Apa itu Drupal? Apa Kelebihannya sebagai CMS?

Apa itu Drupal? Apa Kelebihannya sebagai CMS?
Avatar for Thatit Argadahana
  • February 27, 2024

Drupal merupakan sebuah platform manajemen konten (Content Management System, CMS) yang bersifat open-source, memungkinkan pengguna untuk mengembangkan dan mengelola situs web secara efisien dan efektif. Dibangun menggunakan PHP, Drupal menyediakan kerangka kerja fleksibel bagi developer untuk menciptakan situs web yang kompleks dan dinamis, mulai dari blog pribadi hingga portal korporat besar.

Sejarah dan Penjelasan Umum Tentang Drupal

Sejarah dan Pengembangan Drupal

Drupal diciptakan oleh Dries Buytaert pada tahun 2000 sebagai sebuah platform untuk mempermudah komunikasi di antara kelompok studi. Sejak saat itu, Drupal telah berkembang menjadi salah satu CMS yang paling kuat dan banyak digunakan di dunia, dengan komunitas yang aktif dan berkembang. Evolusi Drupal ditandai dengan rilis versi-versi yang membawa peningkatan signifikan dalam fitur dan fungsionalitas, menjadikannya pilihan populer bagi pengembang web di seluruh dunia.

Keunggulan Drupal Dibandingkan CMS Lain

Drupal menawarkan sejumlah keunggulan dibandingkan CMS lain, termasuk:

  • Fleksibilitas Tinggi: Arsitektur modular Drupal memungkinkan pengguna untuk menyesuaikan hampir setiap aspek situs web mereka, menjadikannya solusi yang ideal untuk proyek-proyek web yang memerlukan fungsionalitas khusus.
  • Skalabilitas: Drupal dirancang untuk mendukung situs web dengan trafik tinggi, membuatnya menjadi pilihan yang baik untuk situs besar dan kompleks.
  • Keamanan: Komitmen terhadap keamanan adalah salah satu pilar utama Drupal, dengan tim keamanan khusus yang bekerja untuk menjaga platform tetap aman dari ancaman.
Baca Juga:   Apa Itu VPS Windows : Fungsi dan Bedanya dengan VPS Linux

Fitur Utama Drupal

Manajemen Konten Dinamis

Drupal memungkinkan pembuatan dan manajemen konten yang dinamis dan interaktif, dengan fitur yang mendukung segala jenis konten, termasuk teks, gambar, dan video. Sistem pengelolaan kontennya yang kuat memudahkan pengguna untuk mengatur dan menampilkan konten sesuai dengan kebutuhan mereka.

Modularitas dan Ekstensibilitas

Salah satu kekuatan terbesar Drupal adalah sistem modulnya, yang memungkinkan pengguna untuk menambahkan berbagai fitur dan fungsionalitas ke situs web mereka. Dengan ribuan modul yang tersedia, pengguna dapat dengan mudah menyesuaikan dan memperluas situs mereka untuk memenuhi kebutuhan spesifik.

Pengelolaan Pengguna dan Perizinan

Drupal menyediakan sistem manajemen pengguna yang kuat, memungkinkan pengelola situs untuk mengatur perizinan dan akses pengguna dengan granularitas tinggi. Ini sangat berguna untuk situs dengan berbagai tingkat akses dan peran pengguna.

Tema dan Personalisasi Tampilan

Drupal menawarkan fleksibilitas yang luas dalam mendesain dan menyesuaikan tampilan situs web. Pengguna dapat memilih dari ribuan tema yang tersedia atau membuat desain kustom mereka sendiri untuk menciptakan tampilan unik yang sesuai dengan identitas merek mereka.

Komunitas dan Dukungan

Komunitas Drupal adalah salah satu aset terbesarnya, dengan anggota yang aktif berkontribusi dalam bentuk modul, tema, dokumentasi, dan dukungan teknis. Ini memastikan bahwa pengguna memiliki sumber daya yang mereka butuhkan untuk berhasil menggunakan Drupal, tidak peduli seberapa kompleks proyek mereka.

Kegunaan Drupal

Pembuatan Situs Web Korporat

Drupal sangat cocok untuk pembuatan situs web korporat karena kemampuannya untuk menangani konten yang kompleks dan menyediakan pengalaman pengguna yang kaya. Platform ini mendukung integrasi dengan berbagai sistem backend, memungkinkan perusahaan untuk menyajikan informasi terkini kepada pelanggan dan stakeholder mereka dengan cara yang efisien.

Baca Juga:   Microservices Adalah : Kelebihan & Contohnya!

