Apa Itu CMD? Kenali Pengertian & Fungsinya

Apa Itu CMD? Kenali Pengertian & Fungsinya
Avatar for Hiqbal Fauzi
  • June 23, 2024

Pengertian Command Prompt (CMD)

Command Prompt (CMD) adalah aplikasi command line interpreter yang tersedia di sebagian besar sistem operasi Windows. Ini digunakan untuk menjalankan perintah yang dimasukkan. Sebagian besar perintah tersebut mengotomatiskan tugas melalui skrip dan file batch, melakukan fungsi administratif lanjutan, dan memecahkan masalah atau menyelesaikan beberapa jenis masalah Windows.

Perintah yang dikirim ke Command Prompt dimasukkan sebagai baris teks, yang dijalankan oleh sistem operasi segera setelah Anda menekan Enter pada keyboard Anda. Tidak seperti aplikasi biasa yang menggunakan antarmuka pengguna grafis, Command Prompt tidak memiliki antarmuka visual per se. Alih-alih tombol, kotak centang, slider, bar, daftar, dan elemen grafis lainnya, Command Prompt hanya menggunakan teks yang dimasukkan dari keyboard.

CMD adalah bentuk singkat dari kata perintah, dan ini juga merupakan cara singkat untuk meminta Windows meluncurkan Command Prompt. Misalnya, di Windows 10, Anda dapat menggunakan pencarian atau jendela Run untuk mencari cmd dan menjalankan Command Prompt alih-alih mengetik nama lengkap.

cmd
Sumber: Envato

Manfaat Mempelajari CMD (Command Prompt)

Meskipun bisa dibilang lebih sulit bagi pengguna biasa untuk belajar dan menggunakan Command Prompt daripada aplikasi modern dengan antarmuka pengguna grafis, alat ini dapat berguna dalam situasi tertentu.

Salah satu alasan utama mengapa Command Prompt berguna adalah memungkinkan Anda menjalankan banyak perintah satu demi satu, yang berarti Anda dapat menggunakannya untuk mengotomatiskan tugas. Misalnya, dengan membuat skrip sederhana, Anda dapat membuat sekumpulan perintah yang dijalankan secara otomatis pada waktu tertentu yang Anda pilih (seperti ketika Anda masuk ke Windows, ketika Anda mematikan Windows, atau hanya ketika Anda mengklik dua kali pada file batch).

Baca Juga:   Tutorial Cara Konfigurasi Nginx Reverse Proxy

Poin kuat lain dari Command Prompt, terutama dibandingkan dengan aplikasi dengan antarmuka pengguna grafis, adalah memberi kita jalur komunikasi langsung dengan sistem operasi. Dengan kata lain, jika Anda tahu perintah yang tepat, Anda dapat melakukan lebih banyak hal dengan Command Prompt daripada yang dapat Anda lakukan dengan aplikasi biasa. Meskipun menggunakan mouse Anda untuk bekerja dengan Windows biasanya cukup untuk sebagian besar pengguna, Command Prompt memberi Anda tingkat kontrol yang lebih tinggi atas sistem operasi, menawarkan Anda akses ke opsi dan alat yang tidak tersedia sebaliknya.

Cara Mengakses dan Menggunakan Command Prompt

Cara Mengakses Command Prompt

Ada banyak cara berbeda untuk mengakses Command Prompt, tetapi ada dua metode yang paling mudah:

  • Gunakan pencarian Windows untuk mencari “Command Prompt”, lalu pilih hasil yang sesuai.
  • Tekan Tombol Windows + R untuk membuka terminal Run. Kemudian ketik “CMD” dan tekan tombol Enter.

Beberapa perintah tidak akan berjalan di Command Prompt tanpa izin yang sesuai, jadi jika Anda mengalami kesulitan, coba klik kanan pada ikon CMD dan pilih Run as Administrator sebagai gantinya.

Cara Menggunakan Command Prompt 

Jika Anda terbiasa dengan antarmuka visual seperti Windows atau macOS, maka Command Prompt mungkin terlihat seperti sesuatu kuno — Dan memang demikian. Command Prompt pertama kali ditambahkan ke pendahulunya Windows hampir 40 tahun yang lalu, tetapi masih berfungsi hari ini seperti sebelumnya.

Untuk menggunakannya, Anda harus mengetikkan perintah dalam urutan tertentu dengan spasi yang benar dan penggunaan karakter khusus. Jika Anda pernah melakukan pemrograman apa pun, itu akan terasa sedikit akrab. Anda memasukkan perintah dengan ejaan, sintaksis, dan konteks yang benar, dan Anda akan mendapatkan hasil yang Anda inginkan. Jika Anda tidak melakukan semua itu dengan benar, itu tidak akan melakukan apa-apa selain memberitahu Anda bahwa Anda melakukan sesuatu yang salah.

