SaaS adalah : Pengertian, Cara Kerja dan Contohnya!

SaaS adalah : Pengertian, Cara Kerja dan Contohnya!
Avatar for Titis Nur Pratomo
  • June 18, 2023

Apa Itu SaaS? 

Software as a service (SaaS) adalah model pengiriman perangkat lunak berbasis cloud dimana penyedia cloud mengembangkan dan memelihara perangkat lunak aplikasi cloud, menyediakan pembaruan perangkat lunak otomatis, dan membuat perangkat lunak tersedia bagi pelanggannya melalui internet dengan basis bayar sesuai pemakaian. Penyedia public cloud  mengelola semua perangkat keras dan perangkat lunak tradisional, termasuk middleware, perangkat lunak aplikasi, dan keamanan. Jadi pelanggan SaaS dapat secara dramatis menurunkan biaya; menyebarkan, menskalakan, dan meningkatkan solusi bisnis lebih cepat daripada memelihara sistem dan perangkat lunak lokal; dan memprediksi total biaya kepemilikan dengan akurasi yang lebih besar.

SaaS adalah salah satu dari tiga kategori utama komputasi awan, di samping Infrastructure as a Service (IaaS) dan Platform as a Service (PaaS). Tidak seperti IaaS dan PaaS, produk SaaS sering dipasarkan untuk pengguna B2B dan B2C.

Kelebihan SaaS

Dengan SaaS, perusahaan tidak perlu lagi menginstal dan menjalankan aplikasi di komputer atau pusat data mereka sendiri. Ini menghilangkan biaya akuisisi, penyediaan, dan pemeliharaan perangkat keras, serta lisensi, instalasi, dan dukungan perangkat lunak. Manfaat lain dari model SaaS meliputi:

1. Pembayaran fleksibel

Pelanggan berlangganan layanan SaaS daripada membeli perangkat lunak untuk diinstal atau perangkat keras tambahan untuk didukung. Transisi biaya ke biaya operasional berulang memungkinkan banyak bisnis untuk melakukan penganggaran yang lebih baik dan lebih dapat diprediksi. Anda dapat membatalkan Layanan SaaS kapan saja untuk menghindari biaya berulang ini.

2. Penggunaan yang dapat diskalakan

Layanan cloud seperti SaaS menawarkan skalabilitas vertikal yang tinggi, memungkinkan pelanggan mengakses lebih banyak atau lebih sedikit layanan dan fitur sesuai kebutuhan.

3. Pembaruan otomatis

Daripada membeli perangkat lunak baru, pelanggan dapat mengandalkan penyedia SaaS untuk secara otomatis melakukan pembaruan dan patch management. Ini semakin mengurangi beban staf TI internal.

4. Aksesibilitas dan ketekunan

Karena vendor SaaS mengirimkan aplikasi melalui internet, pengguna dapat mengaksesnya dari perangkat dan lokasi apa pun yang mendukung internet.

5. Kustomisasi

Aplikasi SaaS sering dapat disesuaikan dan dapat diintegrasikan dengan aplikasi bisnis lainnya, terutama di seluruh aplikasi dari penyedia perangkat lunak umum.

Baca Juga:   Ubuntu Server vs CentOS Server : Mana yang Terbaik?

Cara Kerja SaaS

Seperti namanya, SaaS mengubah perangkat lunak dari produk yang dibeli — komoditas yang Anda beli sekali dan unduh ke perangkat Anda Secara tradisional, departemen TI menginstal perangkat lunak bisnis di komputer karyawan dan harus memperbarui dan memeliharanya secara manual. Pengguna hanya memiliki begitu banyak penyimpanan di hard drive mereka, dan perusahaan harus membeli lisensi individu untuk semua orang. Itu membuatnya sulit untuk berkolaborasi, bekerja dari database komunal, dan memperbarui data sesuai kebutuhan.

Dengan SaaS, aplikasi hidup di server penyedia perangkat lunak. Itu membebaskan pengguna dari batasan lisensi dan tanggung jawab pemeliharaan perangkat keras. Dengan Software as a Service, anda tidak menginstal dan memelihara perangkat lunak. Sebagai gantinya, anda masuk menggunakan internet. Penyedia mengelola keamanan, akses, penyimpanan, dan kinerja aplikasi. Ini memberdayakan departemen TI anda untuk menghabiskan lebih banyak waktu pada pekerjaan strategis daripada manajemen perangkat lunak dan perangkat keras.

