User Interface (UI) telah berkembang secara substansial selama beberapa tahun terakhir, dan telah berkembang menjadi salah satu bidang teknologi yang paling kreatif, inovatif, dan menarik. Anda mungkin bertanya-tanya, apa sih sebenarnya User interface itu?

Tidak perlu khawatir, Nevacloud telah merangkum penjelasan lengkap apa itu user interface, mulai dari pengertian hingga jenis dan manfaatnya. Langsung saja mari kita mulai dengan pengertian interface dibawah ini! 

Pengertian User Interface

User Interface (UI) adalah titik interaksi manusia dengan komputer dan komunikasi dalam suatu perangkat. Ini dapat mencakup tampilan layar, keyboard, mouse, dan tampilan desktop. Ini juga bagaimana pengguna berinteraksi dengan aplikasi atau situs web, menggunakan elemen visual dan audio, seperti jenis font, ikon, tombol, animasi, dan suara.

UI yang baik mematuhi prinsip-prinsip desain yang memungkinkan pengguna untuk menavigasi melalui interface dan dengan mudah menggunakannya untuk tujuan yang dimaksudkan. Elemen interface terdiri dari kontrol input (search bar, slider, ikon, tag) dan komponen informasi (progress bar, notifikasi, dan kotak pesan)

Jenis User Interface (UI)

Graphic User Interface (GUI) 

User interface sebuah website dan produk digital lainnya sering menampilkan GUI dengan elemen grafis, seperti window, menu pull-down, tombol, dan ikon. Multimedia semakin banyak dimasukkan ke dalam GUI untuk banyak aplikasi, termasuk audio, video, dan virtual reality (VR)

Baca Juga:   Apa Itu Pseudocode? Pengertian, Fungsi dan Contohnya

Command Line Interface (CLI)

CLI ditujukan untuk pengembang yang menggunakan bahasa pemrograman, seperti Python, Pearl, C, C++, PowerShell, dan Bash. sebuah perintah (command) dan interface akan menyelesaikan tugas yang terkait dengan perintah itu.

Menu Driven User Interface

Elemen visual dalam user interface berbasis menu ini memungkinkan pengguna membuat pilihan dari berbagai opsi untuk mendapatkan apa yang mereka butuhkan. Situs belanja online adalah salah satu contoh populer untuk user interface jenis ini.

Natural Language User Interface

Jenis user interface ini memahami natural language dan dapat berkomunikasi dengan manusia dan meresponsnya dengan cara yang manusiawi. Apple Siri dan Amazon Alexa adalah contoh perangkat yang menampilkan natural language user interface, yang berfokus pada pembuatan interaksi yang tidak memerlukan pembelajaran kontrol buatan, seperti mengetik pada keyboard.

Mobile User Interface

Popularitas mobile apps menyebabkan pengembangan mobile user interface tidak terelakkan. Ini berkaitan dengan menciptakan interface yang interaktif dan dapat digunakan pada layar smartphone dan tablet yang lebih kecil dan meningkatkan fitur khusus seperti kontrol sentuhan.

Sumber: Envato

Fungsi User Interface (UI)

Menarik Pengguna Baru

Pelanggan menginginkan desain UI yang memudahkan pekerjaan mereka dan memungkinkan mereka untuk menyelesaikan tugas mereka. Jika mereka mencari informasi, mereka cenderung memilih konten web yang diberi label dengan baik, terstruktur, dan terorganisir dengan cara yang membuatnya mudah diakses. 

Pengguna juga lebih cenderung memilih aplikasi yang memungkinkan mereka menavigasi bagian tanpa perlu banyak bantuan untuk mendapatkan apa yang mereka butuhkan. Oleh karena itu, atur konten secara logis untuk membantu pengguna menavigasi situs dengan sedikit usaha. Bisnis yang berinvestasi dalam antarmuka UI yang baik dapat menarik dan memperoleh pelanggan baru.

Baca Juga:   Apa Itu Telnet? Pengertian, Fungsi dan Cara Menggunakannya!

Membangun Kepercayaan Merek

UI kehadiran online Anda memainkan peran besar dalam bagaimana pelanggan potensial dan yang sudah ada melihat merek Anda. Ketidakkonsistenan antara kehadiran online dan offline Anda dapat membuat pelanggan tidak nyaman membeli secara online.

aplikasi yang memuat lambat dan tidak menarik secara visual kemungkinan akan menciptakan disonansi bagi pelanggan. Selain itu, merek Anda mungkin hanya ada secara online, menjadikan UI itu satu-satunya pengalaman merek pelanggan Anda. Akibatnya, masalah seperti bug, kesalahan desain khusus perangkat, ketidaksejajaran, atau kinerja rendah akan menurunkan harga merek Anda atau, dalam beberapa kasus, menyebabkan konsumen mengabaikan merek Anda sepenuhnya.

