Apa Itu Managed VPS dan Perbedaanya dengan Unmanaged

Apa Itu Managed VPS dan Perbedaanya dengan Unmanaged
Avatar for Titis Nur Pratomo
  • October 11, 2023

Apakah anda tahu betapa pentingnya memilih layanan hosting terbaik untuk situs web Anda? Layanan hosting adalah kunci kesuksesan jangka panjang situs web Anda. Ketika anda menggunakan layanan hosting berkualitas rendah, kinerja server sering terpengaruh dan terjadi downtime. Kegagalan server yang terus-menerus dapat membuat pengunjung situs web frustrasi dan menyebabkan mereka beralih ke situs web pesaing.

Tentu Anda tidak ingin kehilangan pengunjung website Anda bukan? Oleh karena itu, sebaiknya pikirkan matang-matang sebelum memilih hosting. VPS (Virtual Private Server) saat ini menjadi layanan hosting terpopuler dan sangat direkomendasikan.

VPS sendiri terbagi menjadi dua jenis yaitu managed VPS dan Unmanaged VPS. Lalu apa perbedaan keduanya? Nah pada artikel kali ini Nevacloud akan menjelaskan kelebihan, kekurangan, dan perbedaan antara kedua VPS ini untuk memperjelas pertimbangan Anda saat memilih VPS terbaik untuk Anda. .

Apa Itu Managed VPS?

Managed VPS adalah virtual private server (VPS) yang dikelola oleh penyedia pihak ketiga. Ini berarti bahwa penyedia mengurus server, jaringan, dan keamanan untuk anda. Mereka juga akan menyediakan berbagai alat manajemen, seperti control panel, untuk membantu anda mengelola dan memantau server anda.

Managed VPS merupakan jenis VPS hosting dimana penyedia hosting mengelola semua aspek server untuk anda. Ini termasuk hal – hal seperti pembaruan keamanan, menginstal perangkat lunak, hingga memantau server. Managed VPS ini adalah pilihan yang bagus bagi anda yang menginginkan tingkat kontrol dan jaminan yang lebih tinggi atas server. Ini juga merupakan pilihan yang ideal untuk anda yang ingin menjalankan server di lingkungan yang terkendali, seperti lingkungan perusahaan atau pendidikan.

Baca Juga:   Apa Itu Server? Pengertian, Fungsi, Jenis dan Cara Kerjanya!

Kelebihan Managed VPS

Manfaat utama menggunakan VPS terkelola adalah anda memiliki kontrol lebih besar atas server anda dan anda memiliki jaminan bahwa penyedia mengurus semuanya. Ini berarti anda dapat fokus menjalankan bisnis anda daripada mengkhawatirkan aspek teknis server anda. Berikut adalah beberapa kelebihan managed VPS:

1. Mengurangi risiko

Anda dapat secara efektif mengurangi eksposur anda terhadap risiko online dengan penyedia managed hosting yang menawarkan pengawasan tingkat tinggi dan pemeliharaan backend yang konstan.

2. Sesuai dengan Kebutuhan

Penyedia hosting anda akan bekerja dengan anda untuk menyesuaikan sumber daya hosting anda saat anda membutuhkannya untuk memastikan TI anda berskala dengan bisnis anda.

3. Update dengan teknologi

Anda akan mendapatkan akses ke teknologi terbaru tanpa harus menginvestasikan banyak modal.

4. Menaati kepatuhan

Penyedia managed VPS anda akan menangani persyaratan kepatuhan yang sedang berlangsung, jadi anda dapat fokus pada tugas lain.

5. Menghemat waktu

Anda dan tim anda tidak perlu lagi berkutat dengan permasalahan server karena itu sudah ditangani oleh penyedia managed VPS yang sudah ahli.

Kekurangan Managed VPS

Satu kelemahan menggunakan managed VPS adalah harganya yang bisa lebih mahal daripada menggunakan VPS yang dihosting sendiri. Berikut adalah beberapa kekurangan managed VPS:

1. Biaya

Dalam hosting VPS terkelola vs tidak terkelola, hosting terkelola umumnya lebih mahal karena layanan tambahan. Meskipun harga yang lebih tinggi dapat dibenarkan oleh waktu dan upaya yang dihemat dalam manajemen server, penting untuk mempertimbangkan ini terhadap anggaran Anda dan mempertimbangkan kebutuhan proyek Anda.

2. Kontrol terbatas

Keandalan dan keamanan server sering diprioritaskan oleh perusahaan hosting yang dikelola, yang dapat mengakibatkan pembatasan pada beberapa kemungkinan penyesuaian. Meskipun ini dilakukan untuk menjaga lingkungan yang aman bagi semua pengguna, ini dapat membatasi kemampuan Anda untuk menerapkan konfigurasi tertentu.

