Privasi dan keamanan online sangat penting dalam era digital yang semakin maju. Penyedia layanan dapat melihat dan menyimpan data pribadi kita saat kita melakukan pencarian di mesin pencari seperti Google. Namun, Search Encrypt adalah alternatif yang dapat Anda gunakan untuk melindungi privasi pencarianmu. 

Di sini, kita akan membahas definisi dan beberapa hal menarik lainnya yang berkaitan dengan mesin pencari atau search engine ini! Jika kita bosan menggunakan Google untuk mendapatkan informasi, search engine ini pasti dapat digunakan sebagai alternatif.

Apa Itu Search Encrypt?

Search encrypt adalah mesin pencari yang ramah privasi. Saat anda menggunakan search encrypt, tujuan terbesar nya adalah melindungi privasi pencarian anda. Search engine ini mengenkripsi istilah pencarian anda secara lokal sebelum dikirim ke server. Perlindungan pencarian search encrypt membuat hampir tidak mungkin bagi siapapun untuk mengintip pencarian anda, bahkan jika mereka memiliki akses ke komputer anda.

Search encrypt tidak melacak riwayat penjelajahan anda dengan cara apapun yang dapat diidentifikasi pengguna dan teknologi ini membantu mencegah ISP anda melacak istilah penelusuran anda. 

Secara sederhana, Search Encrypt adalah plugin browser untuk mengakses yang sangat populer di berbagai browser internet. Jika pengguna menggunakan mesin pencarian resmi seperti Google atau Mozilla, pasti akan ada rekomendasi tentang pengaturan plug-in.

Baca Juga:   Client Server Adalah : Fungsi, Cara Kerja & Jenisnya!

Mesin pencari enkripsi ini sangat memperhatikan privasi dan keamanan data pengguna, seperti yang dilakukan pesaingnya, DuckDuckGo. Untuk memberikan perlindungan, Search Encrypt menggunakan kombinasi enkripsi SSL dan AES-256.

Pada saat pengguna melakukan aktivitas browsing, data mereka dapat disimpan dengan aman dengan kombinasi dari lapisan socket aman atau SSL dan enkripsi AES-256. Kedua fitur ini dapat memastikan bahwa data tidak dapat dicuri oleh bot atau peretas internet.

Keunggulan tambahan dari mesin pencari ini adalah pencarian video dan peta yang lebih aman, yang memastikan bahwa data aman dari pengguna lokal yang mencoba terhubung ke komputer.

Untuk peta, aplikasi ini secara khusus menggunakan peta dari fitur peta jalan terbuka, yang merupakan proyek yang bekerja sama dengan konsep open public dan dapat diedit secara terbuka oleh pengguna. Mesin pencarian ini menghilangkan iklan yang mengganggu yang mengambil data pengguna dan melindungi data pribadi yang telah dimasukkan. Meskipun demikian, hasil pencarian tidak selengkap mesin pencarian Google. 

Fungsi Search Encrypt Bagi Pengguna

Sebelum mempelajari cara menginstal Search Encrypt, kita harus mengetahui berbagai fungsi dan keuntungan dari Search Encrypt. Dengan mengetahui berbagai fungsinya, kita akan dapat mengaksesnya dan memanfaatkannya secara optimal. Dalam hal fungsinya, ialah:

  1. untuk melindungi privasi pengguna dengan menggunakan enkripsi SSL dan menghindari melacak atau menyimpan kegiatan pencarian pengguna; 
  2. tidak menampilkan iklan yang dapat mengganggu kegiatan pencarian pengguna; 
  3. secara otomatis menghapus riwayat pencarian pengguna selang 15 menit setelah pencarian.
  4. untuk melindungi privasi pengguna saat melakukan penelusuran di internet, membuatnya lebih mudah dan aman, memberikan hasil penelusuran yang akurat dan relevan meskipun terbatas, 
  5. menjadi media yang menyediakan informasi dalam berbagai bahasa dan tersedia di berbagai negara di seluruh dunia, dan memudahkan pengguna untuk dengan cepat menemukan blog atau situs web yang mereka butuhkan. 
  6. Selain sebagai sarana untuk mencari informasi, mesin pencarian ini juga efektif digunakan untuk melakukan browsing. Dengan menggunakan Search Encrypt maka kita tidak perlu menelusuri situs web satu persatu yang dapat menghabiskan waktu.
Baca Juga:   Apa Itu Ubuntu? Jenis, Fungsi dan Kelebihannya!

