7 Fungsi dan Kegunaan VPS yang Wajib Kamu Ketahui

7 Fungsi dan Kegunaan VPS yang Wajib Kamu Ketahui
  • February 26, 2023

Ketika anda mencoba untuk membangun sebuah situs web , anda pasti ingin memastikan bahwa situs web anda memiliki performa yang optimal. Oleh karena itu, VPS datang sebagai solusi untuk pengoptimalan kualitas server situs web anda. 

Virtual Private Server atau VPS adalah server pribadi yang sumber daya keseluruhannya hanya digunakan oleh satu pengguna dan tidak dipengaruhi oleh pengguna lain. Sehingga anda dapat sepenuhnya mengelola semua konfigurasi dan sumber daya yang tersedia di VPS dan melakukan apapun yang anda inginkan.

Teknologi yang digunakan oleh VPS adalah virtualisasi perangkat keras server fisik yang kemudian dibagi menjadi beberapa sumber daya yang berbeda. Disebut virtual karena pembagian ini dilakukan dengan menggunakan software sehingga dalam satu server fisik bisa ada beberapa virtual private yang sedang berjalan.

Lalu bagaimana VPS bekerja? Virtual private server mensimulasikan pengalaman server khusus meskipun anda masih berbagi server fisik dengan pengguna lain. Penyedia situs web anda memasang lapisan virtual diatas sistem operasi (OS) dari server fisik yang membaginya menjadi kompartemen individu dengan dinding virtual. Dinding ini memungkinkan setiap pengguna untuk menginstal sistem operasi dan perangkat lunak mereka masing – masing. Ini berarti situs web anda berada dalam wadah yang aman dengan sumber daya server seperti memori, ruang disk, inti CPU, dll  yang terjamin karena anda tidak perlu berbagi dengan orang lain.

Selain memiliki fungsi membantu peningkatan server situs web anda, VPS juga memiliki beberapa fungsi lain yang bisa anda rasakan manfaatnya. Simak terus artikel ini untuk mengetahuinya lebih dalam!

Fungsi dan Kegunaan VPS 

Sebagai server, komputer anda adalah lokasi hosting untuk menyimpan database dan file yang diperlukan untuk situs web anda. Saat pengunjung mengunjungi situs web, browser mengirimkan kueri atau permintaan ke server, yang kemudian mengirimkan file yang diperlukan melalui Internet. Tujuan atau fungsi VPS adalah menyediakan server virtual yang meniru server fisik dengan beberapa pengguna bersama.

Baca Juga :   Brainware Adalah : Fungsi, Jenis & Contohnya!

VPS menjadikan situs web anda platform yang lebih aman karena menjamin sumber daya Anda (inti CPU, ruang disk, memori, dll.) yang tidak dipaksa untuk dibagikan dengan orang lain. Selain itu, lebih murah, tetapi Anda juga mendapatkan akses tingkat root yang sama dengan yang Anda dapatkan saat menyewa server khusus.

Mengetahui seluk beluk VPS akan membantu anda dalam menentukan jenis layanan yang tepat. Berikut adalah beberapa fungsi dan kegunaan VPS yang telah Nevacloud rangkum:

1. Mampu Menampung Traffic Tinggi

Jika anda mengelola situs web dengan traffic super tinggi, virtual private server adalah layanan yang tepat untuk situs web anda. Jika anda menggunakan layanan hosting bersama, anda dapat mengalihkan layanan dari hostingan bersama ke layanan VPS.

Traffic super tinggi pada situs web yang masih menggunakan layanan shared hosting dapat mengakibatkan penangguhan domain karena berpotensi mengganggu shared resource yang digunakan oleh shared hosting.

Biasanya penyedia layanan hosting yang anda gunakan akan memberitahu anda jika traffic di situs web anda terlalu tinggi dan anda perlu beralih ke layanan VPS. Selain itu, anda juga perlu mengecek traffic situs web anda secara berkala untuk menentukan kapan waktu yang tepat untuk beralih ke layanan VPS.

2. Sebagai Media Penyimpanan File dengan Ukuran Besar

Anda mungkin sudah tidak asing lagi dengan situs – situs seperti Google Drive, Dropbox, MediaFire, Zippy Share, dan berbagai situs penyimpanan file yang lainnya. Situs penyimpanan file online ini dapat memudahkan anda untuk menyimpan dan mengakses file secara online.

Layanan VPS juga memiliki fungsi penyimpanan file.yang memiliki ukuran besar, baik untuk akses pribadi maupun untuk pengunjung situs web anda. Fungsi ini tidak akan bisa anda temukan di layanan shared hosting karena biasanya ruang disk shared hosting hanya diperbolehkan untuk keperluan pembuatan situs web.

Baca Juga :   SOC Adalah : Pengertian, Fungsi & Tugasnya!

