Seiring pertumbuhan pasar web hosting, begitu pula teknologi yang digunakan untuk hosting. Salah satu teknologi canggih yang tersedia saat ini adalah VPS KVM. KVM adalah teknologi virtualisasi open-source berbasis Linux yang digunakan untuk membuat hypervisor. Jika digabungkan, KVM VPS memberikan banyak manfaat yang tidak dapat dilakukan oleh hosting VPS biasa.

Kernel-based Virtual Machine (KVM) adalah teknologi virtualisasi open source yang dibangun ke dalam Linux. Secara khusus, KVM memungkinkan Anda mengubah Linux menjadi hypervisor yang memungkinkan mesin host menjalankan beberapa lingkungan virtual terisolasi yang disebut tamu atau virtual machine (VM).

Kali ini, Nevacloud akan menjelaskan apa itu VPS KVM secara lebih rinci hingga kelebihan dan perbedaannya dengan OpenVZ agar anda dapat mengetahui perbedaanya dan mendiskusikan bagaimana anda akan memilih VPS KVM. Mari kita mulai!

Apa Itu VPS KVM? 

Ketika kita berbicara tentang solusi VPS, Anda dapat memiliki beberapa akun hosting yang terletak di server fisik yang sama. Tidak seperti akun hosting bersama, VPS memberi Anda kesempatan untuk meng-host dan mengelola proyek intensif sumber daya tanpa mengorbankan kinerja. Jika Anda memilih paket yang dikelola sendiri, Anda bahkan dapat memilih sistem operasi pilihan Anda dan menerima akses root untuk kontrol penuh atas server Anda.

Ini semua dimungkinkan berkat virtualisasi. Virtualisasi secara efektif berarti menjalankan satu atau lebih virtual machine (atau VM) pada satu server fisik. Virtual machine menggunakan sumber daya sistem yang sama tetapi mereka berjalan secara independen. Anda dapat menginstal perangkat lunak tambahan dan mengkonfigurasi setiap akun seperti yang Anda inginkan. Hal terbaik adalah semua pengguna memiliki sumber daya kandang mereka sendiri dan mereka tidak dapat saling mengganggu.

Baca Juga:   Apa itu CloudPanel? Ini Penjelasan Lengkapnya

KVM adalah singkatan dari Kernel-based Virtualization Machine, salah satu dari banyak cara membuat virtual machine di komputer atau server. Seperti namanya, ini adalah bagian dari kernel Linux, dan mengubah kernel menjadi apa yang dikenal sebagai hypervisor – perangkat lunak yang bertanggung jawab untuk membuat dan menjalankan mesin virtual.

KVM menyediakan virtualisasi yang dibantu perangkat keras. Ini berarti memanfaatkan sumber daya perangkat keras host untuk membuat virtualisasi penuh. Dalam pengaturan virtualisasi penuh, akun pengguna memiliki sumber daya perangkat keras mereka sendiri dan dapat menjalankan sistem operasi secara independen dari host. Manfaat utamanya adalah mereka beroperasi dalam isolasi penuh dari host dan satu sama lain.

Virtualisasi penuh memiliki sejumlah aplikasi yang berbeda. Misalnya, peneliti keamanan menggunakannya untuk memantau perilaku perangkat lunak berbahaya tanpa mempertaruhkan mesin asli mereka. Biasa digunakan para developer untuk menguji produk mereka di platform yang berbeda.

Ketika berbicara tentang web hosting, mesin virtual KVM adalah paket VPS yang Anda dapatkan untuk hosting situs web. Anda secara efektif mendapatkan versi server khusus yang sedikit kurang kuat dengan biaya yang lebih murah. VPS Anda telah menjamin sumber daya perangkat keras yang tersedia untuk Anda kapan saja. Anda tidak perlu khawatir tentang orang lain yang membebani server dan mempengaruhi kinerja situs web Anda.

Serangan siber dan infeksi malware pada akun tetangga di mesin fisik yang sama juga tidak akan berdampak pada Anda, dan IP khusus Anda tidak akan masuk daftar hitam jika orang lain mulai mengirim spam.

Baca Juga : VPS Murah Indonesia Terbaik Nevacloud

Kelebihan VPS KVM

Salah satu kelebihan dari VPS KVM adalah penggunaan dedication resource sesuai dengan paket yang anda beli sehingga memungkinkan anda untuk dapat mengatur sumber daya secara terdedikasi. Sehingga performanya akan jauh lebih stabil jika dibandingkan dengan virtualisasi jenis lain  Selain itu ada beberapa kelebihan – kelebihan yang lain yang harus kamu tahu sebelum menggunakannya. Antara lain:

Baca Juga:   Whois Domain Lookup dengan Tool dari Nevacloud

1. Performa 

Kelebihan pertama dari KVM VPS adalah performa servernya. KVM VPS memberikan jaminan sumber daya yang lebih baik karena menerapkan sistem isolasi sumber daya per akun VPS. Ini berarti tidak ada pertempuran untuk merebutkan sumber daya dengan pelanggan lain. Seperti ketika menggunakan VPS OpenVZ atau shared hosting. Selain itu, KVM VPS mengadopsi sistem operasi Linux, yang memberikan kinerja lebih cepat dan lebih baik daripada sistem operasi Windows.