Manfaat User Interface (UI)

Peningkatan Keterlibatan dan Retensi Pelanggan

Pengembangan antarmuka untuk menavigasi dan menyederhanakan penelitian dengan lebih baik tidak hanya menarik pengguna baru tetapi juga membuat mereka ingin melanjutkan pengalaman digital mereka. Dengan cara ini, ada kemungkinan bouncing yang lebih rendah dan tingkat konversi yang lebih tinggi. 

Antarmuka pengguna yang dirancang dengan baik mendorong keterlibatan pelanggan, yang mengarah pada menjadi lebih loyal terhadap merek. Ini sangat penting, karena dalam lingkungan digital saat ini, dengan meningkatnya persaingan dan kemajuan teknologi yang cepat, penting bagi bisnis untuk berinvestasi dalam strategi retensi pelanggan.

Biaya Pengembangan Lebih Rendah

Desain yang terencana dengan baik sejak awal menghindari masalah di masa depan. Ini termasuk kebutuhan pelatihan dan dukungan antarmuka, seperti memperbaiki kesalahan navigasi, menghilangkan fungsi dan fitur yang tidak relevan, atau menyesuaikan desain agar dapat diakses dan fungsional. Semua ini melibatkan biaya tinggi. 

Dengan demikian, antarmuka yang intuitif dan ramah pengguna tidak hanya menguntungkan pengguna tetapi juga bisnis, karena menyebabkan lebih sedikit masalah dan frustasi bagi desainer dan menghindari biaya dan fitur tambahan. Proyeksi desain antarmuka pengguna, bila dilakukan dengan baik, mengurangi biaya, waktu dan upaya di seluruh tahap selanjutnya, yang berarti bahwa keputusan strategis yang diambil pada awal proyek menentukan biaya dan kinerja di masa depan.

Baca Juga:   Apa Itu Plesk? Fitur dan Kelebihannya!!

Peningkatan Produktivitas

Memberikan antarmuka pengguna terbaik, ditambah dengan penghematan biaya dan penerapan sumber daya dalam hal yang penting, mengarah pada peningkatan produktivitas. Produktivitas ini tercermin baik dalam pengguna maupun merek. Dengan antarmuka yang ramah pengguna dan navigasi yang mudah, pengguna mengurangi waktu pencarian dan meningkatkan kepuasan, memenuhi kebutuhannya dengan cara yang cepat dan efisien. Pada gilirannya, merek meningkatkan volume penjualan, meningkatkan loyalitas pelanggan dan meminimalkan biaya dan sumber daya.

Contoh User Interface (UI) 

Berbagai perangkat dapat berfungsi sebagai antarmuka pengguna atau menjadi bagian dari UI. Contohnya termasuk yang berikut:

  • Mouse Komputer. Mouse komputer adalah perangkat yang berfungsi sebagai titik interaksi manusia-komputer. Pengguna berinteraksi dengan perangkat lunak atau halaman web dengan cara ini.
  • Remote Control. Seperti mouse komputer, remote control adalah sarana untuk mengontrol dan berinteraksi dengan elemen di layar secara nirkabel.
  • Virtual reality. Aplikasi virtual reality memungkinkan orang menggunakan gerakan fisik untuk berinteraksi dengan komputer. Perangkat komputasi mengenali gerakan sebagai perintah untuk menyelesaikan tugas-tugas tertentu.

Situs web seperti Airbnb, Dropbox dan Virgin America memiliki antarmuka pengguna dan karakteristik desain visual yang baik. Situs seperti ini memiliki desain yang menyenangkan, mudah dioperasikan, berpusat pada pengguna yang berfokus pada pengguna dan kebutuhan mereka. Mobile first semakin menjadi ajakan bertindak untuk desain situs web karena banyak pengguna melihat konten di perangkat seluler daripada di komputer desktop. Praktik terbaik tertentu untuk desain situs seluler memberikan titik awal yang baik untuk memenuhi kebutuhan ini. 

Tertarik Untuk Menggunakan VPS dengan teknologi terbaik dari Nevacloud?

Terlepas dari itu, jika anda sedang mencari VPS dengan teknologi terbaik, anda dapat menggunakan VPS dari Nevacloud. Tunggu apalagi? kunjungi website Nevacloud dan temukan beragam penawaran menariknya!

Avatar for Hiqbal Fauzi

About Author

Hiqbal Fauzi

As SEO Specialist at Deneva with a bachelor's in animal husbandry, passionate about digital marketing, especially in SEO.