OS Linux: Pengertian, Fungsi dan Keunggulan

OS Linux: Pengertian, Fungsi dan Keunggulan
Avatar for Hiqbal Fauzi
  • April 19, 2024

Apa itu Linux?

Linux adalah jenis sistem operasi yang mirip dengan Unix, dan dibangun di atas Kernel Linux. Kernel Linux seperti otak dari sistem operasi karena mengelola bagaimana komputer berinteraksi dengan perangkat keras dan sumber dayanya. Itu memastikan semuanya bekerja dengan lancar dan efisien. Tetapi Kernel Linux saja tidak cukup untuk membuat sistem operasi yang lengkap. 

Untuk membuat sistem yang lengkap dan fungsional, Kernel Linux dikombinasikan dengan kumpulan paket perangkat lunak dan utilitas, yang bersama-sama disebut distribusi Linux. Distribusi ini membuat Sistem Operasi Linux siap bagi pengguna untuk menjalankan aplikasi mereka dan melakukan tugas-tugas di komputer mereka dengan aman dan efektif. Distribusi Linux datang dalam rasa yang berbeda, masing-masing disesuaikan dengan kebutuhan spesifik dan preferensi pengguna.

Desain modular Linux memungkinkan sistem operasi yang sangat dapat dikonfigurasi yang dapat disesuaikan agar sesuai dengan berbagai kebutuhan pengguna. Fleksibilitas ini telah menyebabkan terciptanya banyak distribusi Linux, masing-masing dirancang untuk tujuan tertentu, seperti komputasi desktop, operasi server, tugas komputasi ilmiah, dan bahkan menjalankan perangkat seluler dengan versi OS seperti Android. Kernel Linux adalah dasar dari setiap distribusi, tetapi pengalaman pengguna bisa sangat berbeda tergantung pada bagaimana sistem digunakan.

Fungsi Linux

Linux adalah sistem operasi serbaguna yang digunakan untuk berbagai tujuan. Berikut adalah beberapa kegunaan utama Linux:

  • Manajemen Server dan Jaringan: Linux banyak digunakan untuk menjalankan server dan mengelola operasi jaringan karena fitur stabilitas dan keamanannya.
  • Sistem Operasi Desktop: Ini dapat digunakan sebagai sistem operasi desktop, menyediakan antarmuka pengguna grafis yang mirip dengan Windows atau macOS.
  • Cloud Computing: Banyak penyedia layanan cloud lebih memilih Linux karena sifatnya yang open-source dan kinerja yang kuat.
  • Perangkat Seluler: Linux adalah dasar untuk Android, yang merupakan sistem operasi yang digunakan oleh sebagian besar smartphone di seluruh dunia.
  • Superkomputer: Sebagian besar superkomputer dunia berjalan di Linux karena kinerja dan skalabilitasnya yang tinggi.
  • Internet of Things (IoT): Linux juga digunakan dalam perangkat IoT karena fleksibilitasnya dan fakta bahwa ia dapat berjalan pada perangkat keras dengan sumber daya terbatas.
Baca Juga:   Apa Itu WAF? Pengertian, Jenis, Fungsi dan Cara Kerjanya!

Jenis-jenis Linux

Red Hat Linux

Jika Anda mencari berbagai jenis sistem operasi Linux, proses instalasi sangat mudah dilakukan. Maka jawaban Anda adalah Redhat Linux. Sistem operasi RedHat Linux adalah salah satu GNU / Linux yang relatif lama, menawarkan kenyamanan, mode tampilan grafis sepenuhnya mulai dari instalasi, dan penggunaan yang ramah.

Versi terbaru Red Hat adalah distribusi RedHat Linux 9.0, ini adalah versi stabil dan memperbaiki serta meningkatkan administrasi sistem yang dilengkapi dengan manajer desktop terbaru seperti KDE 3.1 dan GNOME 2.2, dan aplikasi terbaru seperti GIMP graphics 1.2.3, OpenOffice, KOffice, Diagrams, Multimedia applications Player, dll.

Debian 

Debian merupakan salah satu jenis dari berbagai sistem operasi Linux yang sudah ada sejak lama sejak tahun 1999 dan terus dikembangkan secara rutin setiap tahunnya hingga sekarang memasuki versi 8.

Jika Anda mencari sistem operasi yang cocok untuk komputer server atau untuk komputer admin. Jawabannya adalah sistem operasi Debian Linux karena sistem operasi ini memang cocok jika dibuat sebagai server atau komputer admin.

Ubuntu 

Ubuntu adalah jenis sistem operasi Linux yang pada dasarnya dikembangkan dari Debian. Bedanya, sistem operasi Ubuntu ini bisa digunakan tidak hanya di komputer server dan komputer admin tapi juga bisa dan cocok digunakan di komputer pribadi atau personal. Proyek Ubuntu sendiri didanai oleh Canonical Ltd (sebuah perusahaan yang dimiliki oleh Mark Shuttleworth).

