7+ Free Image Hosting Terbaik Untuk Hemat Disk Space

7+ Free Image Hosting Terbaik Untuk Hemat Disk Space
Avatar for Titis Nur Pratomo
  • September 16, 2023

Setiap gambar menceritakan sebuah kisah. Gambar dapat menangkap orang, tempat, dan peristiwa. Suatu gambar juga dapat memainkan peran besar dalam strategi pemasaran perusahaan mana pun. Dan, dengan image hosting, Anda dapat mengelola foto dan membagikannya dengan audiens Anda.

Image hosting memungkinkan Anda menyimpan, mengelola, dan berbagi foto dengan mudah. Pada artikel ini, Nevacloud akan menjelaskan apa itu image hosting dan daftar beberapa situs image hosting gratis terbaik. Baca terus untuk mempelajari lebih lanjut cara menghosting gambar.

Apa Itu Image Hosting?

Layanan image hosting memungkinkan Anda mengunggah gambar ke server jarak jauh untuk dilihat secara online. Anda kemudian dapat menampilkan gambar kepada pengguna melalui situs web atau aplikasi web Anda, tanpa harus mengalokasikan ruang penyimpanan untuk gambar di server web Anda.

Layanan image hosting menawarkan antarmuka pengguna yang dapat Anda gunakan untuk mengunggah gambar dari perangkat lokal atau dari layanan penyimpanan terintegrasi (misalnya, layanan image hosting dapat memungkinkan Anda mentransfer file langsung dari Dropbox, Google Drive, atau Instagram). Banyak layanan image hosting juga menawarkan application programming interface (API) yang memungkinkan Anda mengunggah dan mengambil gambar secara terprogram.

Setelah layanan hosting menerima file, layanan ini menyediakan URL yang dapat diakses publik yang dapat Anda gunakan untuk mengirimkan gambar kepada pengguna. Anda dapat menambahkan gambar ke halaman web Anda menggunakan URL ini. Beberapa layanan image hosting juga menyediakan antarmuka unggah file yang dapat Anda gunakan di situs web Anda, untuk memungkinkan pengguna mengunggah file mereka sendiri secara langsung.

Baca Juga:   Brainware Adalah : Fungsi, Jenis & Contohnya!

Daftar Website Free Image Hosting 

1. Mailchimp

Mailchimp membuatnya mudah untuk mengunggah foto dan menghosting gambar Anda. Bahkan menawarkan berbagai alat desain untuk menyesuaikan foto Anda. Anda dapat dengan mudah menambahkan teks atau foto atau footer ke gambar Anda dengan Mailchimp. Alat desainnya membuat gambar Anda benar-benar dapat disesuaikan dan mudah dikelola. Mailchimp menawarkan berbagai alat desain untuk pengguna sehingga Anda dapat dengan mudah menambahkan gambar ke blog, album foto, atau situs web Anda.

2. Imgur

Imgur adalah situs web hosting image gratis yang menawarkan GIF tanpa akhir. Ia bekerja dengan hampir semua format foto utama dan Anda juga dapat menambahkan keterangan ke gambar Anda dan dengan mudah mengunggahnya melalui email Anda. Antarmuka Imgur mudah dan membuatnya sangat mudah untuk mengunggah gambar dan membagikannya ke media sosial, sehingga pengguna dapat dengan mudah menjangkau khalayak yang lebih luas. Dan, yang terbaik dari semuanya, semua fitur Imgur gratis untuk digunakan.

3. Photobucket

Photobucket adalah salah satu situs hosting gambar terbaik. Ini sangat ramah pengguna. Dalam beberapa menit, Anda dapat mengaktifkan dan menjalankan akun Anda. Anda dapat membuat tautan dan mengedit semua gambar Anda di Photobucket. Dan, sangat mudah untuk melakukan ini. Jika Anda tidak memiliki perangkat lunak pengeditan pencitraan, ini sangat berguna. Photobucket juga menyertakan fitur slideshow. Selain itu, Anda dapat meningkatkan akun Anda dengan Photobucket.

4. Flickr

Flickr jelas merupakan salah satu situs web hosting foto online terbaik. Banyak bisnis menggunakan Flickr ketika mereka ingin menemukan gambar berkualitas tinggi untuk situs web mereka. Selain menemukan foto menggunakan platform ini, Anda juga dapat memperoleh akses ke video.

Baca Juga:   Pengertian Power Supply, Cara Kerja, Fungsi, dan Jenis-Jenisnya

Flickr gratis untuk pengguna hingga 100 mb per bulan dan tidak ada batasan penyimpanan. Jadi, lanjutkan dan unggah foto sebanyak yang Anda inginkan. Anda dapat dengan mudah menambahkan judul dan tag foto. Anda juga dapat mengunggah foto kapan saja dan di mana saja. Flickr memungkinkan penggunanya untuk berbagi foto hanya pada satu platform.

