Apa Itu Hybrid Cloud? 

Hybrid cloud adalah desain infrastruktur TI yang mengintegrasikan sumber daya TI internal perusahaan dengan infrastruktur dan layanan penyedia cloud pihak ketiga. Istilah “cloud” menggambarkan jaringan sumber daya komputasi sesuai permintaan yang diakses melalui internet. Ekosistem ini memfasilitasi pengiriman dan pertukaran layanan komputasi seperti penyimpanan data, aplikasi perangkat lunak, analitik, dan alat intelijen.

Munculnya hybrid cloud sebagai sebuah konsep mencerminkan garis yang semakin kabur antara jenis cloud tradisional. Awan publik dan pribadi awal dibedakan berdasarkan lokasi dan kepemilikan, dengan awan publik dijalankan dari premis oleh penyedia pihak ketiga dan awan pribadi dijalankan secara lokal oleh pihak yang memanfaatkan layanan. Jenis cloud saat ini jauh lebih kompleks, karena lokasi dan kepemilikan adalah pertimbangan abstrak.

Hybrid cloud menggabungkan dua atau lebih jenis lingkungan cloud. Penerapan hybrid cloud menggabungkan public cloud dan private cloud, dan mereka juga dapat menyertakan infrastruktur warisan lokal. Agar cloud benar-benar menjadi hybrid, lingkungan cloud yang berbeda ini harus saling berhubungan erat satu sama lain, yang pada dasarnya berfungsi sebagai satu infrastruktur gabungan. Hampir semua hybrid cloud menyertakan setidaknya satu public cloud.

Solusi hybrid cloud memungkinkan Anda untuk bermigrasi dan Kelola beban kerja antara berbagai cloud ini lingkungan, memungkinkan Anda untuk membuat lebih fleksibel Penyiapan berdasarkan kebutuhan bisnis spesifik Anda. Banyak Organisasi memilih untuk mengadopsi platform hybrid cloud untuk mengurangi biaya, meminimalkan risiko, dan memperluasnya Kemampuan yang ada untuk mendukung digital upaya transformasi.

Dengan hybrid cloud, Anda dapat menyimpan data dan menjalankan aplikasi di berbagai lingkungan. Lingkungan hybrid cloud Anda membantu Anda menyediakan, menskalakan, dan mengelola sumber daya komputasi Anda secara terpusat.

Baca Juga:   VMware Adalah : Pengertian, Fungsi dan Cara Kerjanya

Bagaimana Hybrid Cloud Terhubung?

hybrid cloud dapat dihubungkan dengan salah satu metode berikut:

VPN

Virtual Private Network (VPN) memberdayakan kombinasi yang aman dan terenkripsi melalui Internet. Karena lalu lintas VPN dikodekan, siapa pun atau mesin apa pun yang terkait dengan VPN dapat menyampaikan dengan aman seolah-olah mereka terhubung dengan jaringan internal pribadi. Dengan VPN, cloud dan kerangka kerja lokal dapat berinteraksi dengan aman melalui Internet terbuka.

WAN

Wide Area Network (WAN) adalah jaringan yang menghubungkan PC jarak jauh, tidak seperti jaringan area lokal (LAN) yang menghubungkan PC secara lokal, di dalam gedung serupa, atau di tempat yang serupa. Koneksi melalui WAN lebih dapat diandalkan daripada koneksi melalui Internet terbuka. Untuk hybrid cloud, WAN dapat membuat koneksi terenkripsi menggunakan VPN.

API

Integrasi Application Programming Interface (API) sangat penting untuk membuat komputasi awan hibrida bekerja dengan tahapan interfacing, basis informasi, aplikasi, dll. Panggilan antarmuka pemrograman dikirim dimulai dengan satu cloud kemudian ke cloud berikutnya sebagai permintaan Hypertext Transfer Protocol (HTTP), dan mereka dapat dikirim melalui internet terbuka, VPN, atau WAN.

Kelebihan Hybrid Cloud

  • Fleksibilitas: hybrid cloud memudahkan untuk beralih ke gaya penyebaran cloud yang berbeda. Misalnya, jika bisnis memutuskan untuk pindah ke penyebaran public cloud secara eksklusif, akan lebih mudah jika beberapa proses bisnis atau penyimpanan sudah terjadi di public cloud.
  • Melalui public cloud, bisnis dapat mencakup teknologi yang tidak praktis untuk dijalankan di private cloud, seperti pemrosesan data besar.
  • Backup untuk menghindari downtime: Jika satu cloud crash atau rusak, perusahaan dapat mengandalkan cloud lain, menghindari gangguan layanan. Jenis redundansi ini juga merupakan keuntungan dari penyebaran multi cloud.
  • Memenuhi lonjakan permintaan: Perusahaan dapat menjalankan sebagian besar prosesnya di private cloud, dan kemudian menggunakan public cloud untuk daya komputasi ekstra guna menangani lonjakan beban kerja yang tiba-tiba, seperti ketika jauh lebih banyak pengguna daripada biasanya mengakses situs eCommerce selama Black Friday. Strategi ini dikenal sebagai cloud bursting, karena beban kerja “meledak” dari satu cloud ke cloud yang lebih besar.
  • Potensi penghematan biaya: Memelihara pusat data internal, seperti private cloud, bisa mahal dan intensif sumber daya. Dengan memindahkan beberapa operasi ke public cloud, organisasi tidak perlu memelihara banyak infrastruktur di tempat, mengurangi biaya.
  • Simpan data sensitif di lokasi: Beberapa organisasi menangani data sensitif, seperti nomor kartu kredit, informasi perawatan kesehatan, atau data keuangan. Menjaga data tersebut di tempat memberi perusahaan lebih banyak kontrol atas langkah-langkah keamanan yang menjaga data sensitif. Dalam penyebaran hybrid cloud, organisasi dapat menyimpan data sensitif di private cloud yang aman, dan kemudian menggunakan public cloud untuk menjalankan sisa aplikasi mereka.
Baca Juga:   Tutorial Cara Konfigurasi Nginx Reverse Proxy