SaaS bekerja melalui model pengiriman cloud. Penyedia perangkat lunak akan meng-host aplikasi dan data terkait menggunakan server, database, jaringan, dan sumber daya komputasinya sendiri, atau mungkin ISV yang mengontrak penyedia cloud untuk meng-host aplikasi di pusat data penyedia. Aplikasi ini akan dapat diakses oleh perangkat apa pun dengan koneksi jaringan. Aplikasi SaaS biasanya diakses melalui browser web.

Akibatnya, perusahaan yang menggunakan aplikasi SaaS tidak ditugaskan untuk menyiapkan dan memelihara perangkat lunak. Pengguna cukup membayar biaya berlangganan untuk mendapatkan akses ke perangkat lunak, yang merupakan solusi siap pakai. SaaS terkait erat dengan application service provider (ASP) dan model pengiriman perangkat on-demand computing di mana penyedia menghosting perangkat lunak pelanggan dan mengirimkannya ke pengguna akhir yang disetujui melalui internet.

Dalam model on-demand computing, penyedia memberi pelanggan akses berbasis jaringan ke satu salinan aplikasi yang dibuat penyedia khusus untuk distribusi SaaS. Kode sumber aplikasi sama untuk semua pelanggan, dan ketika fitur atau fungsi baru dirilis, mereka diluncurkan ke semua pelanggan. Tergantung pada service-level agreement (SLA), data pelanggan untuk setiap model dapat disimpan secara lokal, di cloud atau keduanya secara lokal dan di cloud.

Aplikasi SaaS yang Umum digunakan

1. Salesforce

Salesforce tetap berada di puncak aplikasi Software as a Service terbaik. Ini adalah salah satu aplikasi terbaik yang berada di garis depan revolusi komputasi berbasis cloud.

Baca Juga:   Apa Itu Error 404 Not Found dan Cara Mengatasinya!

Perangkat lunak CRM membantu berbagai bisnis dalam mendapatkan informasi dari semua pelanggan (baik yang sudah ada maupun yang prospektif) dan prospek dari platform online. Ini memungkinkan semua karyawan yang sah untuk mendapatkan akses ke data penting apa pun di perangkat apa pun yang terhubung kapan saja, di mana saja.

Salesforce hadir dengan alat yang meningkatkan analisis penjualan, pemasaran, dan keterlibatan. Alat-alat ini dirancang untuk meningkatkan penjualan dengan persentase tertentu dan meningkatkan kepuasan dan loyalitas pelanggan

2. Microsoft Office 365

Aplikasi Microsoft Office seperti Excel, Word, Outlook, dan PowerPoint adalah tanda tangan lama dari model ini. Microsoft Office 365 yang baru adalah aplikasi berbasis cloud yang sangat memperluas cakrawala parameter Microsoft Office.

Pengguna Office 365 kini dapat membuat, mengedit, memformat, dan berbagi file dari PC, Android, iOS, Mac, dan perangkat Windows dari mana saja di seluruh dunia. Ini telah membuktikan efisiensi Microsoft dengan menawarkan alat SaaS kepada penggunanya.

Pengguna juga dapat menggunakan beragam alat untuk terhubung dengan kolega dan klien melalui email, audio, atau konferensi video. Teknologi komunikasi menjamin interaksi yang aman antara karyawan di dalam organisasi dan antara pekerja dan klien di luar organisasi.

3. Google Workspace

Google Workspace mencakup email profesional, rapat video, kalender bersama, Google drive, penyimpanan file, dan lainnya. Google Drive, penyimpanan cloud dan aplikasi berbagi file memungkinkan pengguna untuk mengakses, mengedit, menyimpan, dan berbagi file langsung di perangkat apa pun ke beberapa kolega. Dengan cara ini, Anda dapat menghilangkan lampiran email dan masalah dengan menggabungkan versi yang berbeda.

Aplikasi di ruang kerja sangat efektif karena merampingkan operasi bisnis yang berbeda. Google Workspace memiliki alat sempurna yang cocok untuk penggunaan pribadi dan komersial.

4. Shopify

Shopify adalah platform SaaS terbesar di dunia saat ini. Ini juga merupakan pembuat toko online paling populer untuk meluncurkan situs web eCommerce Anda.

