Rupiah Indonesia Dapatkan Gratis Saldo Rp70.000!

PHP adalah bahasa scripting paling populer di dunia karena berbagai alasan seperti fleksibilitas dan kemudahan penggunaannya. Namun seringkali pengkodean dalam PHP menjadi agak monoton dan berulang. Disitulah framework PHP dapat membantu.Simak artikel ini untuk penjelasan lebih detail seputar framework PHP!

Apa itu Framework PHP?

Pada dasarnya framework PHP adalah seperangkat pre-written code yang dapat digunakan developer untuk membangun aplikasi web. Ini menyediakan struktur untuk kode anda dan seperangkat tools untuk digunakan, yang tentunya akan membuat proses pengembangan lebih cepat dan efisien.

Framework PHP pertama kali muncul pada akhir 1990-an dan awal 2000-an. Salah satu framework awal yang paling populer adalah PHP-GTK, yang memungkinkan pengembang untuk membuat aplikasi desktop menggunakan PHP. Tapi itu adalah munculnya aplikasi web yang benar-benar mendorong pengembangan Framework PHP. Beberapa Framework PHP berbasis web pertama termasuk CakePHP, CodeIgniter, dan Zend Framework.

Latar belakang PHP Frameworks adalah untuk menyediakan cara standar membangun aplikasi web dengan PHP. Ini untuk mengurangi pengkodean berulang dan mengikuti praktik terbaik. Dengan bantuan PHP Frameworks, pengembang dapat fokus pada fitur unik aplikasi daripada berfokus pada tugas berulang seperti otentikasi, manajemen basis data, dan sebagainya.

Ide umum di balik cara kerja framework PHP disebut sebagai Model View Controller (MVC). MVC adalah pola arsitektur dalam pemrograman yang mengisolasi logika bisnis dari UI, memungkinkan satu untuk dimodifikasi secara terpisah dari yang lain (juga dikenal sebagai pemisahan masalah). Dengan MVC, Model mengacu pada data, View mengacu pada lapisan presentasi, dan Controller ke aplikasi atau logika bisnis. Pada dasarnya, MVC memecah proses pengembangan aplikasi, sehingga Anda dapat mengerjakan elemen individual sementara yang lain tidak terpengaruh. Pada dasarnya, ini membuat pengkodean dalam PHP lebih cepat dan tidak rumit.

Baca Juga:   Hybrid Cloud : Pengertian, Kelebihan & Cara Kerjanya!

Keunggulan Framework PHP

Perkembangan yang Pesat

Dalam startup saat ini berdasarkan eksperimen, pembuatan prototipe cepat, dan mengeluarkan produk minimum Anda yang layak di dunia secepat mungkin, Menggunakan framework PHP adalah salah satu cara untuk menjawab persyaratan ini.

framework PHP yang dirancang dengan baik memilih implementasi terbaik untuk masalah umum dari komunitas open-source dan, membangun di atasnya, memberi Anda arsitektur aplikasi (dalam banyak kasus, berdasarkan pola Model-View-Controller) untuk memandu pengembangan Anda.

Opensource

Keuntungan paling penting dari PHP adalah open-source dan bebas biaya. Ini dapat diunduh di mana saja dan sudah tersedia untuk digunakan untuk acara atau aplikasi web.

Fleksibel

Fleksibilitas membuat PHP siap untuk secara efektif menggabungkan dengan banyak bahasa pemrograman lain sehingga paket perangkat lunak dapat menggunakan teknologi yang paling efektif untuk setiap fitur tertentu.

Jenis Framework PHP 

Slim

Slim adalah framework mikro PHP yang membantu Anda dengan cepat menulis aplikasi web dan API yang sederhana namun kuat. Slim adalah framework mikro untuk menerima dan mengembalikan panggilan HTTP, dipreteli ke fitur yang paling penting untuk mendukung penggunaan sederhana.

Slim adalah framework yang cepat karena tidak memiliki dependensi pihak ketiga dan paling baik untuk mengembangkan aplikasi kecil dan API. framework ini mudah diatur, membuat Anda “hello World” siap hanya dalam beberapa menit. Slim dianggap sebagai salah satu framework PHP terbaik.

PHPixie

PHPixie dimulai sebagai framework mikro dan secara bertahap menjadi salah satu framework PHP full-stack paling populer sambil mempertahankan kinerjanya yang tinggi. PHPixie menggunakan pola desain HMVC dan dengan demikian cepat dan dapat diandalkan.

Ingat, framework ini relatif baru, mencakup lebih sedikit modul, dan memiliki lebih sedikit dukungan komunitas. PHPixie mudah untuk memulai dan mudah digunakan. Namun, jika Anda mengalami masalah, Anda mungkin menemukan diri Anda di penghalang jalan dengan sedikit bantuan.

