Google dengan segala teknologi yang membantu manusia sudah menjadi bagian dari kehidupan masa kini. Kehadirannya juga sangat mempengaruhi ekosistem bisnis. Dengan adanya pandemi yang mengubah cara kerja bisnis, orang – orang mencari cara alternatif yang dapat membantu mereka untuk tetap dapat bekerja secara optimal.

Ini juga yang tampaknya menjadi alasan mengapa jumlah pengguna Google Workspace semakin meningkat. Oleh karena itu, perlu untuk mengetahui cara Google Workspace dibuat dan digunakan untuk mendukung berbagai aktivitas online anda.

Koneksi internet dan perangkat yang bagus saja tidak cukup untuk membuat kita tetap melakukan kegiatan secara online. Sebenarnya, kita membutuhkan alat seperti Google Workspace untuk dapat melanjutkan aktivitas seperti biasa meskipun dengan jarak yang dapat menghalangi. Dengan cara ini, tujuan dapat dicapai tanpa alasan apapun.

Simak artikel ini sampai akhir agar kamu dapat memahami apa itu google workspace hingga fungsi dan cara menggunakannya. Mari kita mulai!

Apa Itu Google Workspace

Google workspace adalah rangkaian alat produktivitas dan kolaborasi berbasis cloud yang dikembangkan oleh Google. Sebelumnya dikenal sebagai G Suite ini mencakup berbagai aplikasi yang dirancang untuk digunakan dalam bisnis, edukasi, dan penggunaan pribadi. Dengan google workspace, anda dapat berkolaborasi secara real-time, menyimpan dan berbagi file di cloud, serta berkomunikasi dengan anggota tim dan klien.

Google workspace menyediakan banyak aplikasi seperti Gmail dan Google Meet. Aplikasi ini sering digunakan untuk komunikasi tetapi juga memiliki kolaborasi bawaan seperti Google Documents, Google Sheets, Google Slides dan Forms. Hal ini memungkinkan beberapa pengguna untuk mengedit dokumen secara bersamaan.

Google Workspace meningkatkan interaksi karyawan dan keterampilan kolaborasi lebih dari saat versi G Suite. Google Workspace memungkinkan semua karyawan berkolaborasi secara efektif. Tujuan utama Google Workspace adalah meningkatkan produktivitas kerja dan mendorong integrasi di antara karyawan.

Baca Juga :   Kelebihan dan Kekurangan Linux Beserta Kegunaanya

Fungsi Google Workspace

Google Workspace membantu Anda mendapatkan hasil maksimal dari aktivitas Anda bahkan saat Anda sedang tidak bekerja. Namun apa saja fungsi dari Google Workspace? Baik Anda sudah mengetahui atau belum cara menggunakan Google Workspace, ada banyak kegunaan dan fungsi dari penggunaan layanan Google yang satu ini, antara lain:

  1. Tools untuk kolaborasi tim.
  2. Penyimpanan lebih aman dengan cloud.
  3. Lembar kerja fleksibel.
  4. Meningkatkan performa dan produktivitas tim.
  5. Solusi untuk manajemen waktu, pekerjaan, dan bisnis.

Perbedaan Google Workspace Berbayar vs Gratis

Google Workspace adalah layanan Google yang tersedia untuk pengguna berbayar dan gratis. Google menawarkan layanan Google Workspace gratis untuk pengguna pribadi. Untuk pengguna bisnis, Google menawarkan beberapa fitur tambahan seperti: Alamat email karyawan yang dapat menggunakan domain sendiri, kapasitas cloud tambahan, dan fitur keamanan yang lebih baik. Berikut adalah beberapa fitur yang tersedia untuk pengguna Google Workspace berbayar:

  1. Email dengan domain sendiri, misalnya: [email protected]
  2. Akses google drive, email, dan calendar yang dibagikan ke karyawan lain.
  3. Setting hak akses semua user.
  4. Kolaborasi yang lebih mudah dengan tracking edit.
  5. Kapasitas cloud lebih besar (30GB sampai 5TB setiap pengguna).
  6. Dapat melarang akun diluar perusahaan.
  7. Adanya dukungan teknis dari tim Google.

Cara Membuat Google Workspace

Ikuti langkah – langkah berikut untuk membuat google workspace:

