Brainware Adalah : Fungsi, Jenis & Contohnya!

Brainware Adalah : Fungsi, Jenis & Contohnya!
Avatar for Titis Nur Pratomo
  • July 15, 2023

Di era teknologi yang semakin canggih ini, mungkin ada banyak sekali teknologi komputer yang akrab dengan software dan hardware. Benar, kedua komponen tersebut memang penting dalam pengoperasian perangkat komputer. Namun, ada satu komponen lagi yang mungkin jarang anda dengar, yaitu brainware.

Pada artikel ini Nevacloud akan membahas lebih detail mengenai brainware dari fungsi, jenis, hingga contohnya. Yuk tanpa berlama – lama langsung saja simak penjelasan lengkapnya dibawah ini!

Apa Itu Brainware?

Brainware adalah istilah yang sering digunakan untuk manusia yang berhubungan dengan sistem komputer. Secara sederhana, brainware adalah orang yang menggunakan atau mengoperasikan perangkat komputer. 

Dalam konteks dunia bisnis dan pengembangan perusahaan, istilah brainware diartikan sebagai orang atau sekelompok orang yang memiliki kemampuan intelektual untuk mengeksplorasi sistem informasi manajemen jaringan. Brainware dalam dunia bisnis berfungsi untuk menghasilkan informasi yang berguna bagi kelangsungan hidup suatu organisasi atau perusahaan.

Brainware mampu memberikan perintah atau menggunakan perangkat komputasi, baik perangkat lunak maupun perangkat keras. Memiliki peran dalam memastikan bahwa komputer yang digunakan dapat bekerja sesuai dengan penggunaanya. 

Meskipun teknologi komputer terus mengalami perkembangan, teknologi ini tetap harus disesuaikan dengan kebutuhan kerja. Bahkan perangkat yang paling canggih pun pasti membutuhkan perangkat yang dapat bekerja lebih optimal. Dengan kata lain, brainware merupakan komponen penting dalam mengelola kinerja komputer secara terarah.

Dalam hal ini, baik software hardware, dan brainware tidak dapat berdiri sendiri. Ketiganya saling berhubungan dan memiliki peran masing – masing. Sehingga ketiga komponen tersebut memiliki tujuan yang sama dalam menjalankan operasional komputer dengan lancar.

Baca Juga:   Virtual Host Adalah : Pengertian & Cara Settingnya!

Fungsi Brainware 

Sebagai Administrator

Administrator adalah orang yang memiliki tanggung jawab untuk mengelola sistem dalam suatu program atau jaringan komputer. Dengan seseorang yang bekerja sebagai administrator, sistem dan program akan menjadi lebih terorganisir dan memiliki struktur. Apalagi tugas Brainware sebagai administrator sangat beragam. Antara lain menjaga keamanan jaringan komputer perusahaan dan membantu karyawan yang mengalami masalah teknis.

Sebagai Programmer

Sebagai programmer yang dibutuhkan oleh perusahaan, pekerja ini akan bertanggung jawab untuk mengetahui dan merancang bagaimana perangkat dapat bekerja sesuai dengan kebutuhan dan permintaan perusahaan. Programmer bekerja untuk menjaga keamanan dan kelancaran semua sistem dalam program.

Sebagai Operator 

Fungsi lain dari brainware adalah sebagai operator komputer. Operator komputer ini adalah orang yang bertanggung jawab untuk menjalankan sistem dan program komputer. Selain itu, operator harus memastikan bahwa program atau aplikasi berfungsi dengan baik. Terkadang juga operator yang melakukan perawatan dan maintenance suatu sistem yang dirancang oleh programmer.

Komponen Brainware

Brainware adalah otak dari fungsi software dan hardware pada perangkat komputer, sehingga jika dikelompokkan berdasarkan komponen, brainware dapat dibagi menjadi dua jenis komponen. Jenis komponen brainware ini memiliki tugasnya masing – masing. Berikut adalah penjelasan jenis komponen brainware:

Hardware Engineer

Salah satu komponen brainware adalah hardware engineer. Hardware engineer memiliki tugas untuk lebih fokus pada perangkat keras (hardware) komputer yang akan mengelola pengembangan teknis atau meningkatkan kualitas produk, sehingga memodifikasi dan memperluas program komputer yang membuat komputer lebih profesional.

Software Engineer

Sedangkan untuk software engineer adalah brainware yang berfokus pada jaringan di komputer. Software engineer bertugas merancang program – program baru dan akan melakukan perbaikan jika diperlukan.

Jenis Brainware  

Brainware atau pengguna komputer dibagi menjadi berbagai jenis. Diantara jenis – jenis brainware adalah sebagai berikut:

Baca Juga:   VPS KVM : Pengertian, Kelebihan dan Perbedaannya dengan OpenVZ

Project Manager

Memiliki keterampilan yang baik adalah tugas utama seorang project manager. Hal ini dikarenakan segala sesuatu yang berkaitan dengan regulasi, mulai dari waktu, koordinasi antar divisi, hingga pengelolaan anggaran juga menjadi tanggung jawab seorang project manager sebagai brainware.

