Cara Kerja VPS Lengkap Beserta Kelebihannya!

Cara Kerja VPS Lengkap Beserta Kelebihannya!
Avatar for Titis Nur Pratomo
  • February 26, 2023

Jika anda memiliki situs web yang mengalami peningkatan traffic, anda mungkin menemukan bahwa situs anda sedang berjuang untuk memberikan kinerja maksimal untuk menghadapi lonjakan traffic tersebut. Saat mencari solusinya, anda pasti menemukan virtual private server atau VPS menjadi salah satu opsi yang dapat anda andalkan. Anda mungkin bertanya – tanya bagaimana cara kerja dari virtual private dan bagaimana VPS dapat menyelesaikan masalah yang anda hadapi.

VPS adalah singkatan dari virtual private server. VPS adalah solusi hosting virtual dengan memori, ruang, dan inti CPU tertentu yang dialokasikan untuk satu penyewa dan terletak di server fisik tunggal.

VPS dapat menawarkan sumber daya yang anda butuhkan dengan biaya yang terjangkau. Virtual private server dapat meningkatkan kinerja dan keamanan situs web anda, sehingga secara tidak langsung membantu anda dalam mendapatkan konversi.

Pada artikel ini, Nevacloud telah merangkum informasi penting seputar apa cara kerja virtual private server beserta dengan kelebihannya. Kemudian kita akan melihat manfaat atau kegunaan dari virtual private server dan bagaimana anda bisa mendapatkannya untuk situs web anda. Mari kita mulai!

Cara Kerja VPS

Untuk dapat memahami cara kerja VPS, anda harus terlebih dahulu memiliki pengetahuan dasar tentang hosting secara umum. Pada dasarnya, hosting adalah pengaturan dimana pemilik situs membayar perusahaan penyedia layanan hosting untuk menyimpan file dan database situs web mereka di server. VPS adalah salah satu opsi yang dapat anda pertimbangkan sebagai pemilik situs saat memilih paket untuk menyimpan dan menyebarkan properti online anda.

Baca Juga:   Apa itu MariaDB

Server virtual berbagi satu server fisik untuk beberapa pemilik situs, akan tetapi masing – masing mendapatkan manfaat yang sama karena dapat mengatur dan mengkonfigurasi ruang mereka seolah – olah server tersebut sepenuhnya milik mereka. Ini akan memberikan anda tingkat fleksibilitas yang tinggi.

Server VPS memiliki arsitektur kompleks yang dikenal sebagai arsitektur virtual. VPS memiliki lapisan atau dinding virtual yang ditempatkan di atas server. Lapisan virtual ini kemudian disebut dengan hypervisor yang bertugas untuk mengumpulkan sumber daya dan menciptakan segmen virtual dimana situs web terpisah dapat dialokasikan. Hypervisor ini memungkinkan pengguna untuk menempatkan sistem operasi apapun dan menggunakan sumber daya yang diberikan untuk segmen tersebut. 

Teknologi virtualisasi menilai server secara keseluruhan dan kemudian membagi sumber dayanya untuk setiap akun berdasarkan apa yang dibayar oleh pemilik situs. Setiap pemilik situs kemudian akan diberi jumlah RAM seperti yang ditentukan dalam kontrak hosting mereka. Sumber daya yang dialokasikan untuk setiap akun hanya untuk akun tersebut. Tidak akan disadap atau pun dicuri bahkan jika akun lain membutuhkan atau menggunakan lebih banyak.

Hal ini berarti bahwa anda tidak perlu memperebutkan ruang atau segmen dan kekuatan dengan situs lain di server anda. VPS memberi anda ruangan yang eksklusif untuk anda gunakan sendiri. Selain itu, anda juga akan merasakan manfaat lain seperti memiliki penyimpanan khusus untuk kebutuhan situs anda sendiri, RAM, dan sumber daya penting lainnya.

Kelebihan VPS

Setelah mengetahui apa itu virtual server beserta bagaimana cara kerjanya. Saatnya anda mengerti kelebihan VPS agar anda semakin yakin untuk beralih menggunakan VPS. Simak ulasannya berikut:

1. Kapasitas Sumber Daya yang Powerful

Jika dilihat dari definisinya, VPS adalah virtual private server atay server virtual pribadi. Hal ini berarti setiap mesin menerima bagian khusus dari sumber daya server fisik utama. Anda tidak berbagi sumber daya ini dengan klien lain yang menggunakan VPS di server fisik yang sama. Ini menandakan bahwa anda selalu memiliki sumber daya dalam paket hosting anda yang tersedia tanpa harus khawatir terbagi dengan pengguna yang lain. Dengan begitu, kamu bisa memiliki kapasitas sumber daya yang powerfull hanya untuk situs anda sendiri.