Portal Berita dan Publikasi

Dengan fitur manajemen konten yang kuat dan fleksibel, Drupal menjadi pilihan ideal untuk portal berita dan situs publikasi. Kemampuannya untuk mengelola volume konten yang besar dan memfasilitasi distribusi konten yang mudah menjadikannya platform yang sangat cocok untuk organisasi media yang ingin menyajikan berita dan informasi secara online.

Situs E-commerce

Drupal Commerce, salah satu modul Drupal, menyediakan serangkaian fitur e-commerce yang kuat untuk mendukung pembuatan situs web e-commerce. Dari manajemen produk dan keranjang belanja hingga pengolahan pembayaran dan keamanan, Drupal menyediakan semua yang dibutuhkan untuk membangun sebuah toko online yang aman dan mudah digunakan.

Forum Komunitas dan Jaringan Sosial

Drupal memiliki kapabilitas bawaan dan modul tambahan yang mendukung pembuatan forum komunitas dan jaringan sosial. Fungsionalitas ini memungkinkan organisasi dan individu untuk membangun platform komunitas online tempat anggota dapat berinteraksi, berbagi ide, dan berkolaborasi.

Aplikasi Web Kustom dan Integrasi Sistem

Kemampuan Drupal untuk disesuaikan dan diperluas melalui modul membuatnya menjadi solusi yang tepat untuk pengembangan aplikasi web kustom dan integrasi sistem. Baik itu aplikasi internal perusahaan, portal pelanggan, atau solusi web terintegrasi lainnya. Drupal menyediakan alat dan framework yang diperlukan untuk membangun solusi yang tepat sesuai kebutuhan spesifik.

Memulai dengan Drupal

Persyaratan Sistem dan Instalasi

Sebelum menginstal Drupal, penting untuk memastikan bahwa hosting web memenuhi persyaratan sistem yang diperlukan, atau Anda juga dapat menggunakan sebuah cloud vps.

Proses instalasi itu sendiri cukup sederhana, dengan dokumentasi lengkap yang tersedia untuk membantu pengguna melalui setiap langkah.

Konfigurasi Awal dan Pengaturan Dasar

Setelah instalasi, langkah selanjutnya adalah melakukan konfigurasi awal dan pengaturan dasar. Seperti menentukan struktur situs, mengatur pengguna dan peran, serta menyesuaikan pengaturan situs sesuai kebutuhan.

Baca Juga:   Apa Itu DOM? Pengertian, Fungsi, Kenali hingga Elemennya

Membuat Konten dan Mengelola Situs

Drupal menyediakan antarmuka yang intuitif untuk pembuatan dan manajemen konten. Pengguna dapat dengan mudah menambahkan halaman baru, mengatur konten yang ada, dan menggunakan berbagai alat untuk meningkatkan pengalaman pengguna di situs web mereka.

Memilih dan Menginstal Modul Tambahan

Untuk menambahkan fungsionalitas tambahan ke situs Drupal, pengguna dapat menjelajahi dan menginstal modul dari direktori modul Drupal. Proses ini memperluas kemampuan situs sesuai dengan kebutuhan spesifik proyek.

Tips Keamanan untuk Situs Drupal

Mengingat keamanan situs web adalah prioritas, penting untuk mengikuti praktik terbaik keamanan. Seperti menjaga Drupal dan modulnya tetap diperbarui, menggunakan kata sandi yang kuat, dan mengimplementasikan pengaturan keamanan tambahan.

Kesimpulan dan Langkah Berikutnya

Mengapa Memilih Drupal

Drupal menawarkan kombinasi unik dari fleksibilitas, keamanan, dan skalabilitas, menjadikannya pilihan yang tepat untuk berbagai jenis proyek web. Kemampuannya untuk disesuaikan dan diperluas melalui modul dan tema menjadikannya platform yang sangat serbaguna.

Sumber Daya dan Komunitas untuk Belajar Lebih Lanjut

Untuk memaksimalkan penggunaan Drupal, penting untuk memanfaatkan sumber daya dan komunitas yang tersedia. Dari dokumentasi online hingga forum dan grup pengguna, ada banyak sumber daya untuk membantu pengguna baru dan berpengalaman dalam membangun dan mengelola situs web Drupal yang sukses.

Drupal bukan hanya sebuah CMS, tetapi juga sebuah platform yang memungkinkan penciptaan solusi web yang kuat dan disesuaikan. Dengan komunitas yang mendukung dan ekosistem yang kaya, Drupal terus menjadi pilihan populer di antara pengembang web di seluruh dunia.

Avatar for Thatit Argadahana

About Author

Thatit Argadahana

Digital Marketing Specialist at Nevacloud. A night owl who eats business books for dinner. An AI enthusiast whose aim is to ease every job with a single GPT. Loves to share Nevacloud's how-tos and basic knowledge.