Apa Itu Shadowban

Shadowban adalah ketika pengguna dibisukan atau diblokir di platform media sosial (atau forum), tanpa menerima pemberitahuan resmi tentang hal itu. Postingan, komentar, atau aktivitas Anda mungkin tiba-tiba disembunyikan atau dikaburkan; Anda mungkin berhenti muncul dalam pencarian, atau melihat penurunan keterlibatan karena tidak ada seorang pun (termasuk pengikut Anda) yang dapat melihat konten Anda di umpan mereka.

Anda mungkin tidak melanggar persyaratan layanan atau melakukan apa pun yang akan meminta larangan keluar-masuk, tetapi Anda telah melakukan sesuatu yang tidak disukai moderator atau admin. Dan sekarang, Anda sedang dihukum, tetapi karena tidak ada yang memberi tahu Anda secara eksplisit bahwa Anda telah diblokir, tidak mungkin mengajukan banding untuk memperbaikinya.

Dalam semua kasus shadow banning, pembuat postingan sama sekali tidak menyadari bahwa postingan mereka disembunyikan dari orang lain. Mereka tidak diberi pemberitahuan tentang perubahan dan biasanya hanya menyadari dilarang bayangan ketika pengguna lain memberitahu mereka bahwa mereka tidak melihat konten mereka atau ketika mereka melihat penurunan yang signifikan dalam keterlibatan atau tampilan post. Dalam kasus pelarangan bayangan yang ekstrem, keseluruhan akun pengguna, termasuk profil mereka, dapat disembunyikan dari basis pengguna jejaring sosial.

Apa Itu Ciri-Ciri Shadowban

platform media sosial tidak mengakui bahwa shadowbanning itu nyata. Tetapi jika Anda pernah mengalami gejala-gejala ini, seluruh internet mungkin hanya mendiagnosis Anda sebagai korban shadowban yang ditakuti. 

  • Anda melihat penurunan dramatis dalam keterlibatan. Jumlah suka, komentar, ikuti, atau bagikan di pos terbaru Anda telah jatuh parah.
  • Nama pengguna atau hashtag Anda tidak muncul di saran penelusuran. Pengguna lain tidak dapat menemukan atau menemukan konten Anda, meskipun mereka telah dapat melakukannya di masa lalu, dan biasanya melihat posting Anda di bagian atas feed mereka.
  • Fitur tertentu tiba-tiba tidak tersedia untuk Anda. Tiba-tiba fungsionalitas platform telah berubah, tetapi anehnya, tidak ada teman Anda yang mengalami masalah yang sama
Baca Juga:   VPS KVM : Pengertian, Kelebihan dan Perbedaannya dengan OpenVZ

Tentu saja, mungkin ada penjelasan yang kurang jahat daripada shadowban. Mungkin baru saja ada perubahan dalam algoritma. Mungkin ada bug!  

Atau mungkin, jika Anda telah memposting konten berkualitas rendah, berperilaku seperti bot atau menyebarkan informasi yang salah, itu adalah cara platform memperingatkan Anda untuk menjadi pintar dan terbang dengan benar.

Cara Cek Shadowban

Dengan membatasi akun media sosial, dapat membatasi akun yang melanggar aturan atau kebijakan dan menyaring konten seperti spam dan konten yang tidak relevan. Di sisi lain, shadowban dapat menjadi ancaman besar bagi pemilik bisnis yang menggunakan marketing sosial media. Jika terkena, semua upaya dan strategi yang diinvestasikan untuk mencapai target pasar akan sia-sia. Untuk mencegahnya, Anda dapat menggunakan metode berikut untuk mengidentifikasi shadowban pada akun media sosial Anda:

Menggunakan Kolom Pencarian 

untuk Menemukan Nama Akun Untuk mengetahui apakah akun media sosial Anda aman dari ancaman shadowban, Anda dapat melakukan pencarian akun Anda di platform media sosial yang Anda gunakan. Jika ada pembatasan yang terjadi pada profil Anda, profil Anda tidak akan muncul.

Melakukan Pengamatan pada Engagement: 

Cara selanjutnya adalah melihat jumlah like, komentar, dan share akun Anda. Jika jumlah ini tiba-tiba menurun, itu mungkin karena akun Anda mengalami pembatasan bayangan.

Melakukan Pencarian Tagar (Hashtag)

Adanya tagar atau hashtag pada konten Anda adalah komponen penting dalam strategi marketing; untuk mengetahui apakah akun Anda terkena shadowban, Anda dapat melakukan pencarian hashtag dengan menggunakan akun yang tidak ada di daftar pengikut Anda atau dengan membuat akun baru.

Setelah itu, buat posting konten terbaru yang berisi hashtag yang biasa Anda gunakan, lalu gunakan akun lain untuk mengklik setiap hashtag untuk memastikan apakah postingan baru Anda muncul di kolom recents. Jika postingan Anda muncul di halaman tersebut, itu menunjukkan bahwa akun Anda tidak terkena shadowban. Sebaliknya, jika postingan Anda tidak muncul pada halaman tersebut, konten Anda akan disembunyikan karena pengguna lain telah menggunakan hashtag yang Anda buat.

Baca Juga:   Mengapa Penggunaan Repositori Lokal Menjadi Pilihan?

