Rupiah Indonesia Dapatkan Gratis Saldo Nevacloud Rp40.000!

Virtual Private Server atau VPS adalah salah satu jenis hosting web paling populer. Hal ini karena VPS lebih kuat dan banyak memberikan kelebihan daripada shared hosting, dan tersedia dengan harga yang jauh lebih rendah daripada dedicated server hosting.

VPS adalah jenis layanan dimana host membagi server fisik menjadi beberapa salinan virtual dan mengalokasikan sejumlah sumber daya sistem teta untuk masing – masing pengguna. Inilah yang membuat hosting VPS berbeda dari layanan shared hosting karena setiap pengguna akan mendapatkan CPU, RAM, ruang disk, dan akun mereka sendiri yang sepenuhnya terisolasi dari klien lain.

VPS sangat cocok untuk anda yang ingin memiliki sumber daya yang dialokasikan secara individual untuk situs web pribadi dan mengharapkan peningkatan traffic situs web. Pada Artikel ini, Nevacloud akan membahas 7 jenis virtual private server yang berbeda. Anda akan mendapatkan gambaran secara jelas tentang berbagai jenis hosting VPS. Perbedaan ini didasarkan pada jenis teknologi virtualisasi yang digunakan di server. Yuk ikuti terus ulasan artikel ini.

Jenis VPS 

Nevacloud telah merangkum beberapa jenis layanan VPS. Yuk simak lebih lanjut ulasan berikut:

1. OpenVZ

OpenVZ adalah jenis VPS yang menggunakan sistem operasi (OS) berbasis container di atas Linux. Jenis layanan ini dapat berjalan di berbagai jenis CPU hanya berdasarkan OS Linux saja. Untuk pengguna Windows, Anda tidak dapat menggunakan OpenVZ dan harus memilih jenis VPS yang lain.

Selain itu, layanan ini merupakan modifikasi dari kernel Linux yang memungkinkan beberapa sistem operasi virtual berjalan di satu server fisik. Dengan hanya menjalankan satu kernel, OpenVZ lebih stabil dalam kinerja dan hemat sumber daya.

Baca Juga:   Mengenal Putty, Fitur, Fungsi, dan Cara Menggunakannya

Beberapa kelebihan OpenVZ antara lain lebih murah dan relatif lebih mudah dirawat, sumber daya digunakan secara efisien, dan lebih mudah untuk dimengerti. Anda juga tidak memerlukan lisensi khusus dan tidak perlu membayar biaya apapun untuk dapat menggunakan OpenVZ.

2. VPS KVM

Jenis VPS selanjutnya lebih dikenal dengan Kernel-based Virtual Machines atau KVM. VPS ini dilengkapi dengan teknologi yang memungkinkan untuk berkomunikasi langsung dengan perangkat keras tanpa memerlukan sistem operasi. Jika Anda menginginkan server dengan sistem virtualisasi yang lengkap, VPS KVM adalah salah satu opsi terbaik. 

Dengan VPS KVM, anda dapat beralih dari Linux ke Windows dan sebaliknya pada perangkat keras yang sama kapanpun anda inginkan. Karena virtualisasi dibuat menggunakan perangkat keras host, ada dapat menjalankan sistem operasi anda secara independen dari host. Hal ini berarti meskipun host menggunakan sistem operasi Linux, anda tetap dapat menjalankan server anda di Windows atau sistem operasi lain yang anda inginkan.

VPS KVM cocok digunakan oleh usaha kecil yang ingin berkembang serta perusahaan besar yang bekerja dengan sejumlah besar data sensitif. Selain web hosting, VPS KVM juga dapat digunakan sebagai hosting server database, hosting server game, hosting forex, dan hosting media.

3. VPS Windows

Produk windows menawarkan solusi hosting VPS yang telah diperiksa dengan baik dan diuji secara ketat. Windows juga memberikan anda rasa keakraban ketika anda mulai mengelola server. Namun VPS Windows bukan produk open source seperti beberapa jenis hosting VPS lainnya, hal ini berarti bahwa jenis VPS ini akan sedikit lebih mahal.

VPS windows menawarkan sistem dukungan aktif untuk pelanggan. Anda juga mendapatkan kontrol akses atas server. Beberapa kelebihannya yakni manajemen sumber daya yang baik, sangat berfokus pada keamanan, kualitas serta dukungan pelanggan khusus dari microsoft yang sudah tidak perlu diragukan lagi keandalannya.

