Apa Itu NAT?

NAT adalah singkatan dari Network Address Translation yang digunakan untuk memecahkan masalah kekurangan IP address dengan memungkinkan pengguna memiliki akses ke beberapa IP address yang besar. Untuk menggunakan NAT, otoritas internet menetapkan bahwa IP address tertentu harus digunakan hanya sebagai IP address internal, yang lain harus digunakan sebagai IP address eksternal. Pengguna dapat mengakses lebih banyak IP address secara internal tetapi satu address secara eksternal.

NAT pada awalnya dimaksudkan sebagai solusi jangka pendek untuk mengurangi kekurangan alamat IPv4 yang tersedia. Dengan berbagi satu IP address di antara beberapa komputer di jaringan lokal, NAT menghemat jumlah alamat IPv4 yang dapat dirutekan secara publik. NAT juga menyediakan lapisan keamanan untuk jaringan pribadi karena menyembunyikan IP address aktual perangkat di balik satu public IP address.

Cara Kerja NAT

NAT biasanya diimplementasikan pada router, perangkat yang menghubungkan dua jaringan. Ketika perangkat di jaringan pribadi mengirim data ke perangkat di jaringan publik, router mencegat data dan mengganti alamat IP sumber dengan public IP addressnya sendiri. Router kemudian mengirimkan data ke perangkat tujuan.

Ketika perangkat tujuan mengirim data kembali ke router, router mencegat data ini dan mengganti public IP address dengan alamat IP sumber asli. Router kemudian mengirimkan data ke perangkat sumber asli. Proses ini transparan untuk perangkat di kedua jaringan.

Jenis NAT

NAT biasanya beroperasi pada firewall atau router untuk memungkinkan akses internet ke localhost dengan mengubah private IP address ke global IP address atau sebaliknya.

NAT Statis

NAT statis adalah private IP address yang merupakan IP tunggal yang tidak terdaftar yang dipetakan dengan public IP address yang sah. Ini merupakan one-to-one mapping (pemetaan) dibuat dalam local address dan global address yang umumnya diterapkan untuk web hosting. 

Baca Juga:   Apa Itu VPS Windows : Fungsi dan Bedanya dengan VPS Linux

NAT statis tidak cocok untuk perusahaan, sebab  banyak orang yang perlu menggunakan internet dan membutuhkan akses internet dimana public IP address adalah hal yang wajib digunakan. Sebagai contoh, jika ada 5000 server yang membutuhkan akses internet, perusahaan harus membeli 5000 public address. 

NAT Dinamis

NAT dinamis adalah IP address tidak terdaftar yang bersifat pribadi yang diubah menjadi public address terdaftar dari sekelompok public IP address. Jika IP address grup ditempati, maka paket ditransmisikan dengan nomor tetap dari private IP address yang dapat dikirim ke public address.

Misalnya, jika ada sekelompok dua public IP, dan dapat diakses oleh dua private IP dapat ditransmisikan pada perkiraan waktu. Tetapi jika ada kebutuhan untuk IP ketiga untuk mengakses internet, maka paket transmisikan karena banyak private IP address terhubung ke sekelompok public IP.

Port Address Translation

Port Address Translation disebut NAT overload, dimana banyak private IP address dapat ditransmisikan ke IP address yang terdaftar unit. Nomor port diterapkan untuk membedakan arus lalu lintas yang dimiliki oleh IP address individu. Ini sering digunakan sebagai metode penghematan biaya karena ribuan server dapat dihubungkan ke internet oleh satu global public IP address.

Kelebihan NAT

  • Hemat biaya. Ketika organisasi menggunakan NAT dengan private IP address mereka, mereka tidak perlu membeli IP address baru untuk semua komputer yang mereka miliki di organisasi mereka. Mereka dapat menggunakan IP address yang sama untuk beberapa komputer. Ini jelas akan membantu mengurangi biaya yang harus dikeluarkan organisasi.
  • Conversing address. Ketika anda menggunakan NAT overload, itu akan memungkinkan anda untuk mempertahankan ruang alamat IPv4 yang akan memberikan akses ke semua privatisasi internet. Disini, dapat dilakukan dengan bantuan privatisasi intranet. Dalam proses ini, mereka digunakan untuk menyimpan semua alamat di tingkat port dalam beberapa aplikasi.
  • Fleksibilitas koneksi. NAT memiliki banyak tools, seperti load balancing tool, backup tool. Alat – alat ini akan membantu meningkatkan keandalan dan fleksibilitas jaringan secara keseluruhan.
  • Konsistensi dalam jaringan. Ini memiliki skema yang disebut pengalamatan jaringan yang konsisten. Ini memiliki ruang alamat yang tepat uang ditetapkan untuk penggunaan public IP address. Hal ini terjadi karena ketika kita memperbesar jaringan, maka akan dibutuhkan lebih banyak IP address.
  • Keamanan jaringan. Dalam NAT, semua original source dan destination source akan disembunyikan sepenuhnya. Tanpa user permission, host didalamnya tidak akan bisa diakses oleh host lain yang juga berada di dalam jaringan tersebut. Ini membuktikan bahwa keamanan NAT ketat.
  • Pengalamatan pribadi. Mereka memiliki sistem pengalamatan IPv4 pribadi. Jadi, jika anda pindah ke sistem pengalamatan lain, mereka masih akan memiliki sistem pengalamatan sendiri. Jika pengguna mengubah penyedia layanan internet, itu akan mencegah perubahan internal address di dalamnya.
Baca Juga:   Apa itu Framework Codeigniter? Pengertian, Cara Kerja dan Keunggulannya