Baca Juga:   Apa Itu DOM? Pengertian, Fungsi, Kenali hingga Elemennya

2. Performa Kencang dan Stabil

Kelebihan VPS selanjutnya adalah performa kencang dan stabil. Saat situs web anda berkembang sehingga terus menerus mendapatkan peningkatan traffic, anda akan membutuhkan performa situs yang lebih kencang dan stabil. Untuk itu VPS datang dengan solusi untuk masalah tersebut. Dengan BPS, anda akan memiliki lebih banyak sumber daya server yang anda butuhkan, sehingga anda dapat mendukung peningkatan tingkat traffic dengan tetap mempertahankan performa yang baik.

3. Kemudahan Konfigurasi

Kelebihan selanjutnya ialah VPS menawarkan kemudahan dalam konfigurasi. Sebagian besar paket hosting VPS menawarkan tingkat kontrol dan penyesuaian server yang lebih tinggi. Jadi jika anda memerlukan sistem operasi unix atau pengaturan server yang tidak didukung pada paket hosting, VPS adalah pilihan yang tepat.

Anda juga mendapatkan akses root ke server (mirip dengan hosting), jadi pada dasarnya anda dapat menyesuaikan server anda dengan spesifikasi situs web anda yang tepat. Hosting VPS memastikan bahwa anda dapat menyesuaikan pengaturan hosting anda agar sesuai dengan kebutuhan unik situs web anda tanpa ribet.

4. Keamanan dan Privasi Terjaga

Jika menggunakan VPS, situs web anda adalah satu – satunya situs yang menggunakan server. Akibatnya anda akan memiliki tingkat keamanan dan privasi yang lebih tinggi. Anda juga memiliki kesempatan untuk menginstall perangkat lunak keamanan tambahan seperti firewall dan fitur keamanan lainnya sehingga akan menambah keamanan situs web anda. Hosting VPS dikenal dengan tingkat keamanan yang tinggi. Biasanya, ini setara dengan hosting khusus.

Kegunaan VPS 

1. Mampu Menjadi Server Hosting Untuk Beberapa Website

Kegunaan VPS selanjutnya adalah menjadi server hosting untuk beberapa website. Jika Anda memiliki bisnis atau pengembang jasa pembuatan website, Anda dapat menggunakan layanan VPS kami untuk web hosting untuk klien Anda. VPS memberi Anda kendali penuh atas situs web Anda menggunakan layanan VPS.

Baca Juga:   Mengenal Apa Itu Firewall: Pengertian, Fungsi, Cara Kerja, dan Jenisnya

2. Mampu Menampung Traffic Tinggi

Jika Anda mengelola situs web dengan banyak lalu lintas, Virtual Private Server adalah layanan yang tepat untuk situs web Anda. Jika Anda menggunakan layanan shared hosting, Anda dapat mengalihkan layanan Anda dari shared hosting ke layanan VPS.

Jika website yang masih menggunakan layanan shared hosting mengalami traffic yang sangat tinggi, maka dapat menyebabkan domain lock karena shared resource yang digunakan oleh shared hosting tersebut dapat terganggu.

Penyedia layanan hosting Anda biasanya akan memberitahu Anda jika situs web Anda mendapatkan terlalu banyak lalu lintas dan Anda harus beralih ke layanan VPS. Selain itu, Anda juga harus memeriksa lalu lintas situs web Anda secara teratur untuk memutuskan kapan waktu yang tepat untuk beralih ke layanan VPS.

3. Sebagai Media Penyimpanan File dengan Ukuran Besar

Anda mungkin sudah familiar dengan berbagai situs penyimpanan file seperti Google Drive, Dropbox, MediaFire dan Zippyshare. Situs web penyimpanan file online ini memudahkan untuk menyimpan dan mengakses file Anda secara online.

Layanan VPS juga hadir dengan kemampuan penyimpanan file yang besar baik untuk akses pribadi maupun pengunjung website. Layanan hosting bersama tidak memiliki fitur ini, karena ruang hosting bersama biasanya hanya diperbolehkan untuk membangun situs web.

Jika Anda membutuhkan fitur penyimpanan file online secara online. Baik itu penyimpanan file besar, penyimpanan cadangan, layanan berbagi file, foto, atau perangkat lunak, VPS adalah layanan yang tepat untuk Anda.

Tertarik Menggunakan Cloud VPS dari Nevacloud?

Jika anda mencari opsi Cloud VPS murah yang dilengkapi dengan peningkatan sumber daya dan kekuatan, anda bisa mempertimbangkan VPS untuk menjadi solusi hemat biaya yang tetap memberikan kecepatan dan sumber daya yang anda butuhkan. Setelah memahami cara kerja dan kelebihan VPS, anda sudah tidak perlu ragu untuk memilih maupun beralih untuk menggunakan VPS untuk situs web anda. Tertarik untuk menggunakan VPS? Anda bisa mendapatkan VPS di Nevacloud. Kunjungi Nevacloud dan temukan layanan VPS dan Cloud Storage dengan harga terjangkau!

Avatar for Titis Nur Pratomo

About Author

Titis Nur Pratomo

SEO Specialist at Deneva | Helping Increase Business Visibility in Search Engine | SEO & WordPress Enthusiast