Rupiah Indonesia Dapatkan Gratis Saldo Rp70.000!

Whois Domain Lookup dengan Tool dari Nevacloud

Whois Domain Lookup dengan Tool dari Nevacloud
Avatar for Hiqbal Fauzi
  • February 5, 2024

Apa itu Whois Domain?

Whois Domain adalah sebuah sistem yang memainkan peran penting dalam manajemen domain internet. Whois menyediakan informasi esensial berkaitan dengan kepemilikan, registrasi, dan aspek teknis dari suatu domain di internet. Ketika seseorang atau entitas mendaftarkan domain baru, berbagai informasi seperti nama, alamat fisik, nomor telepon, dan alamat email dari pendaftar dicatat dan disimpan dalam database Whois. Hal ini dapat bermanfaat dalam banyak konteks, mulai dari verifikasi keaslian website hingga penyelesaian sengketa domain.

Whois tidak hanya berfungsi sebagai alat verifikasi dan transparansi tetapi juga sebagai mekanisme penting dalam menjaga akuntabilitas di internet. Dengan memungkinkan akses terbuka ke informasi registrasi domain, Whois membantu dalam pencegahan penipuan, penyalahgunaan, dan masalah keamanan lainnya yang bisa terjadi di dunia maya. Misalnya, dalam kasus phishing atau aktivitas ilegal lainnya, Whois dapat digunakan untuk mengidentifikasi dan menghubungi pemilik domain yang terkait.

Tool untuk Whois Domain Lookup

Kini anda dapat melakukan whois lookup pada seluruh nama domain dengan tool yang disediakan oleh Nevacloud yang dapat diakses di https://nevacloud.com/tools/whois/.

Berbagai macam informasi pada domain anda dapat didapatkan, antara lain:

  • Nama Domain (Domain Name)
  • Pendaftar (Registrant)
  • Pemegang Kontak Teknis (Technical Contact)
  • Pemegang Kontak Administratif (Administrative Contact)
  • Pemegang Kontak Keuangan (Billing Contact)
  • Tanggal Pendaftaran (Registration Date)
  • Tanggal Kadaluwarsa (Expiration Date)
  • Server Nama (Name Servers)

Whois Lookup dengan Microsoft Edge Plugin

Selain itu, Nevacloud telah mengambil langkah lebih lanjut dalam mempermudah akses informasi whois melalui pengembangan plugin untuk browser Microsoft Edge. Dengan menginstal plugin ini, pengguna dapat melakukan Whois lookup langsung dari browser mereka, memudahkan pencarian informasi domain tanpa perlu meninggalkan halaman web yang sedang mereka jelajahi. Ini mengintegrasikan fungsionalitas Whois ke dalam pengalaman browsing sehari-hari, memperkaya kemampuan pengguna untuk mengakses informasi penting dengan cepat dan efisien.

Baca Juga:   Virtual Host Adalah : Pengertian & Cara Settingnya!

Pentingnya Whois dalam ekosistem internet modern tidak bisa diremehkan. Dengan berkembangnya dunia digital dan meningkatnya kasus penipuan online, memiliki akses ke informasi Whois yang akurat dan terkini menjadi semakin krusial. Ini tidak hanya membantu dalam memperkuat keamanan online tetapi juga mendukung transparansi dan kepercayaan dalam transaksi digital. Alat seperti tool Whois Lookup dari Nevacloud dan plugin Microsoft Edge merupakan contoh bagaimana teknologi dapat dimanfaatkan untuk mendukung kebutuhan ini, memastikan bahwa komunitas internet memiliki alat yang diperlukan untuk menjaga lingkungan digital yang aman dan terpercaya.

Avatar for Hiqbal Fauzi

About Author

Hiqbal Fauzi

As SEO Specialist at Deneva with a bachelor's in animal husbandry, passionate about digital marketing, especially in SEO.