja pada remote. Pelanggan komputasi awan tidak memiliki infrastruktur fisik; Mereka menyewa penggunaan dari penyedia pihak ketiga. Cloud computing begitu sukses karena kesederhanaan dalam penggunaannya. Mereka adalah solusi hemat biaya untuk perusahaan. 

Berbagai fitur tersebut adalah Optimalisasi Server, On-demand layanan cloud (memuaskan klien), Skalabilitas Dinamis, teknik Virtualisasi. Salah satu contohnya adalah Google cloud – Ini adalah rangkaian layanan cloud publik yang ditawarkan oleh Google. Semua pengembangan aplikasi berjalan di perangkat keras Google. Mereka termasuk Google Compute Engine, App engine, google cloud storage, Google container engine.

Jenis Layanan Cloud Computing

Software-as-a-Service (SaaS)

Perangkat Lunak sebagai Layanan memberi Anda produk lengkap yang dijalankan dan dikelola oleh penyedia layanan. Dalam kebanyakan kasus, orang yang mengacu pada Software as a Service mengacu pada end user application. Dengan penawaran SaaS, Anda tidak perlu memikirkan bagaimana layanan dipertahankan atau bagaimana infrastruktur yang mendasarinya dikelola; Anda hanya perlu memikirkan bagaimana Anda akan menggunakan perangkat lunak tertentu. Contoh umum aplikasi SaaS adalah email berbasis web tempat Anda dapat mengirim dan menerima email tanpa harus mengelola penambahan fitur pada produk email atau memelihara server dan sistem operasi tempat program email berjalan.

Infrastructure-as-a-Service (IaaS)

Infrastructure as a Service, kadang-kadang disingkat IaaS, berisi blok bangunan dasar untuk cloud IT dan biasanya menyediakan akses ke fitur jaringan, komputer (virtual atau pada perangkat keras khusus), dan ruang penyimpanan data. Infrastruktur sebagai Layanan memberi Anda tingkat fleksibilitas dan kontrol manajemen tertinggi atas sumber daya TI Anda dan paling mirip dengan sumber daya TI yang ada yang dikenal oleh banyak departemen dan pengembang TI saat ini.

Baca Juga:   7 Tips Memilih Jasa Pembuatan Website Terbaik

Melibatkan metode untuk mengirimkan segala sesuatu mulai dari sistem operasi ke server dan penyimpanan melalui konektivitas berbasis IP sebagai bagian dari layanan sesuai permintaan. Klien dapat menghindari kebutuhan untuk membeli perangkat lunak dan server. Sebagai gantinya, klien mendapatkan sumber daya ini dalam layanan on demand. Contoh populer dari sistem IaaS adalah IBM Cloud dan MIcrosoft Azure.

Platform-as-a-Service (PaaS)

Platform sebagai layanan menghilangkan kebutuhan organisasi untuk mengelola infrastruktur yang mendasarinya (biasanya perangkat keras dan sistem operasi) dan memungkinkan Anda untuk fokus pada penyebaran dan pengelolaan aplikasi Anda. Ini membantu Anda menjadi lebih efisien karena Anda tidak perlu khawatir tentang pengadaan sumber daya, perencanaan kapasitas, pemeliharaan perangkat lunak, patching, atau pekerjaan berat lain yang tidak terdiferensiasi yang terlibat dalam menjalankan aplikasi Anda.

Dianggap yang paling kompleks dari tiga lapisan komputasi berbasis cloud. PaaS memiliki beberapa kesamaan dengan SaaS, perbedaan utamanya adalah alih – alih mengirimkan perangkat lunak secara online, ini sebenarnya adalah platform untuk membuat perangkat lunak yang dikirimkan melalui internet. Model ini mencakup platform seperti Salesforce.com dan Heroku.

Contoh Cloud Computing yang Banyak Digunakan

Cloud computing mengacu pada ketika layanan komputasi dan penyimpanan diakses melalui internet, bukan melalui perangkat keras seperti USB drive atau disk. Dan itu menjadi penting bagi banyak perusahaan yang menginginkan cara tangkas untuk menyimpan dan mengelola data kompleks tanpa terikat pada perangkat lokal.

Misalnya, Netflix memigrasikan semua basis datanya ke cloud pada tahun 2016. Akibatnya, raksasa streaming sekarang dapat menghasilkan lebih banyak konten, onboard lebih banyak pelanggan dan dengan mudah menangani peningkatan tajam dalam lonjakan penggunaan (biasanya ketika acara baru tersedia). Perusahaan juga dapat menambah atau mengurangi jumlah penyimpanan secara real time berdasarkan pemirsa saat ini.