Baca Juga:   Topologi Ring: Pengertian, Fungsi, Cara Kerja & Contoh

Ikuti petunjuk yang tepat tentang cara menggunakan berbagai perintah Command Prompt, dibawah ini.

apa itu cmd
Sumber: Envato

Macam Fungsi CMD

Help. 

Bisa dibilang yang paling penting dari semua perintah Command Prompt, mengetik “help” akan memberi Anda daftar perintah yang tersedia.

“Command” /?

Meskipun mengharuskan Anda untuk memasukkan perintah di bagian yang dikutip (tanpa tanda kutip), yang ini akan memberitahu Anda semua yang perlu Anda ketahui tentang salah satu perintah dalam daftar ini. Ini bagus untuk digunakan jika Anda ingin informasi lebih rinci tentang apa yang dilakukan perintah dan untuk melihat contoh cara kerjanya.

TRACERT. 

Jika Anda ingin melacak lalu lintas internet PC Anda, perintah ini memungkinkan Anda melacak jumlah server perantara yang dilalui paket Anda, waktu yang dibutuhkan setiap transfer, dan nama atau alamat IP setiap server. 

IPConfig. 

Jika Anda memiliki masalah jaringan, IPConfig akan sangat berguna untuk segala macam alasan. Menjalankannya memberitahu Anda banyak hal tentang PC dan jaringan lokal Anda, termasuk alamat IP router Anda, sistem yang Anda gunakan saat itu, dan keadaan berbagai koneksi jaringan Anda.

Ping. 

perlu mengonfirmasi apakah internet Anda secara resmi mati atau jika masalah perangkat lunak menyebabkan masalah? Lakukan Ping. Tidak masalah apakah itu Google.com atau server jarak jauh pribadi Anda sendiri. Apa pun yang Anda pilih, jika Anda mendapat tanggapan, Anda tahu ada koneksi di sana. Perintah ini juga berguna untuk memeriksa apakah sistem jaringan lokal berfungsi dengan baik.

Chkdsk. 

Periksa Disk, ditulis sebagai “Chkdsk,” melihat drive yang Anda pilih untuk kesalahan. Meskipun ada banyak alat Windows dan pihak ketiga untuk memeriksa kesalahan drive, Check Disk adalah klasik yang berfungsi dengan baik dan dapat menyelamatkan Anda dari kehilangan data jika menemukan masalah cukup awal.

Baca Juga:   Apache vs Nginx : Web Server Mana yang Lebih Bagus?

SFC. 

kependekan dari System File Checker, perintah “SFC /scannow” akan memindai semua file sistem Windows untuk mencari kesalahan dan memperbaikinya jika bisa. Peringatan: Yang ini bisa memakan waktu.

CIs. 

Hasil perintah Command Prompt mungkin berguna, tetapi mereka bukan yang paling terorganisir dengan baik atau mudah dibaca. Jika layar terlalu penuh, cukup ketik “Cls” dan tekan enter untuk menghapusnya.

Dir 

Jika Anda menggunakan Command Prompt untuk menelusuri sistem file Anda, perintah “Dir” akan menampilkan semua file dan folder di dalam folder saat ini. Anda juga dapat menambahkan /S dan menggunakannya sebagai pencarian ketika Anda ingin menemukan sesuatu yang spesifik.

Netstat

Perintah ini menampilkan segala macam informasi tentang koneksi yang ada ke PC Anda, termasuk koneksi TCP, port tempat sistem Anda mendengarkan, statistik Ethernet, dan tabel IPRouting.

apa itu cmd
Sumber: Envato

Tertarik Untuk Menggunakan VPS dengan teknologi terbaik dari Nevacloud?

Sekarang Anda tahu lebih banyak tentang Command Prompt, mengapa itu berguna, dan apa yang dapat Anda lakukan dengannya. Anda juga tahu dari mana asalnya dan masih memiliki masa depan. Pertanyaannya adalah: sudahkah Anda menggunakan dan apakah Anda masih menggunakannya? Jika ya, untuk apa Anda menggunakan Command Prompt? Terlepas dari itu, jika anda sedang mencari VPS dengan teknologi terbaik, anda dapat menggunakan VPS dari Nevacloud. Tunggu apalagi? kunjungi website Nevacloud dan temukan beragam penawaran menariknya!

Avatar for Hiqbal Fauzi

About Author

Hiqbal Fauzi

As SEO Specialist at Deneva with a bachelor's in animal husbandry, passionate about digital marketing, especially in SEO.