Ancaman keamanan jaringan (network security) selalu mengintai perangkat kita, dan setiap jaringan komputer akan terancam serangan siber yang berbahaya. Dunia maya, seperti dunia nyata, penuh dengan ancaman yang dapat mengancam keselamatan jaringan komputer.

Ada banyak jenis cyber attack yang dapat mengancam keamanan jaringan dan keselamatan pengguna di dunia nyata. Ada banyak kasus cyber attack yang menyebabkan kerugian fisik dan mental bagi pengguna.

Sangat penting untuk memahami berbagai jenis ancaman siber dan mengetahui cara melindungi jaringan komputer. Selain itu, penting untuk meningkatkan keamanan jaringan internet supaya ancaman tersebut dapat diminimalkan. Bagaimana caranya? Langsung saja mari kita simak artikel dibawah ini.

Pengertian Network Security

Network security mencakup semua langkah yang diambil untuk melindungi integritas jaringan komputer dan data di dalamnya. network security penting karena menjaga data sensitif aman dari serangan cyber dan memastikan jaringan dapat digunakan dan dapat dipercaya. Strategi network security yang sukses menggunakan beberapa solusi keamanan untuk melindungi pengguna dan organisasi dari malware dan serangan cyber, seperti penolakan layanan terdistribusi.

Jaringan terdiri dari perangkat yang saling berhubungan, seperti komputer, server, dan jaringan nirkabel. Banyak dari perangkat ini rentan terhadap penyerang potensial. network security melibatkan penggunaan berbagai perangkat lunak dan perangkat keras di jaringan atau sebagai perangkat lunak sebagai layanan. 

Baca Juga:   Apa Itu Ransomware? Pengertian, Jenis dan Cara Kerjanya

Keamanan menjadi lebih penting karena jaringan tumbuh lebih kompleks dan perusahaan lebih bergantung pada jaringan dan data mereka untuk melakukan bisnis. Metode keamanan harus berkembang ketika pelaku ancaman menciptakan metode serangan baru pada jaringan yang semakin kompleks ini.

Tidak peduli metode spesifik atau strategi keamanan perusahaan, keamanan biasanya dibingkai sebagai tanggung jawab semua orang karena setiap pengguna di jaringan mewakili kemungkinan kerentanan dalam jaringan itu.

Pentingnya Network Security di Era digital

network security sangat penting karena mencegah penjahat dunia maya mendapatkan akses ke data berharga dan informasi sensitif. Ketika peretas mendapatkan data tersebut, mereka dapat menyebabkan berbagai masalah, termasuk pencurian identitas, aset curian, dan kerusakan reputasi.

Organisasi tanpa network security yang memadai berisiko mengganggu operasinya. Bisnis dan jaringan pribadi bergantung pada perangkat dan perangkat lunak yang tidak dapat beroperasi secara efektif ketika dikompromikan oleh virus, malware, dan serangan dunia maya. Bisnis juga mengandalkan jaringan untuk sebagian besar komunikasi internal dan eksternal.

Jenis Ancaman Jaringan

Ransomware

Ransomware adalah jenis malware yang mengenkripsi data organisasi dan memblokir akses sistem. Penyerang menyandera data dan berjanji untuk melepaskannya ketika korban membayar uang tebusan. Serangan ransomware sering kali bermotivasi finansial, dan para penjahat bertujuan untuk memeras uang dari individu, bisnis, atau organisasi.

Serangan DoS dan DDoS

DDoS adalah teknik canggih yang mengganggu ketersediaan sumber daya yang ditargetkan dengan membanjiri mereka dengan banjir lalu lintas palsu. Biasanya, serangan DDoS diatur melalui botnet yang terdiri dari banyak mesin yang dikompromikan yang dikendalikan oleh penyerang.

Tujuan dari serangan ini bisa ada dua: untuk mengalihkan perhatian tim TI dan keamanan saat melakukan serangan terpisah yang lebih merusak, atau hanya membebani sistem yang ditargetkan untuk membuat mereka tidak responsif atau mati sepenuhnya.

Baca Juga:   Apa Itu NVME : Fungsi, Keunggulan dan Cara Kerjanya! 

Man-in-the-Middle (MitM)

Serangan MitM adalah jenis ancaman jaringan di mana individu yang tidak sah mencegat dan memodifikasi komunikasi antara dua pihak tanpa sepengetahuan mereka, memposisikan diri secara diam-diam antara pengirim dan penerima.

Serangan ini terutama menargetkan pengguna aplikasi keuangan, situs e-commerce, dan platform yang memerlukan kredensial login, yang bertujuan untuk mencuri informasi pribadi. Data yang dicuri kemudian dapat digunakan untuk pencurian identitas, transfer dana yang tidak sah, atau perubahan kata sandi terlarang.