Gunakan Fitur Account Status

Bagi pengguna Instagram, ada cara untuk mengetahui apakah akun Anda terkena shadowban atau tidak dengan menggunakan Fitur Status Akun. Jika Anda mengatur akun Anda menjadi tipe profesional, maka konten yang melanggar aturan dapat dilihat.

Cara Mengatasi Shadowban

Untuk mengatasi shadowban, yang merupakan larangan tidak resmi yang membatasi visibilitas konten Anda tanpa pemberitahuan, Anda dapat mengikuti langkah-langkah umum berikut:

  1.  Istirahat: Hentikan posting selama beberapa hari, biasanya 48-72 jam.
  2. Tinjau Konten Anda: Hapus konten apa pun yang mungkin telah melanggar pedoman komunitas platform.
  3. Cabut Aplikasi Pihak Ketiga: Putuskan sambungan aplikasi atau layanan pihak ketiga yang tidak sah.
  4. Hindari Hashtag Terlarang: Periksa dan berhenti menggunakan hashtag yang dilarang atau terlalu umum.
  5. Hubungi Dukungan: Hubungi tim dukungan platform untuk mendapatkan bantuan.
  6. Ubah Perilaku Anda: Hindari perilaku seperti spam dan ikuti praktik terbaik platform.
  7. Bersabarlah: Terkadang, shadowban dicabut secara otomatis setelah jangka waktu tertentu.

Untuk platform tertentu seperti Twitter, YouTube, atau TikTok, pendekatannya mungkin sedikit berbeda, dan disarankan untuk berkonsultasi dengan sumber daya khusus platform atau dukungan untuk saran yang disesuaikan.

 Ingat, kuncinya adalah mematuhi pedoman komunitas dan menghindari perilaku apa pun yang dapat ditafsirkan sebagai spam atau penyalahgunaan. Jika Anda tidak yakin mengapa Anda diblokir bayangan, meninjau kebijakan platform adalah titik awal yang baik. 

Tips Mencegah Terkena Shadowban

Jangan melanggar pedoman komunitas 

Semua platform memiliki pedoman komunitas untuk membantu menjaga konten tetap terkendali. Biasanya, pedoman ini melarang aktivitas ilegal, ujaran kebencian, ketelanjangan, atau misinformasi. Jika Anda melanggar salah satu dari hal-hal ini secara eksplisit, kemungkinan besar Anda akan langsung diblokir atau konten Anda dihapus.

Baca Juga:   6 Contoh Cloud Computing yang Banyak Digunakan

Tetapi jika Anda memposting konten yang berada di area abu-abu – tidak secara eksplisit melanggar aturan, tetapi tidak benar-benar aman untuk semua pemirsa – Anda juga mungkin berisiko diturunkan peringkatnya atau disembunyikan.

Jangan berperilaku seperti bot

Menggunakan hashtag yang tidak relevan, menggunakan terlalu banyak hashtag, mengikuti sekelompok orang dalam waktu singkat atau mengomentari terlalu banyak posting terlalu cepat: itu perilaku seperti bot. Dan platform biasanya mencoba menyingkirkannya. (Itulah yang kami coba tiru dalam eksperimen shadowban kami sendiri!)

Bersikaplah seperti manusia, dan konten Anda jauh lebih mungkin dibagikan dan dipromosikan di beranda dan di halaman penemuan. Sepanjang baris yang sama: pastikan profil Anda terlihat seperti profil orang kehidupan nyata (atau merek yang sah) dengan melengkapi semua bidang yang relevan, memastikan Anda memiliki gambar profil yang tepat dan menggunakan alamat email asli untuk info kontak Anda.

Jangan gunakan hashtag yang dilarang

Sering kali hashtag populer akan diambil alih oleh poster yang tidak pantas, dan situs mungkin menghapus hashtag dari pencarian, atau membatasi konten. Jika Anda tetap menggunakan hashtag, konten Anda pasti tidak akan muncul dalam pencarian atau rekomendasi, dan bahkan mungkin mengakibatkan akun diblokir.

Jangan spam

Memposting tautan yang sama berulang kali, atau berbagi konten berulang diduga dapat memicu shadowbanning Dan lebih buruk lagi, itu pasti akan memicu beberapa putaran mata dari pengikut Anda. Tetap berpegang pada konten segar dan menarik dan bukan spam buatan tangan untuk keterlibatan maksimum.

Bersikaplah konsisten

Memposting secara teratur, pada waktu terbaik untuk setiap platform media sosial, adalah cara terbaik untuk menciptakan keterlibatan otentik dengan pengikut Anda dan memaksimalkan peluang Anda untuk ditemukan. Jika Anda memposting secara sporadis, ketika tidak ada yang online untuk melihat apa yang Anda lakukan, Anda mungkin merasa seperti berteriak ke dalam kehampaan (atau bayangan)!

Tertarik Untuk Menggunakan VPS dengan teknologi terbaik dari Nevacloud?

Terlepas dari itu, jika anda sedang mencari VPS dengan teknologi terbaik, anda dapat menggunakan VPS dari Nevacloud. Tunggu apalagi? kunjungi website Nevacloud dan temukan beragam penawaran menariknya!

Avatar for Hiqbal Fauzi

About Author

Hiqbal Fauzi

As SEO Specialist at Deneva with a bachelor's in animal husbandry, passionate about digital marketing, especially in SEO.