WHM Adalah : Pengertian, Fungsi & Kegunaannya!

WHM Adalah : Pengertian, Fungsi & Kegunaannya!
Avatar for Titis Nur Pratomo
  • September 17, 2023

Jika anda ingin menjadi web host atau reseller, penting bagi anda untuk memiliki alat administratif yang tepat. Jika tidak, anda akan merasa sangat kesulitan untuk mengelola akun pengguna yang anda buat. Oleh karena itu, anda bisa mempertimbangkan untuk menggunakan WebHost Manager (WHM) untuk memudahkan pekerjaan anda.

WHM adalah control panel yang dapat memberi anda akses ke berbagai fitur yang membuat penanganan akun sebagai reseller atau host menjadi mudah. Pada artikel ini, Nevacloud akan membahas lebih dalam apa itu WebHost Manager, serta beberapa fungsi dan kegunaannya. Langsung saja mari kita mulai!

Apa Itu WHM?

WHM (WebHost Manager) adalah control panel yang menawarkan dukungan komprehensif untuk reseller dan web host, jika anda tidak familiar dengan istilah ini, reseller adalah pemegang akun yang memiliki izin dari penyedia mereka untuk menggunakan sumber daya yang dialokasikan untuk menghosting website untuk pihak ketiga.

WHM dibuat di belakang cPanel dan menyediakan fitur administratif serupa dalam skala yang lebih besar. Pada dasarnya, ini dioptimalkan untuk membantu host dan reseller mengelola akun mereka dan akun pelanggan mereka.

Jika anda terbiasa dengan cPanel, maka anda akan dapat menggunakan WHM dengan mudah. Sebab, WHM menyediakan antarmuka yang serupa dengan cPanel. WHM memfasilitasi pembuatan akun cPanel untuk pelanggan dan memungkinkan anda mengelola aspek – aspek utama dari mereka dengan hanya mengklik tombol yang tersedia. 

Baca Juga:   Pengenalan Domain dan Web Hosting

Dengan WHM, anda akan dapat membuat dan mengedit paket hosting. Selain itu anda juga akan memiliki kemampuan mengelola sertifikat Secure Socket Layer (SSL) dan Domain Name System (DNS).

Pentingnya WHM

WHM memberi Anda lebih banyak kontrol dan fleksibilitas saat mengelola beberapa situs yang sangat populer dan intensif sumber daya, atau sejumlah besar situs. Selain memberi Anda kemampuan untuk menjual layanan hosting kepada orang lain, WHM juga memberi Anda opsi untuk membuat dan mengelola beberapa cPanel. Ada banyak alasan yang sangat bagus, jika Anda memiliki situs yang berorientasi bisnis atau populer, untuk menempatkannya di cPanel terpisah.

Fitur & Kegunaan WHM

Membuat, Menangguhkan, Menghapus Akun cPanel

Seperti disebutkan sebelumnya, WHM memungkinkan Anda membuat beberapa akun cPanel. Hal ini dapat dilakukan dengan mengakses fitur “Create a New Account”. Anda dapat membuat halaman default untuk setiap akun yang Anda buat.

Selain itu, Anda juga memiliki kemampuan untuk menghapus atau menangguhkan akun cPanel tertentu di fitur Daftar Akun. Hal ini dimungkinkan jika pelanggan melanggar kontrak atau akunnya habis masa berlakunya.

Mengakses DNS Zone Semua Domain

WHM memungkinkan Anda mengakses DNS zone untuk semua domain Anda. Hal ini dimungkinkan karena Anda adalah administrator dari semua akun hosting Anda.

Melakukan Monitor pada Server

Anda dapat memantau aktivitas server langsung dari WHM menggunakan fitur berikut:

  • Process Manager: Fitur yang melacak semua proses yang berjalan di server.
  • Service Manager: Fungsi yang mengelola aktivitas yang berlangsung di latar belakang (background activation).
  • Show Current Disk Usage: Fitur ini digunakan untuk melihat jumlah ruang disk.

Menginstal dan Mengelola SSL

SSL merupakan komponen penting untuk website Anda. Tentu saja, terutama jika Anda seorang reseller hosting, kami sangat menyarankan untuk menawarkan SSL sebagai perlindungan keamanan untuk situs web pelanggan Anda.

Baca Juga:   Apa Itu WAF? Pengertian, Jenis, Fungsi dan Cara Kerjanya!

Pelanggan tentu saja memilih hosting dengan fungsionalitas dan layanan lengkap bukan? Oleh karena itu, WHM menyediakan fungsionalitas SSL/TLS untuk menginstal dan mengelola SSL guna mendukung bisnis Anda.

Mengatur Paket Hosting

Jika Anda ingin memulai bisnis Anda sebagai reseller hosting, Anda dapat menawarkan paket hosting yang berbeda kepada pelanggan Anda. WHM memungkinkan Anda dengan mudah mengelola berbagai kapasitas sumber daya untuk setiap paket hosting yang Anda tawarkan.