Serangan insider (ancaman dari dalam organisasi)

Serangan insider adalah masalah serius di ranah network security karena serangan itu berasal dari dalam organisasi itu sendiri. Ancaman insider terwujud ketika individu dengan hak akses yang sah ke jaringan menyalahgunakannya, yang mengakibatkan konsekuensi merugikan bagi sistem dan data organisasi. 

Mereka dapat bermanifestasi dalam tindakan yang disengaja dan tidak disengaja, yang mengakibatkan pelanggaran kerahasiaan, ketersediaan, dan integritas sumber daya perusahaan. Ancaman insider menimbulkan tantangan tersendiri karena mereka berbaur dengan perilaku pengguna biasa, sehingga sulit bagi profesional keamanan dan sistem untuk membedakan antara tindakan yang tidak berbahaya dan niat jahat.

Dampak dari Ancaman network security

Kerugian finansial

Mengabaikan ancaman network security dapat merugikan perusahaan hingga jutaan rupiah. Serangan yang tidak terdeteksi selama lebih dari 200 hari dapat menyebabkan kerugian finansial yang signifikan.

Penurunan reputasi perusahaan

network security yang lemah dapat mengakibatkan kebocoran data atau gangguan layanan. Hal ini dapat merusak reputasi perusahaan dan mengurangi kepercayaan pelanggan.

Gangguan operasional

Ancaman siber dapat mengganggu operasional perusahaan. Jika jaringan tidak dapat diakses atau data hilang, aktivitas bisnis dapat terhenti.

Langkah Preventif dalam Network Security

Penerapan Kebijakan Keamanan

Langkah pertama untuk mengurangi risiko serangan pada jaringan adalah dengan menegakkan kebijakan keamanan. Kebijakan keamanan dapat membantu memastikan bahwa semua perangkat di jaringan dilindungi dari virus dan malware serta pengguna menggunakan sandi yang kuat. Kebijakan ini juga dapat membatasi akses ke beberapa wilayah jaringan dan membatasi hak istimewa pengguna.

Baca Juga:   Apa Arti Overload dalam Dunia Teknologi

Teknologi dan Alat Keamanan

Layanan network security yang diberikan oleh profesional dari perusahaan IT yang dapat dipercaya dapat memberikan perlindungan yang menyeluruh. Mereka memiliki kemampuan dan sumber daya untuk mengelola network security secara efektif, termasuk pemantauan jaringan, deteksi ancaman, dan respons insiden. Layanan ini dapat membantu perusahaan menghemat waktu dan biaya sambil memastikan jaringan tetap aman.

Peningkatan Kesadaran dan Pendidikan

Sangat penting bagi karyawan untuk dilatih tentang keamanan siber untuk meningkatkan kesadaran dan pemahaman mereka tentang ancaman network security. Karyawan yang teredukasi dapat berfungsi sebagai garis pertahanan pertama untuk melindungi mereka dari serangan. Pelatihan ini dapat diberikan untuk memahami email phishing, teknik kata sandi yang aman, dan langkah-langkah yang harus diambil jika mencurigai pelanggaran keamanan.

Pembaruan dan Pemeliharaan Sistem

Update rutin perangkat lunak dan sistem operasi untuk memperbaiki celah keamanan yang baru ditemukan. Banyak serangan berhasil karena penyerang tahu titik kelemahan mereka. Oleh karena itu, pastikan bahwa semua perangkat, termasuk router dan perangkat Internet of Things (IoT), telah menerima patch keamanan terbaru.

Manajemen Akses dan Identitas

Organisasi harus menentukan siapa yang memiliki akses ke informasi dan sistem sensitif untuk meminimalkan potensi serangan. Manajemen akses melibatkan membatasi akses ke jaringan dan data hanya untuk pengguna yang berwenang; ini termasuk penggunaan kata sandi yang kuat, autentikasi dua faktor (2FA), dan manajemen hak akses pengguna. Dengan membatasi akses, Anda dapat mengurangi risiko kebocoran data atau akses tidak sah ke informasi sensitif.

Tertarik Untuk Menggunakan VPS dengan teknologi terbaik dari Nevacloud?

Terlepas dari itu, jika anda sedang mencari VPS dengan teknologi terbaik, anda dapat menggunakan VPS dari Nevacloud. Tunggu apalagi? kunjungi website Nevacloud dan temukan beragam penawaran menariknya!

Avatar for Hiqbal Fauzi

About Author

Hiqbal Fauzi

As SEO Specialist at Deneva with a bachelor's in animal husbandry, passionate about digital marketing, especially in SEO.