Cara Kerja Search Encrypt 

Untuk menjaga koneksi internet antara pengguna dan servernya, Search Encrypt menggunakan teknologi enkripsi Layer Enkripsi Aman (SSL). Saat pengguna melakukan pencarian, Search Encrypt mengambil query, atau surat permintaan, dan mengenkripsinya sebelum mengirimkannya ke mesin pencari.

Search Encrypt mengenkripsi ulang hasil pencarian mesin pencari dan mengembalikannya ke pengguna melalui koneksi internet yang aman dan tidak diketahui oleh orang lain. Selama proses ini, Search Encrypt tidak menyimpan data pengguna, yang berarti data pengguna tetap pribadi.

Selain itu, Search Encrypt menggunakan algoritma khusus yang secara otomatis menghapus riwayat pencarian pengguna setelah 15 menit tanpa meninggalkan jejak di server, sehingga pengguna dapat menjelajah internet dengan aman dan tidak perlu khawatir bahwa orang lain akan menemukan atau melacak aktivitas mereka. 

Singkatnya, Search Encrypt bekerja dengan mengenkripsi pencarian pengguna untuk melindungi data pengguna dan privasi mereka. Selain itu, mereka tidak menyimpan atau melacak aktivitas pencarian pengguna untuk melindungi privasi data pengguna.

Kelebihan Search Encrypt 

Search encrypt menawarkan beberapa keuntungan bagi pengguna dan search engine. Berikut adalah beberapa kelebihan search encrypt, antara lain:

Privasi dan Keamanan yang Ditingkatkan

Karena pihak ketiga tidak merekam atau melacak aktivitas pencarian pengguna, Search Encrypt menawarkan privasi dan keamanan yang luar biasa. Ini memastikan bahwa data pribadi dan data pengguna tidak diungkapkan kepada pihak yang tidak bertanggung jawab. Ini bertindak sebagai perlindungan terhadap potensi ancaman, melindungi data pencarian pengguna dari peretas dan penyadap.

Kepercayaan Pengguna

Penggunaan enkripsi SSL memberi sinyal kepada pengguna bahwa mesin pencari memprioritaskan privasi mereka, menumbuhkan kepercayaan dan berpotensi meningkatkan retensi pengguna. Ini dapat membangun loyalitas mereka yang lebih kuat karena pengguna cenderung kembali ke platform dimana mereka merasa data mereka diperlakukan dengan hati-hati dan hormat.

Baca Juga:   7+ Free Image Hosting Terbaik Untuk Hemat Disk Space

Keamanan Ekosistem Internet

Dengan mengamankan lebih banyak data pengguna, search encrypt berkontribusi untuk mengurangi risiko keseluruhan ancaman dunia maya dan aktivitas berbahaya secara online.

Meningkatkan Akurasi Search Engine

menghasilkan hasil yang lebih akurat atau lebih halus. Anda dapat menemukan hasil untuk kata yang tepat jika Anda mengetik kumpulan kata di antara tanda kutip dan kemudian mencari di mesin pencari dengan kata kunci tersebut. Selain itu, Anda dapat menentukan jenis sumber daya web yang akan dicari, termasuk beberapa contoh mesin pencari, seperti Google dan Yahoo. 

Membantu mengatur agar informasi bisa tersebar di halaman yang sama

Kelebihan tambahan ialah kemampuan untuk mengatur agar data tersebar ke berbagai halaman web yang sama, sehingga data dapat terorganisir dengan baik dan membantu kita mendapatkan informasi secara teratur dan jelas.

Memiliki kemampuan untuk melakukan pencarian melalui berbagai sumber internet

Sumber informasi yang ditampilkan biasanya berasal dari berbagai sumber, sehingga kita dapat memilih sumber yang paling dekat dengan informasi yang kita cari.

Tertarik Untuk Menggunakan VPS dengan teknologi terbaik dari Nevacloud?

Bagi mereka yang ingin menjaga keamanan dan privasi saat melakukan pencarian online, Search Encrypt adalah pilihan yang tepat. Search Encrypt memberikan hasil pencarian yang relevan tanpa mengorbankan privasi dan melindungi data pribadi dengan fitur enkripsinya yang kuat. Dengan menggunakan mesin pencari ini dan mengunjungi situs Web Search Encrypt, Anda dapat menjelajahi internet dengan lebih aman dan nyaman.Terlepas dari itu, jika anda sedang mencari VPS dengan teknologi terbaik, anda dapat menggunakan VPS dari Nevacloud. Tunggu apalagi? kunjungi website Nevacloud dan temukan beragam penawaran menariknya!

Avatar for Hiqbal Fauzi

About Author

Hiqbal Fauzi

As SEO Specialist at Deneva with a bachelor's in animal husbandry, passionate about digital marketing, especially in SEO.