  1. Buka laman google workspace.
  2. Jika sudah berhasil mengakses halaman google workspace,klik tombol “start free trial”. Untuk free trial ini berarti anda hanya dapat menggunakannya sebagai trial atau uji coba google workspace selama 14 hari.
  1. Anda akan dibawa ke halaman isi formulir informasi bisnis seperti pada gambar dibawah ini. Anda dapat mengisikan nama perusahaan, memilih jumlah karyawan dan wilayah. Pastikan untuk mengisi formulir dengan benar. Terutama pada jumlah karyawan karena itu akan berdampak pada pemberian akun yang dapat diakses. Setelah itu, klik tombol “Next” untuk melanjutkan proses membuat google workspace.
Baca Juga :   CDN Adalah : Fungsi, Cara Kerja & Penggunaannya!
  1. Tahap selanjutnya yaitu mengisi informasi kontak yang meliputi nama depan, surname atau nama belakang dan alamat email anda. Jika sudah klik tombol “Next”.
  1. Kemudian anda diharuskan memilih apakah sudah punya domain atau belum. Jika kamu memilih opsi sudah memiliki domain, maka kamu harus menuliskan nama domain tersebut pada kolom yang ditampilkan. Jika sudah, klik tombol “Next”.
  1. Langkah selanjutnya dalam membuat akun Google Workspace adalah konfirmasi. Apakah akan menggunakan domain Anda sendiri atau yang lain. Pilih Lanjutkan jika Anda ingin menggunakan domain yang sudah ada, atau pilih Saya ingin membeli domain baru jika Anda ingin menggunakan domain lain yang lebih cocok untuk bisnis Anda.

Setelah menyelesaikan semua langkah pembuatan akun di atas, Anda dapat mulai menyiapkan akun Google Workspace Anda. Ini membawa Anda selangkah lebih dekat ke layanan dan manfaat Google Workspace.

Cara Menggunakan Google Workspace

Sudah membuat Google Workspace, tapi tidak tahu cara menggunakannya? Google Workspace adalah tempat berkumpulnya semua aplikasi besutan Google untuk memudahkan pekerjaan dan aktivitas Anda. Jika Anda sudah familiar dengan berbagai aplikasi dan layanan Google seperti Gmail, Docs, Sheets, Meet, dll, menggunakan Google Workspace akan sangat familiar.

Google Workspace memudahkan Anda dan orang lain untuk menggunakan aplikasi Anda. Tentunya aplikasi-aplikasi tersebut terintegrasi satu sama lain. Menggunakan Google Workspace dengan cara ini dapat menghemat waktu dan manfaat lainnya. Misalnya, jika Anda dan anggota tim harus menyelesaikan pekerjaan pada waktu yang bersamaan, Anda dapat menggunakan aplikasi yang diinginkan, seperti spreadsheet. Aplikasi dapat diakses dan digunakan oleh seluruh anggota tim tanpa menunggu pekerjaan selesai.

Demikian pula, aplikasi lain seperti Jamboard memungkinkan anggota tim mengirimkan ide secara bersamaan tanpa menunggu satu sama lain.

Baca Juga :   10+ Aplikasi Monitoring Server Tools Gratis Terbaik!

Harga Langganan Google Workspace

Google Workspace for Business hadir dalam tiga paket: Business Starter, Business Standard, dan Business Plus. Harga langganan Google Workspace sangat terjangkau mulai dari Rp 80.000 per bulan per akun. Dengan harga yang terjangkau, semua karyawan dapat menggunakan email dengan domain mereka sendiri, aplikasi pemrosesan dokumen, penyimpanan cloud, serta aplikasi rapat dan obrolan Google.

Konferensi video dengan Google Meet memungkinkan setiap pengguna menyelenggarakan rapat online dengan 100 hingga 500 peserta, bergantung pada jenis Google Workspace yang Anda pilih. Kapasitas Google Cloud mulai dari 30 GB, 2 TB, dan 5 TB per pengguna di organisasi Anda. Google Workspace adalah rangkaian layanan Google untuk bisnis kecil hingga perusahaan besar. Bayar hanya satu biaya berlangganan per pengguna dan setiap karyawan mendapatkan aplikasi yang mereka perlukan untuk melakukan pekerjaan mereka. Pemrosesan dokumen dapat menggunakan Google Docs, Slides, dan Sheets. Untuk rapat online, Anda dapat menggunakan Google Meet sambil melakukan chat dengan Google Chat.

Tertarik Untuk Menggunakan Google Workspace dari Nevacloud?

Google workspace menawarkan lingkungan yang nyaman dan mudah digunakan untuk bisnis yang berharap dapat meningkatkan kolaborasi dan produktivitas. Secara keseluruhan, layanan ini dianggap mudah dan dapat diandalkan, terutama untuk perusahaan dengan tenaga kerja terdistribusi.

Sebenarnya, membuat dan menggunakan Google Workspace itu mudah. Terutama bagi mereka yang akrab dengan layanan dan produk Google. Beberapa aplikasi Google banyak digunakan dalam dunia kerja dan pendidikan, terutama Google Meets, Gmail, Docs, Spreadsheets, dan Google Forms.

Tidak jarang harus menggunakan beberapa aplikasi lain. Namun jika Anda ingin bantuan ahli dalam membuat Google Workspace kali ini, jangan ragu untuk memanfaatkan layanan Google Workspace dari Nevacloud.

About Author

Titis Nur Pratomo

SEO Specialist at Deneva | Helping Increase Business Visibility in Search Engine | SEO & WordPress Enthusiast