Cara Kerja Hybrid Cloud

Hybrid Cloud Computing bekerja dengan menggabungkan public cloud dan private cloud, memungkinkan data untuk mentransfer antar lingkungan dengan mudah. Interkonektivitas dibuat layak pertama melalui virtualisasi data, kemudian melalui perangkat dan aplikasi yang terhubung seperti API, VPN, WAN.

Dengan menghubungkan semuanya ke hybrid cloud, terutama jika Anda mengelola berbagai macam data, perusahaan Anda mendapatkan kontrol yang lebih besar atas keamanan, ketersediaan, perlindungan, legitimasi, dan keamanan data untuk kerangka kerja TI Anda dan aplikasi data klien Anda.

Contoh Penggunaan Hybrid Cloud

Meskipun ada banyak penyedia hybrid cloud, ini adalah 5 contoh hybrid cloud teratas:

  • Amazon Web Services (AWS): Amazon Web Services (AWS) tidak dapat disangkal adalah penyedia layanan paling dominan di dunia cloud. Meskipun dikenal luas dengan administrasi platform public cloudnya, ia juga menawarkan infrastruktur hybrid cloud dengan layanan instalasi di tempat. Produknya mulai dari kapasitas ledakan hingga pemulihan bencana.
  • Microsoft: Platform hybrid cloud Microsoft populer karena tradisi solusi lokalnya. Microsoft mengizinkan Azure Stack untuk menyalin seluruh infrastruktur Azure di private cloud.
  • Google Cloud: Google pada awalnya memulai dengan platform public cloud, tetapi sekarang mereka menawarkan solusi hybrid cloud juga, dengan beberapa organisasi private cloud terkemuka seperti Cisco. Produk mereka berkisar dari platform pemulihan bencana hingga kompresi data dan solusi berkecepatan tinggi.
  • Cisco: Cisco adalah penyedia layanan private cloud yang menawarkan solusi hybrid cloud melalui kolaborasi dengan jaringan lain. Kolaboratornya yang paling menonjol adalah Google.
  • NetApp: Ini adalah platform penyedia private cloud lain yang menawarkan layanan hybrid cloud melalui kemitraan dengan beberapa platform cloud terkemuka, seperti Amazon AWS, untuk solusi Cloud Computing hybrid.
Baca Juga:   Memahami Repository dalam Sistem Linux

Perbedaan Antara Hybrid Cloud vs Multi Cloud

hybrid cloud mencakup elemen public cloud dan pribadi, dengan tujuan untuk memungkinkan infrastruktur yang konsisten dan operasi yang konsisten di seluruh elemen tersebut. multi cloud adalah lingkungan cloud yang mencakup lebih dari satu penyedia public cloud, terlepas dari apakah itu hybrid atau tidak. Dengan demikian arsitektur cloud dapat menjadi hybrid tanpa multi cloud, multi cloud tanpa hybrid, atau hybrid dan multi cloud.

Organisasi TI dapat menggunakan hybrid cloud sebagai bagian dari strategi multi cloud yang mencakup lingkungan yang berbeda. Dengan multi cloud, organisasi TI mungkin memerlukan alat dan proses manajemen tambahan di luar fondasi manajemen hybrid cloud untuk memastikan operasi multi cloud yang konsisten. Manajemen multicloud yang efektif memastikan visibilitas dan kontrol di semua kombinasi lingkungan hybrid dan multicloud, termasuk biaya, keamanan, dan kepatuhan.

Tertarik Untuk Menggunakan VPS dengan teknologi terbaik dari Nevacloud?

Anyway, Jika anda ingin mencoba untuk menggunakan VPS murah dengan teknologi terbaik, Nevacloud datang untuk memberimu solusi. Gunakan VPS dengan teknologi terbaik tanpa khawatir kantong jebol. Yuk kunjungi Nevacloud dan temukan penawaran menariknya.

Avatar for Titis Nur Pratomo

About Author

Titis Nur Pratomo

SEO Specialist at Deneva | Helping Increase Business Visibility in Search Engine | SEO & WordPress Enthusiast