Jika anda memerlukan fitur penyimpanan online untuk file online seperti penyimpanan file dengan ukuran besar, penyimpanan cadangan, layanan berbagi file, foto, software, dan sejenisnya, VPS adalah layanan yang cocok untuk anda.

3. Mampu Menjadi Server Hosting Untuk Beberapa Website

Fungsi VPS selanjutnya adalah mampu menjadi server hosting untuk beberapa situs web. Bagi anda yang memiliki bisnis atau seorang developer jasa pembuatan situs web, anda bisa menggunakan layanan VPS untuk web hosting klien anda. Dengan menggunakan VPS, anda akan memiliki kontrol penuh atas situs web yang menggunakan layanan VPS anda.

4. Mampu Meningkatkan Kinerja Website

Dengan lebih banyak sumber daya yang didedikasikan sepenuhnya untuk kebutuhan bisnis anda, anda dapat mencapai tingkat kinerja yang jauh lebih tinggi. Hal ini berarti memiliki lebih banyak kapasitas dan kekuatan daya pemrosesan sehingga konten anda memuat lebih cepat di browser pengunjung anda. Hal tersebut juga berdampak pada  jumlah kunjungan pengguna Internet, meningkatkan tingkat konversi, dan meningkatkan halaman hasil search engine atau peringkat SERP situs web anda.

Selain itu, semua proses yang berjalan di server juga akan berjalan lebih cepat dan tidak terlalu berdampak pada operasi lain yang sedang berlangsung. Misalnya, mengirim banyak email sekaligus atau mencadangkan file tertentu tidak akan memperlambat situs web Anda.

5. Bisa menggunakan server secara remote

Jika anda membutuhkan server yang bisa anda kontrol secara remote, maka VPS adalah salah satu opsi server yang dapat anda gunakan. Dalam hal ini, anda bisa menjadikan server tersebut menjadi sebuah mesin yang anda atur sesuai kebutuhan sehingga dalam penggunaan ini, VPS akan bertindak sebagai remote server. Sederhananya, anda bisa mengontrol server kapanpun dan dimanapun anda berada.

Namun ada yang perlu anda perhatikan saat menggunakan layanan ini adalah VPS merupakan satu server fisik yang terbagi menjadi beberapa virtual server. Sehingga ketika ada menggunakannya secara remote, biasanya akan mengakibatkan beban yang sangat besar untuk server fisik dan berpotensi untuk mengganggu server fisik utama. Sebagai bentuk antisipasi, anda bisa menggunakan limit pada server yang anda gunakan.

Baca Juga :   11+ Daftar Rekomendasi cPanel Gratis Untuk Website!

6. Kustomisasi Server Sesuai Kebutuhan

Anda memiliki kebebasan dalam kustomisasi server sesuai dengan kebutuhan anda. Kustomisasi server ini meliputi dari kebutuhan CPU, Control Panels, RAM, IPs, Storage, dan add ons. Anda juga dapat melakukan update dan downgrade server yang disesuaikan dengan kebutuhan situs web anda dengan mudah.

7. Harga lebih terjangkau

Jika anda memiliki situs web dengan traffic yang tinggi, anda mungkin akan membutuhkan keandalan server yang tinggi. Biasanya, situs web dengan traffic tinggi sering menggunakan dedicated server. Namun, biaya yang anda keluarkan akan lebih banyak. Oleh karena itu, VPS bisa menjadi solusi untuk masalah ini. VPS mempunyai fleksibilitas yang lebih baik jika dibandingkan dengan dedicated server namun dengan harga yang lebih terjangkau.

Tertarik Untuk Menggunakan VPS dari Nevacloud?

Wah, banyak sekali bukan fungsi dan kegunaan VPS. Selain itu, Dengan menggunakan virtual private server memungkinkan anda untuk memiliki situs web yang terjamin privasi dan keamanannya. Meski tetap berada dalam satu server fisik dengan pengguna lain, mereka tidak akan bisa mengakses data anda, dan berlaku juga sebaliknya. Poin pusnya, VPS memiliki fitur pencadangan sehingga hal ini menjadi jaminan bahwa data –  data anda yang berada di VPS akan dilindungi dengan baik dan dapat dipulihkan dengan mudah apabila dikemudian hari  tiba – tiba terjadi hal – hal yang tidak diinginkan.

Anda sudah tidak perlu lagi ragu untuk beralih menggunakan virtual private server. Ingin tahu host VPS mana yang harus anda pilih? Anda bisa melihat dan mulai mendapatkan virtual private untuk situs web anda di Nevacloud. Kunjungi situs Nevacloud dan temukan layanan cloud server Indonesia dengan harga terjangkau dan tanpa perlu pengalaman teknis.

About Author

Titis Nur Pratomo

SEO Specialist at Deneva | Helping Increase Business Visibility in Search Engine | SEO & WordPress Enthusiast