Baca Juga:   Apa Itu Server? Pengertian, Fungsi, Jenis dan Cara Kerjanya!

Contoh komputasi awan telah berlipat ganda di berbagai industri, dan awan telah menjadi standar untuk menyimpan, mengelola, dan mengamankan data. Berikut adalah contoh cloud computing banyak digunakan:

Salesforce

Penyedia SaaS terkenal, Salesforce adalah CRM tools yang membantu bisnis mengelola hubungan pelanggan dan menghasilkan prospek penjualan. Sales Cloud menggabungkan AI dan data pelanggan untuk membantu tim penjualan mengidentifikasi prospek potensial dan menutup penjualan lebih cepat. Platform ini juga memiliki cloud terpisah untuk layanan pelanggan dan pemasaran.

Zoom

Zoom adalah platform SaaS untuk konferensi audio dan video yang dapat merekam meetings dan menyimpannya ke cloud sehingga pengguna dapat mengaksesnya kapan saja dan dimana saja. Tim juga dapat mengakses Zoom Developer Platform untuk membuat aplikasi dan integrasi.

IBM

Server IaaS IBM dapat digunakan dalam hitungan menit hingga beberapa jam, tergantung pada jenis cloud. Server bare metal raksasa teknologi ini membutuhkan waktu beberapa jam untuk digunakan dan dapat mengakomodasi proyek hingga tiga terabyte. Server virtual menyebar dalam hitungan menit dan berguna untuk proyek terukur yang membutuhkan fleksibilitas.

DigitalOcean

Platform aplikasi DigitalOcean membantu tim produk menyebarkan, mengelola, dan menskalakan  situs web serta produk baru. Dibawah platform IaaS, pengguna dapat membuat beberapa virtual machine dalam hitungan detik, dan mereka bahkan dapat menskalakan berdasarkan penyimpanan data dan lalu lintas masuk.

Google Drive

Google telah menjadi kekuatan dalam cloud computing dengan platform berbasis cloud, Google Driver. Platform ini terintegrasi dengan tools Google dan file Microsoft Office lainnya, membuat kolaborasi lebih mudah bagi anggota tim. Ketika proyek menumpuk, fitur seperti search chips memungkinkan individu dapat dengan cepat menemukan file tertentu. Drive juga mengenkripsi file dengan menghapus file yang dicurigai mengandung ancaman cyber, memungkinkan bisnis mengamankan data mereka di cloud.

Baca Juga:   OS Linux: Pengertian, Fungsi dan Keunggulan

Dropbox

Dropbox memfasilitasi kolaborasi dengan memungkinkan pengguna berbagi file besar. Punya proyek powerpoint, photoshop, atau sketch besar yang membutuhkan masukan tim anda tetapi tidak muat dalam email? Dropbox adalah solusinya! Dropbox sekarang memungkinkan integrasi penuh aplikasi kolaboratif, seperti DocuSign dan Vimeo, sehingga pengguna dapat mengunggah kontrak, video, dan materi lainnya untuk kolaborasi tim.

Tertarik Menggunakan VPS dengan teknologi terbaik dari Nevacloud?

Popularitas komputasi awan adalah perawatan hari demi hari karena banyak manfaatnya. Kemampuan untuk menghindari biaya lisensi perangkat lunak yang mahal adalah salah satu faktor yang memungkinkan perusahaan untuk menyediakan layanan cloud. Mereka berbasis internet Sumber daya cloud tersedia melalui jaringan kapan saja dan diakses melalui mekanisme standar yang mempromosikan penggunaan oleh berbagai jenis platform (misalnya: ponsel, laptop, dan PDA). Mereka juga membantu dalam e-learning dengan menyediakan banyak layanan online untuk pendidikan. Cloud computing memungkinkan lebih fokus pada bisnis, bukan pada data center.Terlepas dari itu, jika anda ingin menggunakan VPS dengan teknologi terbaik, anda dapat menggunakan VPS terbaik dari Nevacloud dengan harga yang tentu saja ramah dikantong! Tunggu apalagi, segera kunjungi Nevacloud dan dapatkan VPS mu sekarang juga!

Avatar for Titis Nur Pratomo

About Author

Titis Nur Pratomo

SEO Specialist at Deneva | Helping Increase Business Visibility in Search Engine | SEO & WordPress Enthusiast