Baca Juga:   VPS KVM : Pengertian, Kelebihan dan Perbedaannya dengan OpenVZ

VPS Windows merupakan sistem yang dipersiapkan untuk kinerja puncak sehingga situs web anda akan berjalan lebih cepat, waktu pemuatan akan berkurang, dan menyebabkan rasio pentalan yang lebih rendah dari traffic pengguna. Jika situs web anda berurusan dengan informasi yang bersifat pribadi atau memiliki fitur yang berhubungan dengan perbankan dan penagihan pelanggan, keamanan VPS Windows adalah opsi yang sangat cocok untuk anda.

4. Hyper V VPS

Hyper V adalah VPS Microsoft dengan tampilan antarmuka menggunakan gambar secara keseluruhan tidak seperti tipe konvensional. Layanan ini sangat bagus untuk orang yang tidak ingin repot dengan editor perintah seperti sistem operasi Linux yang populer. Dengan antarmuka pengguna grafis (GUI), Hyper V praktis dan mudah digunakan.

Tidak hanya dapat memvirtualisasikan sistem operasi, Hyper V VPS juga memvirtualisasikan seluruh komponen perangkat keras seperti hard drive dan network switches. Hyper V tidak terbatas pada perangkat pengguna.

5. VPS Xen HVM

HVM atau Hardware Virtual Machine adalah jenis VPS lain yang tersedia untuk sistem operasi Windows. Seperti KVM, Xen HVM menggunakan teknologi virtualisasi tingkat kernel. VPS Xen HVM memanfaatkan ekstensi virtual CPU dan mesin fisik. Xen HVM memerlukan ekstensi perangkat keras Intel VT atau AMD-V. Layanan ini sangat ideal untuk website yang membutuhkan kapasitas server yang tinggi, seperti: B. Toko online, pasar, media sosial, dll.

6. Managed VPS

Dengan menggunakan Managed VPS, anda dapat dengan mudah meng hosting situs web anda. Anda mendapatkan kinerja yang lebih cepat, sumber daya yang dialokasikan secara individual, dan keamanan yang lebih baik. Ini adalah pilihan yang bagus bagi mereka yang menginginkan fitur terbaik dari VPS tetapi tidak ingin terlibat dalam aspek pemeliharaan teknis hosting.

Baca Juga:   Apa Itu NAT? Pengertian, Fungsi, Jenis dan Cara Kerjanya!

Anda akan mendapatkan akses root penuh dengan hosting Managed VPS ini. Bersamaan dengan itu, penyedia hosting web akan memberi anda bantuan teknis dari para profesional TI yang berpengalaman. Fitur yang menarik dari hosting managed VPS ini adalah memberi anda semua kebutuhan yang anda butuhkan tanpa tanggung jawab pemeliharaan. Ini membantu anda fokus pada aspek lain dari bisnis dan situs web anda.

7. Unmanaged VPS

Unmanaged VPS merupakan kebalikan dari managed VPS, di mana sistem operasi dan aplikasi pendukung lainnya masih kosong. Ini berarti Anda harus mengkonfigurasi pengaturan server Anda secara terpisah dari sistem operasi dan aplikasi Anda hingga situs web Anda tersedia kembali. Sederhananya, anda adalah satu – satunya administrator di komputer dan yang memiliki wewenang untuk melakukan konfigurasi.

Keuntungan utama menggunakan unmanaged VPS adalah harga yang sangat terjangkau. Karena, anda tidak perlu mengeluarkan biaya tambahan untuk fitur yang tidak akan anda gunakan atau dukungan teknis yang tidak anda perlukan. Anda juga memiliki akses root penuh yang berarti anda bebas mengelola server sesuai yang anda inginkan. 

Karena terlalu advance, unmanaged VPS hanya direkomendasikan bagi mereka yang memiliki pengetahuan dan pengalaman dalam administrasi server.

Tertarik Untuk Menggunakan VPS dari Nevacloud?

Nah, anda telah mengetahui jenis – jenis virtual private server beserta dengan karakteristik dan kelebihannya. Memilih jenis virtual private server yang tepat akan membantu anda untuk mendapatkan pengalaman mengelola server dengan optimal. 

Sudah menemukan jenis VPS yang akan anda gunakan tetapi bingung bagaimana cara mendapatkannya? Tidak usah khawatir, anda bisa mulai melihat dan menggunakan cloud vps terbaik dari Nevacloud. Kunjungi Nevacloud dan temukan layanan VPS dan cloud storage untuk situs web anda!

Avatar for Titis Nur Pratomo

About Author

Titis Nur Pratomo

SEO Specialist at Deneva | Helping Increase Business Visibility in Search Engine | SEO & WordPress Enthusiast