Baca Juga:   Apa itu 404 Not Found? Ini Pengertian dan Cara Mengatasinya

CodeIgniter

CodeIgniter adalah framework PHP yang kuat dengan footprint yang sangat kecil, dibangun untuk pengembang yang membutuhkan toolkit sederhana dan elegan untuk membuat aplikasi web berfitur lengkap. framework ini dibuat untuk startup cepat dan overhead aset minimal. Jejak yang berkurang ini memungkinkan penyiapan cepat dan kecepatan runtime proyek yang lebih baik.

CodeIgniter mungkin adalah salah satu framework paling komprehensif dalam daftar ini. Ini hanya menyediakan dasar-dasar tetapi sangat dapat diperpanjang, memungkinkan Anda untuk melakukan hampir semua hal yang Anda butuhkan. Framework ini juga menawarkan fitur keamanan dan mempromosikan arsitektur MVC.

Laravel

Laravel adalah framework aplikasi web dengan sintaks ekspresif dan elegan. Laravel adalah salah satu framework open-source paling populer di dunia dan siap B2B. Itu dibuat untuk menawarkan framework yang menyediakan fitur yang tidak dimiliki CodeIgniter, seperti otentikasi pengguna.

Laravel menyertakan fitur keamanan untuk melindungi dari injeksi SQL dan Cross-Site Forgery Requests (CSFR). Anda juga akan memiliki akses ke alat alur kerja, seperti kompiler aset, dan antarmuka baris perintah (CLI).

framework ini berfokus pada peningkatan efisiensi alur kerja, menjadikannya alat yang berharga bagi tim Anda, tetapi fitur tambahan membuatnya sedikit lebih sulit untuk dipelajari.

Laminas

Laminas, sebelumnya dikenal sebagai “Zend Framework,” adalah kumpulan paket PHP profesional dengan lebih dari 570 juta instalasi. Framework ini telah ada sejak lama dan memiliki komunitas pengembang besar yang mendukung framework ini.

Karena umurnya yang panjang, Laminas memiliki banyak fitur yang telah ditambahkan dan dimasukkan. Ini mempertajam kurva pembelajaran. Di sisi lain, framework ini telah ada begitu lama sehingga terus diperbarui dengan perubahan pengoptimalan dan efisiensi.

Baca Juga:   Compiler Adalah : Cara Kerja, Fungsi dan Contohnya!

CakePHP

CakePHP dirancang untuk membuat tugas pengembangan web umum sederhana dan mudah. CakePHP 4 adalah framework pengembangan web yang berjalan pada PHP 8.1. CakePHP dibangun untuk kesederhanaan dan memiliki sejumlah besar dan terus bertambah fitur.

Instalasi sederhana dan hanya membutuhkan server web yang berjalan dan salinan framework yang diinstal untuk memulai. Dengan ekstensibilitasnya, CakePHP dapat memenuhi kebutuhan hampir semua proyek. Itu termasuk keamanan, otentikasi pengguna, dan build cepat.

Cara Memilih Framework PHP yang Terbaik untuk Pemula

Popularitas dan Komunitas

Menggunakan framework yang memiliki komunitas besar sering kali berarti Anda tidak akan kesulitan saat mencari jawaban atas pertanyaan umum. Ini juga berarti bahwa Anda akan lebih mungkin menemukan jawaban atas pertanyaan yang kurang umum.

Keberlanjutan

Keberlanjutan penting karena menentukan apakah framework yang Anda gunakan akan tetap ada nanti. Tidak ada yang lebih buruk daripada membangun kembali proyek karena framework tidak lagi diproduksi dan dengan demikian berisi informasi atau teknologi yang ketinggalan zaman.

Dukungan Software

Menggunakan framework yang menawarkan fleksibilitas lebih besar itu bagus, tetapi pastikan untuk mempertimbangkan tingkat dukungan yang diberikan dengannya. Pastikan framework yang Anda pilih menawarkan perangkat lunak dan dukungan teknis sehingga proses pengembangan Anda tidak terhenti karena hambatan yang tidak dapat Anda atasi.

Tertarik Untuk Menggunakan VPS dengan teknologi terbaik dari Nevacloud?

framework PHP dapat membantu tim Anda membangun aplikasi secara efisien dan aman. Anda hanya perlu menemukan opsi yang tepat untuk tim Anda. Terlepas dari itu, jika anda sedang mencari VPS dengan teknologi terbaik, anda dapat menggunakan VPS dari Nevacloud. Tunggu apalagi? kunjungi website Nevacloud dan temukan beragam penawaran menariknya!

Avatar for Hiqbal Fauzi

About Author

Hiqbal Fauzi

As SEO Specialist at Deneva with a bachelor's in animal husbandry, passionate about digital marketing, especially in SEO.