Rupiah Indonesia Dapatkan Gratis Saldo Nevacloud Rp40.000!

Apa itu Rocky Linux

Apa itu Rocky Linux
Avatar for Thatit Argadahana
  • March 31, 2024

Rocky Linux adalah distribusi Linux yang dirancang untuk menjadi perusahaan yang siap dan stabil, memberikan alternatif gratis untuk sistem operasi berbayar. Sebagai fork dari CentOS, Rocky Linux bertujuan untuk menyediakan platform yang sepenuhnya kompatibel dengan Red Hat Enterprise Linux (RHEL), menawarkan pengalaman pengguna yang serupa tanpa biaya lisensi.

Rocky Linux Adalah

Latar Belakang Pembuatan Rocky Linux

Pembuatan Rocky Linux dipicu oleh pengumuman Red Hat pada akhir 2020 tentang perubahan strategi CentOS, dari stabil ke CentOS Stream, yang lebih berfokus pada pengembangan dan pengujian daripada stabilitas. Ini menimbulkan kekhawatiran di kalangan pengguna yang mengandalkan CentOS untuk produksi yang stabil dan lingkungan server. Gregory Kurtzer, salah satu pendiri proyek CentOS asli, memulai Rocky Linux untuk melanjutkan visi CentOS awal sebagai distribusi yang stabil, aman, dan gratis untuk penggunaan korporat dan pribadi.

Tujuan dan Target Pengguna Rocky Linux

Rocky Linux dirancang untuk memenuhi kebutuhan organisasi dan individu yang mencari sistem operasi yang stabil, aman, dan tanpa biaya lisensi. Ini ditargetkan pada pengguna yang memerlukan lingkungan yang dapat diprediksi untuk aplikasi produksi, termasuk pengembang, administrator sistem, dan bisnis yang mengoperasikan infrastruktur TI mereka sendiri.

Tujuan utama Rocky Linux adalah untuk menyediakan alternatif yang dapat diandalkan untuk RHEL, memastikan bahwa pengguna dapat menikmati keamanan, stabilitas, dan dukungan komunitas yang kuat.

Apa itu Rocky Linux vs CentOS

Sejarah dan Perkembangan CentOS

CentOS (Community ENTerprise Operating System) awalnya dibuat sebagai alternatif gratis untuk RHEL, dengan fokus pada stabilitas dan keandalan untuk penggunaan server dan produksi. Sepanjang tahun, CentOS berkembang menjadi pilihan populer di kalangan bisnis dan pengembang, berkat kompatibilitasnya yang erat dengan RHEL dan model rilis yang stabil. Namun, pada Desember 2020, Red Hat mengumumkan bahwa CentOS akan beralih ke CentOS Stream, sebuah distribusi rolling-release yang bertujuan untuk menjadi upstream (pengembangan dan pengujian sebelum stabil) untuk RHEL.

Baca Juga:   7 Jenis-Jenis VPS yang Wajib Kamu Ketahui Saat Membangun Website

Alasan Transisi dari CentOS ke Rocky Linux

Transisi CentOS ke CentOS Stream menyebabkan kekhawatiran di kalangan pengguna yang bergantung pada stabilitas CentOS untuk infrastruktur TI mereka. Karena CentOS Stream lebih fokus pada pengujian dan pengembangan, bukan stabilitas jangka panjang, pengguna mencari alternatif yang bisa memberikan kestabilan yang sama dengan CentOS versi sebelumnya. Rocky Linux muncul sebagai jawaban atas kebutuhan ini, dengan tujuan untuk menyediakan distribusi yang stabil dan kompatibel dengan RHEL, tanpa biaya.

Perbandingan Fitur dan Keunggulan Rocky Linux

Rocky Linux menawarkan sejumlah fitur dan keunggulan yang membuatnya menonjol sebagai alternatif untuk CentOS. Pertama, Rocky Linux menjanjikan siklus rilis yang stabil dan prediksi, mirip dengan CentOS sebelum transisi ke Stream. Kedua, kompatibilitas penuh dengan RHEL memastikan bahwa pengguna dapat beralih ke Rocky Linux tanpa mengubah aplikasi atau operasi yang ada. Terakhir, komunitas yang kuat dan dukungan dari para pendiri proyek asli menambah nilai pada Rocky Linux sebagai sistem operasi yang didukung oleh pengembang dan pengguna yang berdedikasi.

Instalasi dan Konfigurasi Rocky Linux

Persiapan Sebelum Instalasi

Sebelum memulai instalasi Rocky Linux, ada beberapa langkah persiapan yang harus dilakukan untuk memastikan proses berjalan lancar. Pertama, periksa persyaratan sistem untuk memastikan hardware Anda memenuhi atau melebihi spesifikasi minimum yang diperlukan. Kedua, unduh image ISO Rocky Linux dari situs web resmi. Pastikan untuk memilih versi yang sesuai dengan arsitektur sistem Anda, baik itu 64-bit x86 atau ARM. Ketiga, buat media instalasi yang bootable menggunakan USB flash drive atau DVD. Terakhir, pastikan untuk membackup data penting sebelum memulai proses instalasi untuk menghindari kehilangan data.