Baca Juga:   Pengenalan Domain dan Web Hosting

3. Ketergantungan pada penyedia

Dengan memilih hosting yang dikelola, Anda memberi perusahaan hosting kontrol atas pengelolaan server Anda. Pengalaman, kinerja server, dan kualitas dukungan Anda bergantung pada seberapa mampu dan dapat diandalkan layanan yang Anda pilih.

Perbedaan Managed VPS dengan Unmanaged VPS

Managed VPS seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, adalah layanan hosting di mana penyedia layanan menyediakan dan mengaktifkan semua hal dan fitur yang terkait dengan VPS. Unmanaged VPS adalah kebalikan dari managed VPS. Dengan VPS ini, penyedia layanan tidak terlibat dalam konfigurasi dan pemeliharaan server hosting. Oleh karena itu, pengguna harus mengelolanya sendiri.

Penyedia layanan hosting hanya mengaktifkan platform visualisasi, pusat data, dan konektivitas jaringan. Nah, jika anda memiliki pengetahuan dan keterampilan yang memadai dalam teknologi website, konfigurasi server, dan layanan VPS, Anda dapat memilih untuk menggunakan layanan VPS unmanaged. Pengguna VPS unmanaged harus mengurus sendiri segala hal mengenai hosting dan server, sehingga harga berlangganan yang ditawarkan jauh lebih rendah dibandingkan managed VPS.

Mana yang Lebih Baik Managed VPS atau Unmanaged VPS?

Managed VPS menawarkan kenyamanan, dengan penyedia hosting menangani manajemen, pembaruan, dan keamanan server. Sebaliknya, unmanaged VPS memberikan kontrol dan penyesuaian penuh tetapi membutuhkan pengguna untuk mengelola semua aspek. Apakah anda masih bingung mau pilih yang mana? Mari selami lebih dalam perbandingan terperinci tentang jenis hosting VPS ini dan tentukan mana yang terbaik untuk Anda.

AspekManaged VPSUnmanaged VPS
KeamananPenyedia hosting memastikan patch keamanan reguler, pemindaian malware, dan konfigurasi firewallPengguna bertanggung jawab atas semua tindakan keamanan, patch, dan konfigurasi
KontrolPengguna memiliki kontrol yang lebih ramping, dengan batasan tertentu untuk stabilitas dan keamanan. Pengguna memiliki kontrol dan tanggung jawab penuh atas server, memungkinkan penyesuaian yang mendalam
SkalabilitasSeringkali menyertakan opsi skalabilitas yang lebih mudah dengan kemampuan untuk meningkatkan sumber daya tanpa banyak kesulitan. Skalabilitas dimungkinkan, tetapi pengguna biasanya menangani proses dan penyesuaian sendiri
KonfigurasiPenyedia hosting menangani konfigurasi dasar, dan beberapa mungkin menawarkan konfigurasi khusus berdasarkan permintaan Pengguna dapat melakukan konfigurasi sesuka hati. Pengguna harus mengatur, mengkonfigurasi, dan memelihara semua komponen server
SetupCepat dan tidak merepotkan. Perusahaan hosting mengelola pengaturan awal dan menjalankan server untuk Anda. Membutuhkan pengetahuan teknis untuk pengaturan awal, instalasi perangkat lunak, dan pengoptimalan
KompleksitasCocok untuk mereka yang lebih suka pendekatan lepas tangan atau memiliki pengetahuan teknis yang terbatas. Lebih mudah untuk pemula. Cocok untuk pengguna yang paham teknologi yang merasa nyaman dengan tugas manajemen server.

Tertarik Untuk Menggunakan VPS dengan teknologi terbaik dari Nevacloud?

Beberapa faktor termasuk ketersediaan waktu, anggaran, dan keahlian teknis, mempengaruhi keputusan antara managed VPS atau unmanaged VPS. Bisnis yang memprioritaskan operasi inti, sektor, dan pengguna non-teknis dengan persyaratan keamanan dapat memperoleh manfaat dari managed VPS. Pada saat yang sama, unmanaged adalah pilihan yang tepat untuk pengembang, klien yang sadar harga dan individu yang tertarik untuk meningkatkan pengalaman belajar mereka tentang pemeliharaan server. Oleh karena itu, memilih di antara keduanya tergantung pada persyaratan hosting khusus Anda.  Anda dapat menggunakan VPS dengan teknologi terbaik dari Nevacloud. Yuk kunjungi Nevacloud untuk menemukan penawaran menariknya!

Baca Juga:   Apa Itu Plesk? Fitur dan Kelebihannya!!
Avatar for Titis Nur Pratomo

About Author

Titis Nur Pratomo

SEO Specialist at Deneva | Helping Increase Business Visibility in Search Engine | SEO & WordPress Enthusiast