Menyiapkan toko online Anda dengan Shopify sangat mudah dan memberikan situs web Anda tampilan yang indah dan khusus. Dasbornya dapat diakses dan memiliki solusi cepat.

Menambahkan produk Anda mudah karena Anda dapat mengatur deskripsi sesuai ke bidang yang sesuai dan menyimpannya. Bidang sudah memberitahu Anda apa yang harus diisi untuk menghindari kesalahan dalam deskripsi. Anda dapat menambahkan produk tanpa batas dan membuat pesanan tanpa batas.

Baca Juga:   Apa Itu Cloud Storage? Pengertian, Manfaat dan Jenisnya!

5. Netflix

Netflix adalah platform Software as a Service (SaaS) yang menawarkan perangkat lunak untuk menonton film atau video sesuai permintaan. Ini adalah layanan streaming B2C (Bisnis ke Pelanggan) yang berisi perpustakaan film dan serial televisi untuk ditonton orang.

Layanan streaming hiburan menggunakan model berbasis langganan yang menuntut pengguna untuk memilih paket berlangganan dan melakukan pembayaran tertentu ke platform baik bulanan atau tahunan.

6. Slack

Slack adalah platform komunikasi bisnis yang menghosting solusi pencarian, pengarsipan, dan pengiriman pesan. Pengguna dapat mengatur percakapan grup di ruang terbuka untuk mendiskusikan beberapa topik tertentu atau proyek sensitif dalam peserta pribadi dan yang diundang.

Anggota tim dapat bereaksi satu sama lain menggunakan pesan pribadi, aman, dan langsung. Slack memungkinkan pengguna untuk berbagi PDF, dokumen, dan lembar. File-file ini memiliki opsi untuk berkomentar dan menyorot untuk tujuan futuristik.

7. Canva

Canva adalah platform online yang membantu pengguna membuat beragam konten untuk platform media sosial. Ini memiliki alat dengan fitur drag-and-drop yang membuat desain mudah bagi orang-orang tanpa pengetahuan sebelumnya tentang desain grafis.

Ada banyak template yang siap untuk Anda gunakan. Yang perlu Anda lakukan adalah memilih template, mengeditnya sesuai selera Anda, menyimpannya, dan membagikannya di media. Anda juga dapat mengunduh salinan setelah mendesain. Di platform, Anda dapat membuat spanduk, selebaran, presentasi PPT, sampul buku, poster, dll.

Contoh SaaS

Aplikasi email dan perpesanan adalah contoh utama SaaS. Perangkat lunak yang umum digunakan seperti Microsoft Outlook sudah mendarah daging dalam budaya bisnis, dan aksesibilitasnya melalui cloud dapat menjadi pengubah permainan. Sementara email masih merupakan metode komunikasi yang paling populer di dunia, aplikasi perpesanan seperti Slack dan Microsoft Teams mulai merayap masuk.

Solusi SaaS lainnya meningkatkan kemampuan untuk menyimpan, mengatur, dan memelihara data. Alat otomatisasi pemasaran SaaS dan solusi manajemen hubungan pelanggan (CRM) adalah contoh bagus tentang bagaimana perangkat lunak sesuai permintaan membantu bisnis mencapai tujuan mereka.

Apa pun solusinya, pelanggan SaaS saat ini menjalankan keseluruhan dari individu yang tertarik pada aspek aplikasi online yang terjangkau (atau gratis), hingga yang lain yang berasal dari perusahaan perusahaan besar yang mengintegrasikan solusi SaaS ke dalam lini departemen bisnis.

Tertarik Untuk Menggunakan VPS dengan teknologi terbaik dari Nevacloud?

Tentunya saat ini Anda sudah mulai memahami apa itu SaaS, pertama dengan definisi, fitur, manfaat, dan contoh aplikasinya. SaaS adalah layanan berbasis komputasi awan yang menyediakan perangkat lunak untuk digunakan secara online. SaaS sangat cocok bagi mereka yang ingin membuat dan mengembangkan aplikasi berbasis internet. Anyway, jika anda tertarik untuk menggunakan VPS dengan teknologi terbaik segera kunjungi Nevacloud dan miliki VPS terbaik sekarang juga!

Avatar for Titis Nur Pratomo

About Author

Titis Nur Pratomo

SEO Specialist at Deneva | Helping Increase Business Visibility in Search Engine | SEO & WordPress Enthusiast