Langkah-Langkah Instalasi Rocky Linux

Instalasi Rocky Linux relatif mudah dan langsung, mirip dengan distribusi Linux berbasis RHEL lainnya. Berikut adalah langkah-langkah utama:

  • Boot sistem Anda dari media instalasi yang telah Anda siapkan.
  • Pilih “Install Rocky Linux” dari menu boot.
  • Ikuti petunjuk pada layar untuk memilih bahasa, mengatur zona waktu, dan mengonfigurasi layout keyboard.
  • Tentukan skema partisi untuk hard drive Anda. Anda dapat memilih untuk membuat partisi secara manual atau membiarkan installer melakukan partisi secara otomatis.
  • Masukkan informasi jaringan dan buat pengguna. Anda juga akan diminta untuk mengatur kata sandi untuk akun root.
  • Pilih perangkat lunak yang ingin Anda instal. Rocky Linux menawarkan pilihan grup perangkat lunak, seperti server web, desktop grafis, atau pengembangan.
  • Setelah konfigurasi selesai, instalasi akan dimulai. Proses ini bisa memakan waktu beberapa menit hingga satu jam, tergantung pada kecepatan hardware Anda.
  • Setelah instalasi selesai, reboot sistem Anda dan lepas media instalasi.
Baca Juga:   Apa itu Face Recognition? Pengertian, Cara Kerja, Fungsi

Konfigurasi Awal Setelah Instalasi

Setelah instalasi selesai dan Anda boot ke Rocky Linux untuk pertama kalinya, ada beberapa langkah konfigurasi awal yang mungkin ingin Anda lakukan:

  • Update Sistem: Pastikan sistem Anda up-to-date dengan menjalankan sudo dnf update di terminal.
  • Konfigurasi Firewall: Sesuaikan aturan firewall sesuai dengan kebutuhan layanan yang akan dijalankan pada sistem Anda.
  • Atur SELinux: Secure Linux (SELinux) merupakan fitur keamanan yang penting. Pastikan konfigurasinya sesuai dengan kebutuhan aplikasi Anda.
  • Instal Tools Tambahan: Bergantung pada penggunaan Anda, mungkin ada tools atau perangkat lunak tambahan yang perlu diinstal, seperti pengembangan, monitoring, atau tools administrasi jaringan.

Manajemen Paket di Rocky Linux

Pengenalan DNF (Dandified YUM)

DNF adalah manajer paket untuk distribusi Linux berbasis RHEL, termasuk Rocky Linux, yang menggantikan YUM (Yellowdog Updater, Modified). DNF menawarkan peningkatan performa dan dependensi resolusi yang lebih baik dibandingkan YUM, membuat pengalaman mengelola paket lebih efisien dan user-friendly.

Cara Install dan Update Paket

Untuk menginstal paket baru, gunakan perintah sudo dnf install <nama_paket>. Untuk update paket yang sudah terinstal ke versi terbaru, jalankan sudo dnf update <nama_paket>. Jika Anda ingin mengupdate semua paket yang terinstal di sistem, cukup jalankan sudo dnf update tanpa menentukan nama paket.

Mengelola Repositori

Repositori adalah sumber dari mana paket didapatkan. Rocky Linux memiliki beberapa repositori bawaan, tetapi Anda dapat menambahkan repositori pihak ketiga untuk akses ke lebih banyak paket. Untuk menambahkan repositori, Anda bisa menggunakan perintah sudo dnf config-manager –add-repo <url_repositori>.

Keamanan di Rocky Linux

Pengaturan Firewall dan SELinux

Keamanan merupakan aspek kritis dari setiap sistem operasi server, dan Rocky Linux menyediakan beberapa alat bawaan untuk membantu mengamankan sistem Anda.

  • Firewall: Rocky Linux menggunakan firewalld sebagai firewall dinamisnya. firewalld memungkinkan untuk mengelola aturan firewall tanpa memerlukan restart layanan dan menawarkan antarmuka yang lebih mudah untuk mengelola zona dan aturan. Untuk mengaktifkan atau memodifikasi aturan firewall, gunakan firewall-cmd, alat baris perintah untuk firewalld.
  • SELinux: Security-Enhanced Linux (SELinux) adalah modul keamanan yang memberikan mekanisme untuk mendukung kontrol akses keamanan, termasuk kebijakan keamanan yang diperketat yang mengatur aplikasi dan proses sistem. SELinux beroperasi dalam tiga mode: Enforcing, Permissive, dan Disabled. Mode Enforcing memaksa kebijakan dan mencatat pelanggaran, Permissive hanya mencatat pelanggaran, dan Disabled menonaktifkan SELinux sepenuhnya. Untuk mengelola SELinux, gunakan alat semanage dan setsebool.
Baca Juga:   Apa Itu Managed VPS dan Perbedaanya dengan Unmanaged

Pembaruan Keamanan dan Patch

Salah satu langkah penting dalam menjaga keamanan sistem adalah menjaga agar perangkat lunak tetap diperbarui dengan patch keamanan terbaru. Rocky Linux menyediakan pembaruan keamanan secara berkala yang dapat diinstal melalui DNF, manajer paket sistem.

