Apa Itu Cloud Server? Pengertian dan Kelebihannya!

Apa Itu Cloud Server? Pengertian dan Kelebihannya!
Avatar for Titis Nur Pratomo
  • February 25, 2023

Pernahkah anda tiba – tiba kehilangan data penting entah itu karena tidak sengaja terhapus atau karena laptop rusak? Wah, hal tersebut pasti sangat menjengkelkan. Pasti memakan waktu yang tidak sebentar untuk mengumpulkan data lagi dari awal. Oleh karena itu, cobalah untuk beralih ke cloud server.

Cloud server adalah infrastruktur internet yang menyediakan sumber daya komputasi kepada pengguna dari jarak jauh. Anda dapat menganggap cloud server sebagai komputer yang dapat anda atur dan kontrol dengan cara yang sama seperti komputer lokal, seperti laptop atau desktop. Penasaran dengan cloud server? Yuk simak penjelasan cloud server berikut!

Apa Itu Cloud Server?

Cloud server adalah server virtual yang dapat diakses melalui internet dan digunakan untuk berbagai aplikasi, seperti server web, database, server file, dan aplikasi Software as as Services (SaaS). Karena bersifat virtual, cloud server dapat dengan mudah dibuat, diskalakan, dan dihapus sesuai dengan kebutuhan. Pengertian cloud server secara sederhana adalah server virtual (bukan fisik) yang berjalan di lingkungan komputasi awan yang dapat diakses sesuai permintaan oleh pengguna tanpa batas.

Cloud server dimaksudkan untuk menyediakan fungsi yang sama yaitu mendukung sistem operasi (OS), seperti menyimpan data dan menjalankan aplikasi, selain itu cloud server  menawarkan karakteristik kinerja yang serupa dengan server fisik yang berjalan di pusat data lokal. Karena layanan cloud di hosting oleh penyedia pihak ketiga, mereka mengirimkan sumber daya komputasi melalui jaringan tetapi paling sering melalui internet.

Cara Kerja Cloud Server

Setelah mengetahui apa itu cloud server, mari kita lihat bagaimana cara kerja dari cloud server. Server di cloud berfungsi seperti server tradisional atau fisik, tetapi dengan satu perbedaan utama yaitu cloud server bisa ditemukan hampir dimana saja karena server ini dapat diakses dari jarak jauh. Sebaliknya, server tradisional atau khusus biasanya di hosting di tempat dan hanya dapat diakses oleh pengguna yang berada di lokasi tersebut. 

Baca Juga:   Winbox Adalah : Pengertian, Fungsi dan Fiturnya!

Cloud server bekerja dengan memvirtualisasikan server fisik agar dapat diakses oleh pengguna yang berada di lokasi terpencil. Virtualisasi server sering dilakukan melalui penggunaan hypervisor. Sumber daya komputasi dan server fisik kemudian digunakan untuk membuat dan memberi daya pada server virtual, yang kemudian dapat dikenal  sebagai cloud server. Server virtual ini kemudian dapat diakses oleh organisasi melalui koneksi internet. Cloud server disediakan dan dikelola melalui API berbasis cloud.

Jenis Jenis Cloud Server

Ada beberapa jenis cloud server yang tersedia. Masing – masing memiliki karakteristik dan kelebihan yang berbeda. Yuk simak ulasan berikut untuk mengetahui jenis – jenis cloud server!

1. Public cloud server

Merupakan jenis cloud server yang paling umum ditemukan. Di Public cloud, penyedia layanan cloud server memberikan sumber daya komputasi, seperti server, melalui internet. Semua perangkat keras,  perangkat lunak, dan infrastruktur pendukung dimiliki dan dikelola oleh penyedia cloud server. Model cloud server ini berisikan seluruh informasi yang dapat diakses oleh publik. Sebagai contoh, YouTube, TikTok, Instagram, dan sebagainya.

2. Private cloud server

Berbeda dengan public cloud server, private cloud server digunakan secara eksklusif oleh satu bisnis atau organisasi dan bisa dibilang merupakan cloud server paling aman. Server dapat secara fisik terletak di pusat data yang kemudian data dapat disebar dan dikirimkan ke cloud server pengguna internal di seluruh jaringan area lokal (LAN). Sebagai contoh yakni cloud VPS dan cloud hosting.

3. Hybrid cloud server

Cloud server jenis ini menggabungkan public cloud server dan private cloud server. Hal ini dapat memberikan suatu perusahaan fleksibilitas yang lebih besar. Lebih banyak opsi penyebaran data dan peluang untuk mengoptimalkan infrastruktur dan keamanan yang ada. 

Baca Juga:   Apa Itu Moodle? Panduan Lengkap Untuk Mengoptimalkan Pembelajaran Digital

Dari ketiga jenis cloud server diatas, private cloud seperti cloud hosting dan VPS adalah satu yang sering digunakan. Terutama oleh organisasi atau perusahaan yang memerlukan tingkat keamanan yang ketat dalam penyebaran aliran data dan informasi dalam  bisnis yang mereka miliki.