Kekurangan NAT

  • Masalah dalam kinerja. Misalnya, jika guest membuat permintaan ke remote server, pertama – tama akan memeriksa dan mengkonfirmasi apakah koneksi tersebut milik server NAT atau tidak. Juga, beberapa host digunakan untuk melakukan mekanisme keamanan untuk jumlah permintaan yang dapat diterima. Jika jumlahnya melebihi, mereka tidak dapat membuat permintaan lebih lanjut. Dalam real time protocol, ini akan menciptakan penurunan kinerja.
  • Penggunaan aplikasi. Terkadang host di dalam jaringan mungkin tidak dapat dijangkau. Karena itu, beberapa aplikasi di NAT akan memiliki masalah kompatibilitas. Ini akan tergantung pada fungsionalitas end-to-end yang beberapa jaringan akan gagal memasoknya.
  • Penggunaan layanan. Saat anda menggunakan NAt, layanan seperti TCP atau UDP akan diperlukan. Layanan ini akan terpengaruh saat menggunakan yang membuatnya tidak stabil. Juga, paket yang masuk akan memiliki beberapa masalah saat mereka mencoba mencapai tujuan mereka.
  • Penggunaan memori. NAT akan memeriksa paket data dari layanan masuk dan keluar. Mereka akan mengubah paket data menjadi IP address local dan global. Di Dalam memori, detail terjemahan akan disimpan. Hal ini pada gilirannya akan mengkonsumsi banyak memori serta prosesor..

Fungsi NAT

Kami sebenarnya telah membicarakan fitur NAT sedikit di atas. Fungsi NAT adalah sebagai penerjemah dan penghubung antara private IP address dan public IP address yang terhubung ke jaringan Anda. Memahami pengertian NAT di atas akan membantu Anda memahami NAT dan dampaknya terhadap operasional Anda sehari-hari. NAT sendiri merupakan alat untuk mengubah public IP address menjadi private IP address, dan private IP address menjadi public IP address.

  • Kehadiran NAT memudahkan penggunaan seluruh perangkat di jaringan Anda yang terhubung dengan WiFi atau LAN Anda. 
  • NAT memungkinkan Anda menghubungkan banyak perangkat di jaringan Anda dengan mudah. 
  • Banyaknya jumlah pengguna Internet berarti semakin sedikit IP publik.
  • Kehadiran NAT berarti alamat IP publik pengguna Internet dapat disimpan. 
  • Meningkatkan kualitas keamanan jaringan. NAT adalah media yang mencegah intrusi ke dalam jaringan Internet Anda.
Baca Juga:   Framework PHP: Pengertian, Jenis dan Cara Memilih untuk Pemula

Dari pembahasan ini kita dapat menyimpulkan bahwa fungsionalitas NAT dapat dibagi menjadi dua kategori. Pertama, dapat dengan mudah digunakan sebagai media konversi untuk mengubah konektivitas IP publik menjadi konektivitas IP pribadi dan sebaliknya. Kedua, sebagai media untuk meningkatkan keamanan jaringan Internet.

Tertarik Menggunakan VPS dengan teknologi terbaik dari Nevacloud?

Jadi itulah penjelasan mengenai Network Address Translation (NAT). Semoga tulisan di atas dapat bermanfaat dan membantu Anda memahami lebih lanjut mengenai NAT. Jika anda sedang mencari VPS, anda dapat mencoba menggunakan VPS dengan teknologi terbaik dari Nevacloud. Segera kunjungi Nevacloud dan temukan penawaran menariknya!

Avatar for Titis Nur Pratomo

About Author

Titis Nur Pratomo

SEO Specialist at Deneva | Helping Increase Business Visibility in Search Engine | SEO & WordPress Enthusiast