Untuk memeriksa dan menerapkan pembaruan keamanan, gunakan perintah sudo dnf update –security, yang akan mencari dan menginstal hanya pembaruan keamanan tanpa memperbarui paket lain yang mungkin tidak terkait dengan masalah keamanan.

Best Practices Keamanan untuk Server Rocky Linux

Mengikuti praktik terbaik keamanan dapat membantu memastikan bahwa sistem Rocky Linux Anda tetap aman dari ancaman yang dikenal. Beberapa rekomendasi termasuk:

  • Minimalisasi: Hanya instal paket dan layanan yang benar-benar diperlukan untuk operasi sistem. Ini mengurangi serangan permukaan yang potensial.
  • Pembaruan Berkala: Rutin perbarui sistem dan aplikasi untuk memastikan bahwa patch keamanan terbaru diterapkan.
  • Pengelolaan Pengguna dan Akses: Gunakan prinsip hak istimewa terendah, memberikan pengguna dan aplikasi hanya akses yang mereka butuhkan.
  • Audit dan Monitoring: Gunakan alat seperti auditd dan sistem logging untuk memantau aktivitas sistem dan potensi ancaman keamanan.
  • Backup dan Recovery: Pastikan memiliki strategi backup yang efektif dan diuji untuk pemulihan data dan sistem dalam kasus insiden keamanan.

Komunitas dan Dukungan untuk Pengguna Rocky Linux

Sumber Informasi dan Belajar

Komunitas Rocky Linux menyediakan berbagai sumber daya untuk membantu pengguna baru dan yang sudah berpengalaman. Dokumentasi resmi, wiki, dan FAQ adalah tempat yang baik untuk memulai, menawarkan panduan instalasi, konfigurasi, dan pemecahan masalah.

Komunitas dan Forum Diskusi

Komunitas Rocky Linux aktif dan ramah, dengan forum dan saluran media sosial tempat pengguna dapat bertukar informasi, bertanya, dan membantu satu sama lain. Mereka adalah sumber daya yang berharga, terutama untuk pengguna baru yang mungkin membutuhkan bantuan atau saran.

Cara Mendapatkan Dukungan Teknis

Selain dukungan komunitas, pengguna bisnis mungkin memerlukan tingkat dukungan teknis yang lebih tinggi. Meskipun Rocky Linux adalah proyek komunitas, ada pihak ketiga dan penyedia layanan yang menawarkan dukungan kontrak untuk deployment Rocky Linux di lingkungan produksi, memastikan akses ke bantuan teknis profesional saat diperlukan.

Kesimpulan dan Masa Depan Rocky Linux

Kontribusi Rocky Linux untuk Komunitas Linux

Sejak diluncurkannya, Rocky Linux telah dengan cepat menjadi salah satu distribusi Linux yang paling dihormati untuk penggunaan di perusahaan, menawarkan alternatif yang stabil dan aman untuk RHEL. Dengan fokus pada stabilitas, keamanan, dan kompatibilitas, Rocky Linux telah memberikan kontribusi yang signifikan kepada komunitas Linux, menyediakan platform yang dapat diandalkan bagi pengguna dan bisnis.

Perkembangan Terbaru dan Fitur yang Akan Datang

Pengembangan Rocky Linux terus berlanjut, dengan tim dan komunitas yang aktif mengerjakan pembaruan, fitur baru, dan peningkatan. Masa depan Rocky Linux tampak cerah, dengan rencana untuk terus memperluas dukungan hardware, meningkatkan keamanan, dan memperkaya ekosistem dengan perangkat lunak dan alat baru.

Cara Berkontribusi pada Proyek Rocky Linux

Siapapun yang tertarik dapat berkontribusi pada Rocky Linux, baik sebagai pengembang, penguji, penulis dokumentasi, atau bahkan sebagai anggota komunitas yang membantu pengguna baru. Kunjungi situs web resmi Rocky Linux untuk mengetahui lebih lanjut tentang bagaimana Anda dapat terlibat dan membantu proyek ini berkembang.

Rocky Linux telah membuktikan dirinya sebagai pilar penting dalam ekosistem Linux, menawarkan solusi yang kuat dan dapat diandalkan bagi mereka yang membutuhkan sistem operasi enterprise-grade tanpa biaya lisensi. Dengan komunitas yang kuat dan dukungan yang terus berkembang, masa depan Rocky Linux tampak sangat menjanjikan.

Avatar for Thatit Argadahana

About Author

Thatit Argadahana

Digital Marketing Specialist at Nevacloud. A night owl who eats business books for dinner. An AI enthusiast whose aim is to ease every job with a single GPT. Loves to share Nevacloud's how-tos and basic knowledge.

apa itu edubuntu
Previous Post

apa itu plesk
Next Post