Kelebihan Cloud Server

1. Bebas Menggunakan Ruang Penyimpanan

Berbeda dengan perangkat keras seperti harddisk ataupun flashdisk yang memiliki kapasitas yang terbatas, cloud server tidak memiliki itu. Bisa dibilang, cloud server memiliki kapasitas tidak terbatas atau unlimited.

anda bisa dengan bebas menggunakan ruang penyimpanan tanpa khawatir ruang penyimpanan penuh. Mau sebanyak apapun data yang anda ingin anda simpan, cloud server pasti dapat menampungnya. anda tidak perlu lagi membeli harddisk atau perangkat penyimpanan lain lagi. Dengan ini anda juga bisa menghemat pengeluaran biaya yang tidak diperlukan.

2. Kecepatan Akses Data Lebih Cepat

Lokasi data center cloud server yang beragam mempengaruhi kecepatan cloud server. Semakin dekat dengan data center performa server pun semakin optimal. Jadi meskipun anda mengakses cloud server yang berasal dari luar negeri, permintaan akan tetap terpenuhi dengan cepat. Apalagi jika anda menggunakan cloud VPS yang memiliki resources yang terpisah dengan pengguna lain. anda akan semakin dapat mengoptimalkan kecepatan situs anda.

3. Keamanan Data Lebih Terjamin

Menggunakan cloud server memberikan keamanan data yang lebih terjamin. anda dapat meminimalkan risiko kehilangan data – data penting yang tersimpan di laptop atau desktop anda. Data yang disimpan di cloud dijaga dengan metode paling aman sehingga jika ada kerusakan pada server, maka data anda tidak akan terpengaruh dan akan tetap berada di sana. Selain itu, cloud server juga dapat mengurangi potensi kerusakan data yang disebabkan corrupt.

4. Bisa Upgrade Sesuai Kebutuhan

Cloud server dapat dengan mudah di upgrade dan di downgrade sesuai dengan kebutuhan aplikasi dan pengguna. Hal ini berarti anda dapat mengalokasikan lebih banyak sumber daya ke server anda saat anda membutuhkannya.Dan melepaskannya saat anda tidak membutuhkannya, yang dapat menghemat uang anda dan memastikan bahwa server anda memiliki sumber daya yang dibutuhkannya.

Baca Juga:   cURL Command Adalah : Fungsi & Cara Penggunaannya!

Siapa Saja yang Perlu Menggunakan Cloud Server?

Cloud server cocok digunakan oleh:

Developer

Dalam bekerja, seorang developer pasti memiliki banyak sekali resources, codes, dan data – data penting untuk kebutuhan pengembangan suatu situs. Jika ada satu saja data yang hilang maka akan mempengaruhi proses pengembangan project tersebut. Dan proses untuk mengembalikan atau membuat yang baru pastilah tidak mudah dan butuh waktu yang tidak singkat. Nah, dengan menggunakan cloud server, anda tidak perlu khawatir akan kehilangan data – data tersebut. 

Toko Online

Jika anda mempunyai situs web ecommerce dan memiliki pengunjung yang banyak, maka anda perlu mempertimbangkan untuk menggunakan cloud server. Alasannya praktisnya, anda dapat menyimpan data katalog produk, data transaksi, hingga data pelanggan di cloud server. Selain itu, menggunakan cloud server, situs web anda akan memiliki kecepatan yang stabil. Dengan begitu ketika ada lonjakan pengunjung situs anda akan lebih siap dan tidak berpotensi down.

Website Layanan Edukasi

Saat ini, layanan edukasi menjadi sangat populer. Layanan edukasi ini menyebarkan materi – materi pembelajaran secara online. Tidak hanya berfokus pada materi saja, tetapi juga dengan ujian. Oleh karena itu, situs web layanan edukasi direkomendasikan untuk memakai cloud server. Dengan begitu seluruh kebutuhan pembelajaran secara online dapat terpenuhi dan dapat diakses oleh banyak orang sekaligus.

Website Bisnis yang Sudah Berkembang

Cloud server juga cocok digunakan untuk situs web bisnis yang sudah berkembang. Karena tidak bisa dipungkiri bahwa bisnis yang sudah berkembang pasti membutuhkan keamanan yang lebih ketat dalam pendistribusian aliran data. Selain itu, cloud server juga akan membantu anda dalam melakukan kolaborasi dengan tim dan juga komunikasi dengan pelanggan.

Sekarang anda sudah mengerti kan apa itu cloud server? Penggunaan cloud server sudah pasti lebih mudah dan nyaman daripada menggunakan server fisik karena, cloud server bisa memudahkan anda dalam mengakses data kapanpun dan dimanapun anda berada dengan aman. 

Dengan berbagai kelebihan yang ditawarkan oleh cloud server, sudah saatnya anda beralih ke cloud server sekarang! anda bisa mendapatkan cloud server yang mudah dan cepat di Nevacloud dan nikmati kecepatan dan kemudahan infrastruktur cloud vps Indonesia!

Avatar for Titis Nur Pratomo

About Author

Titis Nur Pratomo

SEO Specialist at Deneva | Helping Increase Business Visibility in Search Engine | SEO & WordPress Enthusiast