5. Google Photos

Google Photos adalah situs hosting gambar hebat yang memungkinkan Anda menyesuaikan kualitas unggahan foto Anda. Jika memilih ukuran unggahan foto yang lebih kecil, Anda dapat menghemat ruang. Versi gratis Google Foto memungkinkan penyimpanan foto sebesar 15GB. Anda dapat memperluas ruang ini hingga 100GB, 200GB, satu TB, atau lebih.

Google Photos juga memiliki fitur pembuatan animasi, film, dan kolase dan secara otomatis mengkategorikan orang dan benda. Platform ini memang memiliki opsi tautan dan berbagi sosial, dan ini juga termasuk mengirim foto melalui SMS. Dengan foto Google, gambar Anda juga akan disimpan ke Google drive, sehingga Anda dapat memiliki ruang penyimpanan ekstra untuk mengelola perpustakaan foto Anda.

6. Dropbox

Dropbox tidak hanya menyimpan foto, tetapi juga memungkinkan semua jenis unggahan file, termasuk file dokumen dan video. Layanan gratis ini memungkinkan unggahan hingga 2GB. Anda dapat melihat dan mengakses upload Anda dari perangkat apa pun dan mengaktifkan berbagi grup atau individu pada tingkat privasi yang berbeda.

Layanan penyimpanan gambar individual Dropbox berbayar memberi Anda ruang 1-3 TB dan hingga enam pengguna. Paket Standard, Advanced, dan Enterprise dimulai dari ruang 5TB untuk tiga pengguna atau lebih.

7. ImgBox

Dengan ImgBox, Anda dapat dengan mudah menyimpan dan membagikan unggahan Anda untuk dinikmati orang lain. ImgBox memungkinkan unggahan hingga 10MB sekaligus, dan Anda mendapatkan ruang dan waktu tanpa batas.

Baca Juga:   Mengapa Harus Menggunakan Dedicated Server?

ImgBox juga menawarkan kustomisasi unggahan ukuran dan memungkinkan Anda membuat galeri. Selain itu, situs web penyimpanan gambar ini menyediakan hotlinking untuk menyematkan gambar dalam email. Anda dapat menyalin dan menempelkan tautan gambar, kode HTML atau Kode BB (format gambar forum).

8. Internxt

Internxt menawarkan penyimpanan cloud yang aman, keamanan tingkat tinggi dari unggahan foto Anda. Bahkan pada tingkat perlindungan privasi tingkat lanjut ini, Anda masih dapat dengan mudah dan berbagi foto di beberapa perangkat. Anda juga dapat menyimpan dokumen dan video di sini. Simpan hingga 100 GB gratis, dan layanan tidak mendasarkan platformnya pada iklan atau menjual data pengguna.

Internxt juga mengutamakan privasi foto. Mereka memiliki fitur “kirim” baru untuk mengirimkan file secara pribadi menggunakan tautan atau mengirim salinan file yang ingin Anda kirim melalui email. Selain itu, fitur “Drive” memungkinkan penyimpanan yang canggih.

Cara Menghosting Gambar

Anda dapat meng-host gambar hanya dalam beberapa langkah sederhana. Pertama, simpan gambar di desktop Anda. Pastikan Anda mengubah ukurannya ke piksel yang benar dan kompres file. Unggah gambar ke situs hosting gambar gratis yang akan Anda gunakan. Buat gambar dapat diakses dengan menambahkan tautan. Meskipun proses spesifik dapat berubah tergantung pada situs hosting gambar yang Anda gunakan, proses dasar untuk hosting gambar umumnya mudah dan cepat.

Ingin kapasitas penyimpanan besar dan aman? Coba VPS NevaCloud 

Situs hosting gambar adalah cara yang bagus untuk berbagi foto Anda dengan keluarga, teman, atau dunia. Hanya perlu diingat bahwa setiap situs hosting berbeda. Penting untuk mengetahui atribut mereka. Dengan cara ini, Anda dapat memilih situs hosting gambar terbaik untuk kebutuhan Anda. Jika anda membutuhkan kapasitas penyimpanan besar dengan dukungan keamanan yang tinggi, anda bisa mencoba VPS Nevacloud. Kunjungi Nevacloud dan temukan beragam penawaran menariknya!

Avatar for Titis Nur Pratomo

About Author

Titis Nur Pratomo

SEO Specialist at Deneva | Helping Increase Business Visibility in Search Engine | SEO & WordPress Enthusiast