Oleh karena itu, paket hosting yang berbeda tersedia dengan harga yang berbeda tergantung pada jumlah sumber daya (ruang penyimpanan) yang digunakan. Selain itu, WHM memungkinkan Anda dengan mudah memberikan kemampuan peningkatan domain ke layanan hosting Anda tanpa harus memindahkan semua file yang ada.

Mentransfer File ke WHM

Dengan WHM, sebagai reseller hosting, Anda dapat membantu pelanggan Anda mentransfer file website dari hosting sebelumnya ke hosting Anda.

Backup File

WHM memiliki fitur backup otomatis yang dapat Anda aktifkan untuk setiap akun cPanel yang Anda miliki. Semua data cadangan kemudian diunggah ke penyimpanan cloud seperti Google Drive, WebDAV, dll.

Memberi Perlindungan Pada Domain

WHM memungkinkan Anda melindungi domain Anda dari serangan eksternal dengan mengaktifkan perlindungan brute force cPHulk. Fitur ini melindungi cPanel Anda dari login brute force yang mungkin dilakukan peretas di situs web Anda.

Market Provider Manager

Manajer Penyedia Pasar sangat diperlukan bagi mereka yang menjalankan perusahaan hosting reseller. Fitur ini memungkinkan Anda melihat dan mengelola produk yang dapat dibeli pelanggan Anda melalui cPanel, antara lain: Layanan Upgrade Sertifikat SSL dan Paket Hosting.

Menyediakan CMS 

Fitur “Manage CPAddons Site Software” memungkinkan Anda menerapkan beberapa opsi sistem manajemen konten (CMS) ke cPanel klien Anda. Oleh karena itu, CMS ini bermanfaat untuk hosting karena memudahkan pelanggan dalam mengelola konten websitenya.

Baca Juga:   Tutorial Cara Konfigurasi Nginx Reverse Proxy

Menyediakan Plugin

WHM menyediakan kemampuan untuk mengelola plugin cPanel di bawah menu Manage Plugins. Plugin yang kompatibel dengan cPanel antara lain Munin (untuk pemantauan server), ClamAV (untuk perlindungan virus), dan Solr (pengindeksan teks).

Modifikasi Server

WHM memiliki banyak fitur yang memungkinkan Anda menambah atau mengubah berbagai hal di server Anda. Misalnya, mengubah desain halaman login default, mengubah notifikasi, dan melindungi diri dari spam.

Perbedaan WHM dengan cPanel

Ada beberapa perbedaan mendasar antara WHM dengan cPanel. Nevacloud telah merangkumnya menjadi beberapa faktor, diantaranya:

FaktorWHM cPanel
ControllerWHM pada dasarnya adalah reseller control panel. Banyak reseller menggunakan WHM untuk mengelola semua akun web hosting merekacPanel adalah control panel yang digunakan oleh end user di bawah penyedia hosting web. Hal ini umumnya digunakan oleh pelanggan untuk mengelola akun mereka sendiri
AksesReseller memperoleh akses tingkat root dengan WHMcPanel hanya menawarkan akses akun web hosting di server kepada penggunanya
Port NumberWHM berfungsi hingga 2087, yang merupakan port number yang amancPanel disisi lain, beroperasi hingga 2083 sebagai port number amannya
Password ResetDetail password untuk WHM sesuai dengan akun cPanelnya. Itu berarti jika anda mengubah password WHM anda, maka password cPanel akan ikut berubahPassword untuk cPanel dapat diatur oleh end user sesuai dengan pilihan mereka
DomainAnda hanya dapat menambahkan domain tetapi tidak dapat menambahkan subdomainAnda dapat menambahkan atau menghapus domain dan subdomain apapun.

Tertarik Menggunakan VPS Teknologi Terbaik dari Nevacloud?

Pada artikel kali ini kami akan menjelaskan apa itu WHM, kelebihan yang ditawarkan, fitur yang ditawarkan, dan perbedaannya dengan cPanel.  Dengan kata lain, cPanel adalah panel kontrol yang digunakan pengguna akhir untuk mengelola akun hosting pribadi mereka. WHM, di sisi lain, adalah panel admin cPanel yang biasanya digunakan oleh reseller hosting untuk mengelola beberapa akun cPanel.
WHM memiliki banyak fitur, termasuk kemampuan pemantauan server, kemampuan backup, dan CMS terkelola untuk cPanel. Fitur-fitur ini juga disediakan dalam antarmuka yang ramah pengguna, yang menyederhanakan proses pengelolaan. Meskipun WHM merupakan panel yang kuat, namun tetap perlu didukung oleh VPS yang kuat. Tentu saja layanan cloud VPS Nevacloud bisa menjadi pilihan yang tepat. Kunjungi Nevacloud dan miliki VPS dengan teknologi terbaiknya sekarang juga!

Avatar for Titis Nur Pratomo

About Author

Titis Nur Pratomo

SEO Specialist at Deneva | Helping Increase Business Visibility in Search Engine | SEO & WordPress Enthusiast