2. Fleksibel

VPS KVM memungkinkan Anda untuk menginstal aplikasi dengan bebas saat menggunakan Linux di komputer anda. atau virtualisasi VMWare/Vbox seperti VPN, Sister Kemendikbud, Mikbotam, dan keperluan lainnya. VPS KVM umumnya menggunakan OS Linux. Beberapa sistem operasi tersedia untuk layanan Rumahweb VPS KVM, antara lain CentOS, Ubuntu, Debian, Opensuse, dan Almalinux.

3. Keamanan

Salah satu kelebihan utama dari KVM VPS adalah keamanannya yang canggih. Karena setiap server diisolasi dari server lain yang berada di mesin fisik yang sama, lebih sulit bagi penyerang untuk meretas atau menembus beberapa server. Jadi, jika salah satu server diretas, Anda dapat yakin bahwa server Anda akan relatif aman karena serangan tidak dapat tumpah ke Anda.

Perbedaan VPS KVM dan OpenVZ

Perbedaan paling mendasar antara VPS KVM dan OpenVZ adalah virtualisasi. OpenVZ menghasilkan server virtual tingkat sistem operasi, sementara KVM menggunakan kernel baru untuk membuat server virtual yang lengkap.

Jadi, jika Anda memilih KVM, Anda dapat mengatakan bahwa Anda merasakan dua hal berikut. Pertama, performa server yang cepat dan stabil, seperti menggunakan dedicated server. Kemudian Anda bebas memilih sistem operasi server sesuai dengan kebutuhan Anda. 

Juga, jika Anda ingin menggunakan OpenVZ, Anda harus memiliki Linux sebagai sistem operasi Anda karena container OpenVZ hanya dapat berjalan di Linux. Sementara itu, KVM memungkinkan Anda untuk menggunakan sistem operasi apa pun yang Anda suka.

Baca Juga:   Web Hosting vs VPS: Mana yang Terbaik untuk Anda?

Perbedaan penting lainnya adalah karena Anda berbagi sumber daya dengan pengguna lain dengan OpenVZ, jumlah sumber daya sama untuk semua orang dan tidak dapat diubah, bahkan jika Anda membutuhkan lebih banyak. Namun, dengan KVM, Anda mendapatkan RAM, CPU, dan penyimpanan khusus yang hanya dapat Anda gunakan.

OpenVZ adalah salah satu yang lebih mudah digunakan dan dinavigasi, jadi jika Anda tidak memiliki banyak keahlian teknis, itu mungkin melayani kebutuhan Anda dengan baik. Namun, Anda tidak dapat memodifikasi kernel Linux jika Anda menggunakan OpenVZ, tetapi Anda dapat melakukannya jika Anda menggunakan KVM.

Selain itu, Anda tidak dapat mengubah parameter antarmuka jaringan apa pun dengan OpenVZ. Sementara itu, KVM memungkinkan penggunanya untuk mengubah parameter antarmuka jaringan. Selain itu, KVM memberi Anda inode tak terbatas, sedangkan OpenVZ tidak.

Tertarik Untuk Menggunakan Server dengan Teknologi Cloud Computing dari Nevacloud?

KVM VPS dengan cepat menjadi salah satu teknologi paling populer di dunia web hosting. Dengan KVM VPS, Anda mendapatkan lingkungan server khusus tanpa membayar sejumlah besar untuk paket hosting dan perangkat keras khusus. Ini juga memastikan keamanan dan stabilitas situs web Anda dan memungkinkan Anda untuk mengembangkan bisnis Anda sebanyak yang Anda inginkan. Tidak mengherankan bahwa pemilik situs web semakin sering beralih ke KVM VPS setiap hari.

Jika kamu ingin cloud vps yang tidak butuh banyak pengalaman teknis dan harganya terjangkau, anda bisa menggunakan layanan cloud dari Nevacloud. Kunjungi Nevacloud untuk melihat penawaran menarik lainnya!

Avatar for Titis Nur Pratomo

About Author

Titis Nur Pratomo

SEO Specialist at Deneva | Helping Increase Business Visibility in Search Engine | SEO & WordPress Enthusiast