Web Developer

Membangun situs web dari nol hingga selesai adalah tugas seorang web developer. Web developer mampu mengembangkan website baik dari tampilannya, menghubungkan ke database, dan seberapa mudah website tersebut dapat ditemukan oleh search engine seperti Google dan Mozilla FIrefox.

System Analyst

Pandangan kedepan adalah kemampuan utama seorang system analyst. Tipe ini bertanggung jawab untuk memantau, mengevaluasi, dan merancang program terkait yang akan dilaksanakan di masa depan.

Database Administrator

Database administrator berfokus pada sistem database. Administrator brainware jenis ini bertanggung jawab untuk memantau aplikasi, organisasi, dan database lain yang dianggap penting.

Security Specialist

Brainware ini berfokus pada sistem keamanan berbagai jaringan komputer. Security specialist memiliki peran yang sangat penting karena jenis brainware ini diperlukan untuk mengamankan berbagai jenis data yang tersimpan.

Network Specialist

Jenis brainware berikutnya adalah network specialist. Brainware jenis ini memiliki pengetahuan dan keahlian dibidang jaringan komputer dan teknologi informasi. Biasanya, untuk perusahaan berskala besar ada workstation komputer yang terhubung melalui sistem kabel atau nirkabel. Seorang network specialist jaringan memiliki tanggung jawab untuk membantu menciptakan dan memelihara sistem yang kompleks.

Teknisi

Teknisi komputer adalah brainware yang memiliki keterampilan dalam merawat atau memperbaiki perangkat komputer, baik dari segi perangkat lunak (software) maupun perangkat keras (hardware). Secanggih apapun peralatan komputer, adalah hal yang lumrah dan tidak dapat dihindari untuk mengalami kerusakan. Disinilah peran seorang teknisi komputer sangat dibutuhkan. Oleh karena itu, seorang teknisi harus memahami berbagai macam masalah pada perangkat komputer, kemudian menganalisis dan melakukan perbaikan dengan tepat.

Baca Juga:   Apa itu RTO? Pahami Cara Mengatasinya

Trainer

Jenis lain dari brainware adalah trainer atau pelatih. Seorang trainer harus memiliki cakupan dan penguasaan pengetahuan yang luas dan mendalam, maka tidak mengherankan jika brainware jenis ini mengatur distribusi data dalam ruang lingkup pengetahuan dari satu orang ke orang yang lain.

Operator

Operator komputer adalah brainware yang dapat mengoperasikan program atau sistem operasi pada komputer. Tugas utama operator komputer adalah mengikuti instruksi dan arahan programmer saat mengoperasikan sistem komputer. Operator juga bertanggung jawab untuk memproses data terkait komputer.

Contoh Brainware

Sekarang anda sudah tahu beberapa jenis brainware. Sekarang, anda juga harus tahu apa contoh – contoh dari brainware. Simak penjelasan dibawah ini:

Netter

Netter adalah brainware yang memudahkan individu atau kelompok orang untuk mencari informasi di internet. Misalnya, jika anda mencari informasi mengenai ponsel terbaru di search engine seperti Google, maka akan ada deretan informasi terkait yang anda inginkan. Mulai dari artikel hingga tautan video dan gambar.

EDP Department

Entry Data Processing atau EDP memiliki tugas mengelola data komersial perusahaan dengan sistem elektronik dan dilakukan secara otomatis. Misalnya, penjualan produk smartwatch memiliki beberapa data yang harus diproses. Seperti jumlah stok produk, total penjualan, dan laporan pembelian dari pelanggan. Nantinya, EDP Department akan mengelola semua data secara terorganisir berdasarkan jenis datanya.

Network System

Network system adalah contoh lain dari brainware. Network system adalah media yang bertugas menangani jaringan. Sebuah sistem jaringan biasanya terdiri dari berbagai layanan yang dapat digunakan oleh publik untuk berbagai kebutuhan dengan menggunakan jaringan komputer dan internet.

Tertarik menggunakan VPS dengan teknologi Nevacloud terbaik?

Bagaimana? Apakah anda sudah mulai memahami apa itu brainware mulai dari pengertian, fungsi hingga contohnya? Singkatnya, brainware ini memiliki peran yang sangat penting dalam pengoperasian komputer.Memiliki perangkat lunak dan perangkat keras yang canggih tidak ada gunanya kecuali Anda adalah ahli perangkat otak tentang cara menggunakannya. Terlepas dari itu, jika anda sedang mencari VPS murah dengan teknologi terbaik namun tetap ramah dikantong, Nevacloud punya solusinya! Kunjungi Nevacloud dan temukan penawaran menariknya!

Avatar for Titis Nur Pratomo

About Author

Titis Nur Pratomo

SEO Specialist at Deneva | Helping Increase Business Visibility in Search Engine | SEO & WordPress Enthusiast