Mint

Jika Ubuntu adalah pengembangan dari Debian, Linux Mint bisa dibilang cucu Debian karena dikembangkan atas dasar Ubuntu. Sistem operasi Linux Mint dikembangkan untuk keperluan personal atau penggunaan pribadi (PC) dan terbagi menjadi 2 varian yaitu CINNAMON dan MATE.

CINNAMON merupakan OS Linux Mint yang lebih modern dari Linux MATE, namun kekurangannya kurang stabil dibandingkan Linux MATE, Linux CINNAMON juga tidak mendukung kartu grafis pada beberapa komputer atau laptop.

Baca Juga:   Topologi Star: Pengertian, Fungsi, Cara Kerja & Contoh

CentOS

CentOS adalah sistem operasi perusahaan yang dibangun dengan kerangka kerja Linux. Sistem operasi CentOS pertama kali dirilis pada tahun 2004 dan merupakan salah satu yang terbesar dan paling populer di kalangan pengguna Linux. CentOS dapat digunakan dan juga dikembangkan secara gratis, sistem operasi CentOS tidak ditujukan untuk pemula.

Namun CentOS ditujukan untuk pengguna server yang memiliki pengetahuan lebih, memiliki kemampuan untuk menggunakan Linux, dan pengguna yang mampu melakukan pemrograman komputer, dan juga mengetahui sistem dan aplikasi yang sedang berjalan saat ini.

Kelebihan dan Kekurangan Linux

Kelebihan

  • Keuntungan utama Linux adalah sistem operasi open-source. Ini berarti kode sumber mudah tersedia untuk semua orang dan Anda diizinkan untuk berkontribusi, memodifikasi, dan mendistribusikan kode kepada siapa pun tanpa izin apa pun.
  • Dalam hal keamanan, Linux lebih aman daripada sistem operasi lainnya. Ini tidak berarti bahwa Linux 100 persen aman, ia memiliki beberapa malware untuk itu tetapi kurang rentan daripada sistem operasi lainnya. Jadi, tidak memerlukan perangkat lunak anti-virus.
  • Pembaruan perangkat lunak di Linux mudah dan sering.
  • Berbagai distribusi Linux tersedia sehingga Anda dapat menggunakannya sesuai dengan kebutuhan Anda atau sesuai dengan selera Anda.
  • Linux tersedia secara bebas untuk digunakan di internet.
  • Ini memiliki dukungan komunitas yang besar.
  • Ini memberikan stabilitas tinggi. Ini jarang melambat atau membeku dan tidak perlu reboot setelah waktu yang singkat.
  • Ini menjaga privasi pengguna.
  • Kinerja sistem Linux jauh lebih tinggi daripada sistem operasi lain. Hal ini memungkinkan sejumlah besar orang untuk bekerja pada saat yang sama dan menangani mereka secara efisien.
  • Ini ramah jaringan.
  • Fleksibilitas Linux tinggi. Tidak perlu menginstal suite Linux lengkap; Anda hanya diperbolehkan menginstal komponen yang diperlukan.
  • Linux kompatibel dengan sejumlah besar format file.
  • Ini cepat dan mudah dipasang dari web. Itu juga dapat menginstalnya pada perangkat keras apa pun bahkan pada sistem komputer lama Anda.
  • Ini melakukan semua tugas dengan benar bahkan jika memiliki ruang terbatas pada hard disk.
Baca Juga:   Komputer Server : Fungsi, Jenis, Spesifikasi dan Cara Kerjanya!

Kekurangan

  • Ini tidak terlalu ramah pengguna. Jadi, ini mungkin membingungkan bagi pemula.
  • Ini memiliki driver perangkat keras periferal kecil dibandingkan dengan windows.
  • Kompatibilitas perangkat lunak adalah faktor penting yang perlu dipertimbangkan sebelum bermigrasi ke Linux. Meskipun banyak alternatif open-source ada, beberapa perangkat lunak berpemilik tidak tersedia untuk Linux.

Bagaimana Cara Memulai Menggunakan Linux?

Jika Anda telah menggunakan Linux sebelumnya atau baru saja menginstalnya, cara termudah untuk memulai adalah dengan memilih distro populer untuk platform Anda, seperti laptop atau tablet. Meskipun ada banyak distro yang tersedia, sebagian besar distribusi yang lebih lama dan terkenal lebih baik untuk pemula karena memiliki komunitas pengguna yang besar yang dapat membantu Anda dengan pertanyaan Anda.

Tertarik Untuk Menggunakan VPS dengan teknologi terbaik dari Nevacloud?

Terlepas dari itu, jika anda sedang mencari VPS dengan teknologi terbaik, anda dapat menggunakan VPS dari Nevacloud. Tunggu apalagi? kunjungi website Nevacloud dan temukan beragam penawaran menariknya!

Avatar for Hiqbal Fauzi

About Author

Hiqbal Fauzi

As SEO Specialist at Deneva with a bachelor's in animal husbandry, passionate about digital marketing, especially in SEO.